Thursday, March 07, 2019

3 Cara Memakai Ulang Sunscreen Tanpa Merusak Makeup

cara memakai ulang sunscreen tanpa merusak makeup

Tinggal di negara yang sehari-harinya berlimpah sinar matahari membuat saya berusaha bersahabat dengan sunscreen yang mampu melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Selain bisa mencegah sunburn, memakai sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan juga berfungsi menghindari penuaan dini dan kanker kulit.

Baca juga Manfaat Sunscreen Untuk Kesehatan Kulit

Bagi saya, sunscreen adalah hal yang paling penting dalam beauty routine? Nggak cuma dipakai saat memulai aktivitas saja, tapi juga diaplikasi ulang dalam waktu dua hingga tiga jam sekali, setinggi apapun kandungan SPF dalam sunscreen yang sudah saya pakai.

cara memakai ulang sunscreen tanpa merusak makeup

Kenapa kita perlu memakai ulang sunscreen? Karena pada kenyataannya, produk pelindung matahari meski waterproof sekalipun tetap mudah terbilas air dan keringat, sehingga mengurangi tingkat efektivitas si SPF. Aktivitas seperti berwudu, mencuci wajah, hingga produksi kelenjar minyak wajah yang berlebihan dapat melunturkan sunscreen. Jika sudah demikian, sunscreen yang sudah sejak pagi kita pakai nggak bisa lagi melindungi kulit secara maksimal.

Baca juga Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Sayang, masih banyak yang melewatkan pemakaian ulang sunscreen karena takut merusak makeup. Padahal, setelah tahu efek buruk sinar ultraviolet, apa kita masih bisa cuek membiarkan kulit tanpa perlindungan? Ya jangan laaah. Karena itu penting sekali memakai tabir surya, sun protector, sunscreen, sunblock or whatever you named it. Pokoknya itu kulit di sayang-sayang selalu, dilindungi, dan dijaga kelestariannya.

Banyak pakar perawatan kulit yang menyarankan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2-3 jam, apalagi jika kita akan beraktivitas di luar runagan, memakai ulang sunscreen adalah wajib.

Lalu, bagaimana cara memakai ulang (re-apply) sunscreen tanpa merusak makeup?


1. Pakai cushion Puff atau sponge


Ini cara yang biasa saya lakukan saat memakai ulang sunscreen. Sebelumnya serap kelebihan minyak wajah dengan bloating paper lalu teteskan sunscreen kesayangan di punggung tangan yang sudah dibersihkan, ambil sedikit sunscreen menggunakan cushion puff dan tepuk-tepuk pelan keseluruh permukaan wajah, lakukan sampai sunscreen merata.

Kalau nggak  punya cushion puff, kita masih bisa pakai sponge yang lembut dan halus. Dengan cara begini makeup di wajah nggak akan berantakan.

2. Pakai sunscreen dalam bentuk spray


Memakai sunscreen dalam bentuk spray adalah cara paling praktis untuk mengaplikasikan ulang sunscreen, selain praktis, partikel butiran sunscreen yang keluar dari ‘mulut’ spray nggak akan membuat makeup rusak. Salah satu produk sunscreen spray yang patut dicoba adalah  L’Oréal UV Perfect Aqua Essence City UV Mist SPF 50 PA ++++ 

Loreal Indonesia
Pic source: Shopee

Selain tinggi SPF, produk dari L’Oréal Indonesia yang bisa kita dapakan di Shopee ini juga bersifat water resistant, mengandung vitamin E dan detoxyl yang akan melindungi kulit kita dari radikal bebas dan pengaruh buruk sinar UV. Dan yang paling penting, produk ini bisa digunakan sesudah pemakaian makeup, jadi memudahkan kita mengaplikasikan ulang pada wajah.

Loreal Indonesia
Pic source: Shopee

3. Gunakan produk makeup ber-SPF


Meski saya termasuk orang yang nggak terlalu percaya bahwa SPF dalam produk makeup bisa benar-benar melindungi kulit dari sinar ultraviolet, tapi nggak ada salahnya kita mengunakan cushion, atau compact powder yang mengandung SPF saat melakukan touch up di siang hari.

Baca juga Beauty Glossary, Yuk Berkenalan Dengan Istilah Kecantikan Yang Sering Dipakai Beauty Blogger

Kandungan SPF dalam produk makeup tetap akan menjadi sebuah nilai tambah kok, apalagi sekarang banyak sekali cushion, compact powder, dan loose powder yang menyertakan SPF dalam produknya.  Misalnya saja L'Oreal True Match Cushion Silky Foundation SPF 33 PA+++ yang akan menutup ketidak sempurnaan kulit wajah sekaligus melindungi wajah kita dari sinar UV.

Loreal Indonesia
Pic source: Shopee

Nah sekarang sudah nggak bingung lagi saat harus memakai ulang sunscreen kan? Pilih saja produk yang paling sesuai di kulit dan budget kita. Yang penting, usahakan selalu ingat membawa dan memakai ulang sunscreen sesibuk apapun kita. Kesehatan kulit itu mahal harganya loh :)

Sophee Super Brand Day L’Oréal

Oh iya, buat kalian yang suka belanja produk-produk L’Oréal Indonesia, ada kabar baik nih soalnya Shopee lagi mau ngadain Super Brand Day L’Oréal tanggal 8 Maret besok! Banyak banget penawaran menariknya, seperti diskon hingga 80% dan ada kesempatan jalan-jalan bareng Tasya Farasya buat yang menjadi top spender!

Buruan cek Shopee dan dapatkan promo menarik untuk berbagai produk kecantikan!



29 comments:

  1. Wah tanggal 8 Maret itu besok ya Mbak? Wah ngepas sekali nih, aku lagi mau nyari sunscreen. Ternyata Loreal ngeluarin sunscreen dalam bentuk cairan ya? Wah mantap nih

    ReplyDelete
  2. Aku termasuk yang memakai sunscreen hanya sekali, karena takut merusak bedak. Jadi bisa dipakai berulang ya. Terima kasih atas tipsnya Mbak. Besok-besok mau beli sunscreen yang model spray.. aku juga baru tahu bahwa sunscreen model ini ada 😂😂

    ReplyDelete
  3. Saya juga pakai LOREAL Mba, cocok utk kulit saya yg sudah berumur..

    ReplyDelete
  4. Ooh aku baru tau loh ada sunscreen bentuk spray produk dari L’Oréal Indonesia. Praktis banget ini dipakainya ya, nggak bakal merusak make up. Besok ya Superbrand Day L’Oréal? kepoin ah.

    ReplyDelete
  5. Siap2 mantengin shopee besok ya? Kayaknya paling pas model spray nggak pakai ribet ya mbak? Thanks infonya

    ReplyDelete
  6. Rada nyesel nyesel gimana gt baca ini WKWKWK endingnya dikasih diskonan ketika mau hemat huhuhu 🥺🥺🥺

    ReplyDelete
  7. wah baru ngerti ada sunscream bentuk spray. mau nyoba ah. eh ini suncreamnya mengandung alkohol ga ya. Aku belum nemu soalnya di pasaran jadi ga ngerti ingredientnya

    ReplyDelete
  8. Wah baru paham nih yang ginian, mak. Aku gak pernah pake soalnya. Makasih tipsnya. PR banget nih perawatan wajah

    ReplyDelete
  9. Waw..besok..cuss mantengin..

    ReplyDelete
  10. catet nih tanggal diskonnya, harus bikin reminder biar besok nggak lupa...hehehe
    *emak-emakpemburudiskon* :D

    ReplyDelete
  11. Aku ga punya sunscreen, hehe. Ternyata penting banget ya pakai sunscreen untuk melindungi kulit. Mumpung ada promo, boleh juga nih beli sunscreen dan niatin buat rutin pake. Mudah-mudahan ga males :(

    ReplyDelete
  12. Nice info sih ini, emang kadang aku agak bingung juga reapply sunscreen kalau pas lagi makeup on gitu

    ReplyDelete
  13. waaa oke banget nih mba tipsnyaa, kalo aku paling suka sih touch up pakai cushion or bedak ber-spf, soalnya sunscreen-ku cair banget takutnya kalau aku apply malah makeupnya basah hehe

    ReplyDelete
  14. Eny pernah trauma pake sunscreen wajah jadi makin belang banget loh. Jadi lebih milih produk makeup yg ada apanya, tapi bisa dicoba nih ditaptap Pake sponge

    ReplyDelete
  15. Saya jarang pakai make up, jd kalau reapply sunscreen, abis wudhu atau cuci muka, langsung aja oles2 lg hehe... Tp penasaran deh sm sunscreen bentuk spray loreal ini

    ReplyDelete
  16. aku udah beberapa kali mau nyoba sunscreen spray karena kayaknya lebih praktis untuk retouch. entar cobain yg loreal ah mumpung diskon n free ongkir

    ReplyDelete
  17. Biasanya aku pake sunscreen ulang ya pas udah wudhu, tapi kalau lagi ga sholat jarang banget pake sunscreen ulang, padahal penting banget ya ngulang pake sunscreen. Eh aku baru tau ada sunscreen spray loh, wkwk.

    Wah iya aku tadi dapet notif dari shopee ada diskon buat produk2 kecantikan, langsung aku intipin, hihi

    ReplyDelete
  18. Waah...baru tahu kalau ada sunblock bentuk spray dari L’Oréal.
    Seriuussaan...aku jadi pingin laa...
    Setelah kemarin lihat yang bentuk sticky.

    ReplyDelete
  19. Wah pas banget ya...ada sunscreen yang disemprotkan begitu. Tidak perlu khawatir tumpah ya...

    ReplyDelete
  20. Setuju. Sunscreen penting banget dan kadang aku juga males reaaply sih karena takut rusak makeup. Tp ini blog sangat membantu. Btw aku baru tau loreal ada jenis spray nya yaaa..

    ReplyDelete
  21. Wahh, tips nya bermanfaat banget niih.. Kadang kalo buru-buru, aku malah bisa skip sunblock.. Habis skincare, langsung makeup'an.. *janganditiru.. Anyway, aku baru tau ada L'Oreal Sun screen spray.. Jadi kepo deh pengen coba'in..

    ReplyDelete
  22. Wah iyaaaa aku suka lupa reapply sunscreen nih. Padahal penting ya mbaak. Penasaran juga sama sunscreen spray hihi. Nanti coba ahh

    ReplyDelete
  23. Benda yang ga pernah bisa ketinggan nih, aku sering banget touch up sunscreen, biasanya bisa pake 3 kali sehari kalo pas lagi aktivitas di liar ruangan hehehe

    ReplyDelete
  24. I really love the one with the spray because it’s very practical. And they usually have the cooling effect on my skin

    ReplyDelete
  25. Waaah aku baru tahu kalau ada sunscreen yang bentuknya spray. Iya kalau kelupaan pakai setelah make up bisa langsung semprot ke wajah ya.

    ReplyDelete
  26. Tips yang berguna banget ini jadi bisa tahu ya penggunaan sunscreen yang benar itu seperti apa ya

    ReplyDelete
  27. Jadi yang spray ini abis kita pakai make up lengkap trus kita semprot gtu ya mbak Yoanna?
    Waahh jadi pengen nyari produk ini, kyknya praktis, drpd oles2 krim hehe TFS infonya

    ReplyDelete
  28. Sunscreen ini memang perlu banget nih apa lagi untuk yang beraktifitas di luar ruangan. Aku beneran kapok ngalamin sunburn, ga enak mbak, kulit terasa perih dan panas terbakar. Makanya sesibuk apapun pasti aku sempatkan untuk selalu memakai sunscreen. Aku penasaran sama sunscreen yang spray gini, pastinya jadi lebih praktis ya.

    ReplyDelete
  29. Butuh keahlian itu Mbak nambahin sunscrin. Kalo saya apa malah gak totol totol make upnya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)