Friday, November 30, 2018

Menjadi Produktif Bersama Koleksi Kesayangan



Bicara tentang koleksi, sejak menikah saya nyaris nggak punya barang koleksi selain baju dan sepatu, eh itu sih memang kudu punya lebih dari satu yaa :p

Semua barang koleksi masa kecil saya seperti penghapus lucu, kertas surat wangi, perangko kuno, sampai bulu ayam warna-warni (iya saya juga punya koleksi yang fungsinya terlalu absurd ini) tersimpan rapih di rumah Mama dan nggak pernah saya tengok lagi.

Padahal menurut beberapa artikel yang saya baca, punya kegemaran atau hobi mengkoleksi barang bisa bermanfaat menjaga kestabilan mental dan pikiran. Karena saat sedang fokus menikmati hobi, kita bisa melupakan berbagai masalah atau beban yang sedang dihadapi.
Apalagi kalau barang koleksi kesayangan itu bisa menunjang pengembangan diri kita, membantu meningkatkan kreativitas, memicu munculnya banyak ide baru. dan bisa jadi peluang bisnis.  Misalnya teman-teman beauty blogger/vlogger, kebanyakan dari mereka mengaku bahwa pekerjaannya sebagai blogger/vlogger diawali dari kegemaran mereka mengkoleksi alat rias :)

Beda lagi dengan teman saya yang suka mengumpulkan properti yang mendukung hobi fotografinya, salah satunya alas foto dari kayu. Awalnya beliau selalu membeli alas kayu dari luar kota yang tentu saja menghabiskan banyak ongkos kirim. Dari situ teman saya mulai  membuat alas foto sendiri supaya lebih irit. Ternyata banyak yang berminat membeli alas foto buatannya, dan sekarang malah jadi lahan bisnis baru :)

Saya juga mulai mengumpulkan beberapa properti foto, yaitu barang-barang yang bisa dipakai untuk mempercantik tampilan foto produk kita. Belum banyak sih, tapi saya anggap itu koleksi sekaligus investasi saya. Iya, investasi, karena properti foto itu sangat menunjang pekerjaan saya menghasilkan foto yang layak saat memberikan review terhadap suatu barang.

Baca juga Mencipta Foto Makanan Instagenik Ala Food Influencer

Tapi supaya itu nggak lantas mubazir dan hanya memenuhi kotak penyimpanan, saya hanya mengumpulkan properti foto yang sesuai dengan genre fotografi kesukaan saya. Karena saya suka foto stilllife, koleksi saya nggak jauh-jauh dari gelas unik, benda-benda berbahan kayu atau kuningan yang terkesan vintage, dan juga bunga dan daun kering sebagai pemanis foto.

Beberapa properti foto yang saya punya akan saya sebutkan di bawah yaa, siapa tahu bisa menginspirasi teman-teman yang juga tertarik dengan genre foto stilllife seperti saya :)


1. Pecah belah dan peralatan masak berbentuk unik

View this post on Instagram
Buat saya, menyiapkan menu sahur itu sungguh lah tricky, di satu sisi harus memenuhi kecukupan gizi dan protein harian, di sisi lain saya ogah banget ribet masak πŸ™ˆ Karena itu saya nggak pernah lupa mengisi lemari perbumbuan saya dengan bumbu instan dari @bumbuspesial.indofood , dari aneka bumbu instan itu saya bisa mengkreasikan macam-macan masakan sesuai permintaan suami dan anak-anak. Nah, kali ini saya masak SAMBAL GORENG TUNA sebagai menu sahur kami, buatnya gampang banget lhoo.. Malam hari sebelum tidur saya sudah menyiapkan tuna segar fillet di goreng setengah matang, kentang potong dadu lalu di goreng, dan telur puyuh rebus. Untuk bumbunya saya pakai bumbu #indofoodsambalgoreng yang saya campur lagi dengan 1 buah tomat segar. Menjelang sahur saya tinggal menumis bumbu indofood sambal goreng dan tomat yang sudah dihaluskan sampai keluar wanginya, lalu saya masukkan tuna, kentang, dan telur puyuhnya, lanjut aduk-aduk saja sampai matang, beresss.. 😊😊 Saya pun selamat dari drama ulek-ulek dan cucian piring menumpuk saat mempersiapkan bumbu, terima kasih yaa Indofood πŸ™πŸΌ . . Hai @yustiutie @siti_hairul @kartikanugmalia share juga song resep praktis versi kalian 😘 . . . @mommiesdailydotcom #ResepSpesialBunda #HidanganSpesialBunda #MDXIndofood
A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayzadotcom) on




2. Barang-barang vintage dan jadul



View this post on Instagram
A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayzadotcom) on



3. Peralatan makan dan minum dari kayu






4. Bunga, daun, dan tanaman artifisial






Itu koleksi properti foto yang paling sering saya pakai, nggak terlalu banyak karena memang saya selalu memastikan barang-barang itu akan sering terpakai nantinya. Misalnya ada barang yang saya suka tapi saya tahu akan kesulitan menata dan memfotonya, saya berusaha (dengan  sangat keras) nggak membeli barang itu :)

kalau teman-teman, punya koleksi apa saja? cerita ke saya di kolom komentar yaa, siapa tahu bisa jadi inspirasi saya juga :)

31 comments:

  1. ih mba cekeppppp aku pengen juga ih biar feed IG aku menarik wkwkwkwk...bisikin mba beli dimana?utamanya sih tehnik fotonya juga mba oke jadi hasilnya cakep bangets

    ReplyDelete
  2. Wah....hasil jepretannya cakep pisan euy. Saya nggak pinter nih menghasilkan foto yang kece kayak gitu. Btw,ngomongin koleksi saya kecilnya juga suka tuh ngoleksi surat kertas yang gambarnya lucu-lucu. Zaman dulu kan masih hobi surat menyurat. Tapi sayangnya sekarang entah dimana koleksinya...Saelain itu hobi juga koleksi buku dan sekarang sementara stop juga beli buku baru karena lemari di rumah udah penuh hiks...

    ReplyDelete
  3. Koleksinya tua2 amat. Bisa mahal tuh, hahaha. Aku pengen beli barang pecah belah. Tapi bln nikah ini, jadi agak malas #eh

    ReplyDelete
  4. Pingin buku-buku aku jadi bintang tamu di potretin sama mba Yoanna.
    Cakep-cakep pissaan...

    ReplyDelete
  5. aku cuma punya daun monstera, bunga2an, alas marmer, udaa itu aja... Ya Allah dikit amat yak? :D

    ReplyDelete
  6. Kalau aku koleksi barang-barang yang gambarnya Doraemon. Hehehe. Aku juga koleksi barang pecah belah kayak mangkok, piring dan gelas. Btw, aku selalu suka sama foto hasil jepretan Mbak Yoanna Fayza. Keren banget soalnya.

    ReplyDelete
  7. Cantik cantik banget mba fotonya, hobi kalau ditekuni memang bisa menghasilkan dan lebih nyaman menjalankan bisnis berdasarkan hobi :)

    ReplyDelete
  8. Aku koleksi juga bunga artifisial untuk properti foto, tapi cuma bunga mawar kecil2 dan lavender

    ReplyDelete
  9. Mba Yoanna koleksi pernak perniknya bagus banget. Beli dimana mba ? AKu pengen banget punya ini tapi binggung beli dimana nih mba

    ReplyDelete
  10. Unik-unik ya mba koleksinya. Aku suka koleksi buku catatan yang lucu-lucu mba sama pulpen. Koleksi buku dan pulpenku banyak banget di rumah hihihihi

    ReplyDelete
  11. Iih...properti fotonya bikin mupeng Ooy...bagus baguuus..

    ReplyDelete
  12. Ya ampuun, jadi ingat zaman suka beli kertas yang aromanya wangi. Hahaha. Btw, foto2nya keren bangetttt! Sukaaa

    ReplyDelete
  13. Widiiii keren-keren koleksi mba Yoanna ini, jadi kepengen koleksi juga �� tapi aku pling suka yang daun-daunnya

    ReplyDelete
  14. Aaaaakkkkk banyak amaaat propertinyaaaaa! Kusuka juga sama foto2nya, mbak. Kece-keceeee! Aku harus belajar sama Mbak yoanna nih untuk foto2 makanan begitu. :)

    ReplyDelete
  15. Ibu dan nenek aku juga suka ngoleksi benda pealcah belah .

    ReplyDelete
  16. Mbaaa kayaknya hobi kita samaa deeh. Ngumpulin benda-benda vintage atau perkakas kayu gitu. Btw koleksiku blm sebanyak Mba sih hehe

    ReplyDelete
  17. Propertinya banyak dan semua bikin aku mupeng...cantik2 pisan fotonya juga. Aku punya koleksi apa yak? Hihihi

    ReplyDelete
  18. kudu total ya mba.. koleksinya bagus2 banget, sampai2 bisa jadi poto2nya mbak kece2..

    ReplyDelete
  19. huwaaaa koleksi barangnya-barangnya mb yo eemang niat banget deh dan bikin jadi produktif. hasil foto-fotonya tsakep mbak.. pengen juga bisa motret begitu, hehehe

    ReplyDelete
  20. Cantik - cantik banget kak fotonya. Emang sih properti yang Ketje juga turut mendukung foto jadi lebih bagus .

    ReplyDelete
  21. kalau inget peralatan makan dayi kayu, anakku lagi minta beliin terus gelas dari bambu nih mbak. Wah mbak Yoana koleksinya udah bnayka buat properti foto ya

    ReplyDelete
  22. Keren-keren hasil fotonya mbak, lihat lampu semprong itu aku ingat zaman kecil kalau mati lampu pakai nya lampu semprong :)

    ReplyDelete
  23. Wiiih cantik-cantik lho fotonya... berkat koleksi properti instagram yaa..

    ReplyDelete
  24. Properti fotonya banyaaak :D Btw nyari2 properti kayu2 gtu di mana ya mabk? Yg harganya miring? hehehe soalnya aku mau beli kok kyknya harganya mayan2, cuma punya bbrp koleksi kayu itu pun pemberian.
    Keren2 hasil fotonya.

    ReplyDelete
  25. Masya Allah, cakep banget karya-karyanya mba!
    Pasti dari hati nih eksekusinya.

    Anu... mau dong jadi bagian propertinya, mba, eh gimana?

    ReplyDelete
  26. Mbaaa....emezh banget sih lihat propsmu. Duh, aku ya pengin bebelian seperti itu. Tapi aku masih belum telaten plating biar foto2 makananku jadi kayak fotomu yang kece itu.

    ReplyDelete
  27. Wahh... banyak koleksinya. Dan lucu lucu banget. Terutama yg tanaman artificial itu

    ReplyDelete
  28. Aku juga sempat terpikir pingin punya koleksi utk menunjang property foto2ku deh

    ReplyDelete
  29. Foto2mu bagus2 banget mbaa, ajarin aku siii. Ya Allah. Aku terpesona. Koleksimu jg buanyak banget

    ReplyDelete
  30. Fotonya makYo apik2. Keliatan artistiknya. Harus berguru nih.

    ReplyDelete
  31. Mbaaak.. koleksinya bikin iri. Emang properti tu menunjang banget yaa..

    Tapi selain itu, orang di belakang kameranya juga kece. Fotonya keren, Mbaaaa...

    ReplyDelete