Thursday, July 05, 2018

Cara Mendukung 5 Potensi Prestasi Anak Agar Tumbuh Optimal




“Untuk mendorong anak memiliki memiliki 5 potensi prestasi anak, orang tua harus menggali lima aspek tumbuh kembang yang saling berkaitan agar anak dapat tumbuh optimal. Kelima aspek tersebut adalah aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa, dan sosial. Orang tua dan lingkungan sekitar anak diharapkan dapat secara bertahap dan terus menerus menstimulasi lima aspek tumbuh kembang ini sejak dini.”

Demikian yang disampaikan oleh psikolog anak dan keluarga, Mbak Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., saat Media dan Blogger Gathering pada acara Festival Sahabat Generasi Maju di Taman Pintar Yogyakarta.




Tidak ada tumbuh kembang yang instan, mangga karbitan saja tetap butuh diperam dulu, apalagi mengasuh anak. Kalau kita mau memiliki anak yang tumbuh optimal, sudah kewajiban orang tua menggali dan mengenali potensi-potensi yang dimiliki anaknya. Setelah kenal baru didukung dan diberikan stimulasi yang tepat.

5 potensi prestasi anak yang wajib distimulasi oleh orang tua adalah:

1. Cerdas dan kreatif

Merupakan kemampuan daya tangkap anak untuk bisa menganalisa hal-hal baru di sekitarnya, berkomunikasi dengan baik, menceritakan kembali pengalamannya dengan lancar, memahami perbedaan sederhana seperti siang dan malam, perempuan dan laki-laki, juga menggunakan imajinasinya untuk menciptakan sesuatu.

Untuk menstimulasi potensi cerdas dan kreatif, orang tua tidak boleh abai dengan naluri keingin tahuan anak, selalu dampingi saat belajar, bacakan banyak cerita dan dongeng, dan latih kreativitasnya dengan banyak aktivitas seru.

2. Tumbuh tinggi dan kuat

Merupakan kemampuan si kecil untuk tumbuh sesuai kurva pertumbuhan, dengan berat dan tinggi badan sesuai usianya. Motorik kasar dan halusnya berkembang baik, demikian juga dengan koordinasi masing-masing anggota tubuh.

Untuk ini orang tua harus disiplin memeriksakan tumbuh kembang anak di tempat pelayanan kesehatan seperti Posyandu, Puskesmas, dan dokter anak. Penuhi juga nutrisi anak sesuai pedoman gizi seimbang dan biasakan anak rajin berolah raga.

3. Percaya diri

Merupakan kemampuan si kecil untuk merasa yakin akan dirinya sendiri. Dapat menyampaikan dengan baik apa yang disukai dan tidak disukainya, mencoba berbagai hal baru di sekitarnya tanpa harus selalu ditemani orang tuanya.

Dibutuhkan banyak pelukan, ciuman dan kehangatan dari orang tua agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri terhadap lingkungan sekitarnya. Anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang penuh kasih sayang akan lebih menghargai dirinya sendiri.

4. Supel

Merupakan kemampuan anak untuk cepat beradaptasi dengan teman sebaya dan lingkungan sekitar, mau bekerja sama, berbagi, menunggu giliran, mampu berdamai saat bertengkar dengan teman sekolahnya, dan bermacam kegiatan sosial lainnya.

Untuk bisa menjadi supel, beri anak kesempatan sering bergaul dan kenalkan dengan banyak teman.

5. Mandiri

Merupakan kemampuan anak untuk mau dan bisa mengandalkan dirinya sendiri dalam beraktivitas sehari-hari sesuai usia. Misalnya, mau makan dan minum sendiri, bisa mandi sendiri, menggunakan toilet dengan baik, dan bisa berpakaian sendiri.

Agar anak bisa mandiri, orang tua yang harus menahan diri. Beri anak kesempatan untuk menyelesaikan masalahnya sesuai dengan usianya, untuk itu orang tua sebaiknya tidak selalu melayani semua kebutuhan anak.



FESTIVAL SAHABAT GENERASI MAJU

Selain talkshow bersama mbak Anna, diadakan pula rangkaian kegiatan Sahabat Generasi Maju yang mengajak orang tua mengasah potensi si kecil melalui berbagai kegiatan seperti lomba mewarnai, kelas olahraga, dan permainan edukatif lainnya. Ada banyak sekali arena bermain seperti kelas olahraga, kelas kreativitas, dan Mini Mobi.

Di kelas olahraga, SGM menyediakan arena sepak bola dan basket yang bisa digunakan anak-anak untuk melatih aspek fisiknya agar tumbuh kuat dan tinggi. 

Bermain basket di kelas olahraga

berlatih sepak bola di kelas olahraga

Lalu di kelas kreativitas panitia sudah menyediakan meja besar berisi pasir kinetik yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk membuat aneka bentuk, Ada juga meja untuk membuat kerajinan tangan berbahan piring kertas, di situ anak-anak bisa membuat wajah-wajah binatang seperti kelinci atau panda.

Bermain pasir kinetik di kelas kreativitas

Membuat kelinci di kelas kreativitas

Ada  juga mini mobil yang menyediakan aktivitas digital seperti mencocokkan gambar, merangkai puzzle dan sebagainya, mini mobi ini nantinya juga akan berkeliling ke 8000 daerah di Indonesia untuk melakukan Edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak anak dengan menggunakan permainan edukatif.

Mencocokkan gambar di mini mobi

Anak-anak saya puas sekali mengikuti seluruh aktivitas di setiap arena bermain. Beberapa keseruan selama acara juga sempat saya abadikan dalam video berikut: 






TENTANG SGM DAN SARIHUSADA

SGM Eksplor adalah  salah satu produk susu pertumbuhan yang diproduksi oleh PT Sarihusada Generasi Mahardhika, sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui, dan anak-anak dengan rasa enak, harga terjangkau, serta berstandar internasional.

Sarihusada merupakan bagian dari Danone Nutricia Life Nutrition. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100000 orang di seluruh dunia. Perusahaan ini memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. 

Di Indonesia, bisnis Danone terdiri atas tiga kategori utama yaitu air minum dalam kemasan dan minuman non karbonasi, nutrisi untuk awal kehidupan, dan nutrisi medis.

“Berbagai kegiatan dalam kampanye Anak Generasi Maju oleh SGM Eksplor selaras dengan visi dari Danone di Indonesia yaitu one planet one health. Melalui berbagai produk bernutrisi dan edukasi yang dilakukan oleh kelompok usaha Danone di Indonesia, kami memastikan bahwa kehadiran kami dapat memberikan kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat dunia.” Ujar Corporate Communication Director Danone Indonesia, Bapak Arif Mujahidin, menutup acara press conference Festival Sahabat Generasi Maju.

1 comment:

  1. Semoga generasi maju semakin berprestasi dg pengembangan potensi yg tepat ya mba..

    ReplyDelete