Monday, February 04, 2019

4 Tempat Wisata Cantik di Gunungkidul Yang Cuma Berjarak 1 Jam Dari Kota Jogja

tempat wisata di gunungkidul


Gunungkidul. Entah kenapa saya nggak pernah bosan bercerita tentang kabupaten paling selatan di Jogja ini. Kami sekeluarga memang telah jatuh hati dengan keindahan alam Gunungkidul. Mulai dari deretan pantai berpasir putih, aneka goa yang terbentuk di antara tebing karst, sampai air terjun yang tersembunyi diantara hutan-hutan Pegunungan Sewu.

Sayangnya masih banyak orang yang mengeluhkan jauhnya jarak yang harus ditempuh dari kota Jogja menuju Gunungkidul. Memang sih, terkadang kita harus menempuh perjalanan selama 2-3 jam untuk bisa mencapai tempat wisata di Gunungkidul. Apalagi untuk sampai ke Pantai Wedi Ombo, waktu tempuhnya bisa sampai 5 jam! Sama saja dengan jarak Jogja-Semarang :)

Kali ini saya mau kasih bocoran tempat-tempat wisata cantik di Gunungkidul yang bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan dari kota Jogja, jaraknya kira-kira 30-35 km saja dari pusat kota Jogja. Bandingkan dengan Pantai Drini yang berjarak 47 km atau Pantai Indrayanti yang berjarak 50 km.



Tempat-tempat wisata cantik itu terletak di Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan melewati jalur Bantul, Imogiri Timur sampai ke Jalan Siluk Panggang.

Di Panggang kita akan disuguhi tempat wisata yang belum dijamah banyak. Mulai dari segarnya udara perbukitan saat matahari terbit hingga romantisme matahari terbenam di tepi pantai, semua tersedia. Cocok sekali untuk wisatawan yang nggak punya banyak waktu tapi ingin menikmati berbagai suasana alam di Jogja.

Geoforest Watu Payung Gunungkidul


Tempat wisata pertama di Gunungkidul yang bisa kita datangi adalah sebuah hutan konservasi di ujung sebelah barat kawasan Pegunungan Sewu, namanya Geoforest Watu Payung. Waktu tempuhnya sekitar 28 km dari kota jogja. Dari Jalan Siluk Panggang, kita tinggal lurus saja sampai bertemu papan petunjuk ke arah Geoforest Watu Payung di kiri jalan.

Geoforest Watu Payung Gunungkidul

Selain memiliki aneka keragaman hayati, Geoforest Watu Payung juga menyajikan keindahan Pegunungan Sewu yang terbelah oleh sungai Oyo. Berangkatlah sebelum Subuh jika teman-teman ingin menikmati keindahan matahari terbit berbonus lautan kabut tebal, membuat kita seolah sedang berdiri diatas awan.

Geoforest Watu Payung nggak cuma menyajikan pemandangan alam saja, ada juga spot-spot foto unik yang terbuat dari ranting pohon, hasil kreasi Komunitas Seniman Pandai Ruang.

Geoforest Watu Payung Gunungkidul

Baca juga Geoforest Watu Payung, Sekeping Pesona Di Antara Pegunungan Sewu

Alamat:
Padukuhan Turunan, Desa Girisuko
Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY
Jam buka: Senin-Minggu 04:45 - 21.00 WIB


Pantai Gesing Gunungkidul


Setelah puas menikamti matahari terbit, yuk kita keluar dari Geoforest Watu Payung dan kembali ke  Jalan Siluk Panggang. Berbelok lah ke kiri atau arah timur menuju pantai Gesing. Saatnya bermain ombak dan makan seafood sepuasnya, Yeaay.

Pantai Gesing Gunungkidul

Bibir Pantai gesing diapit dua buah tebing karst di sisi kanan dan kiri membentuk lekukan teluk yang mampu mengurangi hempasan gelombang besar milik laut selatan. Selayaknya pantai yang dikelilingi tebing, di saat air surut Pantai Gesing memiliki beberapa spot air dangkal dengan batu-batu karang besar. Di sini kita akan melihat biota laut yang hidup di antara karang seperti bintang laut, belut laut, kepiting bahkan ikan hias yang biasa bersembunyi di bebatuan. Saat air sedang tidak pasang, tepian pantainya aman untuk anak-anak berlari dan bermain pasir.

Pantai Gesing adalah pantai nelayan, jadi ada banyak hasil laut segar yang bisa kita nikmati di sini. Selain makan seafood segar yang tersedia di warung-warung sekitar lokasi, kita juga bisa membawa pulang ikan segar  yang dijual di Tempat Pelelangan Ikan.

Pantai Gesing Gunungkidul


Alamat: Pedukuhan Bolang, Desa Girikarto
Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY



Pantai Kesirat Gunungkidul


Sudah puas makan seafood? Kalau teman-teman belum kelelahan dan masih sanggup melanjutkan perjalanan, sekarang kita ke Pantai Kesirat untuk menikmati matahari terbenam.

Pantai Kesirat atau Tanjung Kesirat adalah pantai tebing, jika kita berada di pinggirnya dan melongok ke bawah akan disuguhi pertunjukan ombak yang berkejaran menabrak dinding-dinding karang. Tinggi dari tebing ke laut bisa mencapai 30 meter, dan saat air pasang, percikan ombaknya sanggup naik tinggi membasahi pengunjung yang berada di dekat tebing.

Pantai Kesirat Gunungkidul

Dibanding perjalanan ke Pantai Gesing, medan tempuh menju Pantai Kesirat jauh lebih seru. Walaupun jalannya sudah dicor kasar, tapi penuh tanjakan dan turunan, itu pun cuma cukup untuk lewat satu mobil saja. Namun semua lelah akan terasa lunas saat menyaksikan keindahan matahari terbenam di sini. 

Bibir pantainya yang menghadap ke barat dan sebuah pohon tua yang berdiri sendirian di tepi tebing sanggup membangkitkan romantisme siapapun. Saat matahari sudah memerah di batas langit, ranting-ranting kering sang pohon seperti menjulur ingin menyentuh bola emas itu, mungkin sekedar berpamitan dan membuat janji untuk saling jumpa lagi esok hari.

Tanjung Kesirat Gunungkidul


Alamat: Pedukuhan Karang, Desa Girikarto
Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY
Jam Buka; 24 jam


Kopi Panggang Gunungkidul


Langit memang sudah gelap, tapi kesenangan kita belum selesai lho. Saat turun dari Pantai Kesirat dan kembali ke Jalan Siluk panggang carilah bangunan berbentuk joglo megah dengan mobil kuning terpasang di atas halamannya. Tempat ini adalah resto bernama Kopi Panggang. 

Kopi Panggang Gunungkidul Jogja

Di belakang tugu mobil itu adalah masjid yang cukup besar dan keren, pas banget untuk menunaikan shalat Maghrib sebelum makan. Terus gimana bisa ada mobil nyangkut di atas? Itu karena Kopi Panggang berada dibawah bendera yang sama dengan Kupu-Kupu Malam Auto Custom, tempat custom mobil paling hits di kota Jogja.

Lokasinya yang berada di Jalan Raya Siluk Panggang menjadikan resto bernuansa jawa ini sangat strategis untuk melepas lelah setelah kita menempuh perjalanan naik turun nan berkelok-kelok. Teh panas gula batunya bisa jadi obat pengusir pusing dan mabuk perjalanan. Cobain juga pisang gorengnya, enaaak bangeet.. 

Sesuai taglinenya, Kopi dan Dhaharan Ndeso. Kopi Panggang menyediakan menu khas pedesaan jawa. Ada Kopi tubruk, kopi susu, teh gula batu, wedang uwuh panas, pisang goreng dan rebus, tahu bacem, sayur lodeh, opor ayam, tempe garit, oseng tempe goreng, telor dadar, ayam kampung goreng, ikan asin goreng, dan pete goreng.

Kopi Panggang Gunungkidul Jogja

Alamat: Jl. Siluk Panggang, Padukuhan Sumber
Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY
Jam buka: 10.00 - 21.00 WIB



Luar biasa yaa Gunungkidul ini, di satu kecamatan saja kita bisa menikmati 4 tempat wisata sekaligus, padahal masih da beberapa pantai lagi di sekitaran yang belum saya tulis, misalnya Pantai Nguluran yang terkenal dengan spot teras kaca, atau Pantai Wohkudu yang merupakan tempat favorit untuk camping, semuanya masih terletak di Kecamatan Panggang.

Nggak lebay kan kalau saya bilang destinasi wisata di Kecamatan Panggang Gunungkidul ini cocok sekali untuk wisatawan yang nggak punya banyak waktu berkunjung tapi ingin menikmati banyak suasana alam di Jogja. 

Nah, supaya kita bisa benar-benar menikmati liburan, ada baiknya kita menghemat tenaga saat di perjalanan pergi ke dan pulang dari Jogja. Paling praktis sih naik pesawat, kan sekarang sudah banyak tersedia tiket pesawat ke Jogja di situs booking online.

Salah satu situs booking online yang bisa jadi pilihan berburu promo tiket pesawat adalah Pegipegi. Di sini kita bebas memilih harga tiket pesawat yang sesuai budget kita, syukur kalau bisa dapat tiket pesawat murah dari maskapai langganan.

Yang saya suka dari Pegipegi adalah kemudahan saat bertransaksi, kita cuma butuh smartphone berkuota internet atau terkoneksi dengan WiFi. Aplikasinya dapat diunduh di Playstore atau Appstore.

Unduh aplikasinya di Appstore
atau playstore
Jika teman-teman belum pernah menggunakan Pegipegi, silahkan daftar dulu dengan klik tombol register dan masukkan alamat surel aktif, nama sesuai KTP dan kata sandi. Setelah itu tunggu saja konfirmasi pendaftarannya masuk ke alamat surel kita.
Pilih register
Isi data diri
Setelah berhasil mengaktifkan akun, kita bisa mulai memilih layanan yang dibutuhkan. Misalnya saja kita butuh tiket pesawat ke Jogja, maka kita cuma perlu memilih logo pesawat, masukkan kota asal dan kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang, lalu klik tombol Cari Tiket. Nggak  lama muncul daftar maskapai yang tersedia berikut harganya.
Pilih pesawat jika ingin
mencari tiket pesawat
Pilih tujuan dan tanggal
Kalau kita sudah yakin dengan pilihan maskapai dan harganya,  silahkan di pilih dengan mengklik nama maskapainya. nanti akan muncul formulir untuk melengkapi data pemesanan, konfirmasi pemesanan, dan terakhir pembayaran. Mudah banget yaa..

Lengkapi data pemesanan

Gimana? Masih bilang Gunungkidul jauh? Nggak lah yaa.. 
Jadi, selamat menikmati Gunungkidul teman-teman.. jangan lupa jaga kebersihan :)

42 comments:

  1. Gak pernah bosan juga baca tulisan mba Yoan tentang Gunung Kidul.
    MashaAllah~

    Paling suka lihat foto-fotonya...
    Kecee paraahh~

    Anak-anak ngeluh cape gak mba...kalau jalan terus gini...?

    ReplyDelete
  2. Wah enak tuh minum kopi panggang dari sumbernya

    Apalagi foto menara yang mobilnya berdiri tegak. Keren artistekturnya.

    ReplyDelete
  3. Wah, kalo main-main ke Yogyakarta jadi pengen menyempatkan diri berpetualang ke seputaran Gunung Kidul deh, ternyata seru juga yah mbak.

    Jalan2 ke Geoforest-nya sepertinya asyik sekali deh mbak, pengen menjejakkan kaki di sana jugak :))

    ReplyDelete
  4. Walaahhh aku ke Gunung Kidul udah sering, tapi belum pernah ke tempat ini. Yang pantai Kesirat sempat lihat fotonya anakku yg udah kesana, bagus ya pantai nya

    ReplyDelete
  5. wah banyak tempat wisata yang bagus dan menarik ya di Gunung Kidul. Dan saya terpana mba lihat mobil ditugu hehehe koq bisa ya :D

    ReplyDelete
  6. aku belum ke sana nih.. ternyata seru dan asyik yaa mbak. kalau ajak keluarga..
    www.ipung.net

    ReplyDelete
  7. Gunungkidul memang cantik bgt ya pemandangannya, terutama pantainya. Ternyata wisata alam lainnya jg ga kalah keren ��

    ReplyDelete
  8. Waaah... View sunset di pantai kesirat bagus bangeeet... Langsung dicatet deh ni..

    ReplyDelete
  9. Berarti wajib banget nih saya ke Gunung Kidul kalau nanti ke Jogja. Pengen juga ngopi di sana :)

    ReplyDelete
  10. Bolak-balik ke Jogja tapi aku belum mampir ke sini.. nanti deh, kalau liburan beneraaan ngg kerja hehehe

    ReplyDelete
  11. Foto yang di kesirat keren banget mba. Pas banget sinar matahari melewati awan2 gitu

    ReplyDelete
  12. Kampung suami aku gunung kidul juga lho.. tapi kami jarang pulang kampung, karena buyut sudah tidak ada.. dan keluarga besar semua sudah merantau huhu.. padahal banyak ya wisata di gunung kidul yang sayang banget kalo dilewatkan.

    ReplyDelete
  13. Belum pernah ke semua tempat yg mb Yoan sebutkan. Dari dulu Gunung Kidul memang terkenal dengan keindahan wisatanya terutana pantai2nya. Tp kok jalannya juga katanya jauh dan berkelok baik turun euy..Pernah sekali doang ke pantai di Gunung Kidul, tp lupa nama pantainya. Dah sekitar 10 tahun lalu soalnya. Jadi pengin wisata ke Gunung Kidul bareng keluarga euy.

    ReplyDelete
  14. Beneran nih, rasanya kalau ke Jogja ingin menikmati keindahan Gunung Kidul. Tapi kami memang merasa jauh kalau mau ke sana. Pengennya yang dekat dengan pusat Kota Jogjakarta.

    Eh tapi sepertinya harus punya rencana khusus ke sana ya...jadi direncanakan seharian hanya di Gunung Kidul aja.

    ReplyDelete
  15. Kalo ngomongin Jogya memang gak ada abis abisnya ya Mba. Saya aja suka kangen sama Jogya. Damai kayaknya kalo udah di sana :)

    ReplyDelete
  16. Waah Jogja banyak banget tempat romantisnya nih. Bagus ya pantainya, masih bersih.

    ReplyDelete
  17. Duuh Gunung Kidul ini udah melegenda banget kak sejak saya SD, kepengen deh berkunjung ke sini, pas liat foto-fotonya viewnya awespme banget

    ReplyDelete
  18. aku belum main ke sini nih makYo. paling sering ke pantainya itupun pantai yg familiar aja. Pengen banget padahal eksplor lebih jauh ttg GK

    ReplyDelete
  19. Wah baru tahu nih..kalau ke Jogja saya pengen ke sana. Apalagi hanya sejam dr kota..

    ReplyDelete
  20. Gunung Kidul makin bagus ya mbak. Pdhl zamanku kecil, saat msh suka mudik ke Pacitan, rumah mbahku, Gunung KIdul tu terkenal suka kekeringan.
    Ini kyknya pemerintahnya yg pinter memanfaatk potensi pariwisata Gunung Kidul.

    ReplyDelete
  21. Banyak juga ya tempat wisata yang instagramable dan sejuk disana, semoga aja saya bisa kesana terutama ke Watu payung gunung kidul.

    ReplyDelete
  22. Masya Allah... Gunung Kidul ternyata menyimpan segudang kecantikan alami ya. Aku baru satu kali lho ke Gunung Kidul, jaman masih bocah dulu diajak bapakku keliling Jogja naik motor. Harus diagendakan nih jalan-jalan seru bareng keluarga ke Gunung Kidul kalau pas liburan ke Jogja.

    ReplyDelete
  23. Di Gunung Kidul itu banyak banget tempat rekreasi keluarga yg patut dikunjungi yaaa Mbak.
    Ehyaaa itu mobil bisa gitu ya kebalik, hihihih

    ReplyDelete
  24. cantik-cantik tempat wisata di Gunung Kidul, sebenarnya yang bikin orang agak malas atau mengeluh mungkin karena transportasinya ya kecuali bawa kendaraan pribadi.
    Aku jadi pingin juga jalan-jalan ke sana nih nanti kalau ke Jogja lagi deh.

    ReplyDelete
  25. Kemarin k Jogja Blum mampum k daerah Gunung kidulnya mba, wahh banyak bngt Ternyata tempat wisatanya next mesti mampir ini

    ReplyDelete
  26. always yaaa gunung kidul sealu kin mata yang melihat bikin pengen ke sana huhuhu.. pegi pegi support orang hepi hepi

    ReplyDelete
  27. Belum pernah ke Jogja aku mbak,tapi lagi ngintip pegipegi terus cari tiket murah soalnya sering ada potongan harga di pegipegi semoga dapat murah.

    ReplyDelete
  28. Semuanya belum pernah tak kunjungi mba Yoan, tapi semoga segera bisa main ke sana heheh Jogja emang dahsyat kesana ada paegi-pegi nggak takut bingung bobo di mana hehehe

    ReplyDelete
  29. Ku baru tau kalau di gunung kidul banyak wisata asik yg bisa didatangin :D apalagi kalau ke Yogyanya pake diskon pegi2 lebih asik & dananya bisa dialokasikan buat jalan2 sekitar gunung kidul :D

    ReplyDelete
  30. Aku pengeeeen main ke semuaaa pantai yang ada di sini! Such a lovely place to visit..apalagi kalau dapat banyak diskon untuk tiket dan juga hotel ya mbaaa hehehe

    ReplyDelete
  31. Pantai Kesirat, Pantai Gesing, cateeettttt. Berikutnya ke Gunkid bisa dijadiin alternatif nih.

    ReplyDelete
  32. Aku sama sekali belom pernah ke gunung kidul, jadi penasaran nih. Bayanganku tempatnya gak sekeren ituh soalnya ��

    Pengen mantai + ngopi deh jadinya

    ReplyDelete
  33. Semuanya belum pernah ku singgahi, tiap ke Jogja, wisatanya itu lagi- itu lagi. Nah...ini bisa jadi referensi kalau ke jogja lagi sekalian mau hunting perguruan tinggi, anak2 paling suka ke pantai.

    ReplyDelete
  34. Mau kemana-mana jadi dimudahkan ya Mba Yoan dengan pegi-pegi ini. Tugu mobilnya keren banget itu, penasaran lihat secara langsung akunyaa

    ReplyDelete
  35. ngeriiik, seniman bikin kreativitas dari ranting pohon, cantik banget lho itu, jadi ingat sangkar burung. Semoga bisa kesini suatu hari nanti

    ReplyDelete
  36. Bagus banget ya pemandangan wisata gunung kidul..aku belom pernah kesana..mupeng sangat....ahhh kapan bisa kesana......doakan yaaa

    ReplyDelete
  37. Beberapa kali ke Jogja tapi aku belum pernah sekalipun ke Gunung Kidul. Tiap liburan ke kota ini entah kenapa rasanya selalu kekurangan waktu saking banyaknya tempat wisata keren di Jogja. Duh aku penasaran sama pantai Kesirat itu. Kalau nikmatin sunset di sana pasti keren! Weislah kalau ke Jogja lagi aku langsung cuuuss pesan tiketnya dari PegiPegi aja, Mba. Mantap keknya banyak diskon juga :D.

    ReplyDelete
  38. Ke Gunungkidul mah gak cukup sehari. Kalau mau eksplor semua, seminggu plg nggak. Dan yg jelas nagih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuukk bareng yuk Dib, kancani ke sana yaaa... Jangan lupa sedia jas hujan biar aman ;)

      Delete
  39. Wah aku belum pernah kesana semuanya nih, boleh juga nih di agendakan untuk kesana bersama keluarga. Apalagi bisa pesan tiket pesawatnya ti Pegipegi

    ReplyDelete
  40. Pernah ke Jogja tapi belum mendatangi tempat-tempat yang Mbak ceritain ini. ��

    ReplyDelete
  41. Masya Allah cantik cantik tempatnya. Semoga berkesempatan kesana suatu hari nanti.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)