Liburan ke Jogja Bersama Anak? Ini 5 Tempat Wisata Edukatif di Jogja yang Bisa Kita Datangi

Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Tulisan tentang tempat wisata edukatif di Jogja ini terinspirasi setelah seringnya saya dapat pertanyaan dari teman-teman di luar kota, "kalau ke Jogja bawa anak enaknya main ke mana?" Terus terang saya bingung kalau dapat pertanyaan begitu. Karena minat anak kan nggak selalu sama, ada anak yang nggak suka pepanas dan cuma nyaman thawaf keliling mall, ada anak yang suka sekali main air tapi nggak suka dengan hewan karena takut.


Jadi sebelum menyarankan tempat wisata anak di Jogja, saya selalu tanya dulu usia dan minat anak teman saya. Karena syarat utama memilih dan menentukan tempat wisata anak haruslah yang sesuai dengan usia, minat dan tahap tumbuh kembang anak. Saran saya, pilih tempat liburan anak yang pengalamannya nggak kita dapatkan di kota asal kita. Misal, sehari-hari kita berkutat dengan kemacetan dan kehidupan kota yang penuh polusi, ajak anak berlibur sambil mengenal keindahan alam dan mendatangi agrowisata atau wisata alam ramah anak lainnya.

Di Jogja banyak kok tempat wisata alam ramah anak yang asyik buat berlibur seluruh anggota keluarga. Yang akan saya sebutkan di bawah ini tempatnya nggak terlalu jauh dari pusat kota, jadi anak nggak akan kelelahan di perjalanan.


Agrowisata Bhumi Merapi

Dari namanya sudah terbayang kalau tempat wisata ini bertema peternakan, pertanian, ramah alam, dan terletak nggak jauh dari Merapi. Lokasinya memang di lereng Merapi, tepatnya di dusun Sawungan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, atau di Jalan Kaliurang KM 20, nggak susah sama sekali kok menemukan tempat ini, asal sudah sampai di Jalan Kaliurang, urut saja terus sampai di KM.20, nanti ada plang penunjuk jalan ke arah gerbang masuk Bhumi Merapi di belakang balai desa Hargobinangun.

Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Pemandangan saat memasuki gerbang sangat menarik, hijau segar berlatar Gunung Merapi, ada barisan kuda poni di depan pintu masuk menunggu pengunjung yang ingin menyewa mereka.

Bhumi Merapi bukan hanya menyediakan tempat wisata, tapi juga tempat outbond lengkap dengan perkemahannya. Disediakan pula pelatihan ternak kelinci, kambing, dan hidroponik. Peserta akan dibimbing sampai bisa dan Bhumi Merapi bersedia menerima hasil dari pelatihan budidaya itu.


Tempat Wisata Edukatif di Jogja


Mini Zoo Jogja Exotarium

Jogja Exotarium berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Jl. Magelang Km. 8 Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati. Tempat wisata ini memiliki konsep kebun binatang mini seperti Bhumi Merapi dan spesies flora yang jumlahnya terus bertambah.

Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan kura kura, kelinci, burung, ikan, kuda, hewan-hewan nocturnal, dan hewan melata semacam ular phyton, koleksi binatang yang ada di minizoo ini lumayan banyak.

Untuk pengunjung yang ingin memberi makanan ke binatang (kecuali ular dan musang) bisa membeli kangkung atau kacang panjang di area yang sudah disediakan, harganya sekitar Rp 2.000

Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Kawasan wisata Jogja Exotarium ini berada dalam area lahan yang luas dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti area outbond, tubing, dan gazebo untuk bersantai yang ditempatkan di pinggir sungai dan tempat strategis lainnya. Ada juga kolam tangkap ikan yang memiliki kedalaman 30cm, berisi ikan-ikan kecil yang boleh ditangkap anak-anak dan dibawa pulang.

Tempat Wisata Edukatif di Jogja


Kampung Flory Jogja

Kampung Flory adalah desa agrowisata yang terletak di dusun jugang, desa pangukan, kecamatan Tridadi, Sleman. Lokasinya nggak terlalu jauh dari Jogja Exotarium.


Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Desa wisata ini mengandalkan sektor perikanan, pertanian dan perkebunan sebagai daya tariknya. Di sini kita akan menjumpai rumah makan dengan berbagai menu masakan nusantara, sungai alami, kolam terapi ikan, embung dengan wisata sepeda bebek, berbagai macam tanaman hias dan buah.

Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Anak-anak bisa bebas bermain di Pasar Ndelik dan Embung Mesem yang terletak di bagian belakang Kampung Flory. Selain menyuguhkan kuliner khas jawa, Pasar Ndelik juga mneyediakan permainan tradisional seperti Egrang.

Tempat Wisata Edukatif di Jogja


The World Landmarks – Merapi Park 

Sambil berharap bisa mengajak anak keliling dunia menjumpai aneka landmarks seperti La Tour Eiffel, Leaning Tower Of Pisa, Statue of Liberty, London Bigben, atau Windmill di Amsterdam, kita bisa terlebih dulu mengajak anak melihat miniatur bangunan tersebut di The World Landmarks Merapi Park.

Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Terletak di Jalan Kaliurang Km 25, Kelurahan Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Lokasi persisnya sebelum Museum Gunung Merapi, di kawasan Kaliurang yang sejuk. The World Landmarks Merapi Park menyuguhkan wisata berupa taman asri berisi aneka miniatur landmark dunia.

Biarpun cuma miniatur landmark, pengelola tetap mengusahakan The World Landmarks Merapi Park dibuat semirip mungkin dengan suasana negara asalnya. Misalnya dengan menaruh kuris duduk berdesain romantis di sekitar Menara Eiffel, dan menanami bunga tulip rimbun di bawah kincir angin Belanda.

Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Selain miniatur landmark sebagai daya tarik utama. Merapi Park juga dilengkapi beberapa gazebo sebagai tempat beristirahat, toilet, juga café yang menyediakan aneka makanan dan minuman.


Taman Pintar Yogyakarta

Nah, kalau yang satu ini sih sudah terkenal banget yaa, hampir semua wisatawan yang punya anak kecil pasti pernah masuk ke Taman Pintar.

Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Biasanya ke mana saja saat di Taman Pintar? Selain Museum Sains dan Planetarium, Taman Pintar juga punya zona seni dan kreativitas di sebelah barat lho. Tempatnya teduh dan sejuk, cocok sebagai tempat beristirahat sambil menemani anak yang belum puas bermain. Di sini anak-anak bisa belajar membatik, melukis kaos, dan membuat gerabah.

Tempat Wisata Edukatif di Jogja

Agar anak-anak bisa benar-benar menikmati liburannya,sebaiknya kita menghemat tenaga saat di perjalanan pergi ke dan pulang dari Jogja. Pilihan paling praktis adalah naik pesawat. Sekarang kan sudah banyak tersedia tiket pesawat ke Jogja di situs booking online. Salah satu situs booking online yang bisa jadi pilihan berburu promo tiket pesawat adalah Pegipegi. Kalau sedang beruntung, kita bisa dapat tiket pesawat murah dari maskapai langganan.

Jika teman-teman belum pernah menggunakan Pegipegi, silahkan unduh aplikasinya di Playstore atau Appstore, kemudian daftar dengan klik tombol register dan masukkan alamat surel aktif, nama sesuai KTP dan kata sandi. Setelah itu tunggu konfirmasi pendaftarannya masuk ke alamat surel kita.



Kalau sudah berhasil mengaktifkan akun, kita bisa memilih layanan yang dibutuhkan. Misalnya saja kita butuh tiket pesawat ke Jogja, maka kita pilih logo pesawat, masukkan kota asal dan kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang, lalu klik tombol Cari Tiket, nanti akan muncul daftar maskapai yang tersedia berikut harganya. Tinggal pilih saja yang sesuai budget dan jadwal kita.

Kalau kita sudah mantap dengan pilihan maskapainya, pilih dengan mengklik nama maskapainya. Isi formulir untuk melengkapi data pemesanan, konfirmasi pemesanan, dan terakhir pembayaran. Mudah banget yaa..


Jadi kapan mau ke Jogja? Kabari saya yaa, siapa tau kita bisa playdate 🙂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)