Saturday, April 13, 2019

Transaksi Cashless Makin Mudah Dengan Aplikasi SPOTS

aplikasi kasir SPOTS

Semua pasti sepakat yaa kalau smartphone adalah barang yang paling gak boleh ketinggalan. Selain sebagai alat komunikasi dan fotografi, smartphone juga sudah berubah jadi dompet sejak fasilitas e-money menjamur. Gak apa-apa deh gak bawa dompet, bayar taksi online masih bisa pakai saldo kok, mau makan di resto juga tinggal scan QR code saja, nanti kepotong saldo, isi saldonya pakai M-Banking. Ah, I loove this millennial life :))

Kemudahan transaksi pembayaran non tunai ini membuat penggunanya semakin menjamur hingga memunculkan istilah cashless society atau less cash society, suatu kalangan yang lebih sering melakukan transaksi non-tunai atau cashless transaction, sistem transaksi yang tidak lagi menggunakan uang tunai, tapi melalui media elektronik dalam bentuk kartu (kartu debit, kartu kredit, kartu e-money) dan e-wallet alias dompet elektronik (QR payment).
Sebagai ibu rumah tangga dan blogger yang lebih sering beraktifitas di rumah, kehadiran cashless transaction ini sangat mempermudah aktivitas saya. Mulai dari pembelian pulsa listrik, pembayaran tagihan wifi, sampai urusan pesan makanan saat malas masak bisa saya lakukan cukup dengan tunjuk-tunjuk layar smartphone saja.

Dan saat saya harus keluar rumah seperti mall, saya nggak perlu bawa uang cash dalam jumlah banyak dan mengurangi kemungkinan kecopetan. Transaksi non-tunai yang saya lakukan juga secara otomatis tercatat di dalam aplikasi atau mutasi bank, jadi saya nggak perlu repot mengingat ke mana raibnya uang belanja., tinggal tracking saja dari aplikasi. 

Selain keuntungan bagi diri sendiri, melakukan transaksi non tunai ternyata juga membantu meningkatkan perekonomian negara loh. Transaksi bisnis online akan menciptakan lapangan kerja baru, membantu sektor perbankan melalui e-money, kartu debit, dan kartu kredit. Bank juga akan mendapatkan fee-based income lain dari biaya transaksi, notifikasi SMS, dan biaya administrasi bulanan.

Transaksi non tunai juga lebih mudah dilacak, termasuk pelacakan transaksi ilegal karena tercatat di sistem perbankan, dengan begitu tindak korupsi perekonomian bisa berkurang. Keuntungan lainnya, cashless transaction akan akan meningkatkan pajak yang bisa digunakan untuk pembangunan masyarakat dan pendapatan negara. Jadi sambil menikmati kemudahan bertransaksi, kita sudah ikut menyumbang perekonomian negara, haseeek.. 

Eh, tapi teman saya bilang transaksi online ini justru membuat dia makin boros, karena banyak diskon dan prono yang ditawarkan. Barang yang harusnya nggak dibutuhkan, jadi dibeli atau dibayar juga deh. Begitu juga urusan makan, harusnya nggak jajan di resto itu, karena sedang promo jadi tergoda makan di situ. 

Huahahaah, yailaa.. bukan salah diskon dan promo-nya dong aah, salah yang bertransaksi atuuh.. kan tetap harus bisa bedain yang mana need dan yang mana want :)


SPOTS, Aplikasi Kasir untuk Kemudahan Wirausaha


Sayangnya, saat sedang di luar rumah ingin jajan, belum semua tempat kuliner menyediakan fasilitas pembayaran non tunai, terutama warung makan kaki lima. Saya pernah gagal makan nasi padang kesukaan karena uang di dompet saya cuma cukup untuk bayar parkir, terpaksa lah saya balik badan nggak jadi makan di situ. Aah andai resto itu sudah menyediakan pembayaran non tunai, kan saya bisa puas menikmati nasi rendang plus gulai cumi, hmm..

Untungnya sekarang, Gojek, sang Unicorn yang selama ini selalu memanjakan penggunanya dengan banyak kemudahan transaksi, kembali berinovasi membuat SPOTS, sebuah aplikasi kasir multifungsi untuk melayani kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. 

Mesin Kasir SPOTS

SPOTS adalah sistem Point Of Sale yang dilengkapi beragam fitur untuk membantu operasional pelaku usaha jenis apa pun. Biasanya kendala utama wirausaha adalah sumber daya terbatas yang menyebabkan kesulitan dalam merekap transaksi, mengelola pesanan online dan offline, hingga sulitnya akses menerima pembayaran non tunai.


Nah, misi SPOTS adalah agar wirausaha di Indonesia dapat menjalankan usaha dengan mudah dan nyaman. Untuk itu itu SPOTS menyediakan berbagai fasilitas seperti menerima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan, jadi bisa sangat menghemat waktu dan uang dengan mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari.

Keunggulan SPOTS

Biaya yang harus dikeluarkan pemilik usaha untuk mendapatkan semua fitur SPOTS juga sangat terjangkau, cukup dengan membayar biaya aktivasi Rp.290.000 dan biaya pemeliharaan Rp.2.900/hari , siapa pun dapat menjalankan usaha, mulai dari pemilik gerobak sate kambing, booth masakan rumah di kantin perkantoran,café hits, sampai restoran bercabang, semua bisa menikmati keunggulan SPOTS.

Sampai saat ini SPOTS POS sudah dipercaya oleh lebih dari 15.000 outlet di Indonesia. Semoga setelah ini makin banyak outlet yang menggunakan mesin kasir SPOTS ini yaa.. jadi koalisi pemuja cashless transaction seperti saya ini bisa bebas jajan dimana saja meski duit di dompet cuma tersisa recehan :)

Tertarik mengenal aplikasi SPOTS lebih lanjut? Teman-teman bisa cek langsung ke Website SPOTS di www.spots.co.id . Dari website ini, teman-teman juga bisa langsung mendaftar untuk mencoba berbagai fitur yang disediakan oleh SPOTS.



30 comments:

  1. Aku suka cashless jaman now.hehehe. Bayar-bayar tinggal pake scan qr atau masukin no hp aja. Bebas ribet :D

    ReplyDelete
  2. Jadi ini inovasi terbaru dari GOJEK? Saya termasuk pengguna GOJEK yang lumayan sering menggunakan beberapa fiturnya. Jadi makin betah deh saya pakai aplikasi ini :D

    ReplyDelete
  3. Pengusaha apapun sekarang bisa menikmati kecanggihan teknologi pembayaran dan pelaporan transaksi ya. Pake Spots ini makin memudahkan. Kulihat beberapa penjual oleh2 ada yang udah pake deh.

    ReplyDelete
  4. Cashless Society, begh, keren kali namanya ya!

    GOJEK memang selalu memegang berusaha komitmen ya, memberikan keamanan dan kenyamanan bertransaksi kepada semua lapisan masyarakat wirausaha

    Da best!

    ReplyDelete
  5. Keren banget deh terobosan baru dari Gojek ini, bikin semua usaha bisa lebih baik dan mudah lagi berintegrasi dengan kemajuan zaman.

    Zaman sekarang, perlahan namun pasti, hal2 modern selalu mengikuti, mau gak mau, kita kudu menyesuaikan biar bisa tetap bersaing :)

    ReplyDelete
  6. Wah, saya malah belum pernah lakukan transaksi nontunai secara modern pakai gawai kayak yang dipaparkan Mbak. Pernahnya bayar pakai kartu ATM BRI kala belanja di toserba, he he.
    SPOTS bagus juga, memudahkan pelaku usaha kelas menengah ke bawah sampai ke atas untuk bisa melanjutkan transasksi yang nyaman bagi pembeli dan penjual. Memang benar, aplikasi demikian sangat dibutuhkan agar lebih meluas.

    ReplyDelete
  7. Aku banget iN yang suka cash less. Jarang banget bawa uang cash hahaha soalnya kalau ada di dompet lancar banget keluarnya

    ReplyDelete
  8. kalau sha justru seneng banget promo-promoan. lebih hemat. apalagi cashless promo nya selalu banyak :)

    ReplyDelete
  9. Sekarang butuhnya smatphone aja ya gak terlalu butuh dompet hehehe, paling bawa dompet buat naruh tanda pengenal aja.
    Nah buat pengusaha punya aplikasi kasir juga penting ya untuk memudahkan mereka. Aku pingin nybain kaya gimana sih SPots

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk masyarakat yang sangat bangga dengan kemajuan teknologi saat ini, seperti halnya mesin spots ini sangat memudahkan masyarakat yang memang sudah menerapkan cashless, sudah banyak aku temui beberapa toko yang sudah menggunakan spots ini, haru dan bangga dengan kemajuan teknologi saat ini

    ReplyDelete
  11. SPOTS memudahkan banget untuk wirausaha yang memang sulit dalam pembukuan dan tidak punya mesin kasir. Kemarin pesan makanan pakai GO FOOD juga dikasih kwitansi dari SPOTS gitu mbak.

    ReplyDelete
  12. GO-JEK ni banyak inovasi produknya ya. Aku pas tahu kalau dia ngeluarin produk ini, rasanya jadi salut banget. Nggak kebayang kan kalau tukang sate pinggir jalan aja bisa jadi penjual milenial yang gaul karena pakai aplikasi cashless dari SPOTS ini.

    ReplyDelete
  13. SPOTS ini awalnya aku kira semacam mesin edc yg cuma buat bayar. Ternyata ada layarnya juga dan memudahkan banget buat penjual dan pembeli ya mbak.

    Teknologi canggih kayak gini bisa dimiliki dengan harga terjangkau yaa

    ReplyDelete
  14. ini keren bgt sih. dan pas tau yg bikin adalah GOJEK. makin suka deh sama startup bikinin anak indonesia ini

    ReplyDelete
  15. Wah Gojek makin melebarkan sayapnya ya. Jadi tantangan ini bagi para UMKM terutama pengusaha mikro yang baru merintis. Semoga mereka bisa menangkap peluang untuk lebih maju.

    ReplyDelete
  16. Yipiii semakin dimudahkan ya Mba, mesin kasir canggih ini
    Aku beberapa kali pernah makan di resto nemu yang beginian
    Tapi di kota besar pas jumpainnya, moga semakin merata di daerah juga biar mudah

    ReplyDelete
  17. Aku juga pernah jajan non tunai pakai go pay, kalau ketinggalan uang tunai memang bisa jadi penyelamat banget ya. kalau hape kan emang jarang ketinggalan hahaha.

    ReplyDelete
  18. Berguna banget nih spots. Soalnya emang aku juga sekarang sering lupa kl mau ambil uang cash. Jd memudahkan si pemilik usaha juga ya mbak

    ReplyDelete
  19. Wah, ayuklah semua pedagang pakai ini biar aku nggak bingung tarik tunai. Aku tuh sudah menjunjung tinggi cashless :)) Selain lebih gampang trackingnya, di aku justru bikin hemat mba, nggak kayak temen mbak itu hehe. Mungkin dia emang dasarnya gampang tergoda promo ya

    ReplyDelete
  20. Asyiknya ya sekarang dengan adanya alat ini para UMKM jadi lebih mudah karena ada mesin kasir keren.

    ReplyDelete
  21. Enak kalau ada aplikasi mesin kasir kyk spots ini buat pelaku usaha ya mbak, jdnya lbh cepet dalam transaksi dan menghitung keuntungan.
    AKu jg sbg pelanggan/ kustomer lbh suka transaksi cashless.

    ReplyDelete
  22. Suamiki sedang merintis bisnis kuliner dan sudah beberapa kali mencari informasi mengenai spots supaya memudahkan menyelesaikan transaksi penjualannya. Makasih banyak ya mbak, infonya

    ReplyDelete
  23. Aku pernah liat alat Spots ini di pake sama penjual pisang goreng di pinggir jalan. Ternyata memudahkan banget ya

    ReplyDelete
  24. Bagus banget inovasinya. Bikin UMKM bisa mengelola keuangan, terutama urusan kasir, ya. Yang biasanya alat dan aplikasi kasir itu besar dan mahal, kini jadi ringkes dan mungkin harganya lebih terjangkau. Semoga banyak yang mendapat manfaat. :)

    ReplyDelete
  25. Aplikasi Kasir SPOTS ini aplikasi yang berguna banget buat kelancaran wirausaha ya mba :)

    ReplyDelete
  26. Biaya perharinya cukup murah untuk UMKM. Dibandingkan harus beli alat kasir yang mahal ya :)

    ReplyDelete
  27. Kalau saya suka cahsless karena pen berburu promonya aja. Lumayan apalagi kalau ada hari-hari besar, biasanya promonya double.

    ReplyDelete
  28. Saya merasa beruntung hidup di zaman ini, meski dari generasi X, apa yang ada sekarang bisa saya pelajari dan terapkan. Termasuk beli2 makanan online. :)

    ReplyDelete
  29. Wah memudahkan banget nih aplikasi kasir..jd kepikiran pengen wirausaha lagi ..huhu..

    ReplyDelete
  30. senang banget kalau para perintis UMKM sudah memakai aplikasi seperti ini, kitapun yang jadi pembelinya sudah semakin ringkas soalnya kadang lebih suka beli tuh pake cashless...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)