Wednesday, April 10, 2019

Zona Kebaikan Air Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Seru Belajar Tentang Air

cara memilih air yang baik

Tahu nggak sih kalau 2/3 komponen penyusun tubuh kita terdiri dari air? Kira-kira 60-70 persen air mengisi tubuh, darah, otot, dan otak. Ini menggambarkan manfaat penting air bagi kesehatan tubuh manusia.

Kebanyakan fungsi vital tubuh dimediasi oleh air. Selain berguna sebagai pelarut berbagai zat gizi dan oksigen, air juga dibutuhkan untuk mengatur suhu tubuh, sebagai pelumas sendi-sendi, melembapkan jaringan mulut, mata, dan hidung, melindungi organ dan jaringan tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan bisa terjadi gangguan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang, menurunnya fungsi kognitif, fungsi memori, dan ketahanan tubuh menghadapi serangan kuman penyakit.


manfaat air bagi tubuh manusia

Memang sekarang sudah banyak anjuran untuk mengkonsumsi air putih. Tapi nggak semua air putih bagus untuk tubuh lho. Air yang baik memiliki kandungan mineral alami dengan komposisi seimbang. Selain itu air minum juga harus bersih, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mengandung kuman.

Peresmian Zona Kebaikan Air taman Pintar Yogyakarta


Dengan mengusung misi edukasi tentang kebaikan air serta kesadaran pentingnya menjaga pemenuhan hidrasi pada anak-anak sejak usia dini, Danone-AQUA yang menaungi PT. Tirta Investama sebagai produsen air mineral AQUA bekerja sama dengan wahana rekreasi Taman Pintar Yogyakarta meluncurkan Zona Kebaikan Air

Acara peresmian Zona Kebaikan Air pada tanggal 9 April kemarin dihadiri oleh Vice President Research and Inovation Danone Aqua, Ibu Rosalina Pravita, Marketing Manager PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), Bapak Jeffri Ricardo, Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jogja, Bapak Kadri Renggono.

Zona kebaikan air taman pintar yogyakarta

Sebenarnya Danone-AQUA sudah menyediakan Zona Air di Taman Pintar sejak tahun 2013 yang kini dirombak menjadi Zona Kebaikan Air dan dibuat semakin interaktif dan dilengkapi oleh berbagai area edukasi seperti:
1. Area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga, dan Rawat) yang memberikan pengetahuan menjaga kualitas dan kuantitas air.
2. Area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air dan air tanah.
3. Area edukasi sumber air.
4. Area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) dan edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh.
5. Area edukasi #BijakBerplastik yang menjelaskan bagaimana kita dapat mengelola plastik secara bijak.

Zona kebaikan air taman pintar yogyakarta

Danone-AQUA berharap dibangunnya Zona Kebaikan Air ini dapat memberikan edukasi kepada anak-anak tentang manfaat air bagi kesehatan, pentingnya pemenuhan hidrasi harian, sekaligus kesadaran menajaga lingkungan dengan mengelola sampah plastik secara bijak.

Menurut oleh dr. Tria Rosemiarti
“Dalam Zona Kebaikan Air terbaru ini, kami juga menyediakan modul-modul tentang program gerakan Ayo Minum Air (AMIR) yang merupakan program kerjasama antara Indonesian Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone-AQUA, yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan hidrasi sehat yang dapat membantu perubahan perilaku hidup yang lebih sehat, dengan pesan kunci anak membutuhkan 6 gelas air dalam seharinya”
manfaat air bagi tubuh manusia

Berdirinya Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Yogyakarta bukannya tanpa alasan. Hingga Bulan Desember 2018 lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Pintar Yogyakarta sudah menembus angka satu juta. Sebagai wahana rekreasi edukasi favorit di jantung kota Yogya, Taman Pintar dinilai sangat strategis untuk memberikan edukasi gaya hidup sehat dan kesadaran menjaga lingkungan kepada masyarakat khususnya anak-anak.

Program AQUA Peduli untuk Indonesia Bebas Sampah Plastik


Di acara peresmian Zona Kebaikan Air kemarin, Marketing Manager PT Tirta Investama (Danone-Aqua), Jeffri Ricardo menjelaskan, 
"Sudah lebih dari 46 tahun Danone-AQUA berusaha memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi ssehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Hal ini sejalan dengan visi Danone, 'One Planet One Health', dimana kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang sehat."
cara mengolah sampah plastik

Sejak tahun 1993, AQUA telah mempromosikan inisiatif daur ulang pertama melalui program AQUA Peduli dengan mengumpulkan 12.000 ton plastik setiap tahunnya melalui 6 Recycling Bussiness Unit di berbagai lokasi di Indonesia sambil menciptakan manfaat ekonomi bagi ratusan pemulung dan pendaur ulang.

Pada tahun 208 Danone-AQUA juga telah menginisiasi gerakan #BijakBerplastik untuk membantu program pemerintah mewujudkan Indonesia yang lebih bersih dan mengurangi sampah di lautan. Gerakan ini berfokus pada tiga aspek inti yaitu: pendidikan, inovasi produk, dan pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah. 

kerjasama yang terjalin dengan Taman Pintar Yogyakarta juga merupakan salah satu upaya Danone-AQUA untuk memperkuat fokus dalam pendidikan pengelolaan sampah plasti secara bijak sejak usia dini.

Tentang Danone-AQUA


Danone-AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Unit usaha DANONE meliputi tiga kategori utama, yaitu 
1. Minuman (AMDK, minuman ringan non karbonasi, dan minuman teh)
2. Nutrisi untuk kehidupan awal (Nutricia dan Sarihusada)
3. Nutrisi Medis.


Danone-AQUA merupakan perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang bersertifikasi B-corp, yaitu standar tinggi terhadap kinerja sosial dan lingkungan.Di Indonesia Danone-AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan minuman ringan yang berdiri sejak tahun 1973. 

cara memilih air minum yang baik

AQUA juga mengembangkan insiatif AQUA Lestari yang terdiri dari perlindungan sumber daya air, pengurangan CO2, optimalisasi kemasan dan pengumpulan sampah kemasan sebagai perwujudan visi dan komitmen Danone bertanggung jawab dalam kehidupan sosial dan lingkungan hidup.

20 comments:

  1. Aku seneng banget deh kalau ada fasilitas kayak gini. Anak-anak sekarang harus diedukasi di luar sekolah dan buku. Jangan kayak aku deh dehidrasi banget gara-gara nggak suka minum air putih :(

    ReplyDelete
  2. Zona kebaikan Aqua mengajak kita peduli bahaya plastik dan merupakan CSR Aqua

    ReplyDelete
  3. Mbak, makasih ya infonya. Setiap tahun, saat mengantar anak-anak piknik ke Jogja, ya, mampir ke Taman Pintar ini. Tahun depan, kami akan mengantar dua kelas, senang deh ada zonna baru di sana. Insyaallah pasti mampir.

    ReplyDelete
  4. oh baru ya di dalam taman pintar. Waktu ke sana ada dari Aqua tapi ga selengkap ini

    ReplyDelete
  5. aku pernah ke Taman Pintar Yogyakarta ini dan anakku suka banget. DIa jadi belajar juga pentingnya menjaga kelestarian air dan mengkonsumsi air :)

    ReplyDelete
  6. Membiasakan diri untuk minum air putih yang cukup ini masih PR buat aku. Biasanya pas haus atau setelah makan aja minum air. Padahal air penting banget buat tubuh

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ke Taman Pintar suka kalah pamor sama jalan Malioboro. Wah, mesti dicoba nih nanti kalau main kesana lagi. Memang yaa jadi sering mengingat lagi bahwa penting mineral dalam tubuh dan kalau banyak minum air putih ga bakal rugi karena sehat.

    ReplyDelete
  8. wah... ada yang baru ya di taman pintar yogyakarta.
    jadi pingin balik ke sana bawa keponakan :D

    ReplyDelete
  9. Udah lama pengen ke Taman Pintar Jogja. Makin banyak aja nih wahana yang bisa dicoba. Makin banyak akses belajar.

    ReplyDelete
  10. Di rumah juga pakai air mineral AQUA mbak, memang dari segi kualitas lebih baik dari air galonan/kemasan lain. Apalagi program seperti ini sungguh baik untuk diikuti anak-anak untuk menambah wawasan.

    ReplyDelete
  11. Ya Allah taman pintar.
    Aku meh ke sana nggak jadi jadi hahahah
    Semoga kapan kapan ke Jogja lagi bisa mampir. Aqua danone emang kece ya mba. Aku juga konsumsi galon Aqua. Udah cocok

    ReplyDelete
  12. Jadi inget waktu hamil aku mba.. jaman itu aku ga doyan air mineral hanya aqua saja yang ak mau hahaha

    ReplyDelete
  13. Iya kayaknya dulu udah ada zona air ya, tapi belum seperti yang sekarang. Duuuh udah berapa tahun coba sejak terakhir kali ke Taman Pintar. Jadi pengin bawa anak2 lagi ke sana untuk piknik sekalian belajar banyak hal.

    ReplyDelete
  14. Tamannya bener-bener pintar ya mengedukasi masyarakat yang datang terutama anak-anak. Aku jadi penasaran pinign ke sana, apalagi skr bisa belajar tentang air juga ya di sana. Aku pengguna Aqua juga kok buat minum sampai punya 3 galon hihihi

    ReplyDelete
  15. Benar-benar zona pintar yang penuh ilmu dan pengetahuan buat kita ya mba. Boleh jugaaa nih mampir kalau ke Jogja

    ReplyDelete
  16. Arena baru di taman pintar ya mbak? Sayang saya belum sempat ajak anak ke sana. Biasanya kalo ke taman pintar belanja buku aja heheh

    ReplyDelete
  17. Waaahh makin nambah zona barunya. AKu pengen banget ke Yogya ngajakin anak2 ke sini mbak.
    Pas terakhir ke sini jg aku gak puas krn guidenya cepet2an haha., Moga tahun ini bisa ke Taman Pintar liat zona airnya :D

    ReplyDelete
  18. Pengen banget ngajak anak ke Taman Pintar ini, kayaknya bakal betah dua di sini.

    ReplyDelete
  19. wah cocok banget untuk anak-anak yaa :D

    ReplyDelete
  20. Wah ini zona baru di Taman Pintar ya? Aku belum pernah ke sana, tapi sering baca review teman-teman yang ke sana dan kebanyakan belu mada nulis tentang zona air ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)