Wednesday, March 20, 2019

Resep Ayam Saus Madu Wijen, Bekal Praktis Untuk Travelling

resep bekal praktis untuk travelling dan piknik

Setiap berpergian dengan anak-anak, yang selalu jadi perhatian saya adalah menu makanan mereka. Meski anak-anak saya selalu lahap dan nggak pernah menolak diajak jajan apa pun, tapi yang namanya ibuk-ibuk kan suka parno sendiri, mikir makanannya itu bersih apa enggak, pengolahannya benar apa enggak, dan yang pasti, status halalnya gimana?

Karena itu setiap kali kami piknik atau travelling, saya sempatkan membuatkan anak-anak bekal yang praktis untuk dimakan di jalan dengan tetap mengutamakan pedoman gizi seimbang, terutama protein dan sayuran segar. Anak-anak saya lebih suka makan sayur segar yang minim pengolahan, cukup di rebus atau kukus sebentar saja lalu dimakan pakai tangan. Ini sepertinya karena sudah terbiasa makan finger food sejak mulai MPASI.


Begitu juga dengan lauk lainnya, mereka lebih memilih makanan yang mudah dipegang tangan, lalu dikerokoti (duuh, apa sih bahasa bakunya?) sampai ludes. Nah, untuk memastikan asupan makan tetap lancar selama berpergian, saya siapkan bekal sesuai menu kesukaan mereka, salah satunya ayam saus madu wijen dengan sayuran rebus sebagai pelengkap.

resep bekal praktis untuk travelling dan piknik

Biasanya kan ayam saus madu dibuat ala korea yang ayamnya ditepungi dulu, lalu digoreng, baru disiram saus madu. Nah, demi kepraktisan karena saya masih harus menyiapkan banyak hal sebelum pergi, saya pakai resep ayam saus madu yang berbeda dengan resep kebanyakan. Lebih praktis, irit cucian, dan selama proses memasak bisa ditinggal menyiapkan hal lain.

Resep Ayam Saus Madu Wijen


resep bekal praktis untuk travelling dan piknik

Bahan:
  • 500 gram sayap ayam
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 5 sdm madu murni
  • 3 sdm biji wijen
  • 1 sdm olive oil
  • 1 sdt Masako rasa ayam
  • 1/2 sdt lada hitam
  • 1/2 sdt oregano kering
  • 150 ml air panas

Cara Membuat:
  1. Cuci bersih sayap ayam, potong masing-masing menjadi dua bagian dan buang ujungnya.
  2. Campur sayap ayam dengan semua bahan bumbu bawang putih, madu, wijen, lada hitam, oregano dan Masako Ayam di dalam wadah bertutup, aduk sampai rata kemudian diamkan selama 30 menit.
  3. Setelah 30 menit, panaskan olive oil di dalam wajan anti lengket dan masak ayam serta bumbu, aduk-aduk sampai bumbunya wangi lalu tuang air panas.
  4. Masak terus ayam sambil sesekali diaduk hingga air habis dan mengental menjadi karamel.
  5. Sampai di tahap ini, ayam sudah matang dan bisa dimakan, tapi kalau mau digoreng atau dibakar lagi supaya rasanya lebih gurih, bebas aja.

Resep olahan ayam


Masako Baru! Kaldu Lebih Lezat


Saya sengaja nggak menambahkan garam dan gula lagi di masakan saya karena sudah pakai Masako rasa ayam. Selain mengandung garam, Masako ayam juga berisi ekstrak daging ayam berkualitas, lemak ayam, bawang bombay, bawang putih, bawang merah, gula, dan kunyit. Perpaduan berbagai bahan alami itu membuat Masako sebagai bumbu penyedap masak memiliki kaldu yang lebih lezat dan rasa gurih yang pas.


Untuk menjaga kualitas rasa Masako, ayam yang dipilih sebagai bahan baku utama adalah ayam jenis pedaging yang berusia 40-45 hari dengan berat 1.8-2 Kg per ekor. Setiap harinya daging ayam dikirim khusus dari supplier daging RPH yang sudah mendapatkan sertifikat halal.

resep olahan ayam praktis

Selain Masako rasa ayam, ada juga Masako rasa sapi yang kaldunya nggak kalah lezat karena mengandung ekstrak daging sapi berkualitas, lada, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, ketumbar, garam, dan gula.

Sapi yang dipilih untuk diolah menjadi ekstrak daging adalah sapi lokal dan sapi impor dari Australia (sapi brahman). Itu pun nggak semua bagian sapi digunakan, hanya bagian paha depan yang dipilih karena dagingnya lebih banyak dan tidak memiliki banyak kandungan lemak agar tekstur kaldunya tidak berminyak.


Karena Masako diproduksi di pabrik sendiri, bahan baku bumbu rempahnya juga diseleksi langsung di pabrik oleh petugas produksi dan dipisahkan dengan bahan yang kualitasnya kurang baik. Selain mengutamakan kualitas daging dan rempah, Ajinomoto sebagai produsen Masako juga sangat memperhatikan kualitas kemasan yang dipakai. Bahan pembuat kemasannya adalah plastik berlaminasi aluminium foil yang mampu melindungi butiran bubuk Masako dari dari udara dan sinar matahari langsung.

Yang paling menyenangkan dari kemasan Masako adalah, di setiap sachet kemasan 10 gram-nya disertai resep olahan sayur. Hal ini dilakukan Masako sebagai upaya mendukung program pemerintah membantu ibu-ibu di Indonesia memasak masakan bernutrisi menggunakan sayuran.

Dengan menyertakan resep sayuran lezat yang berbeda-beda di setiap kemasannya, Masako berharap bisa memberikan edukasi kepada banyak ibu mengenai lezatnya mengkonsumsi sayuran sekaligus memudahkan ibu-ibu memasak sayuran.

resep praktis mengolah sayur
Bagian belakang kemasan Masako

Jadiii.. sekarang sudah nggak ada lagi alasan nggak bisa memasak karena belum paham bumbu ya kan? Sudah ada Masako sebagai bumbu penyedap masak yang hadir dengan resep baru, menghasilkan kaldu yang lebih lezat dengan gurih yang pas. Yuk ciptakan menu lezat dengan komposisi gizi seimbang untuk keluarga tersayang kita :)

53 comments:

  1. Wah senangnya ya kalo anak-anak lahap makan sayur. Anakku nggak mau kalo sayur cuma direbus aja, biasanya harus diolah dulu.
    Ayam saus madunya keliatan enak banget ini, ntar kapan-kapan mau coba bikin ah buat bekal sekolah anakku.

    ReplyDelete
  2. Waaah, praktis banget ayam saus madunya ya. Anak-anak memang suka makan yang simple pas diajak keperjalanan

    ReplyDelete
  3. boleh nih resepnya saya coba buat anak-anak, saya sudah mulai bosan masak ayam buat anak-anak gitu-gitu aja digoreng, dibakar, dikecap terus aja muter gitu hehehe. Terima kasih mba resepnya :D

    ReplyDelete
  4. Iya sih urusan bawa makanan bekal itu urusannya spesial banget. Krn harus yg praktis, tidak mudah basi, dan tentu saja lezat. Yang ini praktis nih. Terlihat lezat lagi

    ReplyDelete
  5. lgs aku save, utk bahan masakan besook :D. bingung kalo masak aym palingan cm di goreng, balado , tim ato masak kecap. kyknya enak kalo di masak madu wijen gini :D

    ReplyDelete
  6. wah kayaknya resep ayamnya enak yak...
    copy paste ah buat bekel besok :D

    ReplyDelete
  7. Masako ini bumbu praktis andalan para ibu yang kurang paham bumbu (seperti saya) nih, hehehe. BTw kalo bekal pikniknya enak kayak gini kayaknya makin semangat nih pikniknya :)

    ReplyDelete
  8. Wahhh gampang yaa cara buatnya. Kapan-kapan mau coba buat juga ahhh di rumah, mudah-mudahan sukses :)

    ReplyDelete
  9. Jadi lapar nih makanan bunda bikin ngiler. Dayapunsuka sama Masako rasanya gurih banget apalagi dicampur kerupuk sama mentimun terus ditambahkan dikit Masako

    ReplyDelete
  10. aawawawawaaw ayam emang favorit banget buat anak, apalagi bagian sayap yg tulangnya bisa diemut2 :D resepnya gampil banget, plus praktis, mau nyoba buat anak2 nanti ah :D

    ReplyDelete
  11. duuh Mbak, itu ayam madunya menggoda banget.
    bekal yg praktis banget ya Mbak, pake jagung rebus, duuh sehatnya ;)

    ReplyDelete
  12. Enak bangeeet nih mba jadinya..Ayam saus madu memang yummy yaa. Aku jadi makan yang caramelized beef yang juga pakai madu

    ReplyDelete
  13. Mantappp... mau dunk ayamnyaaa. Makasih sharingnya Mak. Pengem bikin ah...

    ReplyDelete
  14. Wah, asyik sekali nih kalo anak2 doyan sayur yang cuma direbus dan dikukus doang. Anak2ku kalo sayur masih harus ditumis atau masak kuah gitu mbak. Kadang aku potong dadu kecil dan aku selip2in ke telor dadar hahahaha.

    Itu ayam madunya terlihat menggiurkan sekali nih mbak, makin endeus karena pake masako ayam nih pastinya!

    ReplyDelete
  15. Kesukaan Nai nih kalau ada madunya. Rasa ayamnya jadi lebih legit. Semakin nikmat karena ada wijen. Kaldu Masako juga gurihnya pas, ya

    ReplyDelete
  16. Langsung pengen aku praktekkin deh ahahah gampang yah ternyata gak pake bumbu uleg juga heu.. kalo dikasih bawang bombay juga bakal enak ga ya mba?

    ReplyDelete
  17. Boleh dicoba nih resepnya...praktis juga ya pake masako

    ReplyDelete
  18. Eeeh aku punya ayam, masako, madu asli, sama minyak wijen. Cm olive oil n lada hitam ga ada. Tapi coba aja kali ya. Ayamnya udh diungkep sih hehe. Tapi kykny enak ni dicobain

    ReplyDelete
  19. Iya sih kalo bikin ayam saus madu ala Korea, ayamnya ditepungin dulu. Tapi gini juga enak kok. Aku pernah bikin pakai fillet dada ayam, kalo untuk bekal. Anak-anakku malas mbrakoti tulangnya

    ReplyDelete
  20. Mbak aku jadi ngilern nih masakannya enak-enak keliahtannya. Samawa yak mak semoga itempati di syurga

    ReplyDelete
  21. Duh ngecess nih ngeliat ayam saus madunya Mba. Cara lain selain digoreng dan dipanggang ya. Pastinya lebih endeuuuss...

    ReplyDelete
  22. Aku juga kalo bepergian, makanan merupakan hal utama yg jadi perhatianku Mba.

    Btw itu ayam saus madu wijennya menggoda banget, jadi kepengen bikin juga deh. Anakku kebetulan doyan apa apa yang berbau madu :D

    ReplyDelete
  23. Selalu suka sama kreasi bekal makan dari mbak Yoan, ini kayaknya lezat banget yaaa... Kapan2 cobain lah, thanks resepnya mbak

    ReplyDelete
  24. Cakep nih bekal travellTra memang perlu persiapan yang praktis tapi enak di makan. Wah bisa makan nambah nih

    ReplyDelete
  25. Felicia Dominique4:27 AM

    Yes! Bener banget, mending bawa bekal sendiri dari rumah karna lebih higienis Moms! Resep ini bisa jadi ide mpasi finger food & bekal si kecil❤️ Selain higienis, makanannya pun bergizi juga untuk si kecil👌🏻

    ReplyDelete
  26. Wah iya ya ayam tuh paling praktis buat bekal traveling hehe...aku jg suka pakr Masako jd tambah gurih..

    ReplyDelete
  27. Dudududuh... enak banget. Kudu disave nih resepnya. Anak-anak bakanal suka. Buat menu saat puasa nanti kayaknya juga cocok ya.

    ReplyDelete
  28. Menggiurkan sekali mba bekalnya, banyak sayur dan ayamnya nampak enak, Masako ternyata racikan baru ya..

    ReplyDelete
  29. Hehehe ..tau aja kak Yoan.
    Kalo ga ada masakan di rumah, pasti bilangnya "Gak bisa masak siih..."

    Padahal mah...ada masako ini yaa..

    Care resep simple.
    Lalu cuuss masak.

    Keluarga ceria dan sehat.

    ReplyDelete
  30. Sedap banget mbaa, enak sekali ya. Jadi ini nggak pake tepung ya. Siap resepnya.
    Aku br tau ada kandungan sayurnya, masako.. jadi tambah sedap makanan juga sehat^^

    ReplyDelete
  31. Wuih cara yang ini lebih praktis yaa.. jadi ayamnya kayak dimarinate dulu gitu kan.
    Ini kalau masak pake air fryer bakalan lebih nyantai lagi ya, bisa kita tinggal2 utk melakukan aktivitas yg lain dulu.

    ReplyDelete
  32. Saya juga mbak...bebekelan sendiri biar puas makannya.
    Wah Masako ada yang baru ya. Boleh nih dicoba sekalian copas resep Ayam Saus Madu Wijennya

    ReplyDelete
  33. Kalo anak-anakku sukanya ayam bagian paha bawah nih. Bisa juga kan ya diolah pake saus madu ini.

    ReplyDelete
  34. Ide bekalnya ter-love banget. Aku kok gak kepikiran bawa jagung rebus gini ya, wkwkwk. Biasanya kentang goreng aja sama sayur kukus trus lauk. Hm... harus dicoba nih buat bekal piknik selanjutnya.
    Btw, Foto selalu cetar, cakep dan indah. Duh, aku ngefans selalu sama ide bekalmu lho, Mbak.

    ReplyDelete
  35. Sayap ayam sangat disukai anak katanya karena dagingnya mudah diambil. Terus tidak kesat seperti daging pada dada. Resep ini bisa jadi resep pengganti kalah masak chicken wings biar gak selalu digoreng saja

    ReplyDelete
  36. Wah bisa juga ya ayam dikasih madu wijen begini. Gimana rasanya ya mom? Pasti ada manis manisnya gitu. Cieeehhh... Terus kalau ada wijennya pasti rasanya juga ada gurih-gurihnya

    ReplyDelete
  37. Rasa baru dari masako ini belum daku coba mbak, wah bisa menambah rasa nikmat dan selera makan nih

    ReplyDelete
  38. Ayam madu memang juaraaa ya mba rasanya.. aku suka karena anak-anak hobi juga makan ayam madu

    ReplyDelete
  39. Aku gemes sama jagungnya, jadi inspirasi ya resep di balik kemasan Masako itu. Aku kadang suka intipin resepnya kalo lagi bingung mau masak apa

    ReplyDelete
  40. ini gampil pisan yes mba jadi pengen cobain bikin biasane aku masak ayam diungkeb terus wkwkkw

    ReplyDelete
  41. Oh...dibungkus Masako ada resep masakan yaa...
    Selama ini ngumpulin yang di majalah aja.
    ((padahal yang dimasak, ya itu-itu juga...hahhaha...ngumpulin resep mah...hobi))

    ReplyDelete
  42. Menggoda banget sih itu ayamnya.

    Simple ya ternyata bumbu dan cara masaknya. Bisa jadi rekomendasi nih kapan-kapan, apalagi stok Masako di rumah juga masih banyak.

    ReplyDelete
  43. Wah hebat saya galfok sm anak-anaknya suka sayur yang tanpa bumbu ya cm di rebus atau kukus sebentar, jadi kebiasaan sehat bagi tipsnya dong mbak... Mwnu ayamnya bisa saya coba nih kapan kapan

    ReplyDelete
  44. Wuaahh resep menu ayam favorite anakku nih, mau nyontek resepnya ya mak

    ReplyDelete
  45. Mba tampilan ayamnya sungguh menggoda selera. Kayaknya aku juga mau mencoba resep ini deh. Gampang banget :)

    ReplyDelete
  46. Ah mbaak. Aku baca ini langsung ngiler gituu. Kayak ayam korea gitu yaa. Sering liat di drakor. Wajib cobaaaa.

    ReplyDelete
  47. Nyaaamm menggoda banget ayamnya. Enak nih piknik/ traveling bawa bekel ayam kyk gtu. Bsia dicamilin atau dimakan pakai nasi :D
    Tengkyu resepnya :D

    ReplyDelete
  48. MasyaAllah ini resep gampang banget mbak dan hasil masakannya bikin saya segera mengeksekusi ayam yang ada di kulkas nih buat anak

    ReplyDelete
  49. Masakannya enak banget kayaknya mbak. Btw, aku belum pernah masak pakai madu karena takut nggak bisa ngepasin rasanya. Dengan masako kayaknya bisa lebih tenang. Hehe

    ReplyDelete
  50. Uwaa, simpel bikinnya ya mbak, tapi keliatan menggoda banget.

    Emang mbak yoan hasil jepretannya cantik-cantik sih, top markotop.
    Suamiku suka yang beginian, aku contek resepnya yaaa

    ReplyDelete
  51. Aku save resep nya ya mba. Karena aku jarang buat makanan dgn ada madu didalamnya. Makanya pengen coba nih resep mu

    ReplyDelete
  52. Aku juga pakai masako dirumah mbak. Gurihnya pas buat selera anak anak. Dan resepnya berguna banget

    ReplyDelete
  53. Langsung catet dooong, mau ikutan masak juga biar anak anak makin cintaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)