Tuesday, November 20, 2018

5 Alasan Saya Menulis Dengan Bahagia

manfaat menulis blog bagi perempuan


Beberapa kali saya mendapat pertanyaan seperti ini, biasanya dilontarkan oleh teman yang bingung saat melihat saya betah sekali mengetik di HP.

Hmm, kenapa ya?

Jika diingat-ingat, titik awal saya bersentuhan dengan blog ada di tahun 2006, satu bulan setelah gempa besar mengguncang Jogja. Setelah kejadian banyak teman yang menanyakan kabar saya, kondisi keluarga saya, dan apa yang kami alami saat gempa terjadi.

Satu dua SMS dan telepon yang masuk masih bisa saya jawab, tapi saat hampir semua teman bertanya (Alhamdulillah saya disayang banyak orang) lama-lama ya lelah juga mengulang-ulang kisah yang sebenarnya cukup menyakitkan bagi kami.

Lalu terpikir untuk menuliskan semuanya di Friendster, nanti setiap ada yang bertanya saya tinggal menjawab "lihat di FS gue deh.." Wiih sedaaap, jaman dulu kalimat begitu sudah terdengar keren banget looh, LOL.


Suatu Pagi di Hari Sabtu 27 Mei 2006

Ternyata cara saya berhasil, banyak teman-teman yang membaca tulisan saya dan memberikan respon sangat baik. Dari situ saya mulai ketagihan menulis. Sampai curhat alay yang awalnya tersimpan rapat di diary juga ikut terpampang nyata di laman Friendster saya, duuh maak..

Ketika Friendster akhirnya ditutup saya sempat menyelamatkan beberapa tulisan dan memindahkannya ke Wordpress. Yeaay, akhirnya saya punya blog sungguhan walaupun isinya (kalau dibaca lagi sekarang) malah bikin saya malu :))

Jurnal digital saya ini banyak sekali mengalami pasang surut, ada saatnya saya rajin menulis (terutamanya sih saat sedang galau), ada kalanya blog berdebu dan penuh sarang laba-laba karena nggak pernah saya masuki sama sekali. 

Dari perjalanan panjang menulis suka-suka ini akhirnya saya mengenal The Urban Mama, Mommies Daily, lalu Kumpulan Emak Blogger dan Blogger Perempuan, komunitas-komunitas keren yang membuka mata saya kalau ternyata blog juga bisa jadi sarana mencari rupiah. Saya pun tergerak pindah ke self hosted domain alias blog berbayar.

Setelah dua tahun memiliki domain berbayar di wordpress, saya mengubah blog saya di blogspot saya menjadi domain berbayar juga, alasannya lagi-lagi ya rupiah, karena agency lebih suka memberi job pada blog Top Level Domain (TLD), dan punya dua blog TLD itu jelas lebih menguntungkan daripada hanya punya satu, hehee.

Kini sudah hampir setahun saya menulis di rumah baru ini. Meski saya menyebut rupiah sebagai alasan utama memiliki domain berbayar, ada banyak alasan lain yang membuat saya dengan senang hati membayar sewa domain dan hosting setiap tahunnya. Saya ceritakan manfaat menulis blog versi saya yaa :)



1. Tempat Menyalurkan Kata-Kata

Kalau ini sih semua blogger pasti sepakat ya kan? Sebagai perempuan, saya punya kebutuhan menyalurkan 20.000 kata perhari. Bayangkan kalau saya hanya menyalurkan kata-kata itu ke suami sebagai orang terdekat saya, bisa-bisa beliau yang lantas kehilangan kata-kata :))

Dan karena merasa sudah bayar domain serta hosting, nggak rela dong blog saya nganggur dan berdebu, gairah menulis jadi lebih membara dibanding dulu, kebutuhan berkata-kata pun tersalurkan dengan baik.


2. Lebih Rajin membaca dan Menambah Ilmu

Teman saya bilang kunci lancar menulis adalah dengan rajin membaca, setuju lah. Kita nggak akan bisa menulis dengan baik kalau perbendaharaan kalimat kita itu-itu saja. Karenanya selain rutin browsing,  saya juga ikutan beberapa grup blogwalking, dengan begitu saya 'terpaksa' membaca banyak blog, perbendaharaan kata saya meningkat, demikian juga dengan cara pandang saya terhadap satu masalah jadi lebih luas.

Misalnya ketika saya mau menulis tempat wisata yang baru saya datangi, meski saya sudah merasakan langsung pengalaman berada di situ, tapi saya nggak tahu sejarah dan latar belakang tempat itu dibangun atau tercipta, nah saya perlu cari referensi dulu, 'terpaksa' browsing sana-sini dan menemukan banyak cerita baru yang belum pernah saya dengar.


Sebagai blogger saya jadi bisa bergabung dengan komunitas keren yang memberi saya kesempatan belajar banyak hal baru, seperti workshop membuat craft, menulis bullet journal, dan membuat infografis. Semuanya adalah ilmu baru yang mungkin nggak akan pernah saya sentuh kalau saya bukan seorang blogger.




3. Selalu Update Berita Terbaru

Percaya deh, blogwalking itu kalau dijalani sepenuh hati dan nggak terburu-buru karena mepet deadline, akan sangat menyenangkan lho. Karena sering berkunjung ke blog teman-teman, saya jadi tahu ada produk keren buat anak-anak yang baru saja diluncurkan, jadi paham kalau protein sapi pun ada jenisnya, jadi ngerti apa saja drama korea yang lagi happening :))

Dan yang paling saya kalau ada yang membahas soal skincare, saya yang dulu cuek dengan perawatan kulit terutama wajah, sekarang jadi tahu istilah seperti seven skin methode, perbedaan hydrating toner dan exfoliating toner, booster, serum, essence, serta emulsion. kalau nggak gara-gara ngeblog, sampai sekarang ngertinya ya cuma sabun muka, susu pembersih, dan pelembab, kelar.

ada Store: Referensi Baru Fashionista Jogja


4. Berbagi Pengalaman

Dengan menulis blog saya punya kesempatan membagi pengalaman saya dengan banyak orang. Di blog satu lagi saya pernah menulis pengalaman saat survey RS bersalin dan sekolah TK di Jogja. Nggak sangka banyak teman yang bilang sangat terbantu dengan kedua artikel itu, rasanya berbunga-bunga sekali, ooh ternyata ada yang baca tulisanku toh? hehee.

Ada juga resep-resep MPASI yang saya tulis saat si kakak masih bayi, tujuannya sih supaya saya lebih mudah mencari saat membutuhkannya lagi. Ternyata sampai saat ini justru artikel resep MPASI itu yang menjadi penyumbang page view terbanyak di blog saya, bukti kalau resep yang saya tulis memang dibutuhkan banyak orang :)

Aneka Olahan Belut untuk Balita


5. Menambah Teman

Ini saya rasakan setelah saya bergabung dengan beberapa komunitas blogger, dari yang malu-malu kenalan, lalu berteman lebih dekat karena sering tergabung dalam satu event, sampai akhirnya menemukan sahabat-sahabat dengan frekuensi yang sama, frekuensi dolan dan jajan :p




Apa yang saya tulis diatas itu belum semuanya, masih banyak hal-hal positif yang saya dapatkan setelah memiliki blog, yang jelas saya bertumbuh dan semakin dewasa seiring angka DA/PA saya yang terus meningkat (ciyee..) Saya yakin teman-teman saya yang sudah lebih dulu mengembara di jagad blog punya lebih banyak cerita manis dibanding saya. 

Kalau kalian penasaran dengan 'Kenapa Menulis Blog' versi teman-teman saya, kalian bisa buka tagar #BPN30dayChallenge2018 di Instagram, akan ada banyak tulisan blog serupa milik saya dari sudut pandang dan pengalaman yang berbeda. Seru banget loh membacanya satu persatu, dan itu semuanya semakin membuat saya mencintai dunia blog. I loooove blogging sooo much!


Oh ya buat yang sudah punya blog, cerita juga dong nikmatnya menulis blog versi teman-teman di kolom komentar saya :)

27 comments:

  1. Seru ya Mak menjadi blogger. Banyak hal didapat.

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka jadi blogger mba, karena selalu ada hal baru yang bisa dipelajari. Btw, infografisnya cakep euy. Pengen belajar juga sama Teh Langit :)

    ReplyDelete
  3. Bisa mengurangi kadar kecerewetan ya mak?qeqeqe.
    Seru lihat pengalamannya Mak Yoan, moga terus konsisten.

    ReplyDelete
  4. Betul banget nulis butuh referensi jadi harus banyak baca, jd nambah ilmu deh

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah ya bahagianya jadi blogger, kita belum pernah ketemu ya mba..

    ReplyDelete
  6. Awalnya saya ngeblog hanya ingin menulis catatan harian aja. Ternyata setelah sekian tahun banyak manfaat lain yang saya rasakan

    ReplyDelete
  7. Sejak nge-blog circle pertemanan aku jadi makin luas, pengalaman yang dibagi lewat tulisan blog bikin nambah teman dan wawasan..

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah banyak banget ya mba manfaat menulis blog yang kita rasakan. Alhamdulillah jadi banyak teman juga ya mba dan satu sisi banyak pengalaman :)

    ReplyDelete
  9. Happy banget memang jadi blogger,banyak teman, nambah wawasan, banyak dapat informaai dan bisa berbagi wawasan lewat tulisan :)

    ReplyDelete
  10. Aku jaman masib ada FS juga suka banget ngeblog di sana. Toss mbak

    ReplyDelete
  11. Bener juga ya mbak, saya semenjak punya blog jadi rajin baca dan nambah ilmu juga. Belum lagi kalau kita menulis pasti suka mencari beberapa sumber dulu dan riset menjadi tambahan bekal menulis.

    ReplyDelete
  12. Selalu ada alasan untuk bahagia ya mba, banyak teman banyak rejeki. Dari ngeblog juga ekonomi keluarga terbantu

    ReplyDelete
  13. Ihii....yang sedang jatuh cinta karena DA PA naik.
    Hihii~

    Aku kerasa banget manfaatnya saat kita BW.
    Pasti uda ciri khas aja...kalo ke blog ini, gaya bahasa gini...bahasannya gitu.

    Bikin ketagihan memang nge-blog ituuh...

    ReplyDelete
  14. Karena blog aku juga jadi tahu banyak hal baik itu tentang beauty, parenting dan lainnya.

    ReplyDelete
  15. Iya bener mba, menulis jadi bikin kita makin semangat membaca dan mencari referensi, artinya ilmu nya nambah lagi hehehe

    ReplyDelete
  16. Betul krn blog juga aku jd banyak temen. Apalagi aku kan perantau ya mbak. Gak nyangka setelah ngeblog alhamdulillah gak kesepian lg di ibu kota hehe. Btw itu infografisnya lucu, ajarin donk :D

    ReplyDelete
  17. Dr semua alasan.. Sy plg suka dg point terakhir. Menambah teman. Ini betul banget, akhirnya bs ngerasain punya komunitas yg satu passion. Ehm, btw sy udh follow ig mb sjk lama loh. Boleh dong di follback. (salah ruangan.. Gapapa lah ya Ahaha) ig sy @aswindautari

    ReplyDelete
  18. Memang membantu sekali ya ngeblog ini bagi perempuan untuk survive dan eksis hehehe..

    ReplyDelete
  19. Saat blogwalking dengan pelan-pelan, beneran lho bisa mendapatkan berbagai informasi yang tadinya aku enggak tau. Sepakat banget soal ini. Ngeblog itu nggak sekedar nulis dan mencurahkan perasaan saja, tapi juga harus peka dengan kondisi di luar diri kita. Membaca artikel di blog2 yang lain bisa menambah wawasan plus memantik ide kita agar bisa terus menulis dan menulis lagi.

    ReplyDelete
  20. Dan karena merasa sudah bayar domain serta hosting, nggak rela dong blog saya nganggur dan berdebu,

    Yeay setuju Mbak. Malah harus makin rajin ya, kalo perlu saat mulai malas, dipaksa sendiri dirinya. Moga langgeng ngeblognya ya Mbak

    ReplyDelete
  21. Banyak banget ya ternyata alasan nulis blog, saya juga lagi merajinkan diri lagi nih biar semangat rutin ngeblog lagi

    ReplyDelete
  22. Banyak alasan yah buat nulis blog... Akupun... Dan nulis di blog itu nagihh

    ReplyDelete
  23. Sama bangeeeet Mak Yo, I love blogging sooo much!
    Nggak kebayang melalui blogging bisa dapet banyak banget manfaat. Pastinya bisa kenal dengan teman-teman blogger dengan segala kisahnya yang menginspirasi <3

    ReplyDelete
  24. Ngeblog itu bikin perempuan gak merasa sedih sendirian. Maksudnya, saat misalnya kita lagi ngalamin kondisi apa, pas ngetik di gugel bakal keluar blog-blog orang lain dengan pengalaman yg kurleb sama dan kadang ngasih solusi.

    ReplyDelete
  25. Wihiiii pernah ngalamin jaman friendster juga, ya? Berarti pernah punya akun di mirc juga dong? Jaman-jaman alay yang malu-maluin tapi bikin kangen hahaha

    ReplyDelete
  26. Dari ngeblog saya mendapatkan banyak link pekerjaan yang nggak ada sangkut pautnya dengan dunia bloging, menyenangkan. Tapi yang paling senang adalah mendapatkan banyak kawan baru.

    ReplyDelete
  27. Semoga selalu bahagia ya, Mbak
    Jangan sampai juga karena blog lupa tujuan bahagia yang hakiki.

    ReplyDelete