Saturday, February 03, 2018

Memanggil Dokter Ke Rumah Semudah Order Pizza

Setelah e-commerce, lalu layanan on demand online di bidang transportasi, makanan, sampai urusan bebersih rumah dan pijat memijat, sekarang muncul juga layanan homecare online yang bisa diakses selama 24 jam bernama MEDI-CALL di smartphone kita.

Yeaaay, emak-emak kaya saya ya jelas bahagia bisa mendapat kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan, makin bertambah deh alasan kita buat mager di rumah yaa hahaah.. Bayangkan, dengan adanya MEDI-CALL ini kita nggak harus datang pagi untuk antri dan berlama-lama di klinik atau RS yang adalah merupakan sarang penyakit, itu poin penting banget buat saya yang selama ini selalu parno tiap kali bawa anak-anak untuk sekedar vaksin atau pemeriksaan kesehatan lainnya, bisa-bisa berangkat sehat pulangnya malah bawa penyakit -_-


Jenis Layanan Medi-Call Medi-Call adalah sebuah aplikasi berbasis online yang bisa diakses melalui smartphone iOS dan android untuk memanggil dokter dan perawat homecare ke rumah. Medi-Call sudah lebih dulu beroperasi di area Jabodetabek dan Bali, kemudian berlanjut ke Surabaya dan Yogyakarta, dengan tujuan utama sebagai penghubung pasien dengan provider penyedia layanan kesehatan on demand yang terdekat dari lokasi si pasien, seperti yang dijelaskan oleh dr. Stephanie Patricia selaku CMO Medi-Call dalam acara launching Medi-Call area Yogyakarta di Hi-Lab Kotabaru pada Sabtu, 27 Januari 2018.

Baca juga: Bijak Dan Cermat Gunakan Obat Demi Indonesia Lebih Sehat

 Nah, karena layanan ini bisa diakses 24 jam, kita bisa bebas khawatir saat ada kondisi darurat (amit-amit) yang membutuhkan pertolongan dokter atau perawat, tinggal buka aplikasinya dan pilih layanan yang dibutuhkan, nanti Medi-Call akan menampilkan layanan yang terdekat dengan lokasi kita beserta estimasi harga.

Sejauh ini layanan yang tersedia pada aplikasi Medi-Call adalah:
1. Emergency Call. Panggilan darurat yang menghubungkan user dengan ambulans/klinik terdekat.
2. Doctor-Visit. Panggilan dokter ke lokasi pasien.
3. Nurse. Panggilan perawat untuk tujuan perawatan.
4. Midwifery. Panggilan bidan untuk tujuan perawatan ibu dan bayi.
5. IV Theraphy. Layanan IV yang dilakukan oleh dokter sesuai permintaan pasien.
6. Lab. Pemeriksaan penunjang lab ke lokasi pasien.
7. Pharmacy. Layanan obat ke lokasi pasien bekerja sama dengan apotik K24.
8. Rent. Layanan sewa alat kesehatan.
9. Vitamin. Layanan injeksi vitamin yang dilakukan di rumah pasien oleh dokter.
10. Vaccine. Layanan vaksin seperti vaksinasi dasar wajib, vaksin difteri, HPV, influenza, bahkan vaksin rabies yang dilakukan di rumah pasien oleh dokter.

 Selain itu, sekarang juga sedang dikembangkan layanan kesehatan seperti fisioterapi, dan sebagainya).



Cara Menggunakan Medi-Call

Aplikasi Medi-Call bisa didownload secara gratis melalui App Store untuk iOS dan Google Play untuk android, dan bisa juga diakses melalui websitenya langsung di https://medi-call.id/

Setelah mendownload aplikasi dan melakukan registrasi, kita bisa memilih salah satu dari 7 layanan yang tersedia, selanjutnya aplikasi akan menampilkan daftar partner terdekat berikut estimasi harganya, jika kita setuju, tinggal duduk manis saja menunggu partner Medi-Call datang dan memeriksa keluhan kita.

Pembayaran dilakukan sesuai layanan yang dipesan dan tindakan yang dilakukan, jangan lupa beri rating kepada partner medi-Call yang melayani kita yaa.

Baca juga: Jogja Oxytocin Journey: Pentingnya Bahagia Saat Menyusui


Tarif Medi-Call

Selain kemudahan, hal lain yang ditawarkan oleh Medi-Call adalah transparasi harga, seperti juga ciri layanan jasa online lainnya. Kita sudah mendapatkan estimasi tarif yang akan kita bayarkan sebelum kita setuju menggunakan jasa tersebut.

Untuk tarif Medi-Calk dibagi atas beberapa komponen, diantaranya:
Basic Fee, yang merupakan tarif dasar maksimum. Rp.200.000/kunjungan dokter dan Rp.120.000/kunjungan perawat. Ada sedikit perbedaan harga basic fee untuk masing-masing daerah yaa, mengingat UMR tiap kota juga beda-beda hehee.
Distance Fee, atau biaya jarak dari lokasi partner ke lokasi pasien. Rp.0 bila kurang dari 5Km dan Rp.10.000/Km apabila jarak tempuh lebih dari 5Km.
Procedure Fee, yaitu biaya tindakan yang besarnya bervariasi tergantung tindakan yang dilakukan dan obat-obatan yang diberikan. So, mari kita berterima kasih sekali lagi pada teknologi, menjadi emak-emak jaman sekarang terasa lebih enteng selama baterai dan kuota internet smartphone kita terisi penuh yaa.. :))

1 comment:

  1. Hehe asyik lagi klo layanannya ditambah ya, bisa order makanan sekaligus hehe...pokoknya gak khawatir lagi lah...medicall cocok banget untuk emak rempong seperti saya

    ReplyDelete