Sunday, October 07, 2018

Tips Menjaga Pencernaan Sehat Agar Aktivitas Lancar


air terjun taman sungai mudal kulon progo jogja

Motherhood is like a walk in the park.

A Jurassic Park..

Pertama kali membaca quote ini saya langsung ngakak. Tapi dipikir-pikir benar juga sih, once you become a mom, there is no easy way out. Setiap hari adegannya mirip film Jurassic Park yang penuh kejutan, kadang kita dibuat terkagum-kagum, kadang ketakutan, berantakan di mana-mana, dan akhirnya ya tetap happy ending. LOL.
Bukan nggak bersyukur, justru sekarang ini saya sedang sangat menikmati peran sebagai ibu. Anak-anak sudah melewati fase tantrum, makan-mandi-berpakaian nggak perlu diladeni lagi, bisa diajak diskusi dan negosiasi, tapi ya tetap saja nggak seindah iklan-iklan di televisi itu, dimana anak-anak sarapan dengan cepat dan tenang, lantai rumah selalu mengkilat tanpa ceceran lego dan kaos kaki kotor, si ibu sempat bergincu sebelum mencuci. Kenyataannya?

Sejak memutuskan nggak pakai asisten rumah tangga, urusan domestik seperti masak, mencuci, setrika, antar jemput sekolah saya kerjakan sendiri, dibantu si bapak lah kadang-kadang. Semua saya lakukan sambil bermain dengan si adik, menemani kakak belajar dan mengaji, sesekali mengepel genangan air di dapur setelah kakak mencuci piring, meyapu ceceran gula setiap adik selesai membuat es teh, mencari keping lego berukuran setengah senti di belakang lemari yang beratnya minta ampun, membongkar mobil remote yang saklarnya mati, mengejar-ngejar kelinci yang kabur ke rumah tetangga karena adik lupa menutup pintu kandangnya, memompa ban sepeda yang bolak balik gembes, atau sekedar membereskan mainan yang rasanya bisa keluar sendiri dari kotaknya.
Kids are always full of energy until someone says "clean up"..
Then they become so tired -__-

Belum cukup bertualang di rumah. Saya dan suami membuat resolusi mengajak anak-anak lebih dekat dengan alam seperti menyusuri deretan pantai cantik di Gunung Kidul, menikmati kesejukan hutan-hutan pinus di Bantul, dan berenang di bawah air terjun Kulon Progo.



Tapi saya sadar semua itu hanya bisa saya lakukan kalau tubuh saya sehat dengan stamina prima. Meski seluruh hasil tes kesehatan seperti kolesterol, trigliserid, dan gula darah masih di angka normal, bukan berarti saya nggak punya keluhan soal kesehatan. Apalagi keluhan soal lemak, buanyaaak :)))

Biasanya karena keasyikan mengerjakan urusan domestik atau membuka sosmed bekerja di depan laptop, saya sering menunda jam makan dan jarang berolahraga, akhirnya sistem pencernaan saya bermasalah. Asam lambung naik, perut kembung, dan sembelit jadi keluhan hampir setiap hari, kelihatannya sepele sih, tapi cukup mengganggu aktivitas dan suasana hati juga, boro-boro mau travelling sambil bawa bocah, yang ada saya malah sering uring-uringan dan malas bergerak.

Itu sebabnya saya mulai berusaha merubah pola hidup, menambahkan beberapa kebiasan baik yang bisa membantu pencernaan tetap sehat. Karena sistem pencernaan yang sehat akan menjaga metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh dengan baik, kita jadi tidak mudah sakit dan selalu bersemangat.


Oh ya, pencernaan sehat juga menghasilkan kulit wajah yang lebih glowing lho, saya pernah baca bahwa letak tumbuhnya jerawat bisa menjadi petunjuk masalah pencernaan, misalnya jerawat di dahi disebabkan oleh gangguan pada usus halus, lalu jerawat di area hidung bisa jadi akibat sering sembelit. Nah, karena saya juga seorang acne fighter, jadi makin semangat menjaga saluran cerna agar tetap sehat deh, demi kulit mulus cyiin.. Beberapa kebiasaan baik yang sekarang rutin saya terapkan adalah:



1. Menjaga Asupan Cairan

Minum, minum, dan minum. Itu yang selalu saya ingat, di samping bertujuan menghidrasi tubuh, air berperan penting melarutkan zat gizi, oksigen dalam darah dan membantu fungsi saluran cerna. Air yang bekerja sama dengan serat mampu membuat makanan bergerak lebih cepat di saluran cerna dan melunakkan massa feses, kita pun bebas dari sembelit. Konsumsi air yang dianjurkan dalam sehari adalah 2 liter untuk wanita dewasa dan 3 liter untuk pria dewasa.

2. Teratur Berolahraga

Aktivitas fisik yang teratur seperti berjalan kaki atau bersepeda selama 20 menit setiap hari bisa menguatkan otot perut, menstimulasi otot-otot usus berkerja lebih maksimal, mendorong makanan agar tidak terlalu lama berdiam di dalam usus, jika makanan tidak berlama-lama di dalam usus kandungan airnya masih tinggi sehingga konsistensi massa hasil cerna (feses) tidak terlalu keras dan mencegah konstipasi.

3. Memilih Makanan Tinggi Serat 
Pastinya sudah sering sekali mendengar keistimewaan serat bagi pecernaan kita yaa. Memenuhi asupan harian serat sebanyak kurang lebih 25 gram mampu melancarkan pergerakan makanan dalam usus, membantu proses metabolisme enzim pencernaan, dan menjaga konsistensi hasil cerna. Serat-ini bisa kita dapatkan dari buah dan sayur segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Rutin Mengkonsumsi Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera selain sebagai bahan alami perawatan kulit, juga biasa digunakan oleh nenek moyang kita untuk menjaga kesehatan pencernaan. Gel yang terdapat pada daun lidah buaya mengandung banyak sekali vitamin A, vitamin B, dan asam amino esensial yang membantu penyerapan nutrisi di dalam saluran cerna.

 
Manfaat dan khasiat lidah buaya bagi kesehatan pencernaan
Source: Pinterest

Zat aloemodyne dan allomitin yang terkandung di dalam lidah buaya mampu mendukung proses penyembuhan iritasi lambung dan mengatur asam lambung yang berlebihan. Lidah buaya juga memiliki zat pencahar alami yang bisa membantu pergerakan usus dan mengatasi sembelit. Selain itu lidah buaya juga bersifat antivirus, antibakteri, dan anti inflamasi yang mampu mencegah resiko infeksi usus dan rasa begah. Pertumbuhan mikroba baik yang bertugas menurunkan produksi gas penyebab kembung di dalam usus juga terbantu dengan rutin mengkonsumsi lidah buaya.


Jika ingin mengkonsumsi lidah buaya, pilih yang berbatang besar, segar, dan berdaging tebal. Kupas kulitnya yang berwarna hijau, cuci bersih dibawah air mengalir sampai lendirnya hilang, baru di potong-potong sesuai kebutuhan. Lidah buaya bisa dikonsumsi dengan cara dibuat campuran es buah, puding atau jus. Jus lidah buaya adalah minuman yang bersifat alkali atau basa, dengan rutin mengkonsumsi jus lidah buaya keseimbangan PH tubuh kita akan terjaga, karena tubuh yang terlalu asam (bukan asem apalagi kecut yaa..) dipercaya dapat lebih mudah terserang berbagai penyakit.


Menurut Dr James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures, meminum seperempat gelas jus lidah buaya sebanyak tiga kali sehari dapat membntu menyembuhkan maag. Tapi beliau juga memperingatkan wanita hamil, menstruasi, minum pil KB dan menyusui untuk menghindari mengkonsumsi lidah buaya.


Khasiat Lidah Buaya Bagi Kesehatan
Source: Bukalapak
Yang jadi masalah, kadang saya malas nggak punya waktu untuk mengolah lidah buaya menjadi jus, proses pencuciannya itu butuh waktu yang nggak sebentar, dan saya pun pelan-pelan meninggalkan kebiasaan meminum jus lidah buaya ini, hiiks :(

Sampai akhirnya saat belanja bulanan saya menemukan varian terbaru Herbadrink, yaitu Lidah Buaya. Wah ini dia! Karena sebelumnya saya sudah sering mengkonsumsi Herbadrink varian Sari Jahe, Sari Temulawak, dan Sari Kunyit Asam, saya nggak ragu lagi untuk langsung mencomot si Herbadrink Lidah Buaya ini dari rak.


Herbadrink Lidah Buaya

Cara Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Yang paling terlihat dari kemasannya adalah tulisan sugar free alias bebas gula. Dan memang Lidah Buaya Herbadrink di produksi tanpa pengawet dan mengandung pemanis buatan Sukralosa.

Sukralosa adalah pemanis buatan tanpa kalori yang tidak memiliki efek pada metabolisme karbohidrat, kontrol glukosa darah jangka pendek dan panjang, atau pelepasan insulin. jadi aman dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet gula. Penggunaan Sukralosa juga telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan diizinkan digunakan pada makanan dan minuman di hampir 80 negara termasuk Indonesia.


Herbadrink Lidah Buaya ini dikemas dalam kemasan sachet yang praktis, higienis, tinggal seduh, dan tanpa endapan. Membuatnya asyik sekali dibawa berpergian. Saya cukup membawa air putih dalam botol minum, saat haus tinggal sobek sachetnya dan tuang Herbadrink Lidah Buaya kedalam botol, kocok sebentar lalu teguk.

Cara mengatasi sembelit dengan lidah buaya
Tinggal sobek sachetnya dan tuang ke dalam botol minum.

cara mengobati kembung dengan lidah buaya
Praktis dinikmati di manapun dan kapanpun.

Nggak perlu khawatir dengan keasliannya ya, karena semua varian Herbadrink diproduksi sesuai resep tradisional Indonesia dan diproses dengan teknologi tinggi yang terjamin higienitasnya. Sama seperti tanaman lidah buaya, Herbadrink Lidah Buaya berkhasiat memelihara kesehatan pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar tanpa efek mules. Nah, beneran cocok buat dibawa travelling kan? Apalagi varian Herbadrink mudah sekali ditemukan di berbagai minimarket dan supermarket besar, jadi saat kita sedang dalam perjalanan tinggal melipir sebentar ke minimarket pinggir jalan :)

Saat pertama meminum Herbadrink Lidah Buaya saya menemukan rasa yang sama dengan jus lidah buaya buatan sendiri, malah lebih enak yang ini karena manisnya pas, tanpa rasa getir atau pahit :)
Jadi, kebiasaan baik apa yang sudah kamu lakukan untuk menjaga kesehatan saluran cerna? Apakah sama seperti saya yang sering mengkonsumsi lidah buaya? 
Share di kolom komen yuk.. Terima kasih :)

119 comments:

  1. Wow skr lidah buaya udah ada ekstraknya ~
    Dulu sekitar rumah kami banyak tanaman lidah buaya, tapi makin kesini makin jarang ditemuin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuaca panas sekarang juga bikin lidah buaya susah tumbuh mba, kalaupun tumbuh, biasanya kurus2 :(

      Delete
  2. Waah pengin coba herbadrink, di makassar ada gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di semua indomaret dan superindo ada kok mba:)

      Delete
  3. Baru tahu ada herbadrink lidah buaya. Biasanya tahu cuma untuk keramas saja dan dulu sempat mengaplikasikannya. Rasanya maknyooossss adem bener di kulit kepala ya.
    Aku bahkan sempat menanamnya di beberapa pot, buat stok. Tapi, dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang ngga usah repot nanam ya mba. sudah banyak versi gel buat kulit dan rambut, yang siap seduh buat di minum kaya herbadrink juga ada heheee :)

      Delete
  4. Dulu pernah coba bikin es pake lidah buaya asli, anak2 nggak mau minum. Jadilah emaknya ini yg ngabisin hahaha. Nah kalo ada Herbadrink Lidah Buaya ini, lebih praktis ya dan rasanya mungkin lebih disukai anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, lebih praktis ngga perlu lama-lama nyucinya :)

      Delete
  5. Selama ini cuma coba rutin makan yg kaya serat...wah ada ya minuman herbal lidah buaya. Cobain, ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuk cobain ya MakNung :)

      Delete
  6. Saya biasanya minum bahan lidah buaya dalam kemasan yg audah enak mba, lom pernah tuh ngolah sendiri takut getir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee iya mba, kalau masih ada lendirnya waktu nyuci memang jadi nggak enak :)

      Delete
  7. wahhh saya belum coba herbadrink rasa lidah buaya ini Mba, saya minumnya yang rasa temulawak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temulawak juga enak ya mba.. aku juga suka :)

      Delete
  8. Aku seringnya konsumsi Herbadrink Jahe dan baru tahu nih ada yang lidah buaya. Udah kebayang sehat dan bagus juga. Btw, aku juga baru tahu kalo lidah buaya bagus untuk pencernaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum herbadrink jahe enak banget buat stamina tubuh ya Mba Lid.. aku juga kadang minum itu :)

      Delete
  9. I love the quote in the beginning hehehehe. Well, motherhood is indeed a tremendous journey

    ReplyDelete
    Replies
    1. with a happy ending ya mba :)

      Delete
  10. Belum pernah makan olahan lidah buaya sama sekali. Dulu seringnya dipakai buat rambut. Tapi pernah sih lihat lidah buaya jadi semacam nata gitu. Sekarang lbh mudah karena ada herbadrink

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, nata lidah buaya juga enak kok, bisa buat es buah atau puding :)

      Delete
  11. aku nih masih malas berolah raga dan jarang minum huhu
    suka minum kalo dicampur syrup hahaha.
    herbadrink ini seger yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang minumnya dicampur Herbadrink Lidah Buaya aja :))

      Delete
  12. Anak kedua-ku masih tahap tantrum, dan haduuh menguras emosi jiwa dan raga banget hahaha..anak pertama sudah lulus mas tantrum walau kadang masih suka bikin ulah tapi sudah bisa negoisasi, jadi pengen coba herbadrink ld=idah buaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaa semangat mbaa.. I feel you :)

      Delete
  13. Aku baca quote pertama nya hahaha ngebayangin tantangan sendiri. Ada ya minuman lidah buaya. Jadi pengrn juga nyobain. Selama ini taunya lidah buaya nuat rambut aja. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ngebayangin jadi ibu dinosaurusnya yaa mbaaa :)))

      Delete
  14. di kota saya (pontianak) budidaya lidah buaya dari dulu jadi primadona mulai dari dibuat untuk olahn makanan dan minuman sampai untuk pengobatan. lidah buaya memang banyak manfaat buat kesehatan ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dari ujung kepala sampai kaki bisa pakai lidah buaya semua.

      Delete
  15. Wah saya baru tahu bahwa posisi jerawat bisa menjadi petunjuk penting kesehatan kita hehe.. Kalau tentang minuman ini, tampaknya lezat yah..jadi pengen coba juga..lezatnya dapat sehatnya juga..komplit deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk cobain mba, seger deh :)

      Delete
    2. Iya mba..dah siap2 mo nyari nih..hehe..

      Delete
  16. Lidah buaya mmg banyak manfaat yaa,aku suka lidah buaya. Jd penasaran pengen nyobain herbadrink lidah buayaa...

    ReplyDelete
  17. Wah ada tho herbadrink lidah buaya
    Unik banget karena biasa kuliat rasanya dan ekstraknya yang jamu jamuan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba heni, yang ini praktis tinggal tuang aja :)

      Delete
  18. Eh baru tahu ada herbadrink lidah buaya. Biasanya kupikir jahe atau sejenis ginseng gitu aja.
    Mau coba ah.

    ReplyDelete
  19. Aku sering denger tentang Herbadrink, tapi belum pernah coba. Keknya perlu coba juga nih :D

    ReplyDelete
  20. Aku suka yg herbadrink jahe. Yang temulawak juga suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. akujuga kadang minum yang temulawak, sama kunyit asem :)

      Delete
  21. Inii kesukaaankuuu, rasanya pas dan menyegarkan. Cocok buatku yang gampang radang tenggorokan nih. Foto2nya cakeepp bebebku..

    ReplyDelete
  22. Oh ternyata pencernaan yang sehat itu berpengaruh ke kulit yang glowing ya aku baru tau. Herbadrink Lidah buaya ini memang seger ya kalau diminum dalam perjalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger dan praktis ya mba :)

      Delete
  23. Wah ternyata minum lidah buaya juga bisa jaga pencernaan ya. Coba ah cari herbadrinknya.

    ReplyDelete
  24. Suamiku suka minum ini enak memang pencernaan jadi lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiik udah membuktikan juga yaa mba :)

      Delete
  25. Pencernaanku nih bermasalah dulu sampai sembelit parah bikin wasir hiks, mau coba minuman ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee, bumil jangan minum lidah buaya dulu, nanti aja kalau udah menyusui :)

      Delete
  26. Strong banget lah Mak Yo ini. Semua mua dikerjain sendiri. Aku nek Kabeh domestik di garap iso ora ngeblog, hehe. Salut euy. Iya nih pencernaan bisa bermasalah kalo ga pakai pola hidup sehat. Coba ah yg herbadrink varian lidah biaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblognya disampi nongkrong depan mesin cuci :)))

      Delete
  27. Terima kasin informasinya kak!! Merasa langsung terbuka matanya:"}

    ReplyDelete
  28. toss mbak aku juga ga punya asisten rumah tangga jadi tahu banget gimana rasanya habis ngepel dan bersihin dapur terus anak anak bikin minuman sendiri dan kececeran hihihihi.
    btw, aku belum pernah nyobain herbadrink lidah buaya. Aku malah nyetok yang temulawak. Kapan-kapan coba ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaa rasanya gemas-gemas pingin gigit ya mba :))

      Delete
  29. gak perlu repot lagi buat cari tanaan lidah buaya ya sekarang ada dalam herbadrink

    ReplyDelete
  30. aku belhm pernh tuh mbak nyobain herbadrink lidah buaya. penasaran dah

    ReplyDelete
  31. Sekarang apa-apa praktis ya. Mau minuman sehat kek herbadrink ini nih, tinggal beli dan stok di rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. praktis dan lebih higienis :)

      Delete
  32. Aku baru tahu kalau lidah buaya bisa untuk detoks. Tapi, zaman now itu pengennya ya yang serba instan ya. Belum pernah nyoba Herbadrink apapun nih, Mbak. Ini penasaran juga sama yg lidah buaya. Kapan2 deh kalo pas belanja mau ikutan nyomot juga.

    ReplyDelete
  33. Aku juga suka lidah buaya..adem

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau diminum dingin yaa, seger banget :)

      Delete
  34. Naah iya, aku lagi cari2 Herbadrink Lidah Buaya, kusuka banget sama produk2nya Herbadrink. Banyak varian rasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dapat ini di superindo :)

      Delete
  35. Aku tuh penggemar Herbadrink. Tapi baru tahu nih ada yang lidah buaya. Penasaran banget pengen mencooba. Sehat dan segar ya

    ReplyDelete
  36. WHAT? Semua dikerjain sendiri? Hebat amat, Buuuuk... Semoga berkah ya semua aktivitasnya. Aku masih jomlo dan segini aja udah ngerasa kerepotan padahal ngurus diri sendiri hahahaha. Pulang kantor capek. Gimana nanti kalo punya anak ya? Kata orang sih capeknya langsung hilang begitu lihat anak. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yakan di rumah. Kalau dulu waktu masih ngantor sama aja, ga bisa kerjain urusan domestik :))

      Delete
  37. Kalo aku sering minum jus lidah buaya, yang ada kayak jeli-jelinya kak. enakk.
    Tapi sekarang ada herbadrink ini jadi penasaran banget rasanya, hmmm pastilah enak sangat.

    ReplyDelete
  38. Wah ada kemasan bubuknya juga ya lidah buaya?aku biasanya minum yg dalam kemasan siap minum mbk dan ada potongan lidah buayanya juga..enak seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak ya itu, ada kenyal2nya :)

      Delete
  39. Kujadi ingin coba Herbadrink Lidah Buaya juga. Dibikin es seger kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tambahin es batu enak banget

      Delete
  40. Zaman now semua produk berlomba-lomba untuk inovatif namun masih tetap padat nurisi ya.

    Waktu BW beberapa hari lalu juga ada baca tentang produk dari Aloe Vera yang bisa buat dipakai dari ujung kaki sampai ujung kepala dan juga bisa untuk seluruh anggota keluarga.

    Luar biasa!


    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Anna, aloe yang bentuk gel kekinian itu, aku juga pake :)

      Delete
  41. Jadi pengen cobain herbadrnk yang sari lidah buaya, kayaknya enak dan seger ni, apalagi manfaatnya bagus untuk kesehatan ya

    ReplyDelete
  42. Pingin nyoba..praktis yg ini. Krn selama ini aku seringnya bikin es lidah buaya yang dari lisah buaya asli gitu, nanti dikasi sirup

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga enak ya mba, ada kenyal2nya :)

      Delete
  43. Lidah buaya aku pernah baca juga bisa untuk mengatasi sembelit

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pencernaan lancar dengan minum sari lidah buaya

      Delete
  44. Seger banget ni mba kayaknya... Aku bayanginnya di ksh es batu yang banyak gitu, trus diminum pas cuaca panas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya nyess banget mba :)

      Delete
  45. Di rmh bunda nanem lidah buaya dlm pot-pot. Sdh 2x panen dijadikan koktel dicampur buah dlm kaleng. Maknyuuus rasanya digeprekkin es batu. Tp ada yg herbadrink maulah nyoba, kan lbh praktis, tangan gak capek memeras lidah buaya yg sdh dipotong kecil2, diberi garam, aduk, biarkan 25 menit lalu dicuci di bawah air mengalir hingga bersih. Siap diolah. Tapiii, ada tetapinya, kl ada yg siap minum knp harus repot? Yuuuk, ke Alfamart beli herbadrink lidah buaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah BUnda rajin yaa, masih sempat bertanam juga :)

      Delete
  46. Ternyata banyak juga ya manfaat lidab buaya. Bukan cuma buat dioles ke tubuh tapi juga diminum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang keren banget si aloe vera ini mba :)

      Delete
  47. Jadi ngebayangin siang-siang panas langsung minum herbadrink lidah buaya dicampur es, nikmat banget pasti rasanya ��

    ReplyDelete
  48. Aku belum pernah nyobain tapi pasti terasa segar ya mba. Apalagi pas panas-panaaas nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, emang paling enak diminum panas2 :)

      Delete
  49. Baru tahu nih Herba Drink ada varian Aloe Vera-nya. Kayaknya enak diminum hangat2 ya? Aku coba deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum coba diminum hangat, biasanya kasih es batu hehee

      Delete
  50. Emang segeeeer banget nih Herbadrink Lidah Buaya, aku udah pernah nyoba. Disajikan dingin2 pas cuaca panas duuuhhh nikmat banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mbaa, sesama penyuka herbadrink lidah buaya :)

      Delete
  51. Minumannya syeggerr banget.
    Berasa hilang dahaga...((padahal baru lihat))

    Jadi pingin melipir ke mini market juga buat nyari Herba Drink.

    ReplyDelete
  52. Aku suka herbadrink jahe, krisan dan temulawak

    ReplyDelete
  53. Saya suka herbadrink jahe. itu si yang paling sering diminum

    ReplyDelete
  54. wah, Herbadrink ada yang lidah buaya juga yaa.. Baru tauu.. Saya punya pohon lidah buaya di rumah, tapi ngga bisa ngolahnya. Kalau ada yang praktis begini, alhamdulillah tentu saja. :)

    ReplyDelete
  55. Tipsnya oke banget mba. Aku suka minuman jahe, herbadrink ini enak dan khasiatnya bagus.

    ReplyDelete
  56. Lika liku motherhood memang woooowww banget yah Mbak. Untung kalo urusan jaga kesehatan bisa lebih praktis lagi dengan Herbadrink ��

    ReplyDelete
  57. Lidah buaya dari Herbadrink seger banget diminum pake es. Anakku sukanya yang ini.

    ReplyDelete
  58. Ternyata mengolah lidah buaya itu gak ribet ya? Dulu pernah punya tanaman lidahbuaya buanyak, endingnya dibuang begitu saja saat sdh overload jumlahnya.

    Kalau sekarang mah asyiknya sdh ada herba drink lidah buaya ini

    ReplyDelete
  59. Wahh.. bahkan ada ya sekarang lidah buaya yang udh praktis dibawa kemana aja. tinggah seduh

    ReplyDelete
  60. Udah pernah nyoba herbadrink yang temu lawak, tapi yang ini belum. Sajak seger yaaaa...banyak manfaat pun

    ReplyDelete
  61. Aku lebih suka lidah buaya dalam bentuk manisan, yg masih ada daging lidah buayanya itu loh... wkwkwk

    ReplyDelete
  62. Kalau sama minuman lidah buaya yang padat yang sering dijual di supermarket atau toko oleh-oleh gitu rasanya sama apa beda mb?

    ReplyDelete
  63. Lidah buaya emang banyak manfaaatnya ya, buat kesehatan dan kecantikaaan sukakk deh

    ReplyDelete
  64. Dan aku jadi inget sama meme yg mama itu kayak dinosaurs Tyrex kl di rumag, sedangkan mama di IG pasti cantik banget. ^_^ Btw herbadrink ini, kusuka semua variannya.

    ReplyDelete
  65. Wah info menaRik kak . Jarang bgt lifah buaya dijadikan bahan utk minuman kesehatan . Bsok coba ahhh

    ReplyDelete
  66. Aku juga konsumsi dari bahan alami. Sudah lama banget tidak menyentuh obat. Alhamdulillah lebih enak di badan

    ReplyDelete
  67. Wah, sekarang ada Herbadrink lidah buaya :D Simple tinggal nyeduh ya. Banyak khasiatnya :) Bisa nih diminum hangat2 abis aku berenang. Biar makin sehat bugar. Kudu ditaro buat stok bisa buat traveling juga ya mbak.

    ReplyDelete