Netizen Gathering: Peran Media Sosial Dalam Publikasi Kegiatan MPR RI

MPR Netizen Gathering Yogya 2022

Selamat pagi, semangat menjalani hari-hari di penghujung 2022 yaa. Hari Sabtu, 17 Desember 2022 kemarin, Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) mengadakan acara Netizen Gathering dengan tema 'Peran Media Sosial Dalam Publikasi Kegiatan MPR RI' di Hotel Porta by The Ambarrukmo, Yogyakarta. Acara yang digelar dalam rangka menjaring aspirasi dari para netizen ini melibatkan 20 Blogger Yogya, dan saya salah satu yang beruntung bisa hadir di kesempatan ini. Kami diberi keluasan untuk berpendapatan tentang kiat meningkatkan engagement Instagram MPR RI @mprgoid.


Menurut Plt Deputi Administrasi Setjen MPR, Ibu Siti Fauziah, Tim Humas MPR ingin mendapat masukan dari para netizen dan blogger untuk memperbaiki konten Instagram mereka agar lebih menarik perhatian pengguna Instagram sekaligus meningkatkan engagement di kalangan milenial. Dijelaskan oleh Ibu Siti, meski usaha penyebaran informasi sudah dilakukan melalui berbagai media online dan cetak, pihak MPR masih merasa seluruh kegiatan dan sosialisasi belum terpublikasi dengan maksimal, terutama sosialisasi Empat Pilar MPR.

Masih menurut Ibu Siti Fauziah, berdasarkan laporan We Are Social, pada 2021 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 170 juta atau 61,8% dari penduduk Indonesia yang berjumlah 274,9 juta jiwa. Angka itu meningkat sebanyak 6,3% atau setara 10 juta pengguna media sosial bila dibandingkan dengan Januari 2020. Sementara menurut data Internet World States, pengguna internet di Indonesia mencapai 212,35 juta. Dari sini bisa terlihat kalau masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan media sosial dalam kesehariannya. 


Dan dari berbagai platform media sosial yang tersedia saat ini, netizen Indonesia biasa menggunakan platform Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok, dan Facebook. Saat ini Tim Humas MPR lebih banyak menggunakan platform media sosial Instagram untuk mempublikasikan kegiatan pimpinan dan anggota MPR serta mensosialisasikan kewenangan, tugas, dan fungsi kelembagaan MPR sebagai lembaga negara Republik Indonesia. Karenanya Netizen Gathering diselenggarakan sebagai ajang bertukar pikiran untuk mendapatkan masukan demi perbaikan konten instagram MPR.

Sementara itu Plt Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Hukum Setjen MPR, Muhammad Jaya menjelaskan, bahwa dalam upaya penyebarluasan informasi kegiatan MPR di media sosial masih ditemui kesulitan menyampaikan pesan dalam bentuk kalimat yang lebih sederhana tapi tetap terkesan cerdas dan menarik. Oleh sebab ini, pihak Humas MPR merasa harus merangkul netizen terutama blogger untuk menjadi sahabat MPR dan berdampingan meningkatkan performa media sosial MPR dalam menyuarakan informasi kegiatan dan fungsi kelembagaaan.

Sebagai penulis blog sekaligus pegiat media sosial, kesempatan ini tentu saja tidak dilewatkan begitu saja oleh para Blogger Jogja. Diskusi dan sumbang saran berlangsung seru dan hangat, selain memberi masukan kepada Humas MPR, masing-masing dari kami juga jadi belajar lagi bagaimana meningkatkan performa media sosial, terutama Instagram. Ada beberapa insight menarik yang menjadi highlight saya pada diskusi kemarin:
  • Menyeragamkan tone pada setiap post agar lebih ramah secara visual.
  • Memperbanyak konten informatif dalam bentuk reels.
  • Menyampaikan narasi dalam bentuk animasi, kartun.
  • Membuat judul dan caption yang humanis dan mengundang orang untuk berkomentar.
  • Memperbanyak foto pojok-pojok bersejarah gedung MPR dan kegiatan yang bersifat humanis.
  • Melakukan riset demografi agar konten yang dibuat bisa tepat sasaran
  • Memperbanyak kuis dan giveaway untuk menarik minat netizen.

Saran-saran yang saya tulis di atas sebenarnya bukan cuma baik untuk meningkatkan performa sosial media MPR, tapi bisa kita terapkan untuk manikkan engagement sosial media kita juga lho, makanya saya merasa sangat sangat beruntung bisa hadir di acara Netizen Gathering kemarin, selain bisa melepas rindu dengan teman-teman Blogger, kami juga dapat ilmu yang luar biasa. Semoga setelah ini Tim Humas MPR mau lebih sering main ke Yogya dan berbagi ilmu lagi.

Terimakasih MPR RI!

Netizen Gathering MPR RI Yogya
Foto: Tim Humas MPR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)