Monday, April 19, 2021

Tips Anak Tetap Sehat Dan Bebas Cacingan Selama Puasa

Tips Anak Sehat Bebas Cacingan Selama Puasa

Selamat pagi Moms, bagaimana puasanya? Si kecil sudah mulai berpuasa juga kan? Bulan Ramadhan tahun ini bungsu kami mantap berpuasa penuh atas kemauannya sendiri, tentu saja saya senang dan mendukungnya. Tugas saya sekarang adalah memastikan anak-anak tetap sehat dan bebas cacingan selama berpuasa.


Kenapa harus bebas cacingan? Saat berpuasa, kita tidak makan dan minum selama 12 jam lebih, tentunya asupan nutrisi dan cairan berkurang. Sementara cacing adalah parasit yang bertahan hidup dengan mengambil nutrisi dari makanan di dalam usus inangnya, yaitu manusia. Sudahlah asupan makanan terbatas karena sedang berpuasa, eh nutrisi yang ada malah dihisap si cacing, duh anak-anak bisa kekurangan nutrisi dan merasa lemas.

Penyakit cacingan bisa terjadi saat telur atau larva cacing masuk ke dalam tubuh melalui mulut atau pori-pori kulit akibat kita tidak mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah atau sebelum makan. Telur dan larva cacing juga bisa masuk ke dalam tubuh saat kita mengonsumsi makanan yang kebersihan bahan serta cara pengolahannya tidak terjamin. Saat sudah berada di dalam tubuh, larva cacing berkembang biak dan hidup dengan cara mengambil nutrisi tubuh.


Karena itu, penting sekali menjaga anak tetap sehat dan bebas cacingan selama berpuasa. Yuk lakukan langkah-langkah untuk mencegah cacingan di bawah ini:

  1. Cuci bersih semua bahan makanan, buah, dan sayuran, sebelum diolah atau dikonsumsi. Untuk makanan yang diolah, pastikan masak makanan hingga benar-benar matang.
  2. Hanya minum air yang sudah matang atau air mineral tersegel rapat.
  3. Selalu tutup rapat semua makanan, buah, sayur saat belum dikonsumsi.
  4. Cuci tangan dengan air mengalir setiap selesai beraktivitas, sebelum makan, setelah buang air besar atau buang air kecil, dan setiap selesai memegang hewan peliharaan.
  5. Selalu pakai alas kaki saat keluar rumah.

Kreasi Menu Sehat Buka Puasa Untuk Anak

Untuk menu berbuka, saya lebih suka mengajak anak-anak membuat kreasi menu sehat buka puasa sesuai kesukaan mereka. Selain bisa mengalihkan mereka dari kebosanan menunggu waktu berbuka, memasak sendiri akan mencegah anak-anak jajan makanan yang nggak jelas kebersihan bahan dan cara pengolahannya.

Tips Anak Sehat Bebas Cacingan Selama Puasa

Menunya tentu saja saya buat dalam versi praktis sambil tetap memperhatikan komposisi gizinya, terutama protein dan sayuran segar. Anak-anak saya lebih suka makan sayur segar yang minim pengolahan, cukup di rebus atau kukus sebentar saja lalu dimakan pakai tangan. Ini sepertinya karena sudah terbiasa makan finger food sejak mulai MPASI.

Begitu juga dengan lauk lainnya, mereka lebih memilih makanan yang mudah dipegang tangan, salah satu menu favorit mereka adalah ayam saus madu wijen dengan sayuran rebus sebagai pelengkap.

Biasanya kan ayam saus madu dibuat ala korea yang ayamnya ditepungi dulu, lalu digoreng, baru disiram saus madu. Nah, demi kepraktisan karena saya masih harus menyiapkan banyak hal saat Bulan Ramadhan, saya pakai resep ayam saus madu yang berbeda dengan resep kebanyakan. Lebih praktis, irit cucian, dan selama proses memasak bisa ditinggal menyiapkan hal lain.

Resep Ayam Saus Madu Wijen

Tips Anak Sehat Bebas Cacingan Selama Puasa

Bahan:
  • 500 gram sayap ayam
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 5 sdm madu murni
  • 3 sdm biji wijen
  • 1 sdm olive oil
  • 1/2 sdt lada hitam
  • 1/2 sdt oregano kering
  • 150 ml air panas

Cara Membuat:
  1. Cuci bersih sayap ayam, potong masing-masing menjadi dua bagian dan buang ujungnya.
  2. Campur sayap ayam dengan semua bahan bumbu bawang putih, madu, wijen, lada hitam, dan oregano di dalam wadah bertutup, aduk sampai rata kemudian diamkan selama 30 menit.
  3. Setelah 30 menit, panaskan olive oil di dalam wajan anti lengket dan masak ayam serta bumbu, aduk-aduk sampai bumbunya wangi lalu tuang air panas.
  4. Masak terus ayam sambil sesekali diaduk hingga air habis dan mengental menjadi karamel.
  5. Sampai di tahap ini, ayam sudah matang dan bisa dimakan, tapi kalau mau digoreng atau dibakar lagi supaya rasanya lebih gurih, bebas aja.

Pentingnya Mengkonsumsi Obat Cacing Menjelang Puasa

Selain menyiapkan menu dengan komposisi gizi seimbang, ada hal lain yang juga harus moms ingat, yaitu memberi anak-anak obat cacing. Kenapa sih perlu minum obat cacing sebelum puasa? Karena seperti yang sudah saya ceritakan di atas, penyakit cacingan dapat menyebabkan gangguan percernaan, meningkatkan risiko dehidrasi, membuat anak kekurangan nutrisi dan menjadi lemas.

Moms, nggak mau kan puasa si kecil terganggu karena cacingan? Karena itu sebaiknya kita memberi anak-anak obat cacing menjelang berpuasa. Saya biasa kasih anak-anak Konvermex, obat cacing keluarga yang diproduksi oleh Konimex. 

Konvermex aman diminum oleh seluruh anggota keluarga karena mengandung bahan aktif pyrantel pamoate yang bekerja dengan cara melumpuhkan dan menghancurkan cacing, lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa membutuhkan pencahar.


Untuk mencegah anggota keluarga terkena penyakit cacingan, sebaiknya moms rutin meberi Konvermex setiap 6 bulan sekali sesuai varian dan dosis yang dianjurkan, yaitu:
  • Suspensi 125 mg untuk dosis anak – anak di bawah 12 th
  • Suspensi 250 mg untuk dosis dewasa
  • Tablet: 125 mg untuk dosis anak
  • Kaplet: 250 mg untuk dosis dewasa
Konvermex obat cacing keluarga

Moms bisa mendapatkan Konvermex di Kimia Farma, Century, K24, Viva Apotek, apotek dan toko obat terdekat, atau secara online melalui official store Konimex di Shopee dan Tokopedia.

Selamat menemani si kecil berpuasa ya Moms, semoga lancar dan dimudahkan. Untuk tips seputar #MenuSehatPanduanBunda, nutrisi, tumbuh kembang, dan pengasuhan anak lainnya, Moms bisa langsung membuka www.panduanbunda.com dan mengikuti digital activity di Instagram @panduanbunda

24 comments:

  1. Mestinya rutin konsumsi obat cacing 6 bulan sekali ya agar mencegah cacingan. Anak-anakku sudah lama nih tidak minum obat cacing, seringnya dulu waktu mereka masih kecil.
    Btw itu ayam saus madunya menggoda sekali haha, kapan-kapan mau cobain resepnya ah.

    ReplyDelete
  2. kita memang harus selalu mengecek kondisi anak - anak ya mba, termasuk apakah mereka menderita cacingan atau tidak ya mba

    ReplyDelete
  3. Waktu tahun 2017 apa ya lupa saya pernah ikut bincang santai dengan konvermex emang cacingan itu mengerikan ya mba makanya butuh nih dengan obat cacing

    ReplyDelete
  4. wah enak banget menu lauk sehat buat anak nih, biar selama puasa terpenuhi nutrisnya jadi tetap sehat ya

    ReplyDelete
  5. Salfok sama ayam saus madu wijen nya nih langsung dapat resep. Btw keluarga jg minum Konvermex ini, khususnya anak anak.

    ReplyDelete
  6. Masalah cacingan itu seolah ringan padahal tidak ya, soalnya mengganggu banget kalo sampai cacingan.

    ReplyDelete
  7. Masakannya tampak lezat sekali. Dan aku gagal fokus dong sama foto di dapur yang keren.

    ReplyDelete
  8. Wah pas nih, saya juga lagi cari obat caci untuk anak saya. Secara badannya kurus banget, walau timbangannya naik dikit dan masih normal. Tetep saja saya mau coba ke anak. Kita kan nggak tau ada atau ga cacing dalam tubuh kita ya.

    ReplyDelete
  9. Sekarang obat cacing tuh nggak pahit ya buat anak-anak, jadi anak-anak dan juga keluarga bisa terbebas dari cacingan.

    ReplyDelete
  10. Resep ayam saus madu wijennya bisa disontek nih. Bener sih ya, anak cacingan pasti badannya lemes, apalagi kalau harus puasa. kudu sedia konvermex nih di rumah

    ReplyDelete
  11. paling aman emang stok ayam di rumah selama ramadan jadi bisa dimasak jadi menu apa aja deh termasuk ayam saus madu ini.

    ReplyDelete
  12. Menjaga kesehatan anak itu penting ya mbak.
    Salah satunya dgn memberikan makanan yg bergizi seperti ayam saus madu ini
    Dan bila perlu beri juga konvermex agar tdk cacingan

    ReplyDelete
  13. Resep ayam saus madunya menggiurkan yaa.. Betul banget obat cacing bini sering diabaikan untuk dikonsumsi padahal penting untuk kesehatan anak dan menjaga dari cacingan

    ReplyDelete
  14. cacingan ini anak nggak kerasa sakit, tapi efeknya buruk ya buat kesehatan anak. Jadi cacing-cacing yang merugikan di dalam perut tuh emang harus dibasmi pakai konvermex

    ReplyDelete
  15. Serem juga ya saat perut kosong cacing menghisap nutrisi anak-anak dalam tubuh, makanya penting menjaga kebersihan & minum obaT cacing untuk mencegahnya. Aku ngiler lihat jagung & brokolinya

    ReplyDelete
  16. Cacingan ini gak keliatan banget ya...makanya sering terabaikan.
    Alhamdulillah, meski begitu, bisa diatasi dengan rutin memberikan obat cacing Konvermex minimal 6 bulan sekali.

    ReplyDelete
  17. Kasus cacingan pada anak sepintas terlihat tdk serius, tapi efeknya sangat membahayakan tumbuh kembang anak. Tidak hanya membuat anak kurang berat badan, tapi sangat mungkin menghambat kecerdasannya juga (kata teman dan logis banget karena saat anak cacingan, otomatis gizi yang harusnya diserap tubuh jadi berkurang bangettt)

    ReplyDelete
  18. Anakku juga pakai konvermex bikin tenang makannya banyak dan keserap optimal tanpa ada cacing menyeramkan hiiii.

    Emang kudu rajin minum obat cacing ya mak, biar semua sekeluarga sehattt

    ReplyDelete
  19. Perlu sedian Konvermex nih di rumah. Buat obat cacing sekeluarga. Bisa dikonsumsi segala usia ya ternyata, tinggal sesuaikan varian dan dosisnya aja

    ReplyDelete
  20. Perpaduan konsumsi menu masakan dari Mak Yoa dan obat cacing Konvermex cocok banget nih dimasukin ke rangkaian perbaikan gizi anak. Tetanggaku ada yang mengalami cacingan juga dan setelah rutin minum obat cacing plus memperbaiki pola makan jadi lebih sehat dan jarang sakit :D

    ReplyDelete
  21. Missed ni aku ngasih obat cacing buat anak-anak. Padahal penting banget ya. Selama ini cuma fokus ke vitamin daya tahan tubuh aja

    ReplyDelete
  22. Fokus sama menunya hahahaha btw kita samaan moms, stok konvermex. Kadang aku sendiri suka parno anakku cacingan pas pup nya ga beraturan dll

    ReplyDelete
  23. menunya praktis sekali ya mbak, kesukaan anak saya nih sayap ayam. Oiya, saya gak pernah stok konvermex dan kayaknya harus segera stok nih ya untuk jaga-jaga

    ReplyDelete
  24. Cacingan seperti sepele ya padahal efeknya serius untuk anak-anak. Pemakaian obat cacing 6 bulan sekali bagusnya rutin dilakukan ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)