Saturday, December 01, 2018

Tips Bugar Buat Yang Mager

pic source: crayondhumeur.blogspot.fr

Biasanya karena terlalu asyik mengerjakan pekerjaan rumah atau membuka sosmed bekerja di depan laptop, saya sering menunda jam makan dan jarang berolahraga, akhirnya sistem pencernaan saya bermasalah. Asam lambung naik, perut kembung, dan sembelit jadi keluhan hampir setiap hari, kelihatannya sepele sih, tapi cukup mengganggu aktivitas dan suasana hati juga, boro-boro mau travelling sambil bawa bocah, yang ada saya malah sering uring-uringan dan malas bergerak.



Itu sebabnya saya mulai berusaha merubah pola hidup, menambahkan beberapa kebiasan baik yang bisa membantu pencernaan tetap sehat. Karena sistem pencernaan yang sehat akan menjaga metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh dengan baik, kita jadi tidak mudah sakit dan selalu bersemangat.


Oh ya, pencernaan sehat juga menghasilkan kulit wajah yang lebih glowing lho, saya pernah baca bahwa letak tumbuhnya jerawat bisa menjadi petunjuk masalah pencernaan, misalnya jerawat di dahi disebabkan oleh gangguan pada usus halus, lalu jerawat di area hidung bisa jadi akibat sering sembelit. Nah, karena saya juga seorang acne fighter, jadi makin semangat menjaga saluran cerna agar tetap sehat deh, demi kulit mulus cyiin.. Beberapa kebiasaan baik yang sekarang rutin saya terapkan adalah:



1. Menjaga Asupan Cairan

Minum, minum, dan minum. Itu yang selalu saya ingat, di samping bertujuan menghidrasi tubuh, air berperan penting melarutkan zat gizi, oksigen dalam darah dan membantu fungsi saluran cerna. Air yang bekerja sama dengan serat mampu membuat makanan bergerak lebih cepat di saluran cerna dan melunakkan massa feses, kita pun bebas dari sembelit. Konsumsi air yang dianjurkan dalam sehari adalah 2 liter untuk wanita dewasa dan 3 liter untuk pria dewasa.

2. Memilih Makanan Tinggi Serat 
Pastinya sudah sering sekali mendengar keistimewaan serat bagi pecernaan kita yaa. Memenuhi asupan harian serat sebanyak kurang lebih 25 gram mampu melancarkan pergerakan makanan dalam usus, membantu proses metabolisme enzim pencernaan, dan menjaga konsistensi hasil cerna. Serat-ini bisa kita dapatkan dari buah dan sayur segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Lakukan Pekerjaan Rumah Sambil Olahraga

Saya orang yang paling malas menyediakan waktu khusus berolahraga, selalu ada saja alasan untuk menunda niat olahraga. Pernah lihat video ibu-ibu bule yang melakukan aerobik sambil mencuci piring? Keren yaa.. Meski gak sampai seekstrim itu tapi saya berusaha bergerak lebih saat melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya jalan kaki keliling pasar meski cuma beli bawang merah, menaruh piring di rak sambil squats, atau mengangkat jemuran sambil step workouts. Aktivitas fisik yang teratur bisa menguatkan dan menstimulasi otot tubuh agar berkerja lebih maksimal, saat otot kuat, kita akan punya tenaga lebih dan gak cepat lelah.

4. Putar Musik di Dapur

Memutar musik di dapur (asal bukan lagunya Josh Groban) bisa membuat kita auto joget, ya gak? Eh apa jangan-janagn cuma aku aja yang begitu :)) Makanya saya selalu menghidupkan MP3 player dan speaker setiap memasak atau cuci piring, kan lumayan sambil goyang-goyang, nggak terasa kerjaan rumah juga beres.

No comments:

Post a Comment