Monday, February 25, 2019

Menjelajah Mini Karimunjawa di Grand Maerakaca

Grand maerakaca Semarang

"Aku mau ke kudus hari Minggu, mau ikut sampai Semarang nggak? Nanti Bunda jalan sendiri sama anak-anak."
Begitu isi chat suami di hari sabtu siang. Apaan deh ini, ngajak ke Semarang kok kayak goreng tahu, dadakan. Tapi alih-alih ngedumel karena dadakannya itu, saya malah jawab,
"Terus di sana nanti aku kemana? Naik apa?"
"Aku ke Kudus bareng temenku. Bawa aja mobilnya, terus gugel tempat bagus di Semarang."
"Asiik, iya mau, berangkat jam berapa?"

Dan dengan modal nekad, akhirnya kami berhasil menjelajah kota Semarang bertiga saja. Tapi karena saya benar-benar buta Semarang, mobil saya tinggal di Paragon Mall lalu kami lanjut pakai taksi online, heheeeh. Alhamdulillah anak-anak selalu kooperatif dan menikmati perjalanan meski masing-masing harus membawa tas berisi baju ganti, minum, dan camilan.

Keliling Semarang
Siap keliling Semarang :)

Kami sempat berkeliling kota Semarang melewati Simpang Lima dan Lawang Sewu sebelum akhirnya memutuskan menghabiskan hari di Grand Maerakaca Taman Mini Jawa Tengah. Sengaja saya pilih tempat ini karena belum ada tempat wisata edukatif seperti ini di Jogja.


Grand Maerakaca Taman Mini Jawa Tengah

Grand Maerakaca Semarang

Grand Maerakaca, atau Grand Maerokoco, atau Puri Maerokoco (iyaah namanya banyak) adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan), nggak jauh dari Pantai Marina Semarang. Nama Maerakaca diambil dari salah satu bagian epos Mahabarata, tentang seorang Dewi di Khayangan yang ingin memiliki taman terindah berisi seluruh keindahan taman yang ada di muka bumi, dan diberi nama Taman Maerakaca.

Di sini kita bisa melihat berbagai miniatur landscape dan anjungan rumah daerah khas 35 kabupaten yang ada di propinsi Jawa Tengah, di dalam rumah-rumah itu terpajang hasil kerajinan dan industri yang diproduksi oleh masing–masing daerah. Mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, hanya tempat ini terfokus pada propinsi Jawa Tengah saja.

Grand Maerakaca Semarang
Tertarik foto di sini karena ada tukang satenya :))

Nggak cuma memiliki 35 anjungan adat, di Grand Maerakaca juga terdapat miniatur landscape dan bangunan bersejarah yang populer di Jawa Tengah seperti Sungai Bengawan Solo, Candi Borobudur, Benteng Pendem, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak dan lain-lain. Selain itu, Grand Maerakaca juga dilengkapi banyak sarana rekreasi seperti area permainan anak, arena outbond, danau, becak air, pasar apung, gerai kuliner, dan hutan mangrove lengkap dengan jalur trackingnya.


Tracking Mangrove Grand Maerakaca

Jujur, saya dan anak-anak kurang tertarik menyusuri berbagai anjungan adat di sana karena kebanyakan malah dipakai pengunjung untuk leyeh-leyeh beristirahat, malah ada yang tidur nyenyak di miniatur Masjid Agung Demak, huhuhuu kan jadi nggak bisa pepotoan. Sempat kecewa juga, udah nih? cuma segini aja?

Tapi karena sudah di dalam, kami tetap melangkah menyusuri tiap anjungan hingga sampai ke bagian belakang dan melihat danau cantik dengan jembatan putih megah, hutan mangrove dan jalur tracking di sekelilingnya, yeaay.. Katanya sih, Danau, hutan mangrove, dan jalur track-nya ini dibuat menyerupai Pulau Karimunjawa. 

Grand Maerakaca Semarang
Danau dan tracking mangrove Grand Maerakaca

Di lokasi ini tersedia aneka bentuk becak air dan perahu dayung yang bisa disewa seharga Rp.10.000/orang. Karena saya nggak yakin bisa menjaga dua anak sekaligus kalau naik becak air, kami memilih menyusuri tracking mangrove dan makan di kafe yang ada di atas jembatan gantung putih di tengah danau.

Sebenarnya menu dan rasa makanan di kafe ini sangat standar. Es tehnya terlalu encer buat saya dan pisang goreng keju yang kami pesan muncul dalam warna gelap alias gosong, hahaaah. Tapi suasana romantis yang tersaji di sekitar  jembatan dan danau mampu membuat kami melupakan rasa makanan tadi. 

Grand Maerakaca Semarang
Ngemil sore di tengah jembatan
Kalau teman-teman perhatikan foto di atas, ada deretan angkringan yang berjajar di tepian danau, namanya Angkringan Kemambang, kalau kita pesan makanan di situ, penjualnya bersedia menghampiri pemesan dengan perahu lho, unik yaa :)

Grand Maerakaca Semarang
Bermain di dalam hutan mangrove
Grand Maerakaca Semarang
Perahu dayung yang mengitari kawasan mangrove

Grand Maerakaca buka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Tiket masuknya Rp.10.000/orang. Lokasinya nggak terlalu jauh dari pusat kota kok, dari Tugu Muda Semarang cuma berjarak 5 km. 

Kemarin kami pakai taksi online dari Paragon Mall ke Grand Maerakaca kena tarif 21 ribu, dipotong voucher dan diskon jadi cuma 12 ribu, hohooo thank u Kak Nadiem :p

Buat teman-teman yang mau berlibur ke Semarang, selain Lawang Sewu, Kuil Sam Poo Kong, Vihara Watugong, dan Cimory, Grand Maerakaca ini boleh banget dijadikan alternatif tujuan wisata, nggak cuma ramah anak dan edukatif tapi juga seru juga buat kumpul bareng keluarga. 

Grand Maerakaca Semarang







34 comments:

  1. Viewnya cakeepp bangeett mbaa..
    Pengen naik perahu dayungnya :)

    ReplyDelete
  2. Waktu mudik kemarin aku sempat mau mampir ke GRand Maerakaca ini mba tapi gak jadi, udah kepanasan duluan hihihi.
    Jadi di sana mirip TMII tapi isinya tentang Jawa Tengah aja ya. Wah ada mangrovenya juga ternyata. Kalaugak baca postingan ini aku gak tertarik ke sana tadinya, tapi setelah lihat kok bagus juga ya buat ngisi waktu selama di Semarang lagi nanti.

    ReplyDelete
  3. Kadang-kadang beberapa resto memang hanya 'menang' suasana yang instagramable hehehe. Tapi, gak apa-apa lah sesekali cobain. Apalagi kalau bisa dapat beberapa foto yang cakep.

    Saya baru tau nih tetntang Grand Maerakaca. Padahal katanya tempat wisata ini udah ada sejak lama, ya ^_^

    ReplyDelete
  4. Asiknya jalan jalan dan santai di grand maerakaca ini.. sekarang mengajak anak jalan-jalan ngga khawatir lagi ya mba, sudah ada tempat buat mereka bermain sambil menikmati indahnya alam.. turun senang dengan adanya taman mini jawa tengah ini

    ReplyDelete
  5. Kabupaten Blora, sering denger tempat ini mba tapi belum pernah main kemari. Keren juga ada taman mini Jawa Tengah adan juga permainan air untuk anak jadi anak-anak enggak bosen.

    ReplyDelete
  6. ih lucuuu ada taman mini versi Jateng. Ini baru Jateng udah 35 anjungan ya. Indonesia benar-benar kaya!

    ReplyDelete
  7. Ternyata banyak juga ya mbak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Semarang. Bisa jadi referensi kalau saya mau liburan kesana. Kayaknya Grand Maerakaca ini bisa juga tuh jadi tujuan wisata sambil mengenalkan sejarah ke anak.

    ReplyDelete
  8. Seru sekali kalau punya suami yang gemar jalan jalan.klop deh.

    Masjid Demak agak berubah tapi tetap favorit kunjungan keluarga

    ReplyDelete
  9. Sayang ya tidak ke foto saat perahu mengantarkan makanan. Itu unik loh mba. Tapi keindahan hutan mangrove memang terlihat dan instagramable

    ReplyDelete
  10. Wah htm nya terjangkau ya kak cuma 10 ribu. Moga suatu hari aku juga bisa kesana

    ReplyDelete
  11. Waah...aku dan anak anak seneng banget nih dolan yang banyak pemandangan alam kaya gini. Suatu saat semoga bisa sampai kesana ngajak rombongan juga

    ReplyDelete
  12. Seruu jalan2 nya Mbak. Me time banget yaa.. seru bareng suami or pas ga ada mba? alhamdulillah ada taxi online jadi kebantu banget 😎

    ReplyDelete
  13. Di Semarang ada ginian juga. Patut dicoba nih. Aku udah lama ini gak mubeng2 Semarang. Kemarin cuma kewat aja karena ngejar waktu

    ReplyDelete
  14. Yahhh napa gak ngajakin akuuu kesana, kan bisa jadi teman jalan bareng meski sama anak-anak juga, Yo.
    Aku malah udah lama gak ke Maerokoco. Terakhir cuma numpang parkir waktu makan di warung ngehits seantero Semarang, yaitu bu Ana. Masakan seafoodnya enak tapi harga terjangkau tuh

    ReplyDelete
  15. Woow...bahagianya 2 jagoan cilik yg ganteng2 ini. Seneng ya punya Mama yg bernyali besar, hehe...Jadi pengen juga nih keliling Semarang.

    ReplyDelete
  16. Sekarang Semarang sudah banyak destinasi jalan jalan yang seru ya mbak. Mupeng banget bisa jalan jalan ke sini. Tiketnya masuknya juga murah meriah ya.

    ReplyDelete
  17. anakku paling senang nih diajak ke tempat wisata yang dikelilingi air gini, apalagi bila diajak naik perahu, makin betah dan gak mau pulang deh :)

    ReplyDelete
  18. kayaknya bukan hanya anak-anak yang senang berwisata ke sini yaa, Mba. Orang-orang dewasa juga pasti betah karena tempatnya bagus untuk foto-foto, hehehe :)

    ReplyDelete
  19. Ih keren banget tempat wisata nyaaaaa. Aku bookmark ya mba. Krn sepulang dr rantau ada rencana ke semarang ngunjungin uwa. Makasi banyak mba ulasannya 😍

    ReplyDelete
  20. Memang kalo bepergian kalo dadakan dan tanpa perencanaan sempurna justru sensasinya lebih seru yah mbak.

    Wah seru juga yah ternyata jalan2 di Grand Maerakaca. Jadi pengen ngajakin anak2 main ke sana juga nih.

    ReplyDelete
  21. Seru juga ya mbak jalan-jalan ke tempat wisata bareng anak-anak. Saya belum pernah ke Semarang nih. Injak Pulau Jawa pun belum pernah. Ngarepnya sih semoga suatu hari bisa berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  22. Kayaknya ada teman Blogger yang rumahnya deket banget sana grand Maerakaca mbk. Siapa ya, lupa aku... Nulis tentang ini juga, hadeuhh lupa pula hahaha.

    Bagus banget tempatnya, asik buat wisata keluarga ya mbk

    ReplyDelete
  23. banyak juga tempat yang bisa didatangi around this area ya mba. We haven't got a chance to visit this spot..

    ReplyDelete
  24. Masing masing kabupaten di Jawa tengah pastinya punya ciri khas ya kak...? Keren loh satu provinsi dengan 35 budaya yang diwujudkan dalam bentuk anjungan

    ReplyDelete
  25. Wah ini taman mini yang beneran mini ya. Keliling tempat ini pastinya bisa cuma sehari. Ga kayak taman mini di Jakarta yang luas banget.

    ReplyDelete
  26. Noted nih kalau ke Semarang mampir Grand Maerakaca. Woowww bertiga doankan ke sana maakk, berani ya hehe.
    Btw kalau bawa camilan dan makanan sendiri ke sana boleh gak sih?
    Itu pengunjung yg bobo dibangunin aja atau panggilin satpam haha

    ReplyDelete
  27. Waahh serunya bisa hang out bareng bocah ya Mba. bagus buat tempat menghabiskan hari krena spotnya yg macem2 :). Mangrovenya juga ada. :)

    ReplyDelete
  28. Waaah siaap nih kalo ke Semarang langsung masuk List, btw itu htmnya murmer bangeet...

    ReplyDelete
  29. Duh jadi pengen piknil liat ini hehe. Btw tempatnya asyik-asyik ya banyak spot foto juga semoga bisa kesana sama anak-anak.

    ReplyDelete
  30. Itu jogging track di kawasan mangrovenya salah satunya sumbangan dari pabrik dimana dulu aku kerja loooh... *hahaha ga penting banget

    Ih, ke Semarang enggak berkabar-kabar laaah... Tau gitu kan bisa kutemenin. Bisa jalan-jalan bareng kita. Asyik ya mengitari Taman Maerakaca ini. Konsep edukasinya bagus banget.

    ReplyDelete
  31. Aku ada rencana nih mau rombongan piknik ke Semarang

    ReplyDelete
  32. Wah, seru banget tuh pemandangannya. Banyak airnya. Hehehe... jarang lho aku dan keluarga main ke tempat yang banyak airnya. Makan dengan pemandangan air seperti itu, dan main perahu, seru.

    ReplyDelete
  33. Hutan mangrovenya bersih ya Mbak
    Seru kayaknya makanan diantar pakek perahu 😄

    ReplyDelete
  34. Cakep banget ya ternyata, kudu dijadwalkan ke sini sepertinya. Thanks infonya Mak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)