Tuesday, October 14, 2014

Aneka Olahan Belut untuk Balita

source: Pinterest


Saya termasuk orang yang mengimani belut sebagai salah satu superfood buat bayi dan balita, makanya sejak Arka 7 bulan sudah mulai saya kenalkan dengan belut, walaupun masaknya sambil merinding-rinding gitu..:D
Awalnya sih cuma dibuat gravy yang halus banget dan di tim pake duo bawang, jahe dan tomat.. Nah makin anaknya gede, kasian juga kalo cuma digitu-gituin aja si belut, jadi mulai gugling sana sini dan di modif sendiri, saya sesuaikan dengan kemampuan makannya si kunyil yang (sekarang 26 m) jarang banget mau disuapin, makanya olahan belut yang saya tulis di sini rata-rata difillet atau potong kecil-kecil, nggak ada yang pakai tulangnya.


PEPES BELUT

Bahan :
- 2 ekor belut ukuran besar, cuci, buang kepala dan bersihkan isi perutnya.
- lumuri seluruh badan belut dengan parutan timun dan air jeruk lemon supaya bau amisnya hilang dan si belut ga terlalu licin.
- pisahkan daging dari tulangnya (fillet) dan potong seukuran jari telunjuk (telunjuk ibunya ya, jangan babynya)

Bumbu (haluskan):
- 2 buah bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1/2 ruas jari Kunyit
- garam secukupnya

Bumbu lain :
- 2 lembar daun salam
- 6 lembar daun kemangi
- 1/2 ruas jahe, iris jadi 4
- 1/2 buah tomat, iris-iris

Cara membuat :
1. Campur belut dengan bumbu yang sudah dihaluskan sampai rata.
2. Siapkan 2 lembar daun pisang, tata daun salam, kemangi, jahe, dan tomat diatas daun pisang.
3. Bagi 2 campuran belut dan bumbu tadi taruh masing di 2 lembar daun pisang, bungkus rapi.
4. Kukus selama 15-20 menit.

Kalau mau lebih sedap setelah dikukus bisa lanjut dioven kurang lebih 5 menit dengan suhu 180°C, hasilnya jadi gak terlalu berair.


BELUT ASAM MANIS

Bahan :
- 2 ekor belut ukuran besar, cuci, buang kepala dan bersihkan isi perutnya. Lumuri seluruh badan belut dengan parutan timun dan air jeruk lemon supaya bau amisnya hilang dan si belut ga terlalu licin. Pisahkan daging dari tulangnya (fillet), potong bentuk dadu kecil.
- minyak untuk menumis.
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 buah bawang bombay ukuran kecil, potong dadu kecil
- 2 iris tipis jahe
- garam secukupnya
- gula secukupnya
- 1 buah tomat merah, cuci, buang bijinya, potong dadu kecil
- 1 buah wortel, cuci bersih, potong dadu kecil
- 1 buah jagung manis kukus ukuran kecil, pipil.
- 1/4 buah nanas (kalau bisa yg tua supaya manis), potong dadu kecil
- 2 sdm kacang polong

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, masukkan belut dan bawang bombay, aduk sebentar.
2. Kalau belut sudah mulai kelihatan sedikit kecoklatan, tambah sedikit air.
3. Tambahkan jahe, gula dan garam, aduk-aduk lagi sebentar.
4. Secara berurutan, pelan-pelan masukkan potongan wortel, tomat, kacang polong, jagung dan terakhir nanas.
5. Kalau semua sayuran sudah cukup empuk, matikan apinya.


BELUT MASAK SARDEN

Bahan:
- fillet belut dari 3 ekor ukuran besar
- 1/2 ruas jahe, iris jadi 4
- 2 sdm air jeruk lemon

Bumbu yang dihaluskan:
- 3 buah tomat merah besar, blender halus bersama kulit dan bijinya.
- 10 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- garam secukupnya
- gula secukupnya

Cara Membuat:
1. Campur semua bumbu, jahe, air jeruk lemon dan fillet belut, didalam panci anti lengket ukuran kecil, bisa juga pakai presto atau slowcooker, nanti lama memasak tinggal disesuaikan.
2. Tambahkan air matang secukupnya
3. Masak dengan api kecil sambil diaduk sesekali, tunggu air asat dan bumbu meresap, baru matikan api.
4. Sisihkan belut dari panci secara perlahan.
Bisa langsung dimakan seperti itu atau celupkan di dalam kocokan telur lalu goreng sebentar, enyaak juga.

WOKU BELUT

Ini nyontek dari milis mpasirumahan, sedikit saya modif biar lebih sedap.

Bahan :
- fillet belut dari 3 ekor ukuran besar
- 1 sdt air jeruk nipis
- 8 lbr daun jeruk
- 3 lbr daun pandan
- 1 lbr daun kunyit 3 btg serai, keprek
- 50 gr daun kemangi
- 4 btg daun bawang, potong sesuai selera
- 2 bh tomat, potong jd 4
- 1000 ml air

Bumbu yang dihaluskan:
- 10 btr bawang merah
- 5 butir bawang putih
- 3 cm kunyit, bakar, cincang
- 2 cm jahe
- 6 btr kemiri
- 7 butir ketumbar
- garam dan gula secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu masukkan daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, serai, daun kemangi, daun bawang, tomat sampai wangi
2. Masukkan belut, aduk rata tambahkan air, masak sampai matang dan bumbu meresap, kuah menyusut.

*nanti dilanjut lagiya, masih ada beberapa... boss kecilnya udah keburu bangun :p

2 comments:

  1. Dah lama jg blog ini tyt. Hehe
    Aku kok ra kolu masak belut. Bergelinjang2 ngono lak mesti to?

    ReplyDelete
  2. waaah dimasak woku enak juga kayaknya ya...emang masaknya rada geli sih, tapi kalua enak kenapa enggak :)

    ReplyDelete