Thursday, November 29, 2018

Rekomendasi 5 Buku Astronomi Untuk Anak


Anak-anak saya suka sekali semua yang berhubungan dengan planet dan alam semesta. Mulai dari buku, film hingga permainan. Saat ke toko buku pun pilihannya pasti jatuh ke buku-buku yang bertema luar angkasa, sampai harus dibujuk dulu agar mau memilih buku yang lain, lha buat apa punya banyak buku yang isinya mirip? *emakmedit*

Cerita yang sama terulang lagi saat meminjam buku di perpustakaan, buku yang mau dibawa pulang temanya ya itu-itu juga, luar angkasaaa.. Saya sampai ikutan hapal apa saja yang termasuk planet dalam, planet luar, dan planet dwarfs. Btw, sudah tahu belum kalau pluto sekarang disebut planet cebol? >_<

Mainan-mainan DIY yang saya buat juga akhirnya kebanyakan bertema luar angkasa karena mengikuti kegemaran mereka itu.

Baca juga Cara Membuat Diorama Tata Surya




Permainan itu biasanya kami mainkan sambil membaca buku, maksudnya biar lebih mudah dipahami. Dan saat saya posting kegiatan belajar kami di IG, ada saja teman yang bertanya judul buku yang dipakai. Kadang pertanyaannya belum sempat terjawab tapi keburu ketumpuk notif yang lain, maafkan.. Jadi sekarang saya jawab di sini saja yaa. 

Semua yang saya sebut dibawah adalah buku-buku tentang luar angkasa favoritnya Arka dan Raya. Ada sih buku-buku lainnya tapi nggak terlalu lengkap dan Arka bilang nggak asyik. Memang kriteria buku asyik menurut anak itu yang gimana sih? Kalau saya mengenalinya gampang, lihat saja seberapa leceknya buku itu, makin lecek berarti makin sering dibuka dan dibawa sana sini, wkwkk..

1. Ensiklopedia Junior: Luar Angkasa

Penulis: Emilie Beaumont dan Marie-Renee Gulloret
Penerbit: BIP Gramedia
Harga: Rp110.000,00

Tampil dengan hardcover dan memiliki 122 halaman yang diterjemahkan dari ensiklopedia anak berbahasa Perancis "L'Imagerie de L'Espace". Isinya lengkap, mulai dari proses terciptanya alam semesta, kelahiran matahari, terbentuknya planet dan benda-benda langit, semua dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan disertai gambar-gambar menarik. Ada juga penjelasan tentang roket, penjelajahan ke bulan dan planet mars, serta kehidupan astronot di luar angkasa.

Dari beberapa seri Ensiklopedia Junior BIP yang kami punya di rumah, seri Luar Angkasa ini yang bentuknya paling kucel saking seringnya dibuka dan buat rebutan.

2. Seri Jelajah Sains: Antariksa

Penulis: Trija Fayeldi dan Syerif Nurhakim
Penerbit: Bestari Kids
Harga: Rp45.000,00

Ini buku antariksa pertama kami, harganya juga yang termurah yang pernah kami beli. Tapi biar murah, tetap dicetak dengan hardcover dan isinya lumayan lengkap. Dimulai dari penjelasan tentang ilmu astronomi, apa saja tugas astronom, teori pembentukan alam semesta, kehidupan di luar angkasa, galaksi, matahari, bintang, planet, asteroid, komet, rasi bintang, hingga teori tentang mahluk luar angkasa semua bisa ditemukan di buku ini.

3. Ensiklopedia Anak Hebat: Bumi

Penulis: Son Seung-hwi
Penerbit: BIP Gramedia
Harga: Rp125.000 (harga pertama terbit, sekarang sudah lebih murah)

Buku setebal 261 halaman ini diterjemahkan dari Earth Encyclopedia karya Son Seung-hwi asal Korea Selatan. Meski bukan buku khusus antariksa tapi isinya juga banyak mengulas tentang alam semesta seperti pembentukan ruang angkasa, galaksi, bintang, meteorit, dan matahari. Ilustrasinya berupa kartun lucu dengan warna warni menarik. Hardcover juga yaa :)

4. Ensiklopedia Cilik: Langit

Penulis: Emilie Beaumont dan Helene Grimault
Penerbit: BIP Gramedia
Harga: Rp25.000

Diterjemahkan dari buku anak berbahasa Perancis  "La Petite Imagerie: Le Ciel". Buku ini versi mininya Ensiklopedia Junior: Luar Angkasa, cocok untuk dibacakan ke anak usia prasekolah, ukurannya kecil dan tipis dengan penjelasan yang mudah dipahami, dan disertai gambar-gambar yang menarik. Anak-anak akan diajak mengamati langit pada malam hari, matahari, bintang, batuan di luar angkasa, bulan, awan, cuaca, dan penjelajahan luar angkasa.

5. Andai Cican Jadi Astronaut

Penulis: Richanadia dan Wahyu Hidayat (Pencipta karakter)
Penerbit: Noura Books, PT. Mizan Publika
Harga: Rp50.000

Hampir semua ibuk-ibuk yang punya anak balita kenal dengan Cican, ya kan? Di buku ini Cican berkhayal jadi astronaut dan bertualang mengelilingi planet-planet. Tiba di luar angkasa, Cican baru menyadari kalau tubuhnya menjadi ringan dan bisa melayang, demikian juga dengan benda-benda lain di sekitarnya.

Sebenarnya buku ini masuknya ke seri pengenalan profesi, bukan ilmu pengetahuan tentang astronomi. Tapi buat saya ini buku tergemaass, wkwkk.. Ilustrasinya lucu, fontnya mudah dibaca, dan menggunakan kalimat sederhana. Gara-gara buku ini Dek Raya, anak bungsu saya yang sekarang berusia 5 tahun jadi lancar membaca.

Baca juga Review Buku: Ayo Rawat Matamu


Buku nomor 1 sampai dengan 3 itu punya Arka (8 tahun), makanya besar, tebal, dengan penjelasan yang lengkap. kalau buku nomor 4 dan 5 punya Raya (5 tahun), ukuran bukunya masih kecil-kecil dengan penjelasan yang sederhana supaya dia gak keburu bosan saat dibacakan atau membaca sendiri.

Teman-teman punya rekomendasi buku seru juga buat anak-anak? Mau dong dikasih referensinya di kolom komentar, siapa tahu anak-anak saya tertarik :)

2 comments:

  1. Anakku pasti suka nih, jadi belajar makin asik dengan gambar-gambar pada bukunya aneka warna.

    ReplyDelete
  2. Anakku yg bungsu itu suka juga pengetahuan ttg astronomi. Selain baca, juga suka lihat di natgeo.

    ReplyDelete