Sunday, December 09, 2018

10 Kegiatan Seru Bersama Anak Untuk Liburan Bebas Bosan

ide main seru untuk liburan anak

Mulai minggu depan sebagian anak-anak sudah memasuki libur akhir semester, beberapa teman saya mulai membuat status galau, bingung harus ngapain saja selama si anak di rumah. Kebingungan yang dirasakan oleh hampir semua ibuk-ibuk yang punya anak usia sekolah. Kalau yang sudah punya rencana liburan sih enak yaa. Tapi buat yang liburannya hanya di rumah saja, harus ngapain dong selain menyediakan cemilan, buku-buku, dan alat gambar?

Ada yang menanggapinya dengan santai dan pasrah kasih gadget setiap hari ke anaknya, toh cuma selama liburan saja. Ada juga yang tetap konsisten dengan aturan pemberian gadget hanya di weekend. Bebaaass.. Saya nggak akan membahasnya sekarang :)


Saya cuma mau kasih alternatif kegiatan anak selama liburan untuk ibu-ibu yang bertahan nggak memberikan gadget. Saya tahu betapa godaan itu sangat berat, i feel u maak, hahaha. Kadang saya juga merasa memberikan gadget adalah satu-satunya jalan keluar untuk semua  kericuhan akibat perang suku air dan negara api di rumah saya.

Tapi sabar yaa. Saya akan kasih 10 alternatif ide bermain yang bisa kita lakukan bareng anak. Sebenarnya sebagian ide mainnya bukan hal yang baru, malah sudah sering sekali dibuat oleh ibu-ibu yang hobi berDIY.  Tenang saja, alat dan bahan yang dipakai nggak susah kok, beberapa malah pakai alat dapur atau barang bekas.


10 Ide Bermain Untuk Liburan Bebas Bosan

Sekarang kita bermain simple science dulu yaa. Untuk bahan utamanya kita butuh vinegar (cuka), baking soda (soda kue), dan pewarna makanan, semuanya bisa dibeli di supermarket atau toko bahan kue. Dari dua bahan utama itu kita akan membuat 3 kegiatan sains sederhana yang seru.

1. Eggploded

Selain tiga bahan utama tadi, kita juga butuh sabun cuci cair dan cangkang telur bekas yang sudah dicuci bersih. Jadi kalau sedang memasak telur, cangkangnya jangan dibuka semua yaa, buka diujung saja lalu keluarkan isinya pelan-pelan supaya si cangkang bisa dipakai lagi.

1. Dudukkan cangkang telur di atas tutup botol air mineral dan atur di atas tray.
2. Campur 2 sendok makan baking soda dengan 10 tetes sabun cair, tambahkan setengah gelas air bersih.
3. Masukkan campuran baking soda dan air ke dalam setiap cangkang telur sampai memenuhi seperempat isi cangkang. Tambahkan pewarna di masing-masing cangkang.
4. Siapkan cuka dalam gelas dan beri pipet untuk menetekan cuka ke dalam tiap cangkang telur. Minta anak yang melakukan hal itu.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

2. Volcano Erruption

Ini hampir sama dengan eggploded, cuma medianya saja berbeda. Kali ini saya membuat gunung berapi dari botol air mineral yang dibuat mirip gunung berapi dan ditutupi playdoh. Nanti saat campuran baking soda cuka meleleh melewati mulut gunung, tepi-tepi gunung akan ikut meleleh seperti erupsi gunung berapi betulan.

1. Campur 2 sendok makan baking soda dengan 10 tetes sabun cair dan pewarna merah, tambahkan setengah gelas air bersih.
2. Masukkan campuran baking soda dan air ke dalam botol sampai memenuhi seperempat isi botol.
4. Tuang cuka ke dalam mulut gunung secara perlahan.

Tips supaya lebih seru, buat juga habitat hutan dan hewan di sekeliling gunung, Jadi kita bisa sekalian menjelaskan apa saja akibat letusan gunung berapi bagi ekosistem di sekitarnya.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

3. Blow Up The Baloons

Permainan ketiga masih menggunakan baking soda dan cuka. Alat lain yang perlu disiapkan adalah botol air mineral dan balon.

1. Campur 1 botol cuka dengan 10 tetes sabun cair. Masukkan dalam botol air mineral. Beri pewarna yang berbeda di setiap botol.
2. Isi balon dengan bubuk baking soda.
3. Pasang ujung balon ke mulut botol, pastikan bubuk baking soda tidak tumpah ke dalam botol selama memasang balon.
4. Minta anak mengangkat balon pelan-pelan sampai seluruh bubuk baking soda masuk ke dalam botol.

Di kegiatan ini kita bisa sekaligus menjelaskan sifat benda gas yang menekan ke segala arah dan memenuhi wadahnya. Jelaskan juga kalau ada bermacam-macam gas seperti gas oksigen yang digunakan untuk bernapas, gas helium yang bisa menerbangkan balon, dan gas karbondioksida. Pencampuran dari baking soda dan cuka sendiri akan menghasilkan gas karbondioksida, karena itu balonnya tidak bisa terbang. Jangan lupa minta anak berhati-hati agar tidak menghirup gas dalam balon.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

4. Mengenal Sifat Air Dan udara

Science activity yang keempat cuma modal balon, gelas air mineral bekas, dan sedotan. Gunanya untuk mengajarkan anak-anak sifat alami udara dan air yang selalu mengisi ruang kosong dan menekan ke segala arah.

Cara membuatnya:
1. Lubangi dasar gelas dan botol dengan obeng panas, sesuaikan dengan ukuran sedotan.
2. Masukkan sedotan ke dalam lubang gelas lalu tutup sisa lubang dengan lem tembak.
3. Isi botol dengan air lalu susun botol dan gelas seperti di video.
4. Psang balon yang sudah diisi udara ke mulut botol.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

5. Kemana Warnanya?

Aktivitas sulap tipis-tipis yang bisa membantu menjelaskan kepada anak fungsi kerja detergent dan pemutih pakaian. Nggak cuma anaknya yang bakal ketagihan, tapi ibunya juga :)

Kita cuma butuh tiga jenis cairan yaitu: air bersih, cairan pemutih pakaian (Sodium Hypochlorite), dan obat luka povidone-iodine. Tempatkan masing-masing cairan di dalam gelas bening, sediakan juga pipet plastik untuk mentrasfer cairannya. Teteskan  povidone-iodine ke dalam air bersih, setelah tercampur dan air berubah coklat, teteskan dengan cairan pemutih pakaian dan lihat bagaimana warna air kembali berubah bening.

Video aktivitas ini ada slide paling akhir yaa, silahkan di swipe.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

6. Lava Lamp

Satu lagi simple science idola sejuta emak, lava lamp alias lampu lava. Di sini kita butuh empat bahan: air bersih, minyak kelapa (minyak goreng biasa juga boleh), pewarna makanan, dan tablet effervesent.

Caranya: campur minyak dan air hingga kedua bahan terpisah sempurna, di bagian ini kita bisa sekalian menjelaskan perbedaan massa air dan minyak. Setelah air dan minyak terpisah, teteskan pewarna makanan, nggak usah dicampur, beri mereka waktu untuk saling mengenal. Terakhir, potong-potong tablet effervesent menjadi 4 atau 6 bagian, dan masukkan ke dalam gelas perlahan-lahan, tunggu sampai si tablet larut membentuk buih dan busa seperti lava gunung merapi yang menyembur ke atas.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

7. Messy Arts

Saya lupa apa nama teknik mewarnai seperti ini, tapi hasilnya cantik sekali. Modalnya kertas gambar, daun dengan bentuk yang cantik, cat air kualitas baik, sisir dan sikat gigi bekas.

Taruh daun di atas kertas. Campur cat air dengan air bersih sampai rata. Ambil sedikit cat menggunakan sikat gigi, lalu gosokkan sikat gigi dan sisir di atas daun sampai cat menutup semua tepi-tepi daun dan meninggalkan pola yang cantik saat daun diangkat dari kertas.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on


8. Kolase Daun Kering

Awalnya ini tugas sekolah kakak, tapi ternyata asik juga dikerjakan di hari libur. Terbuat dari aneka daun kering yang di lem pada kertas bergambar, bisa hasil gambar sendiri atau printables. Bikin yang bagus sekalian agar bisa dipigura dan dipakai sebagai hiasan dinding.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

9. Mengecat Gerabah

Kalau di Jogja, kita bisa menemukan banyaak sekali mainan gerabah yang dijual murah. Harganya cuam sekitar 2 sampai 5 ribu perbuah. sampai di rumah bisa dicat sendiri memakai cat akrilik. Sebenarnya pakai cait air juga bisa, tapi hasilnya nggak sebagus kalau pakai akrilik. Supaya warnanya bisa lebih cerah lagi, sebelum dicat warna-warni bisa kita cat rata dulu dengan cat tembok warna putih.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

10. Pompom Soccer

Selain seru, permainan ini bagus untuk melatih konsentrasi dan pernapasan anak.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

Buat tiruan lapangan sepak bola dari kardus, makin lebar makin seru, beri penahan di tepi-tepi kardus dan dua buah gawang di sebelah kiri dan kanan. Lubangi juga kardus di bawah gawang dan beri wadah kecil di bagian dalamnya.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

Sediakan pompom kecil serta sedotan ukuran besar dan minta anak meniup pompom sampai masuk ke gawang seperti bermain sepak bola. 


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

10 aktivitas ini sudah bisa untuk mencegah anak bosan selama liburan, kalau masih butuh ide main lainnya, bisa langsung ke IG @yoannafayza, masih banyak kegiatan seru lainnya yang pernah saya buat bersama anak-anak. Eh tapi jangan lupa di follow sekalian yaa.. *tetep promoted*


Day20

29 comments:

  1. Bunda Yoanna panutanque dalam perDIYan mainan anak. I laff u... Kebetulan pas lagi nyari2 ide. Bentar lagi bakal libur lumayan lama soalnya. Langsung bookmark url-nya. :D

    ReplyDelete
  2. Asyik nih banyak kegiatan seru ya...
    Beberapa sudah kami lakukan juga beberapa belum pernah. Nanti saya coba praktekkan sama Fahmi, putra saya.

    Oya, saya bingung tablet effervesent itu apa dan beli dimana ya?

    ReplyDelete
  3. Diantara 10 nomor diatas, hanya no.8 saja yang dieksekusi..hihii (jadi malu).
    Seru banget ya mom bisa menghabiskan waktu bermain bersama anak. Mau praktekin juga permainan lainnya ah

    ReplyDelete
  4. Banyak banget nih ternyata aktivitas seru bersama anak-anak. Mbak Yoanna memang kreatif banget. Aku cuma bisa belajar bikin perahu kertas bersama keponakan, dan biasanya kalau keponakan sedang libur sekolah aja bikinnya.

    ReplyDelete
  5. Wa banyak sekali ya macam macam permainan yang penting moms kreatif dan anak senang...jadi pengen cobain juga kapan kapan sama anak...

    ReplyDelete
  6. Wah mba kreatif sekali. Saya juga tipe yang suka bikin kegiatan stimulasi untuk anak di rumah. Karena Erysha masih kecil jadi mainannya masih sederhana. Jadi nggak sabar pngen mainin yang di atas semuanya hahaha. Tapi kayaknya no 1 erysha bisa diaja main itu. Mksh ilmunya

    ReplyDelete
  7. Mamah kreatif bangettt. Boleh saya tiru ya Mba buat ide main sama anak-anak nanti pas liburan

    ReplyDelete
  8. Wah seru nih belajar sambil bermain dan melatih kreativitas

    ReplyDelete
  9. Wag kreatif banget mbak, noted, smg ide permainan di atas bisa sy terapkan ke anak saya nanti😄

    ReplyDelete
  10. Wag kreatif banget mbak, noted, smg ide permainan di atas bisa sy terapkan ke anak saya nanti😄

    ReplyDelete
  11. Wag kreatif banget mbak, noted, smg ide permainan di atas bisa sy terapkan ke anak saya nanti😄

    ReplyDelete
  12. Yg soccer itu, hrs bgt aku cobain nih..fix!

    ReplyDelete
  13. Wah... Seru banget mainnya ya mbak sama anak-anak. Apalagi emaknya kreatif kaya gini. Jadi termotivasi buat cepet² punya suami. Hehe

    ReplyDelete
  14. Ide yang bangus banget. Apalagi musim liburan udah di depan mata. B=Kalau gak jalan-jalan, bikin kegiatan kayak begini biar anak gak bosan di rumah :)

    ReplyDelete
  15. Moommmmm, keren banget sih, beruntung banget saya baca ini di menjelang hari libur tanpa rencana si sulung saya, hahaha.
    Mau ke luar kota, eh si pak su ga bisa cuti.
    Bingung deh anak liburan 2 minggu lebih tanpa aktivitas.
    Saya book mark deh, nanti jadi ide main bareng si kakak.
    Kayaknya dia bakal senang banget di ajak main ginian :D

    ReplyDelete
  16. Wah mostky science activity ya mom. Aku suka, dlu pas masih mahasiswa suka ngadain science activity ke murid2 SD. Skrg mau ngadaib lg belum memubgkinkan, anakkupun masih bayi, wkwk.

    ReplyDelete
  17. Mbaaak..aku musti simpen ini, biar enggak mati gaya cari ide mainan buat anak saat liburan
    Dirimu keren bener. Kreatifff!!

    ReplyDelete
  18. Harus aku bookmark nih.. keren banget sumpaah!! Gak sabar nunggu anakku gede supaya bisa diajak main science kek gini..

    ReplyDelete
  19. Thanks you Mom sharing nya. Ini bermanfaat banget nih share nya. Karena sudah musim libur nih mba dan waktunya para mommy untuk memikirkan permainan apa yang bisa membuat anak-anak ngga bosen dirumah dan yang penting permainan yang irit biaya

    ReplyDelete
  20. Mom kreatif banget ini, hihi.
    Saya mau nyobain bikin lava lamp sama messy art ah sama anak, kebetulan banget dari pagi saya galau mau ngajak anak main apaaa pas liburan nanti.
    makasih yaa

    ReplyDelete
  21. huah mba keren banget ini patut ditiru ini minggu depan anakku mulai libur sekolahnya :)

    ReplyDelete
  22. Ini langsung aku bookmark dong karena sebentar lagi bakalan menghadapi liburan sekolah, biar ada aktivitasnya dirumah.

    ReplyDelete
  23. Mainan Eggploded mengasah otak nih mbak.. Nggak hanya anak-anak aja yang merasa tertantang, orang dewasa pun belum tentu pada sukses mainnya 😂

    ReplyDelete
  24. Mom aku contek y ini mom. Pas banget anak anak aku itu bosenan. Bahannya pun mudah banget dibelik ya

    ReplyDelete
  25. Seruuuu mbaaak! Aku mau nyobain yang messy arts deh. Kayanya cocok untuk bayi tinggal dimodifikasi dikit :)

    ReplyDelete
  26. Wah kerenn, asik ya ada kalo kakak adek udah bisa main bareng, makin seru pasti. Kapan2 mau coba juga variasi kegiatan kaya gini di rumah, lumayan buat selingan aktivitas montessorinya hihi.

    ReplyDelete
  27. Kece sekali, save ah..

    ReplyDelete
  28. keren banget ide kreatifnya. thanks a lot yaa...meluncur ah ke ig nya

    ReplyDelete
  29. Ide-idenya kreatif banget. Bisa jadi referensi untuk kegiatan anak selama liburan. Mereka pasti seneng banget main yang seperti itu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)