Wednesday, November 21, 2018

NgeBlog Asyik Dengan Tema Favorit

tips menentukan tema atau topik blog

"Paling suka menulis tentang apa sih?"
Setiap ditanya begini sebenarnya kupingin jawab zuzur kalau paling suka menulis sponsored post, yaiyalaa, memang ada yang nggak suka menulis artikel berbayar? Tapi akhirnya jawaban yang keluar dari mulut ini hanyalah 'eeem.. uum.. gimana yaa..' Macam gadis belia mau dilamar gitu.

Untuk urusan tema atau topik blog saya memang masih labil sampai sekarang. Mungkin, mungkin lho ya, karena sejak awal saya menulis suka-suka aja, kebanyakan curhat-curhat yang sekarang sudah saya hapus-hapusin, semoga sih bisa hilang betulan dari google yaa, LOL

 5 Alasan Saya Menulis Dengan Bahagia

Kebiasaan nulis suka-suka itu yang sampai sekarang membuat saya nggak pernah pusing memikirkan topik tulisan, apalagi tema blog. Padahal sebenarnya, saya juga pingin blog saya lebih spesifik, dengan pengunjung yang lebih tertarget. Tapi yasudalayaa, sekarang nyamannya masih seperti ini, dibikin asyik aja :)

Oh iya, sebelum ngomongin tema blog lebih lanjut, saya mau kasih tahu (buat yang belum tahu aja sih) kalau blogger juga biasa menyebut tema blog sebagai niche blog. Jadi kalau di sebuah event kamu dicegat orang lalu ditanya 'eh niche blogmu apa?' Sudah tau ya harus jawab gimana, nggak usah buka translate segala, keburu yang nanya pulang nanti.


tips menentukan tema atau topik blog

Saat menentukan niche blog, berusahalah memilih tema yang sudah kita kuasai dengan baik, kalau bisa yang merupakan bagian keseharian kita. Tujuannya supaya kita nggak kehabisan ide menulis atau malah membuang banyak energi hanya untuk menghasilkan satu tulisan.

Saya sendiri akhirnya memilih niche lifestyle alias gaya hidup.

Wuiih lifestyle, sounds cool nggak sih? Hahaah plis laah jangan mbayangin  gaya hidup macam kulineran di resto-resto fancy, atau drama arisan ber-dresscode, apalagi aneka review dari brand mahal yang sedang happening.

Blog ini bercerita tentang gaya hidup seorang emak berdaster yang berusaha menyeimbangkan waktu memasak dengan hasrat eksis di media sosial. Emak yang berusaha berdamai dengan tingginya tumpukan setrikaan sedangkan nilai pageviews blognya malah tak kunjung meninggi. Semua itu terangkum dalam niche yang biasa disebut Lifestyle.

Niche Lifestyle adalah sebutan lain untuk blog gado-gado, tahu campur, lotek, dan sejenisnya. Di dalamnya ada bermacam-macam artikel dengan topik yang berbeda. Nggak salah kok kalau mau memilih niche lifestyle ini, as long as you love me happy :)

Tapi meski bebas memilih tema, saya tetap berusaha membatasi sub temanya. Biasanya tulisan saya nggak jauh-jauh dari pengalaman membesarkan anak-anak, cerita saat piknik tipis-tipis, dan hobi saya. Kalau tiba-tiba ada tulisan yang melenceng sedikit maupun banyak, monmaap yaa, itu biasanya pesanan sponsor :))



Jadi kalau sekarang ditanya saya paling suka menulis tentang apa, maka saya akan jawab tiga hal ini:


1. Parenting

Untuk ibu-ibu yang sudah memilki anak, ini tema paling mudah. Karena setiap anak nggak ada yang sama. Seperti kedua anak saya yang walaupun sama laki-laki dengan usia yang cuma terpaut tiga tahun, perbedaan sifat serta karakternya bagai negara api dan suku air. Jadi akan selalu ada kisah yang bisa dibagi, dan ada banyak juga ibu-ibu di luar sana yang membutuhkan referensi dalam pengasuhan.

Cara Mendukung 5 Potensi Prestasi Anak Agar Tumbuh Optimal

Tapi meski terbilang topik mudah, banyak ibu baru yang justru terjebak di topik ini. Saran saya, menulislah dengan bijak, hindari mom war dan mom shaming, walaupun anak kita berhasil lulus S1, S2, S3, S4, S5 ASI Ekslusif dan selalu makan MPASI rumahan dengan metode terbaik.

Percaya saya deh, drama anak balita dan anak usia sekolah itu jauh lebih kompleks dari sekedar petaka ASI seret atau tragedi GTM. Kalau energi kita sudah habis terpakai untuk mom war diawal karir sebagai ibu, dijamin kita nggak akan mencapai posisi direktur dengan bahagia.

Kurangi juga tulisan yang berbau curhat receh seperti betapa seringnya anak kita tantrum, atau bagaimana sulitnya mengajarkan dia toilet training. Boleh kok curhat, boleh, tapi jangan ditulis berlebihan kecuali kita memberikan solusinya juga, jadi sekalian berbagi pengalaman gitu loh.

Ingat yaa, apa yang kita tulis akan menjadi jejak abadi, jangan sampai saat anak kita besar dan membaca tulisan kita, lalu dia merasa bersalah :(


3. Travel dan Kuliner

Meski nggak terlalu sering, Alhamdulillah kami masih diberi kesempatan buat melipir piknik di hari-hari libur. Tujuannya sih masih seputaran Jogja saja, kadang menyusuri deretan pantai di Gunung Kidul, kadang menjelajah hutan lereng merapi, kadang menjajal tracking di antara sungai dan air terjun di Kulon Progo. Yang penting anak-anak terbiasa akrab dengan alam.

Pengalaman berwisata alam yang nggak seberapa itu sengaja saya tulis sebagai jejak kami, sekaligus pengingat anak-anak kalau mereka juga pernah bersenang-senang dengan alam di masa kecilnya.

Bertualang Jadi Anak Sungai di Plunyon Kali Kuning


3. Hobi

Saya melakukan hobi sebagai penyeimbang. Karena saat saya mulai menerima artikel berbayar, menulis kadang juga bisa membosankan (sekaligus membahagiakan). Saya butuh melakukan hal lain di luar menulis, sesuatu yang bisa membuat saya tetap belajar sambil bersenang-senang. Pilihan saya jatuh pada fotografi dan membuat mainan anak-anak.

Cara Membuat Diorama Tata Surya

Ternyata saat mengerjakan hobi ada pengalaman yang bisa saya bagikan, jadi sekalian saja saya tulis di blog. Kan salah satu amalan yang tidak akan terputus bahkan setelah kita mati adalah ilmu yang bermanfaat, betul begitu, jamaah?


Mencipta Foto Makanan Instagenik Ala Food Influencer


Nah, Kalau teman-teman, paling suka menulis tentang apa? sharing dengan saya di kolom komen ya :)

42 comments:

  1. Sama kek aku mbak. Ku juga masih gado-gado, kadang pecel, kadang ayam penyet juga ada. Hlo ini apa.. hhe salken ya mbak. Semoga selalu bermanfaat. 😊 Jangan lupa mampir di www.arisantiwe.com

    ReplyDelete
  2. Sama mbak, aku juga nulis suka suka aja. Jadinya ya gitu deh, blogku nichenya lifestyle atau dengan kata lain niche galau karena semua ada wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Sama mbak, mungkin pertama parenting karena dunia ibu memang sepenuhnya di anak-anak, apalagi yang kerja dibagian domestik 100%waktu ada di anak-anak.. heheh

    ReplyDelete
  4. Kl aku lbh ke keseharian.. Tp msh blom jls jg.. Soalnya msh br bgt.blom gapeh. Malu jdnya kl nimbrung..mampir ya mba ke www.heniajaa.com

    ReplyDelete
  5. aku masih belum jelas arahnya meskipun blognya travel. padahal banyak bahan yg aku punya utk nulis.

    ReplyDelete
  6. Hahaha aku baru ngeh kalau lifestyle itu gado2, kirain tentang gaya hidup ya tentang rumah aja, Sama aku juga cuma fokus ke parenting, Karena memang cuma dirumah. Hihi

    ReplyDelete
  7. Kalau aku suka nulis di blog ya semua hal yang aku suka seperti review novel dan perjalanan traveling. Aku pun tambah senang lagi kalau nulis di blog itu sponsored post. Hehehe.

    ReplyDelete
  8. Sama mba saya pun suka blognya tema gado-gado hehehe karena memang saya suka menulis tentang apa aja.

    ReplyDelete
  9. Kalau aku masih tema gado-gado kak hehe, pengen sih berninche tapi banyak godaan mulu jadinya di urungkan lagi.

    ReplyDelete
  10. Blog aku juga masih gado-gado mba isinya. Tapi tetap ada subtema seperti yang mba bilang. Semangat terus ngeblognya mba.

    ReplyDelete
  11. aku sekarang lagi seneng nulis soal parenting, tapi sebenarnya blognya gado-gado banget sih :D
    happy blogging mba :)

    ReplyDelete
  12. Waktu awal ngeblog, saya malah belum tau apa itu niche. Pokoknya saya menulis aja. Justru banyak para blogger yang bilang kalau niche blog saya parenting. Sejak itu justru saya baru tau apa itu niche :D

    ReplyDelete
  13. Lifestyle juga bisa dikerucutkan aslinya ya Mbak. Parenting itu tema yang berat menurut aku malahan. Takutnya kalau salah tulis lho.

    ReplyDelete
  14. Tos duluuuu ah. Hidup lifestle ya mba.. soalnya enak banget bisa isi segala maceeem

    ReplyDelete
  15. Hihihi...bunda mah masih aja blm bisa nentuin tema t k.a. masih gado-gado Padang.

    ReplyDelete
  16. Beer sih, apa pun tema yang kita suka, yang penting kita bahagia menuliskannya sehingga nulisnya pun enjoy dan bisa dapat bonus naikin traffic blog ya

    ReplyDelete
  17. Paling suka sih nulis perjalanan..tapi karena g sering bisa jalan2..jadi ya gado2nya yg buanyaaak haha

    ReplyDelete
  18. Aku jg pengen mbk fokusin blog ke niche tertentu. Tp apalah daya, untuk saat ini, aku pilih niche gado gado saja.

    ReplyDelete
  19. Menulis sesuai dengan hobi itu kemungkinan gak bikin bosan dan bete ya. Kadang saya suka blank saat diminta menulis yang ndak begitu dikuasi. Jangankan yang ndak dikuasai, saat sedang ndak mood, mau dikuasai atau ndak, kadang susah juga, hehehe.

    ReplyDelete
  20. Tooosss yaaa Mbak, blog gado-gado, eehh lifestyle. Paling enak emang nulis apa yg kita sukai ya Mbak, bisa bikin happy :)

    ReplyDelete
  21. Mba, aku pun senang deh kalau menulis tema apa aja. Tapi tema travelling tuh paling aku sukai :)

    ReplyDelete
  22. Niche lifestyle aku banget mbak..blog ku gado-gado, ya karena pada dasarnya aku suka menulis jadi apa yang dilihat dan dialami niatnya memang pengin berbagi lewat tulisan.

    ReplyDelete
  23. No 1 dan 2 sama kayak saya nih. Cuma no 3 yg beda walaupun saya juga suka nulis yang berkaitan dg hobi.

    ReplyDelete
  24. Sama sih lifestyle, nasi rames kalo menurutku, hahahaa

    ReplyDelete
  25. Sama sih lifestyle, nasi rames kalo menurutku, hahahaa

    ReplyDelete
  26. Kalau aku temanya beauty, tapi terkadang tetap ada selingannya :)

    ReplyDelete
  27. Akupun dah kadung campur mba.. belum fokus ini tapi walaupun begitu tetap sih ada ciri khas trsendiri

    ReplyDelete
  28. Aku suka foto2nya makYo sama DIY nya. Dulu aku ngesafe yg printable itu dr blog makYo dan sampe sekarang kepake

    ReplyDelete
  29. Seru ya jadi bisa makin kenyang kalau baca artikel blog soal kuliner meski harus menahan iler kalau pas lagi ga bisa order langsung makanannya haha

    ReplyDelete
  30. Aku suka nulis apa ja yang terlintas di kepala, keseharian yang dialami dan pengalaman yang dimiliki Mba Yoan.
    Yang lebih seneng ada yang ngiklan terus dibayar mahal. Angin surga banget hahaha bisa jajan dengan duti sendiri menyenangkan

    ReplyDelete
  31. suka kalimat ini mak : Kalau energi kita sudah habis terpakai untuk mom war diawal karir sebagai ibu, dijamin kita nggak akan mencapai posisi direktur dengan bahagia. Sepakat dah, banyak hal positif yg bisa dibagi ya mak^^ Terutama nih buat aku yg bayi baru usia 10 bulan, pengennya nulis2 pengalaman juga :)

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Gado-gado itu enak dan sehat banyak sayurnya, nah blogg lifestyle juga enak kan banyak variasinya ya

    ReplyDelete
  34. Kalo aku yg ditanya gitu, udh pasti jawabannya traveling dan curhat. Hehe

    ReplyDelete
  35. Hahaah setuju gk masalah nulis tema gado2 as long we happy :D
    Aku malah lagi pengen memperbanyak blogku dengan curhatan. Tapi kalau bisa yang ada solusi hehe.

    ReplyDelete
  36. Koq sama ya tema paling favoritnya parenting. Kalau aku nulisnya parenting untuk anak remaja :)

    ReplyDelete
  37. Mainan anak-anak dan ide bekal anak punya Mak Yo itu jempolaaan banget deh. Serius!
    Kujadi inget kayaknya dulu sempet nanya-nanya di IG tentang DIY organ tubuh sama mengenalkan musim ke anak ya Mak, yang dari flanel itu lho. Hayuk mbok aku dibikinin XD.

    ReplyDelete
  38. Punya saya juga gado-gado, Mbak.. Blog gado-gado tu senengnya bisa ambil job dengan tema apa saja. #eh #matredetected

    Tapi saya juga punya blog khusus parenting, namanya mamakepiting, xixiixi

    ReplyDelete
  39. Wahaha lifestyle teh gado gado ya. Pantesan saya nyaman banget dengan tema yang satu ini. Bisa nulis apa aja sesuai keinginan saya terutama kalau pas ada placement job xixixi

    ReplyDelete
  40. Sama mba. Sah satu tema blog yang aku suka itu yang parenting ..

    ReplyDelete
  41. iya, aku juga memilih lifestyle karena luasnya wilayah yang bisa ditulis di sana

    ReplyDelete
  42. traveling itu selalu asyik ya untuk ditulis ceritanya. setuju

    ReplyDelete