Thursday, April 11, 2019

Review Bioré UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA+++


Review Bioré UV Aqua Rich Watery Essence

Selamat pagi..

Saat menulis ini saya sedang dalam perjalanan Jogja - Malang - Madura dengan mobil bersama anak-anak. Tapi karena rencana ini cukup mendadak, saya nggak punya banyak waktu mempersiapkan barang bawaan, termasuk skincare.

Alhasil skincare yang saya bawa minimalis sekali, selain micellar water, facial foam, dan hydrating toner, sunscreen adalah produk wajib dalam daily skin care routine yang harus saya bawa. Nah, saat ini saya lagi suka sekali dengan Bioré UV Aqua Rich Watery Essence yang memiliki SPF 50+ dan PA+++ dan sudah terkenal sebagai brand suncreen nomor satu di Jepang.

Kenapa?

Buat pemilik kulit sensitif dan berjerawat seperti saya, memilih sunscreen ini memang susah-susah gampang, kandungan SPF pada beberapa sunscreen kadang bisa membuat breakout alias jerawat tumbuh makin parah dan bikin kapok nggak mau pakai sunscreen lagi. Padahal memakai sunscreen sebelum beraktivitas berfungsi menghindari sunburn, penuaan dini, dan kanker kulit.


Yang nggak punya masalah jerawat pun mengeluhkan efek whitecast akibat pemakaian sunscreen berSPF tinggi. Saat susncreen di aplikasikan bawah foundie atau compact powder, muka kita akan terlihat belang-belang putih di beberapa bagian, mirip orang yang mau ngelenong jadinya :p

Makanya penting buat saya memilih sunscreen yang bersifat water-based, bertekstur light, waterynon-comedogenic dan oil-free. Jadi saat melihat tulisan 'Aqua Rich' dan 'Watery Essence' pada Bioré UV saya langsung membayangkan tekstur yang ringan dan cair, bebas dari rasa lengket apalagi white cast. Pasti cocok banget buat pemakaian sehari-hari.

Review Bioré UV Aqua Rich Watery Essence


Sinar Ultra Violet, Tak Terlihat Tapi Berbahaya


Sunscreen berfungsi melindungi kulit dari radiasi gelombang elektromagnetik sinar matahari yang biasa disebut sinar ultraviolet (UV). UV A alias Ultra Violet Aging memiliki gelombang panjang yang paling mudah menembus lapisan ozon, bahkan menembus awan, kaca rumah, dan pakaian kita. Sinar UV A bukan cuma akan menggelapkan kulit, tapi juga menembus lapisan kulit dan merusak sel-sel kolagen di dalamnya. 

Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembapannya dan mengering, lalu muncul kerutan. Kolagen yang rusak membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga tahunan untuk bisa kembali ke kondisi semula. Dan sebelum kolagen sempat pulih, kulit kita sudah keburu mengalami penuaan dini. 

Efek bruk sinar ultra violet

Sementara UV B atau Ultra Violet Burning sebenarnya berupa gelombang pendek yang berhenti di lapisan ozon dan sebagian terserap oleh awan. Tapi semakin pendek gelombang, justru semakin besar pula tingkat radiasinya. Jadi biar cuma sedikit, UV B yang berhasil mencapai bumi punya kemampuan seperti rakyat negara api yang akan membakar kulit kita. 

Saat kulit terlalu sering terpapar sinar UVB, sel-sel melanocyte pada lapisan epidermis akan memproduksi lebih banyak melanin, pigmen yang memberikan warna hitam pada kulit. Produksi pigmen berlebih akan menghasilkan flek hitam dan benjolan kecil dengan ukuran bervariasi yang bisa berkembang menjadi tumor jinak, bahkan kanker kulit. Ngeri!

Mengenal PA dan SPF Pada Sunscreen


Semenjak sadar pentingnya sunscreen untuk kesehatan kulit, saya berusaha banget untuk nggak melewatkan ritual pemakaian sunscreen dalam daily skincare routine saya. Meskipun sebenarnya kebiasaan ini baru saya terapkan sekitar 6 bulan lalu, tapi sejak itu juga saya punya hobi baru jajan sunscreen, heheeeh.

Sering jajan sunscreen ini bukannya tanpa alasan. Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, beberapa produk sunscreen bisa membuat breakout, terasa lengket, dan menyebabkan white cast di makeup. Dan efek nggak menyenangkan makin menjadi pada sunscreen berSPF tinggi. Padahal besar kecilnya angka SPF dan PA adalah penentu seberapa lama kita bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk itu. 

manfaat sunscreen untuk kulit


PA atau Protection Grade of UV A adalah kemampuan suatu produk sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVA. Tanda + di belakang PA itu menandakan tingkat proteksi terhadap UV A, Semakin banyak tanda + nya, makin tinggi juga tingkat proteksinya.

Sementara SPF atau Sun Protection Factor berfungsi melindungi kita dari sinar UV B. Lamanya perlindungan SPF tergantung dari jenis dan warna kulit kita. Rata-rata orang berkulit putih hanya mampu bertahan selama 10 menit tanpa sunscreen, setelah itu kulitnya akan mulai kemerahan. Sedangkan orang dengan kulit kuning langsat mampu bertahan selama 15 menit, dan orang berkulit cokelat sampai hitam bisa bertahan sekitar 20 menit karena memiliki lebih banyak pigmen melanin, yeaah ada positifnya juga punya kulit eksotis gini :))

Untuk mengetahui lama perlindungan SPF, kita bisa mengalikan angka SPF dengan lama kulit bertahan tanpa sunscreen. Misalnya, kalau kita membutuhkan waktu 15 menit tanpa perlindungan, saat menggunakan SPF 30 akan memperpanjang waktu hingga 30 kali lipat lebih lama sebelum terbakar. Kalikan saja 15×30 menit = 450 menit alias 7,5 jam. Kalau pakai SPF 50, yha lebih lama lagi.

Jadi apapun jenis dan masalah kulit kita, baiknya tetap berusaha memakai sunscreen setiap hari. Pilih yang kandungannya paling cocok dengan kondisi kulit kita. Kalau saya biasanya akan mencari skin care review di forum Beauty Junkies sebelum membeli produk perawatan kulit. Seperti saat akhirnya memutuskan mencoba Bioré UV Aqua Rich Watery Essence, saya kepoin dulu macam-macam sunscreen review.

Review Bioré UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA+++

Produksi: Kao Japan
Isi: 50 gram
Harga: Rp 115.800
Ingredients: Water, Alcohol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Lauryl Methacrylate/Sodium Methacrylate Crosspolymer, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Acrylates/C10-30 Acrylate Crosspolymer, Glyceryl Stearate, Agar, Polyvinyl Alcohol, Sodium Hyaluronate, Citrus Grandis, Citrus Medica Limonum, Citrus Aurantium Dulcis, Xylitol, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Sodium Hydroxide, Potassium Hydroxide, Phenoxyethanol, Disodium EDTA, BHT, Fragrance.

Review Bioré UV Aqua Rich Watery Essence

Claim Product


Bioré UV Aqua Rich Watery Essence adalah sunscreen pelindung kulit yang memiliki SPF 50+ dan PA+++. Mengandung formula UV protection agent yang tersimpan di dalam Aqua Micro Capsule, bekerja ganda 'mengunci' Sinar UV, memberikan sensasi sejuk di kulit, dan bertekstur ringan seperti air, dan mampu menjaga kelembaban kulit lebih lama. 

Selain itu sunscreen ini juga bersifat waterproof, lebih tahan terhadap air, keringat dan minyak wajah. Dilengkapi hyaluronic acid, royal jelly extract, dan citrus essence untuk menjaga kulit tetap lembab, segar, tanpa rasa lengket, dan mudah menyerap ke dalam kulit.

Packaging


Kemasan luarnya penuh tulisan berhuruf jepang dengan desain meriah, tapi setelah dikeluarkan dari bungkus plastiknya terlihat botol berbentuk tube yang simpel berwarna biru gradasi dengan tulisan Bioré UV Aqua Rich Watery Essence. Ukuran tube-nya cukup handy dan travel friendly.

Tutup tube-nya menggunakan tutup ulir, dengan lubang tube yang nggak terlalu kecil atau terlalu besar, pas untuk mengeluarkan isi produk, jadi cukup dipencet pelan saja ya, kalau ditekan terlalu keras isi yang keluar juga bakal kebanyakan.

Review Bioré UV Aqua Rich Watery Essence
Bagian belakang Bioré UV Aqua Rich Watery Essence
yang ku tak mengerti sama sekali :))


Teksture and Scent


Saat membuka tutup Bioré UV Aqua Rich Watery Essence, yang pertama kali tercium adalah aroma lembut citrus segar. Teksturnya ringan banget, beda dengan sunscreen kebanyakan, cenderung watery, sedikit encer, dan gampang sekali menyerap ke dalam kulit. Begitu menyerap nggak akan terasa lengket. Bonusnya sunscreen ini akan memberi sensasi cool saat menyentuh kulit kita.

Review Bioré UV Aqua Rich Watery Essence


How To Use


Keluarkan isi tube secukupnya, dan langsung oleskan saja di bagian wajah atau tubuh yang butuh perlindungan sinar UV. Karena Biore UV Aqua Rich Watery Essence memiliki SPF 50+ dan PA++++ bisa dipakai ulang (re-apply) setiap 4-5 jam sekali untuk pemakaian normal.

Tapi kalau kita berenang, setelah berwudhu atau cuci muka, baiknya sih langsung re-apply lagi demi proteksi yang maksimal. Saat di dalam ruangan siang hari atau udara mendung juga tetap pakai susncreen ya, ingat kalau sinar UVA bisa menembus kaca dan baju kita, jadi kulit butuh PA untuk melindunginya.

Impression


Sebenarnya ini bukan pertama kali saya mencoba Bioré UV Aqua Rich Watery Essence, malahan sudah botol kedua. Dibanding produk sunscreen lain yang saya miliki Bioré UV Aqua Rich ini yang paling sering saya pakai, terutama saat akan berpergian dalam waktu lama seperti sekarang. 

Dan karena teksturnya ringan dan watery, jadi sangat mudah di aplikasikan ulang di atas makeup wajah. Saya cuma peru menyerap kelebihan minyak wajah dengan bloating paper lalu teteskan Bioré UV Aqua Rich Watery Essence secukupnya di punggung tangan yang sudah dibersihkan, ambil sedikit sunscreen menggunakan cushion puff dan tepuk-tepuk pelan keseluruh permukaan wajah, lakukan sampai merata. Dijamin foundie nggak akan geser dan makeup tetap rapih.

Repurchase?


Yha jelas lhaaa, wong ini saja sudah botol kedua heheheeh. 

Where To Buy


Bioré UV Aqua Rich Watery Essence ini mudah di dapatkan di drugstore seperti Guardian dan Watsons. Teman-taman juga bsia mendapatkan secara online di Kao Official store, Sociolla, Sophee, Tokopedia, JD.id, Blibli, etc. Eh, kalau teman-teman tinggal di Jogja, Bioré UV Aqua Rich ini juga sudah ada di Mirota kampus loh, terjangkau banget kaan.


So, teman-teman ada yang sudah pernah pakai Bioré UV Aqua Rich Watery Essence juga? Share pengalamannya di kolom komentar doong :)




56 comments:

  1. Biore merupakan brand sejak aku masih remaja. DUlu facial washku ya biore ini. Sekarang biore sudah banyak berinovasi menciptakan produk skin care lainnya ya. Betapa tanpa sun screen gatotl dech ngapa-ngapain, karena sun screen itu wajib sekarang

    ReplyDelete
  2. spf 50 ini cocok dipake pas mau ngojek jauhan ke kota :D
    teksurnya ringan ya, gampang diaplikasiin

    ReplyDelete
  3. Wahhh dpat rekomendasi sun screen nih mbak. Soalnya aku juga lagi cari2 sunscreen yg cocok dan buat perlindungan wajah wkwkwk.
    Boleh deh ini aku beli online rheheh
    Makasih banyak buat sharingnya Mbak Yoannya 😍

    ReplyDelete
  4. Wih udah botol kedua aja Mbak Yoan. Ini akhirnya menjawab keingintahuanku tentang sunscreen yang suka dipakai Mbak Yoan. By the way, aku suka sama infografisnya ini. Ucul!

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah pakai Bioré UV Aqua Rich Watery Essence ini. Kalau baca reviewnya kayanya mantap banget apalagi udah mulai panas tapi ada hujan juga kaya gini. Butuh banget perlindungan kulit biar makin sehat

    ReplyDelete
  6. Saya pakai beberapa produk biore, tapi belum pernah coba biore uv aqua rich watery essence ini. Jadi penasaran pengen coba juga. Mudah-mudahan cocok di kulitku.

    ReplyDelete
  7. DAri dulu ingin banget nyobain biore va aqua rich ini, majumundur cantik terus ehhee eh sekarang baca ini jadi ingin langsung beli dan nyobain deh

    ReplyDelete
  8. Harganya berapakah, kak Yoanna?
    Aku gak pernah pakai sunscreen...tapi jadi tergerak untuk make karena penjelasan kak Yoanna.
    Hihi~
    Semudah itu akutuu...kena ratjun cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yhaa...reviewnya makin bikin aku lemah..
      Hahha...
      Iya, penting pentiing banget pakai Sunscreen yaa...
      Siip siip, kak Yoan.

      Delete
    2. Itu udah ada teh harganya Rp 115.800 hayo ga dibaca wkwkwk suka gatel pengen nembalan kalau ada yang sudah tertulis masih ditanyakan *peace ya teh ^^V

      aku komen juga y mba, udah lama pengen cobain ini masih belum keturutan baca ini makin yakin pengen beli :D

      Delete
  9. Nah aku dah cobain biore ini juga titip ke jastip temen yang lagi di jepang.. Emang bagus katanyaa

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah pake Biore UV Aqua ini, sepertinya ringan banget ya di wajah. Jadi tergiur untuk pake nih begitu baca dirimu udah pake untuk kedua kalinya. Kapan2 pas ke Guardian mau cari aaaaaahhh...

    ReplyDelete
  11. I have use this one as well and I really love it. It feels good on my skin and in the SPF is perfect for our day-to-day activities in a tropical country like Indonesia. I keep asking my friend to buy this for me

    ReplyDelete
  12. Aku juga pakai ini mbak, apalagi kalau mau aktivitas diluar ruang dan bakal kepapar matahari. Ini senjata ampuh banget.

    ReplyDelete
  13. Sun screen udah jadi kewajiban meski gak terkena sinar matahari langsung. Ini nih skrg muka aku lagi bruntusan karena pakai sunacreennya gak di ulang dalam sehari.

    ReplyDelete
  14. Belum pernah coba dan bakalan mau coba karena direkomendasiin juga sama adek yang expert sama beauty.

    ReplyDelete
  15. Belum pernah pakai. Makanya jadi terpesona dengan SPF 50++ nya. Uwaaa makin PD kalau kudu keluar rumah panas2an

    Salam manis,
    Artha

    ReplyDelete
  16. Sampai sekarang saya nyaris gapernah pake sunscreen kalau nggak lagi ngebolang jauh atau main-main ke hutan, padahal seharusnya dipakai terus ya. Dasarnya saya yang nggak telaten. Tapi baca-baca informasi yang detil gini jadi pengen mulai pakai rutin. Demi kesehatan kulit di masa mendatang.

    ReplyDelete
  17. Aku penasaran banget sama produk yg direview sama bebYo, beberapa kuaplikasikan di aku, cocok. Terlebih ini ya, waterbased bikin nyaman. Pengin cuzz beli juga...

    ReplyDelete
  18. Duuh masih males saya rutin pakai sunscreen. Seringnya lupa terus 😀😂 padahal penting banget ya. Gimana mau terawat jika gak mau merawat, hiks hiks. Makasih ulasannya makyo. Pingin nyobain deh

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah cobaaaa. Pengen cobain gegara testimoni Mak Yoan kalau ini mah. Soalnya kulitku kering banget

    ReplyDelete
  20. Aku senang dengan cara penulisan kakak dan informasi yang diberikan juga bermanfaat dan tulisannya ga ngebosenin. Sukses terus ya kak♥️

    ReplyDelete
  21. Emang sunscreen ini penting banget ya.. soal nya sinar uv itu bahaya buat kulit. Btw biore ini favorrit aku banget.

    ReplyDelete
  22. Aku pakai sunscreen merk sebelah..bisa dicoba nih biore uv aqua rich watery essence..keknya plus nya lebih banyak ini hihih. Pas buat bebekelan liburan nanti

    ReplyDelete
  23. Biore UV Aqua Rich ini belom pernah pakai. Tahu saja baru sekarang baca disini hehehe... Tapi kalau pakai produk Biore wah sudah lama banget. Sabun muka, sabun mandi dan lainnya kami keluarga pakai Biore.
    Dengan ulasan lengkap begini saya jadi tertarik mau coba juga ah

    ReplyDelete
  24. sunscreen emg pntg, dan hrus slalu ada di tas ak 😂 suka nih sma sunscreen nya Biore ini krna g bikin white cast dan tekstur nya ringan ✨👍🏻

    ReplyDelete
  25. Emang ya produk sunscreen itu kandungan minyaknya banyak, jadi keliatan berminyak. Keliatannya bagus nih Biore, non comedo. Mau coba ah.

    ReplyDelete
  26. Aku pakai ini kusam kulitku mbak, lagi mau coba pake kRave Beauty kabarnya bagus buat tipe kulit acne prone :D

    ReplyDelete
  27. Aku belum nyoba Biore UV Aqua Rich mba. Aku punya yang untuk ukuran paling kecil buat nyoba itu. Hihi. Tapi banyak yang bilang kalo emang bagus :)

    ReplyDelete
  28. Biore ini masih produk impor ya mbak. sampai desripsi produk aja bahasanya begitu. xixixi...

    ReplyDelete
  29. SPF nya penting banget ini buat menjaga kulit agar selalu terawat dan terhindar dari sinar buruk UV

    ReplyDelete
  30. Banyak banget review positif tentang produk ini. Aku sendiri belum coba, tp jadi tertarik dan pengen coba juga nih.

    ReplyDelete
  31. Biore UV aqua rich ini pertama kali aku pakai saat aku travelling ke aceh kak yoanna dan ternyata kulit aku normal dan aman dari menghitam. Salut dengan performanya dan memang melembabkan. Aku bakal terus repurchase karena seringan itu

    ReplyDelete
  32. Aku baru tahu Biore keluarin Sunscreen namanya Biore UV Aqua Rich. Packaging nya sendiri sih travel friendly ya, mudah dibawa kemana-mana kalau kita lagi mau traveling. Jadi tahu deh komposisi nya setelah baca review mu mba

    ReplyDelete
  33. aku pernah baca katanya di dalam ruangan juga wajib pakai sunscreen ya mbak :( dan smartphone bisa bikin radiasi ke kulit juga, serem ya mbak kalau beneran

    ReplyDelete
  34. Sunscreen kesukaan ini nih, dari awal harus beli di olshop sampe skrg udh masuk ke indo gampang di temuin di mana-mana

    ReplyDelete
  35. Biore UV Aqua memang Mpo lagi cari karena Mpo mengalami kulit beda warna gara gara tidak pakai tabir surya.

    ReplyDelete
  36. eh aku juga lagi pake biore aqua rich inii, kemaren nyobain yahg kecilnya nih, emang bagus yaaa, ku sukaaa,

    ReplyDelete
  37. Banyak banget yang suka sama suncreenya biore ini, tapi aku sendiri lebih milih brand lain yang emang harganya agak dibawahnya tapi alhamdulillah aku cocok. Cuma yaa penasaran juga sih sama produknya ini

    ReplyDelete
  38. sunscreen yang satu ini wajib punya karena formulanya yang water based dan sangat ampuh melindungi kulit apalagi seperti yang kita ketahui sunscreen penting banget bagi kulit untuk melindungi kulit dari sinar UV yang sangat berbahaya

    ReplyDelete
  39. Jadi kalau yang SPF 50 kyk gini cocoknya dipakai pas lagi aktivitas di utdoor ya mbak, kyk misalnya traveling gtu, krn lbh tahan lama :D
    AKu jd tau kalau sebaiknya pakai SS yang waterbased, selama ini kyknya aku ngasal aja milihnya hehe
    Thanks reviewnya lengkap banget :D

    ReplyDelete
  40. Aku baru dengar istilah Whitecast mom, aku juga suka merasakan hak serupa. Hihi jadinya aneh Balang bgtu yah

    ReplyDelete
  41. Biore UV Aqua Rich ini cocok nih kayaknya buat saya yg hobi berenang, snorkeling dan diving. Buat hari hari juga cocok ya mbak

    ReplyDelete
  42. Aku pake ini juga beb, suka banget sama formulasinya yang ga ada white cast dan ga lengket. Baunya juga segar banget plus ekstra PA yang baik untuk menjaga kulit

    ReplyDelete
  43. Kalo soal suncreen, ak udh paling prioritas banget mba. Pernah skincheck dan ternyata efek mager pake suncreen walaupun masih d rumah itu bad habit. Makanya kayak udah jadi skincare wajib pake banget. Nah kalo buat Biore sendiri, ak masih belum pernah nyoba mba. Tapi SPF nya oke banget nih dengan harga yg terjangkau

    ReplyDelete
  44. Ini one of my fave mbaaa.. aku pakai tiap hari sesudah serum dan asli membantu untuk hari-hari yang panaas di Indonesia

    ReplyDelete
  45. penasaran mau coba sunscreen dari biore ini, tapi harganya cukup mahal juga ya di atas 100ribu untuk 50ml, hmm nanti kapan kapan coba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelemahannya di harga emang ya tapi kalai hasilnya oke gpp sih, khususnya mungkij buat aktibitas kalau traveling ke pantai gtu
      Imho😁

      Delete
  46. sunscreen yang satu ini wajib punya nih beb karena formulanya yang water based dan sangat ampuh melindungi kulit untuk melindungi kulit dari sinar UV yang sangat berbahaya ya kan beb

    ReplyDelete
  47. Tos dulu kita sesama pengguna Biore UV Aqua Rich, ini emang the best banget. Menjadi salah satu produk yang selalu aku repurchase. Apalagi aku sering keluar rumah pada saat siang, butuh banget Biore Aqua Rich.

    ReplyDelete
  48. aku suka banget sama warna kemasannya yg gradasi biru gini.. keliatan elegan dan cantik.. manfaatnya untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari juga yg menjadikan produk dari BIORE ini sangat recommended :)

    ReplyDelete
  49. Dulu aku pernah pake versi travel sizenya dan lumayan suka cuma bikin mukaku tambah minyakan menjelang tengah hari. Untungnya ga bikin breakout sih. Plus, teksturnya ringan banget.

    ReplyDelete
  50. Wah samaan mba aku juga pake sunblock ini dan entah lupa udh botol yang keberapa dulu aku awal awal pake masih susah dapetinnya di drugstore kalau mau biasanya bisa titip PO sama temen kalo ada yg buka jastip ke jepang sekrang sih udah gampang dapetin biore ini

    ReplyDelete
  51. Aku juga pake sunblock ini, dia itu enaknya pas dipake dingin dan nyes banget, bikin betah pakenya.

    ReplyDelete
  52. Kalau Mbak Yoan aja sudah nyoba di botol yang ke dua, berarti recommended yaa.. pengen nyoba juga jadinya, buat mudik sebentar lagi, hehe..

    ReplyDelete
  53. Mantep ini biore UV SPFnya 50
    aku belum pernah make ini mba, jadi pengen beli juga
    apalagi untuk perlindungan kulit

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)