Rekomendasi 5 Buku Astronomi Untuk Anak

Rekomendasi 5 Buku Astronomi Untuk Anak

Anak-anak saya suka sekali semua yang berhubungan dengan planet dan alam semesta. Mulai dari buku, film hingga permainan. Saat ke toko buku pun pilihannya pasti jatuh ke buku-buku yang bertema luar angkasa, sampai harus dibujuk dulu agar mau memilih buku yang lain, lha buat apa punya banyak buku yang isinya mirip? *emakmedit*


Cerita yang sama terulang lagi saat meminjam buku di perpustakaan, buku yang mau dibawa pulang temanya ya itu-itu juga, luar angkasaaa.. Saya sampai ikutan hapal apa saja yang termasuk planet dalam, planet luar, mainan-mainan DIY yang saya buat juga akhirnya kebanyakan bertema luar angkasa karena mengikuti kegemaran mereka itu.




Permainan itu biasanya kami mainkan sambil membaca buku, maksudnya biar lebih mudah dipahami. Dan saat saya posting kegiatan belajar kami di IG, ada saja teman yang bertanya judul buku yang dipakai. Kadang pertanyaannya belum sempat terjawab tapi keburu ketumpuk notif yang lain, maafkan.. Jadi sekarang saya jawab di sini saja yaa.

Semua yang saya sebut dibawah adalah buku-buku tentang luar angkasa favoritnya Arka dan Raya. Ada sih buku-buku lainnya tapi nggak terlalu lengkap dan Arka bilang nggak asyik. Memang kriteria buku asyik menurut anak itu yang gimana sih? Kalau saya mengenalinya gampang, lihat saja seberapa leceknya buku itu, makin lecek berarti makin sering dibuka dan dibawa sana sini.

1. Ensiklopedia Junior: Luar Angkasa


Penulis: Emilie Beaumont dan Marie-Renee Gulloret
Penerbit: BIP Gramedia
Harga: Rp110.000,00

Tampil dengan hardcover dan memiliki 122 halaman yang diterjemahkan dari ensiklopedia anak berbahasa Perancis "L'Imagerie de L'Espace". Isinya lengkap, mulai dari proses terciptanya alam semesta, kelahiran matahari, terbentuknya planet dan benda-benda langit, semua dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan disertai gambar-gambar menarik. Ada juga penjelasan tentang roket, penjelajahan ke bulan dan planet mars, serta kehidupan astronot di luar angkasa.

Dari beberapa seri Ensiklopedia Junior BIP yang kami punya di rumah, seri Luar Angkasa ini yang bentuknya paling kucel saking seringnya dibuka dan buat rebutan.


2. Seri Jelajah Sains: Antariksa


Penulis: Trija Fayeldi dan Syerif Nurhakim
Penerbit: Bestari Kids
Harga: Rp45.000,00

Ini buku antariksa pertama kami, harganya juga yang termurah yang pernah kami beli. Tapi biar murah, tetap dicetak dengan hardcover dan isinya lumayan lengkap. Dimulai dari penjelasan tentang ilmu astronomi, apa saja tugas astronom, teori pembentukan alam semesta, kehidupan di luar angkasa, galaksi, matahari, bintang, planet, asteroid, komet, rasi bintang, hingga teori tentang mahluk luar angkasa semua bisa ditemukan di buku ini.


3. Ensiklopedia Anak Hebat: Bumi

Penulis: Son Seung-hwi
Penerbit: BIP Gramedia
Harga: Rp125.000 (harga pertama terbit, sekarang sudah lebih murah)

Buku setebal 261 halaman ini diterjemahkan dari Earth Encyclopedia karya Son Seung-hwi asal Korea Selatan. Meski bukan buku khusus antariksa tapi isinya juga banyak mengulas tentang alam semesta seperti pembentukan ruang angkasa, galaksi, bintang, meteorit, dan matahari. Ilustrasinya berupa kartun lucu dengan warna warni menarik. Hardcover juga yaa :)


4. Ensiklopedia Cilik: Langit


Penulis: Emilie Beaumont dan Helene Grimault
Penerbit: BIP Gramedia
Harga: Rp25.000

Diterjemahkan dari buku anak berbahasa Perancis  "La Petite Imagerie: Le Ciel". Buku ini versi mininya Ensiklopedia Junior: Luar Angkasa, cocok untuk dibacakan ke anak usia prasekolah, ukurannya kecil dan tipis dengan penjelasan yang mudah dipahami, dan disertai gambar-gambar yang menarik. Anak-anak akan diajak mengamati langit pada malam hari, matahari, bintang, batuan di luar angkasa, bulan, awan, cuaca, dan penjelajahan luar angkasa.


5. Andai Cican Jadi Astronaut


Penulis: Richanadia dan Wahyu Hidayat (Pencipta karakter)
Penerbit: Noura Books, PT. Mizan Publika
Harga: Rp50.000

Hampir semua ibuk-ibuk yang punya anak balita kenal dengan Cican, ya kan? Di buku ini Cican berkhayal jadi astronaut dan bertualang mengelilingi planet-planet. Tiba di luar angkasa, Cican baru menyadari kalau tubuhnya menjadi ringan dan bisa melayang, demikian juga dengan benda-benda lain di sekitarnya.

Sebenarnya buku ini masuknya ke seri pengenalan profesi, bukan ilmu pengetahuan tentang astronomi. Tapi buat saya ini buku tergemaass, wkwkk.. Ilustrasinya lucu, fontnya mudah dibaca, dan menggunakan kalimat sederhana. Gara-gara buku ini Dek Raya, anak bungsu saya yang sekarang berusia 5 tahun jadi lancar membaca.

Buku nomor 1 sampai dengan 3 itu punya Arka (8 tahun), makanya besar, tebal, dengan penjelasan yang lengkap. kalau buku nomor 4 dan 5 punya Raya (5 tahun), ukuran bukunya masih kecil-kecil dengan penjelasan yang sederhana supaya dia gak keburu bosan saat dibacakan atau membaca sendiri.

Teman-teman punya rekomendasi buku seru juga buat anak-anak? Mau dong dikasih referensinya di kolom komentar, siapa tahu anak-anak saya tertarik :)


Day10

22 komentar:

  1. Anakku pasti suka nih, jadi belajar makin asik dengan gambar-gambar pada bukunya aneka warna.

    BalasHapus
  2. Anakku yg bungsu itu suka juga pengetahuan ttg astronomi. Selain baca, juga suka lihat di natgeo.

    BalasHapus
  3. Anak2 suka nih sama buku2 bulan, bintang, matahari dan planet2 lainnya, buku yanh didalamnya penuh warna memang bisa jadi daya tarik tersendiri bagi anak untuk membaca.

    BalasHapus
  4. Whaa si cican cerita ttg astronot juga. Anakku suka banget sama karakter ini. Anakku umur 5 thn jg suka ttg luar angkasa daan salah satu cita2nya mau jadi astronot tp ke luar angkasa sama Bunda, gubrak... ngakak ayahnya.

    BalasHapus
  5. Senangnya bisa ngajari anak pake buku2 astronomi. Pasti mereka tertarik lihat gambar angkasa ya mom.

    BalasHapus
  6. Anak saya lagi keranjingan baca ensiklopedia kayak gini mba, terus dia baca dan cereweeeettt banget jelasin ke emaknya, sampai puyeng dengernya tapi juga happy karena pemahaman anak jadi lebih luas :)
    Keren banget zaman sekarang ya, banyak buku-buku yang dikemas menarik agar anak lebih suka belajar dan membaca :)

    BalasHapus
  7. Feel bless bisa masuk dan kenal. Mba Yoanna... Tungguin aja, Ig sama blognya bisa aku bongkarin habis ini >.<

    BalasHapus
  8. Wuih keren-keren nih. Anakku yang nomor 3 suka banget dengan luar angkasa. Pastinya bakal hepi banget dia kalo baca buku-buku ini. Nyari ah. Semoga bisa dapet secara online.

    BalasHapus
  9. bukunya gemes2 ih.. bisa gak ya buat anak usia 1,5 tahun?

    BalasHapus
  10. Keponakanku pasti suka banget kalau aku beliin buku tentang luar angkasa. Soalnya kemarin nonton kartun tentang luar angkasa dan ternyata keponakanku suka banget.

    BalasHapus
  11. Saya udha lama gak beli buku anak karena anak-anak saya udah mulai remaja. Tetapi, untuk buku anak, terbitan BIP Gramedia memang salah satu yang paling recommended. Gambarnya bagus-bagus jadi bikin anak-anak tertarik

    BalasHapus
  12. Senangnya kalau anak-anak sudah fokus baca buku sesuai minatnya. Dilengkapi DIY peraganya pula. Salut!

    BalasHapus
  13. anakku 4 tahun, sampai sekarang masih tergila-gila dengan segala hal tentang dino & mobil pemadam, jadi punya buku seputar dino dan mobil pemadam, kayanya aq harus coba ngenalin juga deh buku tentang antariksa ini deh... mbak cek-cek buku rabbithole deh aq sih favorit sama buku-bukunya

    BalasHapus
  14. Lucu banget nih buku-buku anak tentang antariksa ini. Ntar anakku udah gedean aku kenalin ah sama buku-buku ini..

    BalasHapus
  15. Aku juga punya cita2 banget nih mom ngenalin antriksa gini sama anakku. Cuma belum sempat beli buku2 nya dan baru belajar lewat YouTube

    BalasHapus
  16. Wah iya ya selama ini cuma lihat di youtube, aku juga mau membelikan buku tentang planet-planet untuk sekalian belajar juga. Apalagi full gambar-gambarnya lucu semua gitu ya.

    BalasHapus
  17. Meski belum tahu fungsinya, melihat gambar seperti bulan bintang dan teman-temannya pasti bikin anak tertarik belajar lebih banyak lagi.

    BalasHapus
  18. jadi pengeb beliin juga ini buat naufal pasti dia bakalan seneng baca ini juga

    BalasHapus
  19. Swruuu banget yaaa bukunya. Nanti masuk ke wishlist buat Rio deh hihi. Aku dulu juga pengen jadi astronot �� cita cita bocah

    BalasHapus
  20. mom ensiklopedia junior luar angkasa kemaren sempat aku lihat di BBW tapi keurung gak kebelik karena udah belik banyak. hiks. kalo tau sebagus ini bakal aku ambil aja. semua disini aku catet mom pas banget aku mau ngenalin planet sama anak cowokku.

    BalasHapus
  21. Wah seru ya belajar soal antariksa di buku ini
    Salfa masih senang sama hewan jadi saya fokua ke situ. Dan juga lebih senang menulis anaknya jadi kubelikan wipe clean book.

    BalasHapus
  22. salam kenal. bener tuh, buku Ensiklopedia Junior: Luar Angkasa emang bagus buat anak-anak. sayangnya sekarang stoknya udah sedikit di pasaran. semoga aja nanti naik cetak lagi :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)