Wednesday, January 02, 2019

Menyusuri Karang dan Bermain Dengan Biota Laut di Pantai Gesing Gunungkidul

Pantai Gesing Gunung Kidul

Sebelumnya saya ingin menyampaikan duka yang dalam bagi seluruh korban dan keluarga korban Tsunami Selat Sunda, juga untuk korban dan survivors Tsunami Palu Donggala. Doa saya untuk mereka. 

Bencana alam di laut yang belakangan terjadi ini bukan cuma membuat sedih, tapi juga menimbulkan trauma laut bagi kami sekeluarga. Apalagi semua pantai di Jogja terkenal memiliki ombak yang besar dan tinggi, membuat kami harus selalu berhati-hati saat di sekitar pantai.

Raya, bungsu kami, pernah terseret ombak saat bermain di Pantai Glagah, Kulon Progo. Padahal kami memilih lokasi yang jauh dari ombak besar, terhalang sebuah daratan kecil mirip palung dengan air tenang. Tapi riak air yang semula tenang tiba-tiba berubah menjadi ombak besar dan menggulung kami. Alhamdulillah saat itu saya sedang berada di dekat Raya dan masih sempat menarik kakinya hingga tidak sampai terbawa arus ke tengah.
Peristiwa itu membekas, membuat kami jadi sangat hati-hati sebelum memutuskan berwisata ke pantai. Kami selalu cek kalender lebih dulu dan menghindari pergi ke pantai satu minggu sebelum dan satu minggu sesudah tanggal 15 penanggalan Jawa, karena pada saat itu laut pasang membuat ombak jadi sangat besar.

Dan sejak gelombang tinggi memorak-porandakan Pesisir Selatan Jawa pada Juli 2018, kami sekeluarga nggak pernah mengunjungi pantai lagi. Rasa takut berhasil mengalahkan rindu kami pada air biru, pasir putih, dan senja, huhuhuu :(

Baca juga: Happiness Is..

Padahal Jogja menyimpan banyak sekali keindahan laut, mulai dari Kabupaten Kulon Progo, Bantul, hingga Gunungkidul memiliki puluhan pantai cantik berpasir putih. Salah Satunya adalah Pantai Gesing di Dusun Panjolomulyo, Desa Girikarto, Panggang, Gunungkidul.

Dan tulisan ini dibuat untuk mengenang kunjungan kami ke Pantai Gesing beberapa bulan lalu, di tengah rindu akan laut yang membuncah tapi masih belum berani untuk kembali ke sana, jadi maaf ya kalau isi artikelnya dipenuhi foto-foto narsis kami :)


Pantai Gesing Gunungkidul

Dilihat dari atas, Pantai Gesing mirip seperti Pantai Baron dan Pantai Ngrenehan. Berpasir putih dengan ombak kecil karena bibir pantainya diapit dua buah tebing karst di sisi kanan dan kiri. Tebing karst itu merupakan bagian dari Pegunungan Sewu yang terbentang di sepanjang Pantai Selatan Jawa. Deretan pegunungan Sewu sendiri konon terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam.


Celah tebing yang membentuk lekukan teluk itu mampu mengurangi hempasan gelombang besar milik laut selatan. Tapi kadang satu dua ombak besar tetap bisa mencapai tepian pantai, menghantam gugusan karang dan menciptakan buih-buih putih yang cantik. 

Pantai Gesing Gunung Kidul
Buih-buih putih cantik
yang sebenarnya membuat nyali ciut :))
Pantai Gesing Gunung Kidul
Latihan jadi water bender dulu
sebelum negara api menyerang. LOL

Selayaknya pantai yang dikelilingi tebing, Di waktu air surut Pantai Gesing memiliki beberapa spot air dangkal dengan batu-batu karang besar. Di sini kita akan melihat biota laut yang hidup di antara karang seperti bintang laut, belut laut, kepiting bahkan ikan hias yang biasa bersembunyi di bebatuan.

Pantai Gesing Gunung Kidul
Kalau diperhatikan baik-baik
ada bintang laut dan kepiting di celah-celah karang ini


Pantai Nelayan Favorit Para Pemancing

Dua buah tebing tinggi yang mengapit Pantai Gesing juga menguntungkan bagi masyarakat sekitar pantai yang berprofesi sebagai nelayan, Mereka bisa tenang berlindung di balik tebing saat mencari tangkapan.

Karena itu Pantai Gesing lebih dikenal sebagai pantai nelayan dan menjadi tempat favorit banyak pemancing. Di berbagai komunitas mancing, Pantai Gesing bahkan sudah terkenal memiliki banyak spot potensial untuk memancing dari atas bukit karang di kedua sisinya.

Pantai Gesing Gunung Kidul
Pantai nelayan sekaligus tempat favorit para pemancing

Tapi bukan cuma nelayan dan pemancing saja yang bisa menikmati Pantai Gesing. Pasir putih dan ombak yang lumayan tenang membuat pantai ini layak dijadikan tempat wisata keluarga. Saat air sedang tidak pasang, tepian pantainya aman untuk anak-anak berlari dan bermain pasir, tentu saja sambil tetap diawasi dari dekat yaa..

Pantai Gesing Gunung Kidul
Pantai Gesing Gunung Kidul
Pantai Gesing Gunung Kidul


Bertualang di Antara karang-Karang

Di Pantai Gesing, penyuka fotografi punya kesempatan membidik aktivitas nelayan yang hilir mudik dengan perahunya atau menangkap keindahan laut dari celah-celah karang besar. Paling asyik sih saat air sedang surut, kita bisa berjalan kaki menyusuri karang sampai agak ke tengah sambil sesekali menyapa aneka biota laut yang hilir mudik di bawah kaki.

Karena kehadiran hewan-hewan mungil ini acara jalan kaki kami jadi lebih menantang. Selain harus menghindari karang tajam dan kadang melukai kaki, kami juga harus berhati-hati agar tidak menginjak karang yang menjadi rumah mereka.

Pantai Gesing Gunung Kidul
Berjalan di antara karang sampai ke tepi laut dalam
Cuma bisa terjadi saat air benar-benar surut
Pantai Gesing Gunung Kidul

Kalau jalan kaki menyusuri karang tajam dirasa masih kurang seru, bisa coba juga aktivitas seperti suami saya ini, memanjat karang besar dengan kaki telanjang -__-

Pantai Gesing Gunung Kidul
Pantai Gesing Gunung Kidul
Ternyata bisa loh dia, hahaha :))

Yang namanya pantai nelayan pastinya ada banyak hasil laut segar di Pantai Gesing. Selain makan seafood segar yang tersedia di warung-warung sekitar lokasi, kita juga bisa membawa pulang ikan segar tangkapan para nelayan yang dijual di Tempat Pelelangan Ikan. 

Sayangnya kemarin kami kesorean sampai di sana, tempat pelelangan ikan sudah bubar dan warung-warung makan juga sudah banyak yang tutup. Karena itu, waktu terbaik mengunjungi Pantai Gesing adalah pagi atau siang hari supaya sempat belanja di pasar ikan. 

Lagi pula percuma ke sini sore hari kalau niatnya mengejar matahari terbenam. Meski lokasi Pantai Gesing nggak terlalu jauh dari Pantai Kesirat yang merupakan tempat asyik melihat Sunset, justru kita nggak akan menemukan sunset cantik di sini karena terhalang tebing tinggi. Saran saya, berangkat pagi dan bermain di Pantai Gesing dulu, menjelang sore baru naik ke Pantai Kesirat untuk menikmati Sunset.


Jarak kedua pantai itu nggak jauh kok, masih sama-sama berada di Kecamatan Panggang yang berjarak 1.5 jam dari kota Jogja. Karena berada di sisi sebelah barat Gunungkidul, akan lebih cepat mencapai tempat ini dengan melewati jalur alternatif Imogiri Timur- Panggang daripada lewat jalur wonosari. Memang sih rute di Panggang lebih menantang ketimbang Wonosari, tapi kita akan dimanjakan oleh  hamparan perbukitan hijau yang menyegarkan. 

Rasanya nggak sabar pingin secepatnya kembali ke Pantai Gesing. Semoga alam Indonesia lekas kembali tenang, bersahabat, dan mengizinkan kita menikmati keindahannya tanpa rasa was-was. Aamiin..



PANTAI GESING

Girikarto, Panggang, Bolang, Girikarto, Panggang
Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 




38 comments:

  1. Yang paling aku suka dari pantai-pantai di Gunung Kidul itu warnanya yang biru dan pasirnya yang putih. Sayangnya aku belum pernah ke pantai Gesing. Yang paling sering sih ke Indrayanti, Watu Kodok, Seruni dan beberapa pantai di sepanjang pesisir itu. Kapan2 musti ke Pantai Gesing juga, nih.

    ReplyDelete
  2. Seru banget sih mbak Quality time with family..main di pantai terus angle fotonya bagus mbak

    ReplyDelete
  3. Wah, nanyak juga nama2 pantai di Jogja, ya? Binda krn gak bisa renang, tetap aja gak berani bermain air dipantai. Keren juga si mantan pacar Yoan unjuk kenooehan panjat tebing karang dngn telanjang kaki. Sepasang permata hati Yoan cantik dan ganteng.

    ReplyDelete
  4. Duh mba alhamdulilah yah Raya masih bisa ketarik kakinya serem banget iya sih sekarang main ke pantai jadi parno ya mba tapi semuanya sih sudah takdir jangan salahin pantainya heehee.

    cakep viewnya ya mba pantainya jadi pengen kesini :)

    ReplyDelete
  5. Anak-anakku kalo ketemu pantai, suka banget mainan pasir, apalagi pasir yang berwarna putih seperti ini.
    Pantainya cantik! :)

    ReplyDelete
  6. Fotonya bagus-bagus banget Mak Yo, apalagi yang tampak perahu-perahu nelayan itu <3

    Di Kebumen juga nih, pantai/lautnya semua berombak besar. Bahkan awal Desember kemarin ada 4 orang meninggal terseret ombak T_T. Memang udah diwanti-wanti supaya pengunjung nggak mandi di laut. Tapi kadang pada nggak puas aja kali ya, kalau ke laut tapi nggak berenang/mandi-mandi.

    Aku sama anak-anak juga akhirnya ditahan-tahan dulu keinginan ke lautnya. Padahal ya deket banget, paling 15 menit nyampe.

    ReplyDelete
  7. Pantai di Gunung Kidul itu ada tebing2nya, seru kalau buat photoshoot. Pasirnya putih juga dan karangnya menggoda

    ReplyDelete
  8. Di gunung kidul nih masih banyak pantai indah yang masih tersembunyi. Indah banget loh buat foto, tapi yang ngehits Paris ya, padahal menurutku Paris spot foto kurang

    ReplyDelete
  9. agak ngilu liat karangnya mba, duh itu tajam banget, hati2..
    Pernah luka di karang soalnya, jadi agak2 parno.
    Btw di Jogja banyak juga ya pantainya, saya pernah baca di blog siapa gitu ya kalau ada ratusan pantai di sana.
    Cuman sekarang emang lagi parno aja ke pantai :)

    ReplyDelete
  10. Wow asyik ih pemandangannya...sudah lama banget engga ke daerah Gunung Kidul. Semoga suatu saat nanti bisa ke sana..

    ReplyDelete
  11. Ya Allah mbk, alhamdulillah Raya baik baik saja. Aku lama banget nggak main ke pantai, terakhir ke paris sama pantai Depok. Ini bagus banget karang ya...

    ReplyDelete
  12. Memang enak wisata pantai. Tetapi, pantai selatan umumnya gede-gede ombaknya. Makanya, saya sempat jejeritan waktu ajak keponakan yang gak mau diam. Ngeri! :D

    Btw, itu foto yang ada perahi nelayannya keren banget! ^_^

    ReplyDelete
  13. pasir putihnya mengundang sekali ya mba..dan ada karang-karang di tepinya juga. Angin ngga terlalu kencang mba? aku selalu waspada dengan ombak kalua berenang dengan anak-anak

    ReplyDelete
  14. aku suka pantai...pantai berkarang kadang suka tajam2 gitu ya mba. aku ga berani lepas sendal. biasanya aku pake sendal hiking , lumayan kuat walau di air.

    ReplyDelete
  15. Aku paling suka ke pantai dengan pasir lembut dan bisa dikelilingi seperti pantai pulau karang di Sumatera.
    Apalagi sambil menikmati hidangan dan memandang ke samudera lepas, perginya bereng kesayangan, pasti meninggalkan kenangan yang tak terlupakan!

    ReplyDelete
  16. Ya Allah mbak, ngeri banget. Alhamdulillah Rayya masih dalam lindungan Allah :')

    Brw, kok jadi pengen ya kaya suami mbak naik-naik di karang gitu, tapi ya gak ekstrim juga pake kaki telanjang -_- ngeri terluka, karangnya tajam itu mbak kalo dilihat dari foto.

    Dsn iya mbak, semoga alam kembali bersahabat ya mbak, Ujame pun rindu main ke pantai lagi, cuma masih khawatir :(

    ReplyDelete
  17. Mba, pantainya bagus banget. SUka deh dengan pantai yang bersih dan lautannya indah serta perpaduan pemandangan yang luar biasa indah. Moga kapan kapan aku bisa main ke sini ah :)

    ReplyDelete
  18. Jogja itu kaya dengan banyaknya pilihan wisata pantai. Selama ini aku baru wisata di Krakal, Kukup, Parangtritis, Baron, Depok, Indrayanti, Wedi Ombo, Drini, apa lagi ya lupaaa, hihii

    Itu suamimu gak sakit kakinya menjejak batu karang? Noted deh kalo kesini pagi aja karena pengem pesan ikan bakar. Pantai Depok juga ada warung yang siap membantu bakar ikan jasil laut. Ahhh kangen laut, semoga segera tenang alam Indonesia ya Yoan

    ReplyDelete
  19. Pantainya menarik sekali ya, Mbak.. banyak hal yang bisa dieksplor di sana. Itu buih-buihnya cantik banget emang.. trus view-nya pas pantai lagi tenang, duh.. subahanallah ��

    ReplyDelete
  20. Pantai Gesing bagus banget ya..menjorok ke dalam jadi semacam teluk gitu ya. Cantik banget

    ReplyDelete
  21. Aku baru tahu kalau ada pantai Gesing di Jogjakarta. Duh jadi kangen Jogja lagi deh. Kalau aku cuma pernah ke Pantai Drini aja nih, Mbak.

    ReplyDelete
  22. Di Kuala Terengganu, Malaysia, bahkan seluruh wisata pantainya tutup loh sepanjang musim penghujan untuk alasan keselamatan wisatawan

    ReplyDelete
  23. MasyaAllah, ngeri2 sedap kalau jalan di karang itu. Aku rada takut2 kalo harus jalan melintasi karang.

    Btwz pemandangannya indah mbakk..

    ReplyDelete
  24. Bagus juga ya poto2 di Karang2.. Trasa bertambah eksotis gt hahaha.klo maen ke jogja, mampir sini aahh.tp g berani klo tanpa alas kaki ��

    ReplyDelete
  25. Betul Mbak, tanggal satu minggu sebelum dan satu minggu sesudah tanggal 15 penanggalan Jawa memang waktunya pasang. Btw, pantai2 di Gunungkidul ini makin banyak yang femes karena cantik vantik ya mbaaa....

    ReplyDelete
  26. Pantainya indah gitu warnanya
    Duh udah lama ga ke pantai, lihat ini kok jadi langsung pengen susun jadwal

    ReplyDelete
  27. Belum.pwrnah kesana mba,,bersih bngt pantainta ya karang2 nya juga next mesti d jadwalin kesana

    ReplyDelete
  28. wowww sepertinya bagus, tapi sayang semenjak cuaca buruk akhir akhir ini aku belumberani mantai lagi hehe

    ReplyDelete
  29. Bikin iri aja nih mbak Yoanna,, :(

    aku kan jadi bener2 pengen ke pantai Gesing kalau lihat viewnya bagus banget begitu

    ReplyDelete
  30. Bener mbak jadi agak takut kalau main-main ke Laut, tapi balik lagi ke Sang Pencipta ya. Aku belum pernah main-main di pantai atau lautnya Jogja nih padahal banyak yang bagus ya & aku pingun tubinng di sana.

    WAh lautnya biru banget ya Pantai Nelayan, itu warna perahunya juga dicat sama semua ya?

    ReplyDelete
  31. MasyaAllah indahnya, jepretanmu juga luar biasa mba.
    Yang lihat jadi baper nih, pengen ke sana juga. Gemes pantai Gesing sungguh indah
    semoga ada rejeki bisa main ke sana. Aamiin

    ReplyDelete
  32. Iya mbak pantai selatan emang ombaknya tinggi2 yaa
    Bagus banget ya pantainya. Ini kyknya masih nyambung garis pantainya sama yang di Pacitan ya mbak?
    Karangnya besar2, aku mbayangin debuan ombaknya kalau tinggi bisa ditahan sama karag2 itu.

    ReplyDelete
  33. Asik ya main air di laut. Aku sebenarnya pengen ke pantai lagi tapi dengan ada berita tsunami di mana-mana koq jadi takut. Tahun ini gak main ke pantai deh.

    ReplyDelete
  34. Fotomu keren-keren nih mba, jadi ikutan asyik mantengin postingan sembari menikmati foto-foto cantiknya.
    Semoga ga ada tsunami lagi ya, aku ya kangen banget pengin main ke pantai nih. Kondisi sedang begini kita kudu hati-hati dan memantau berita dulu sebelum mantai.

    ReplyDelete
  35. Bener kak. Wisata ke pantai juga harus hati hati, salah satunya dengan cek cuaca dan kalender ya kak. Akupun demikian. Walau suka banget sama pantai ttp harus mengindahkan aturannya ya kak

    ReplyDelete
  36. Wah, aku baru tahu soal penanggalan ini Mba, soalnya aku jarang ke Pantai karena di Kalimantan pilihannya terbatas. Mulai sekarang aku juga harus cek kalender Jawa nih kalau ada planning main ke Pantai. Terimakasih infonya Mba. Berguna banget karena ada rencana mau liburan ke Yogyakarta :D

    ReplyDelete
  37. Pemandangannya Oke Banget mbk, jadi pengen kesana juga jadinya.

    ReplyDelete
  38. Aku belum pernah main-main di pantai atau lautnya Jogja nih padahal banyak yang bagus ya & aku pingun tubinng di sana.

    WAh lautnya biru banget ya Pantai Nelayan, itu warna perahunya juga dicat sama semua ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)