Monday, February 18, 2019

Suka Koleksi Dekorasi Rumah dan Properti Foto? 4 Tempat Ini Wajib kamu Datangi Saat Ke Jogja

tips mencari properti foto produk dan makanan

Yang namanya blogger kadang dituntut nggak cuma piawai menulis, tapi juga harus bisa menghasilkan foto-foto dengan kualitas baik sebagai pendukung tulisan kita, benar gak?

Kualitas yang baik di sini bukan berarti harus menguasai macam-macam teknik dan genre fotografi looh. Yang penting foto nggak blur, cukup cahaya, pengaturan komposisi seimbang, dan didukung properti foto yang sesuai dengan produk.


Nah, yang paling sering bikin mati gaya itu adalah poin terakhir: Properti foto! 

Beberapa kali saya niat foto produk dengan tema ini dan itu tapi nggak punya properti yang cocok, jadi fotonya terkesan sepi aja gitu, hiiks :(

Sejak itu  saya mulai mengumpulkan properti foto, yaitu barang-barang yang bisa dipakai untuk mempercantik tampilan foto produk. Belum banyak sih, tapi lumayan lah, jadi gak melulu pakai daun monstera di semua foto saya, wkwkk.

Saya anggap itu koleksi sekaligus investasi saya. Tapi supaya itu nggak mubazir dan hanya memenuhi kotak penyimpanan, saya hanya mengumpulkan properti foto yang sesuai dengan genre fotografi kesukaan saya. Karena saya suka foto stilllife, koleksi saya nggak jauh-jauh dari gelas unik, benda-benda berbahan kayu atau kuningan yang terkesan vintage, dan juga bunga dan daun kering sebagai pemanis foto.


Tapi saya jarang membeli properti foto secara online, rasanya nggak puas kalau nggak pegang dulu sebelum beli. Pernah beli es batu imitasi di online shop, setelah datang, eh lha kok ternyata barangnya imut banget, nggak sesuai ekspektasi saya, pedih hati ini sist :))

Karena itu saya lebih suka berburu langsung di toko-toko aksesoris atau pasar-pasar tradisional, selain bisa cuci mata, saya juga bisa membandingkan masing-masing barang. Dari beberapa toko yang menjual dekorasi rumah dan pernak-pernik lucu, saya biasa belanja ke 4 toko yang nanti akan saya sebutkan di bawah. Warga Jogja, terutama perempuan, pasti sudah tahu dan pernah masuk keempat toko ini, atau malah sudah menjadikan toko-toko ini seperti tempat piknik untuk sekedar cuci mata kayak saya.

Tempat Mencari Properti Foto dan Dekorasi Rumah di Jogja


Jolie Jogja Wirobrajan

Alamat: Jl. Kapten Piere Tendean No.29
Wirobrajan, Yogyakarta
Jam Buka: Senin-Minggu 09.00-21.00 WIB

Sebenarnya ada toko Jolie punya dua cabang di Jogja, yang pertama adalah Jolie Fashion Hijab di Jl Diponegoro, dan yang kedua adalah Jolie Jogja Wirobrajan di Jl Kapten Pierre Tendean, Wirobrajan.

Yang mau saya bahas sekarang adalah Jolie Jogja Wirobrajan, karena cabang yang ini menyediakan lebih banyak barang-barang home decor di Lantai 3-nya. Jadi kalau teman-teman memang berniat mencari dekorasi rumah dan properti foto, dari pintu depan langsung saja menuju tangga di sebelah kanan dan naik ke lantai 3.

Mirip seperti Petra Accessories, Jolie Jogja Wirobrajan juga menyediakan aneka bunga dan daun artifisial, bunga kering, keranjang anyam, hiasan dinding bertema shabby chic, toples dan pot bunga rustic, juga macam-macam hiasan kayu.

Aneka tempat lilin dan lampu gantung.

Jolie Jogja Wirobrajan
Jolie Jogja Wirobrajan
Jolie Jogja Wirobrajan
Jolie Jogja Wirobrajan

Bunga-bunga dan daun artifisial yang dikelompokkan sesuai warnanya.

Jolie Jogja Wirobrajan
Jolie Jogja Wirobrajan
Jolie Jogja Wirobrajan
Jolie Jogja Wirobrajan
Jolie Jogja Wirobrajan

Succulent palsu juga banyaak, bahkan kita bisa membuat sendiri karena Jolie menyediakan succulent dan pot terpisah.

Jolie Jogja Wirobrajan
Jolie Jogja Wirobrajan

Harganya dijamin lebih murah daripada online shop. Misalnya bintang laut dan kerang potong ini dihargai 2 ribuan saja.

Jolie Jogja Wirobrajan


Petra Accessories

Alamat: Jl. Ketandan Lor No.29 (Kampung Cina Ketandan)
Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta
Jam Buka: Senin-Minggu 08.30 – 17.00 WIB

Petra Accessories Yogyakarta adalah salah satu toko aksesoris terlengkap yang terletak di area Malioboro-Beringharjo, dekat sekali dengan Pasar Beringharjo dan Toko Progo. Di awal berdirinya Petra memang hanya menjual perlengkapan dan bahan pembuat aksesoris seperti manik-manik akrilik dan kayu, batu alam, batu pecah, mutiara (sintetis dan air tawar), kristal, tang aksesoris, juga bermacam tali dan rantai.

Tapi setahun belakangan ini Petra menambah koleksinya dengan aneka barang dekorasi rumah. Mulai dari bunga dan daun artifisial, bunga kering, keranjang anyam dan hiasan dinding bertema shabby chic, toples dan pot bunga rustic, juga macam-macam hiasan kayu. Soal harga, Petra Accessories jauh lebih murah ketimbang harga di Online Shop, malah beberapa OS Jogja sering berbelanja di sini.

Toko Petra Accesories Ketandan Jogja
Toko Petra Accesories Ketandan Jogja
Toko Petra Accesories Ketandan Jogja
Toko Petra Accesories Ketandan Jogja
Toko Petra Accesories Ketandan Jogja
Toko Petra Accesories Ketandan Jogja
Toko Petra Accesories Ketandan Jogja
Toko Petra Accesories Ketandan Jogja



Pasar Beringharjo Lantai 3

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.16
Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta
Jam Buka: 09.30 - 17.00 WIB

Di Pasar Beringharjo lantai 3 kita akan menemukan blok yang menjual aneka kerajinan tangan, barang unik dan lucu yang biasa dipakai sebagai properti pendukung foto, terutama foto makanan, foto produk, dan stilllife photography. Kebanyakan terbuat dari berbagai jenis kayu, rotan, bambu, dan gerabah. Beberapa koleksi properti foto yang saya miliki juga berasal dari sini.

Cara paling mudah menuju blok kerajian lantai 3 adalah lewat pintu belakang Pasar Beringharjo yang berada di Jalan Sriwedari, dekat dengan Toko Progo. Dari situ langsung saja naik tangga yang ada di tengah pintu pasar menuju lantai 3. Kalau kamu malas naik turun tangga seperti saya, bisa kok langsung bawa kendaraanmu naik ke parkiran yang berada di lantai 3, pintu masuknya berada di samping toko Progo persis. Buat yang berencana belanja banyak barang di lantai 3, memang sebaiknya parkir langsung di atas.


Pasar Beringharjo Lantai 3
Pasar Beringharjo Lantai 3
Pasar Beringharjo Lantai 3
Pasar Beringharjo Lantai 3
Pasar Beringharjo Lantai 3


Toko Progo Jogja

Alamat: Jl. Mayor Suryotomo No.29
Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta
Jam Buka: 08.30 - 21.00 WIB

Diawal berdirinya, Toko Progo adalah toko kelontong yang menjual bermacam-macam kebutuhan rumah tangga dari plastik, pecah belah, alat dapur, segala perintilan rumah tangga. 

Karena kelengkapan barang dan harganya yang murah Toko Progo terkenal sebagai surganya ibuk-ibuk dan akhirnya pindah ke lahan yang lebih luas menyerupai Mall 4 lantai lengkap plus parkir bawah tanah. Keempat lantai bisa dicapai dengan eskalator dan lift. 

Masing-masing lantai di isi dengan kategori produk yang berbeda.
Lantai 1, Swalayan, berisi kebutuhan dapur, bahan makanan segar dan beku.
Lantai 2, Berisi barang-barang pecah belah, alat-alat rumah tangga, dan elektronik dapur.
Lantai 3, Fashion, assesoris, perlengkapan bayi, mainan anak, dekorasi rumah, dan bunga artifisial.
Lantai 4, area bermain anak dan food court.

Yang jadi kesukaan saya adalah lantai 2 karena banyak tersedia piring-piring dengan aneka motif yang cantik sekali dijadikan properti saat foto makanan.


toko progo jogja
toko progo jogja
toko progo jogja
toko progo jogja
toko progo jogja
toko progo jogja


Yang paling asyik adalah 3 dari 4 toko yang saya sebutkan berada di lokasi yang sama. Petra Accesories, Pasar Beringharjo, dan Toko Progo itu beneran dekaaat bangeet.. Malah dari Pasar Beringharjo lantai 3 ke Toko Progo bisa jalan kaki aja karena memang cuma tinggal nyeberang. Kalau ke Petra amannya sih pakai becak supaya kaki nggak pegal. 

Ternyata Jogja nggak cuma punya wisata alam yang cantik-cantik yakaan.. wisata belanjanya juga banyak di sini, dan bukan cuma Malioboro saja. Jadi, kapan liburan ke Jogja lagi? :)

28 comments:

  1. Ya ampun mbak aku bisa kalap kalua ke sana itu bunga-bunganya banyak banget. Mbak Yoana gak buka jastip? hihihi
    Aku mendadak jadi pingin ke Jogja :) Aku save ah link postingan ini

    ReplyDelete
  2. Jogja mau lagi kesana, kalau tau ada tempat asesoris kayak Petra pasti kesana borong2... Ah lucu banget buat properti foto...

    ReplyDelete
  3. Itu aneka lilin sama tempat gantungnya lucuk lucu banget. Piring2 nya cantik banget jadi pengen bungkus banyak. Waah jadi referensi kalau kesana lagi nanti 😊 salam kenal ya mba.

    ReplyDelete
  4. Wow, lengkap banget yaa tempat jualan properti fotonya. Udah gitu lucu-lucu pula, yang masuk kesitu pasti borong tuh, hehehe :)

    ReplyDelete
  5. wahhh tempat-tempat itu jadi surga banget bagi pecinta fotografi dan benda-benda lucu :)

    ReplyDelete
  6. Ihir bagus-bagus banget. Cus kalau ke Jogja lagi lebih baik cari properti foto juga. Bagus2 gitu barangnya. Kalau di Jepara paling kayu2 gitu

    ReplyDelete
  7. Mupeng liat berbagai macam aksesoris dan properti di atas. Apalagi di toko yang menjual bunga warna-warni itu. Duh, kalau ke Jogja sepertinya saya wajib mendatangi minimal satu toko yang disebutkan di atas.

    ReplyDelete
  8. Mengapa Toko properti seperti Jolie dan Petra cuma ada di Jogja dan Solo sih, kan aku susah kalo pengen belanja properti gituan. Bener deh Yo, aku kalo ke Solo pasti menyempatkan mampir di toko properti, kok namanya lupa ya. Dan di sana pasti lupa pulang, suami udah nungguin di mobil ama anak-anak, aku nya masih ngider di dalam, hahahaa.. Ntar kalo ke Jogja gantian mampir di Jolie

    ReplyDelete
  9. Ya Allah mbak lucu2 amaaaattt itu unyu2. Kalau aku nemu toko begitu di sini, bisa2 khilaf hahha. Kalau ke Daiso aja bisa khilaf gitu gara2 murah2. tapi ya ga semura htoko2 yang Mbak sebut di atas sih, cuam harga2 di Daiso kan rata 25rb semuanya. Itu aja bisa biin khilaf, apa lagi yang 2 ribuaaan? :D

    ReplyDelete
  10. Yaaa Allah... noted banget ini aku mba... makasih infonya yah, aku kok gak kepikiran nyari beginian di jogja... apakah toko ginian cuman ada dijogja yah??

    ReplyDelete
  11. Wah, tempatnyaa keren keren bangeet. Ku suka yang tempat bunga2 itu, senada banget yaaa.
    Nanti kalo ke Jogja, mau ahh explore tempat2 ini.
    Makasih infonyaa ..

    ReplyDelete
  12. Betuuullll, makin ke sini Bloger makin kreatif2 fotonya. Meski bukan tuntutan, tapi kalau fotonya alakadarnya mungkin kurang greget ya, Mbak. Btw, Toko Progo asyik nih buat yang suka foto plating.

    ReplyDelete
  13. Ya ampun ini bikin aku gak mau pulang ini asli mupeng banget mbk..pernik cantik warna yang segar

    ReplyDelete
  14. Yaaampuuun gemesh bangeeet liatnyaaa!
    Kebetulan banget Ujame mau ke Jogja dan emang lagi cari properti foto buat butik.
    Thank you buuund, mau kesini ah in syaa Allah hehehe

    ReplyDelete
  15. Aku penasaraaan beraaat! Pengen belanja di Jogja deeh.. sayang aku ke sini pas meeting terus dan selesai malam hiks

    ReplyDelete
  16. Aduuuh...aku telat tahu info ini nih..andai sebelum ke Jogja kemarin, pasti kubela-belain mampir sini deh..hehe.. TFS mba..kapan2 mampir aah..

    ReplyDelete
  17. Saya pernah baca infonya yang Toko Progo dan Pasar Beringharjo itu. Sampai saya bilang semua kalau ke Jogja, wajib datang ke sana hehehe. Ternyata, dapat info 2 toko lagi di postingan ini. Asiiikk!

    ReplyDelete
  18. Catat! Next kalau ke Jogja wajib mampir nih. Tp sebelum itu harus nabung dulu. Karena kemungkinan bakal kalap nih. Lha wong barangnya apik2.

    ReplyDelete
  19. Aku belum sempet main ke Jolie lagi. Padahal lagi pengen nyari bunga kering.

    ReplyDelete
  20. Wahh gak cuma tempat wisata yg keren nih, klu ke Jogja bsa mampir ke toko Aksesorisnya. Dari gmbr aku lihat keren2 deh koleksinya

    ReplyDelete
  21. Temanku kalau pas ke Jogja selalu pamer, bilang kalau dia ke Progo dan kalap beli ini itu hehehee... Wah, aku pun sama nih, bisa kalap banget klo liat properti yang menggemaskan kayak di toko2 ini. Tidaaakkkkkk...dompet bisa jebol nih. :))

    ReplyDelete
  22. Adekku lho jualan properti foto online ngambil nya dari sini hehe di bringharjo lantai atas juga banyak lho properti foto lucu lucu

    ReplyDelete
  23. MasyaAllah surga banget ini ya Mba. Gemes semuanya pengen mborong hahahah jadi pengen jualan juga buat onlinean keren ini

    ReplyDelete
  24. Ya Allah gemas bangetttt liatnya duhh bisa kalap nih kalau kesini lucu2 banget sih potnya, warnanya juga nude banget.

    ReplyDelete
  25. Ya Allah~
    Surga bangeeett... ((lah komen aku sama kaya Nyi yaa...hahhha))
    Batin kami terikat, kaka~

    Ini seriusan harganya pun ramah di kantong.
    Borooong~

    ReplyDelete
  26. OMG dari tempat diatas baru ke pasar bringharjo aja.. tapi ngga sampai ke lantai 3 nya hiks.. telat banget baca artikelnya.. gemez-gemez banget.. aku suka yang dari kayu semuanya.. bisa jastip ngga ya? haha mupeng.. InshaAllah.. next ke jogya aku akan mampir cari properti foto untuk ditempat2 diatas.. thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
  27. Waaahh bagus2. Mulai dr yang berwarna, modern, klasik, kayu. Noted nih klau mampir pasar Beringharjo. Ternyata gak jual batik2 aja tapi surganya properti foto😁

    ReplyDelete
  28. Haduh ... aku pulang dari sana pasti nangis karena duit habisπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)