Sunday, February 24, 2019

Tips Memaksimalkan Pendapatan Iklan Pada Blog Kita

Tips Memaksimalkan Pendapatan Iklan Pada Blo
Photo by: @bookpacker

Hari Sabtu, 16 Februari 2010 kemarin, kami, Emak Blogger Jogja mendapat kesempatan menghadiri #KEBelajar Kumpulan Emak Blogger dengan materi "Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan" di Kunena Eatery, Baciro, Yogyakarta.

Acara yang dipandu oleh MC Aji Sukma ini dibuka dengan sambutan dari Mak Sumarti Saelan selaku Ketua KEB dan Mak Indah Julianti, co-founder KEB. Kali ini KEB berkolaborasi dengan ProPS, sebuah Google Channel Partner yang bisa membantu kita meningkatkan pendapatan blog atau website dengan Google's Monetation Solution. Melalui Google's Monetation Solution, ProPS juga akan membantu memaksimalkan potensi dari blog atau website kita hingga dapat berkembang melebihi potensi pendapatan.

Kebayang nggak sih serunya materi kali ini? Selain materi tentang Google's Monetation Solution yang disampaikan langsung CEO ProPS, Mbak Ilona Juwita, kami juga mendapat ilmu blogging yang materinya diberikan oleh Mak Carolina Ratri alias Mak Carra. Paham lah yaa kalau materi dari Mak Carra nggak pernah biasa-biasa saja. Mau tahu materinya tentang apa? Yuk baca terus tulisan saya sampai bawah, heheeh.

Tips Memaksimalkan Pendapatan Iklan Pada Blo
Ilona Juwita, CEO ProPS

Google's Monetation Solution

Kembali ke google's monetation solution dulu yaa, monetasi sendiri adalah mendapatkan pendapatan dari blog sebagai passive income dengan memasang iklan untuk mencari uang lewat internet. Menurut Mbak Ilona, beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memonetasi blog kita adalah dengan:

1. Content Marketing. Dengan rutin memproduksi organic post, sponsored post, dan backlink post yang bagus.
2. Social Influencer. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai influencer dan endorser.
3. Affiliate Link. Menempatkan link afiliasi suatu produk di blog atau halaman post, komisi akan kita dapat ketika terjadi pembelian.
4. Iklan. Melalui Ad Placement pada blog berformat banner, text ad, native, link ad, dan rich media.
5. Berjualan Produk Digital. Misalnya ebook, online course/web, training & workshop, image, photo, dan video.

Dari kelima poin itu, teman-teman sudah menjalankan yang mana? Kalau saya baru poin 1 dan 2 saja hehee. Saya memang belum pede untuk mendaftarkan blog saya di Google Adsense, masih ada banyak hal yang jadi pertimbangan saya, salah satunya karena saya merasa belum mengoptimasi blog saya secara maksimal.

Baca juga 5 Alasan Saya Menulis Dengan Bahagia

Dan memang benar, Mbak Ilona juga menjelaskan kalau ada beberapa faktor yang menjadi masalah utama terkait monetisasi iklan pada blog, seperti:

1. Small volume of traffic atau masih sedikitnya jumlah pembaca yang berkunjung pada blog kita.
2. Page latency atau lambatnya suatu blog saat dibuka, biasanya karena terlalu banyak memasang plugins, memasang foto dalam size yang besar, atau memang templatenya yang kurang responsif.
3. Viewability rendah akibat blog lebih responsif di versi website, bukan versi mobile, padahal pembaca sekarang lebih suka mencari informasi apapun (termasuk blog) dari smartphonenya, jadi blog yang mobile friendly adalah wajib.

Google Ad Exchange

Kembali pada cara memaksimalkan pendapatan iklan pada blog kita, menurut Mbak Ilona ada yang lebih menguntungkan ketimbang Google Adsense, yaitu Google Ad Exchange. Jika pada Google Adsense advertiser membayar atas setiap klik yang terjadi pada iklannya atau pay per click (CPC), pada Google Ad Exchange advertiser membayar atas setiap iklannya yang terlihat alias pay per impression (CPM). Asik nih :)

Tapii.. tentu saja syarat untuk bisa mendaftar Google Ad Exchange ini nggak semudah mendaftar Google Adsense (yakaliii gampang daftar adsense, sama susah juga sist, LOL). Ada syarat yang harus kita penuhi, salah satunya adalah blog atau website yang sudah memilki branding baik dengan minimal page view 20M perbulan. M ini maksudnya million atau juta ya kan? haa cem mana pv 20 juta perbulan itu?


Tips Memaksimalkan Platform Monetasi 

Tapi boleh lah ya sekarang kita bermimpi dulu meraih si 20 juta pv ini, sambil tetap berusaha memaksimalkan platform monetasi yang sudah kita miliki. Untuk yang satu ini, Mbak Ilona juga sudah kasih bocorannya:

1. Pastikan source of traffic hanya dan hanya dari sumber yang berkualitas. 
- Jangan melakukan click pada iklan yang tayang di blog kita sendiri.
- Hindari click atau impression yang datang berulang dari satu user ataupun lebih, misalnya meminta teman kita melakukan click berulang pada iklan di blog kita, curang itu namanya yah.. Google kan bisa baca cookies dan IP addressnya.
- Pemilik blog dengan sengaja mendorong pengunjung untuk click iklan (mengakibatkan klik yang dihasilkan dari ketidaksengajaan), saya suka nemu website yang model begini, dan itu menyebalkan loh.
- Pemilik blog memanfaatkan platform produksi klick secara otomatis alias robot.
2. Tempatkan iklan di area dengan keterlihatan yang tinggi dan potensi click yang tinggi.

Tips Memaksimalkan Pendapatan Iklan Pada Blog
Layout iklan yang baik. Source: ProPS-KEB
Tips Memaksimalkan Pendapatan Iklan Pada Blog
Layout iklan yang baik. Source: ProPS-KEB

3. Pastikan setiap slot dapat menampilkan berbagai pilihan size.
4. Google menawarkan berbagai tipe iklan seperti banner display, banner text , link ads, auto-ads, native in-feed, native in-article, dan banyak lagi, coba dan pelajari untuk tahu keseluruhan potensi revenue.

Nah sekarang, kalau sudah paham cara memaksimalkan platform monetasi blog, tugas kita adalah menciptakan konten yang bisa diterima secara global hingga menhasilkan internasional traffic. Karena melalui internet, pengunjung website bisa datang darimana saja, termasuk mereka yang menggunakan bahasa berbeda. 

Pertanyaannya, seberapa besar konten yang kita hasilkan bisa menarik perhatian mereka? Dan bagaimana cara membuat konten yang menarik untuk global audience?

1. Tentukan Target Audience, apakah penduduk negara berbahasa inggris atau penduduk negara dengan bahasa lain.
2. Produksi konten yang “evergreen”
3. Konten boleh saja bertopik lokal, tapi disajikan secara relevan untuk global audience.
4. Jangan menggunakan konteks yang menyangkut budaya tertentu, sehingga akan susah dipahami secara umum.
5. Hati-hati saat memakai kata-kata referensi (jarak, berat, pecahan uang, hari libur), karena tiap negara memiliki istilah berbeda.
6. Saat kita menggunakan image, pastikan yang dipahami secara universal.
7. SEO. Manfaatkan keywords yang populer di negara tersebut untuk ditempatkan di dalam konten yang relevan.
8. Kalau perlu gunakan jasa translator.

Nah, buat teman-teman yang belum dan ingin memonetasi blognya, atau teman-teman yang sudah monetasi tapi belum maksimal, bisa loh minta bantuan ProPS untuk mengoptimalkan monetasi blognya. Sebagai Google Channel Partner, ProPS dapat membantu memanfaatkan Google Doubleclick Ad Exchange untuk monetisasi iklan di blog kita. ProPS akan membantu kita terhubung ke berbagai top performing ad network, sekaligus menjalankan dan mengoptimalkannya. ProPS juga menangani semua billing collection sehingga penagihan dapat dilakukan lewat satu pintu saja.

Untuk lebih jelas, bisa langsung ke websitenya ProPS di www.props.id :)


Pillar Post Sang Penyangga Traffic Blog

Sekarang kita masuk ke materi kedua. Di atas tadi kita sudah bolak-balik menyebut traffic, dan memang si traffic ini memegang peranan paling penting dalam monetasi blog, traffic bagus artinya monetasi lancar. Salah satu cara menjaga traffic tetap stabil dan terus tumbuh adalah dengan menciptakan banyak pillar post.

Alhamdulillah, di acara kemarin Mak Carra berbagi cara membuat pillar post yang mumpuni dan mampu  menjaga traffic bertahan sepanjang jalan kenangan masa.


Pillar Post: A pillar article is usually a tutorial style article aimed to teach your audience something. Generally they re longer than 500 words and have lots of very practical tips or advice.

Tips Memaksimalkan Pendapatan Iklan Pada Blo
Carolina Ratri
Photo by: @bookpacker

Pillar Post adalah artikel yang menjadi 'penyangga' blog kita untuk bisa tetap eksis di SERP atau hasil pencarian search engine. Artikel ini biasanya berisi tips, tutorial, atau cerita pengalaman pribadi yang bisa menjadi rujukan banyak orang dan menghasilkan traffic yang terus bertumbuh meski artikelnya sudah lama diposting (evergreen).

Mak Carra menyarankan agar kita banyak membuat pillar post untuk menaikkan traffic. Kalau bisa sih semua artikel kita adalah pillar post, jika tidak bisa, paling nggak usahakan sebulan satu kali membuat pillar post.

Lalu bagaimana cara membuat pillar post yang baik dan mampu mendulang banyak traffic?

1. Define your big ideas. Tentukan niche, tujuan artikel, untuk siapa artikel itu ditulis, dan apa keunikan artikel itu.
2. Keywords research. Selalu lakukan riset pada keywords yang akan mengisi artikel kita, usahakan relevan tapi tetap dengan penempatan yang natural. Gunakan ubersuggest.
3. Buatlah outline saat menulis, gunakan rumus 5W 1H.
4. SEO Checklist. Perhatikan juga faktor-faktor yang membuat sebuah tulisan menjadi ramah SEO seperti, penggunaan keywords yang tepat, url yang singkat tapi tetap jelas, menggunakan subheadings, meta search description, image alt atributes, dan internal external links.

Jadi, apakah teman-teman sudah mulai mencoba meningkatkan pendapatan iklan pada blog dan membuat pillar post yang baik? Kalau sudah, sekarang saatnya berdoa, semoga semua usaha yang kita lakukan bermuara pada hasil yang baik :)

Terima kasih untuk KEB dan ProPS atas semua ilmu dan kesempatan jumpa yang diberikan kepada kami kemarin. Sukses selalu KEB dan ProPS!

Tips Memaksimalkan Pendapatan Iklan Pada Blo
Terima kasih KEB dan ProPS
Photo by @imasatrianto

59 comments:

  1. Wahhh acaranya di jogja yaa, jadi ketinggalan informasi buat meet up nih wuhehehe

    ReplyDelete
  2. Makasih informasinya ya mbak manfaat banget buat aku nih. Masih belum terlalu paham soal Adsense soalnya ...

    ReplyDelete
  3. makasih banget ini infonya mbak, beneran berharga. Era digital udah digenggaman tangan banget, tinggal gimana kita ngambil manfaatnya

    ReplyDelete
  4. Terimakasih infonya mbak, sangat Informatif. Aku punya adsense tapi belum tau gimana cara memaksimalkannya

    ReplyDelete
  5. SEO checklist dan page view masih PR untukku mba heheheh semoga next bisa makin belajar lagi dan bisa hadiri acara event keren cem begini biar nambah knowledge lagi buat aku

    ReplyDelete
  6. Aku juga baru ke-1 dan 2 ..toss kita
    Pengin belajar banyak agar blog lebih oke.
    Oh ya beneran memang Pillar Post ini membantu sekali pas kita kosong berapa waktu, tetap ada PV dari situ
    Semoga segera ada acara serupa di Jakarta..Mupeng sakutuu

    ReplyDelete
  7. Acara yang bermanfaat sekali Mba. Ternyata cukup banyak ya step untuk mengoptimalkan monitize blog kita, terima kasih ya mba sudah disharing :)

    ReplyDelete
  8. Envyyyy deh ama emak blogger Jogja
    pengen juga dong ada KEBelajar di Surabaya dan diadakan pas wiken (banyak maunya) hahaha

    mau banget dapat ilmu dari mak Carra.
    Masih banyak PR yang harus saya benahi nih.
    meskipun aslinya sulit dibenahi karena kendala waktu huhu

    ReplyDelete
  9. Aku nih belum terllau ngeh soal adsenses walau blogku ada, itupun baru hahahaa.
    Tapi masih agak selow sih blm maksimal. Haha iyaaa yg dengan sengaja giring kita ngeklik iklan itu ngeselin emang yaaaa. Pdhl katanya kan gak boleh ya, bisa kena sanksi gtu

    ReplyDelete
  10. Pilar post buat penyanggah trafic blog, wah baru tahu nih terima kasih informasinya kakak

    ReplyDelete
  11. Aku kemarin hanya ikut separuh jalan, mba.. jadi musti memahami pelan-pelan nih :D.. Tapi beneran gak rugi datang ke acara ini, ilmu-ilmunya memang sangat Saya butuhkan.

    ReplyDelete
  12. Saya masih belum paham ini hihih harus belajar offline langsung ya kayak gini biar mantabs

    ReplyDelete
  13. Pengen bikin produk dan jualan di blog deh aku, pilar posisi kebanyakan artikel oleh-oleh khas suatu daerah hihihi

    ReplyDelete
  14. Wah..... Mantap mbak....

    Masalah pillar post... Terimakasih infonya.

    ReplyDelete
  15. Td udah langsung nglirik Google Exchange, eh baca 20jt pv langsung mringis saya,,,
    Tapi makasih ya sharing infonya,,, semoga sy bisa konsisten menerapkan,hehe

    ReplyDelete
  16. Wah mantap, terima kasih telah berbagi tips mba.

    Btw, “evergreen” itu apa yang maksudnya? Tks

    ReplyDelete
  17. Wah, noted banget sharingnya. Bermanfaat untuk diterapkan nih, moga tahun 2019 ini bisa memaksimalkan blog , aamiin

    ReplyDelete
  18. Penasaran sa ubersugest, itu untuk nyari keywords supaya tulisan kita lebih dikenali sama google ya?

    ReplyDelete
  19. duuhh Mbak, seru banget acaranya..
    saya juga baru menerapkan 1 dan 2 itu, pernah sih pasang banner iklan gitu tapi merasa belum maksimal dan belum kelihatan hasilnya jadilah dicopot dan sampai sekarang belum dipasang lagi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapaan yaaa acara seperti ini hadir di Kotaku juga.
      ayoo Mbak, sekarang udah mikirin untuk pasang banner iklan juga kah? :)

      Delete
  20. Aku masih belum belajar banyak tentang Adsense, suatu saat pingin memonetize blog. Tapi yang penting konsisten dulu nge blog nya, sekarang masih kurang konsisten soalnya

    ReplyDelete
  21. mantap ilmunya gan, salam kenal

    ReplyDelete
  22. Berharap KEB buat di Tangerang nih dan semoga pas ada pas juga waktu nya ada. Karena ingin banget belajar SEO

    ReplyDelete
  23. seneng banget deh kalo baca soal tips ngeblog kaya gini, jadi makin kaya ilmu kita ya mba, tapi memang PR banget buat nguliknya hehehe

    ReplyDelete
  24. Wah...di baciro ya ? Kalau tahu pasti ikut nih. Btw thx artikelnya. Sangat membantu...

    ReplyDelete
  25. Mantapp bacaan yang begitu lezatt

    ReplyDelete
  26. Aamiin. Semoga bisa mengikuti tips n triknya dgn baik...

    ReplyDelete
  27. wah ini eventnya bermanfaat banget ya.. semoga saya bisa nerapin tips nya mbak yoan nih untuk blog

    ReplyDelete
  28. TFS mba. Seneng bacanya, update info bgt. Salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
  29. Aku abis ikutan #KEBBelajar juga langsung rapi-rapiin blog nih mbak manfaat banget ya dan semoga berhasil monetize blog ya kita. Hehehe

    Semangaaaat

    ReplyDelete
  30. Duh, pengalaman saya pillar post itu biasanya gak sengaja tau2 bisa datangin trafik tinggi dan eveegreen seperti tulisan di atas.. Tulisannya bergizi mbak, kebayang kalau ikutin kegiatannya langsung..

    ReplyDelete
  31. Memang betul mbk, pas kemarin ikut webinar Google Adsense yang dibawakan Props ya kembali ke konten ya target dan lain-lain . Memonetisasi blog mantul

    ReplyDelete
  32. Keren nih acaranya KEB, bisa dapat ilmu banyak ya mbak. Selama ini saya cuma ngeblog aja tanpa mikir monetize blog atau mencari cara supaya berpenghasilan dari iklan di blog. Pernah daftar adsense tapi ditolak dengan alasan blognya belum punya niche tertentu. Akhirnya saya males ribet. Baca artikel ini bisa sedikit belajar tentang ini. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  33. Ya ampuuun ini sih hrs dibookmark. Gak ikut kebbelajar tp bisa dpt intisarinya lewat tulisan mba. Makasih ya :)

    ReplyDelete
  34. Saya juga baru bisa content marketing dan social influencer, Mbak. Memang ada jalan-jalan lain untuk monetasi blog ya, tapi enggak semua orang bisa sih. Hehe. Perlu banyak belajar lagi, nih. TFS, Mbak :)

    ReplyDelete
  35. URL bagusnya singkat, ya? Saya masih suka galau kalau mau memotong URL jadi singkat. PR banget harus latihan, nih ^_^

    ReplyDelete
  36. wah kok seru acaranya,,
    mau dong ilmunya :(

    ReplyDelete
  37. Ternyata untuk bisa di acc Google ad exchange mesti punya page view minimal segambreng ya, 20juta itu... ckckckkkk

    ReplyDelete
  38. Makasih informasinya ya bermanfaat banget buat aku nih soalnya gaptek banget soal Adsense

    ReplyDelete
  39. Lengkap sekali tulisannya, mba. Jadi banyak banget belajar tentang blog setelah membaca tulisan ini. DUnia blog memang banyak sekali yang ingin kita pelajari ya mba

    ReplyDelete
  40. Untuk penghasilan tambahan dari blog dan sosmed, saya baru mengandalkan sponsored post dan backlink post. Untuk iklan adsense, sampe setahun pasang belum bisa panen nih, masih jauh banget untuk bisa sampai di angka $100

    ReplyDelete
  41. Saya masih perlu dan terus belajar nih untuk menghasilkan konten dan artikel yang menarik sehingga mengundang banyak orang berkunjung ke blogku. Pengen suatu saat nanti bisa gajian dari google adsense tapi belum tahu kapan, hehehe

    ReplyDelete
  42. Selama ini pasang adsense tapi ga tau gimana mengoptimalkannya. Gaptek banget nih hehehee... Baru tau juga nih ada yang pay per impression ya. Caranya gimana biar bisa ikutan yang itu?

    ReplyDelete
  43. Bergizi banget mbak postingannya, banyak hal baru yang saya ketahui di sini. Saya belum sampe kayaknya kalau harus monetize blog, baru tahap nulis suka-suka hehe

    ReplyDelete
  44. Blog saya belum maksimal. Masih main2 saja ini. Perlu ditingkatkan

    ReplyDelete
  45. Aku baru pakai Adsense aja dan ini tahapnya nyari viewer dulu. Ya banyakin konter yg evergreen dan kudu tetep belajar SEO dikit2 lalu praktek

    ReplyDelete
  46. Membuat pillar post ini nih yang masih jadi peer ku, seringkali rasa malas malah lebih besar dibandingkan bikin pillar post. Hehehe...

    ReplyDelete
  47. Irriiii banget acara kayak gini belum nyampe Surabayaa huhu btw aku pun sempat coba pakai adsense kapan hari mba, tapi ada problem yang aku kurang tau dan sekarang berhenti. Mau kucoba lagi deh ngulik materi yg mba tulis. Makasi artikelnya ya mba

    ReplyDelete
  48. Asyik ya bisa dapet ilmu untuk memaksimalkan iklan di blog dari pakarnya langsung.
    Kalau dulu banyak yang menggunakan google adsense untuk mencari pendapatan di blog ya. Sekarang banyak cara ternyata ysa untuk memonetasi blog. Affiliate link aku pernahAsyik ya bisa dapet ilmu untuk memaksimalkan iklan di blog dari pakarnya langsung.
    Kalau dulu banyak yang menggunakan google adsense untuk mencari pendapatan di blog ya. Sekarang banyak cara ternyata ysa untuk memonetasi blog. Affiliate link aku pernah juga ikutan tapi kayanya gak banyak hasilnya mungkin karena ilmunya belum tau ya. juga ikutan tapi kayanya gak banyak hasilnya mungkin karena ilmunya belum tau ya.

    ReplyDelete
  49. Wow komplit banget nih penjelasannya, Mba Yoan. Saya belum berhasil mendaftar adsense. Udah ditolak 2x. Mau daftar lagi kok males hehehe ..

    ReplyDelete
  50. MasyaAllah ilmunya ndaging banget yang dishare pas KEB ya Mba, pengen kapan-kapan melipir ke sini ah kalau ada acara KEB lagi. Makasih mba udah dishare jadi ikut nyimak juga, monitasi blog juga baru 1 dan 2 hehehehe

    ReplyDelete
  51. Wah catatan makYo lengkap hahahaha. Aku masih ngulik2 nih penjelasannya mbak Ilona

    ReplyDelete
  52. Wah asyik kalau bisa maksimal ya jdnya gak usah terlalu ngoyo ngiklan di konten. Sayangnya kmrn adsensku ada masalah krn aku msh pakai alamat lama, jd dimatikan dulu, msh diproses, katanya. Moga2 nnati bisa mraktikkin tipsnya, baik adsense maupun afiliasi TFS

    ReplyDelete
  53. Terima kasih for sharing ilmunya mbak. Baca postingan ini jadi dapat pencerahan terkait memaksimalkan pendapatan iklan di blog.

    ReplyDelete
  54. Makasih sharingnya mba Yoana, saya udah pasang adsense tapi belum maksimal, kayaknya mesti diuliklagi deh

    ReplyDelete
  55. Keren banget loh tipsnya loh Mbk, terima kasih ya sharing acara KEB Belajar ini, ikutan semangat mengelola blog lagi loh

    ReplyDelete
  56. Beluuuuuum

    Pasca ganti domain ke TDL ku belum urus lagi ggogke ads. Tp dr 5 hal yg mba bilang pun ku belum deh hiks. Ternyata begitu toh monetasi itu.

    Btw perbandingan pillar post sama endorse post brp ya mba?

    Ku suka urung nulis review produk krn selain ga bisa eun mmg lbh nyaman nulis cerita dluar produk. Tp kan ku selalu mupeng liat org2 review produk atau jasa gitu2 kok bisaan 😭😆😆

    ReplyDelete
  57. whaaa abis baca trus mengevaluasi blog sendiri, hmmm masih banyak yang perlu diperbaiki. hehehe. btw, april ini insyaAllah aku pulang deh ke jogja. ada acara blogger apakah mb? pengen ikutttt, xixiixix.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)