Thursday, February 28, 2019

Beauty Glossary, Yuk Berkenalan Dengan Istilah Kecantikan Yang Sering Dipakai Beauty Blogger (Part 2)


Selamat pagi,

Senang deh, artikel Beauty Glossary, Yuk Berkenalan Dengan Istilah Kecantikan Yang Sering Dipakai Beauty Blogger (Part 1) yang saya minggu kemarin dapat banyak komentar positif dari teman-teman, terima kasih yaa..

Jadi hari ini, kita lanjutkan dengan part 2 yang masih sama panjangnya dengan part 1 :)


K

K-Beauty: Sebuah trend kecantikan dan perawatan yang berasal dari Korea. Terkenal memiliki ritual perawatan yang  panjang seperti 10 steps methode dan 7 skins methode. Fokus perawatannya adalah melembabkan dan melindungi kulit dari sinar matahari agar mendapatkan kulit yang dewy dan flawless. Produk skincarenya yang sekarang banyak diminati adalah essence, ampoule, emulsion, dan sheet mask.


L
Lit: Istilah ini sering dipakai beauty influencer untuk menunjukkan hasil highlighter yang bagus dan membuat kulit glowing.


M

Matte: Tampilan wajah yang tidak berkilau atau berminyak, bisa disamakan dengan istilah "doff".


N

Naked Face: Istilah untuk menjelaskan wajah asli kita tanpa make up, mirip seperti bare face.

Non-comedogenic: Istilah untuk produk yang bahannya tidak menimbulkan komedo serta dapat mengurangi munculnya jerawat.

Baca juga Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm, Hilangkan Komedo Tanpa Sakit

NOTD: singkatan dari Nail of The Day, maksudnya dandanan kuku yang dipakai saat itu.


O

On fleek: Istilah untuk menyebut alis atau eyeliner yang terbentuk rapih sempurna.

Baca juga Beauty Hacks: Memakai Makeup Jadi Lebih Mudah Dengan Selotip Kertas

Opaques: Dalam bahasa inggris, Opaques berarti buram atau nggak tembus cahaya. Sementara dalam kamus beauty, Opaques punya arti agak mirip dengan pigmented, artinya warna yang dihasilkan sebuah produk sangat ppekat, jelas, dan mampu nutup permukaan kulit dengan baik. Istilah ini biasanya dipakai untuk menjelaskan intensitas warna suatu produk makeup, seperti lipstik, blush on, atau eyeshadow.

Outer V: Bagian pada mata yang terletak di sudut terluar, di bagian mata ini biasanya dibubuhkan eyeshadow berwarna gelap untuk membuat efek riasan smokey.

Oxy/Oxide/Oxidizing: Perubahan warna pada kulit wajah yang menjadi lebih gelap setelah beberapa jam memakai foundation. Proses penggelapan ini terjadi ketika produk foundation yang kita pakai bereaksi terhadap perubahan udara, oksigen, atau bercampur dengan minyak alami wajah. Produk yang mudah teroksidasi biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus.


P

PAO: Singkatan dari Product After Opening. Batas waktu kualitas produk setelah kemasannya dibuka. Misalnya tertulis PAO 6M, artinya produk itu bisa digunakan dalam jangka waktu 6 bulan sejak kemasan dibuka.

Patchy: Istilah ini digunakan ketika foundation yang kita pakai malah menonjolkan  area kulit yang kering atau mengelupas di wajah kita.

Baca juga: St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub, Exfoliator Sahabat Kulit Berjerawat

Pigmented: Istilah untuk menjelaskan produk makeup seperti eyeshadow, lipstick, atau blush on yang warnanya terlihat pekat dan jelas hanya dalam sekali olesan. vibrant dan jelas ketika dipakai. menggambarkan warna make up yang pekat danpa harus dipoles berkali-kali.

Poreclog: Istilah kedokteran yang dipakai untuk menyebut suatu bahan dalam produk yang bisa menyumbat pori.

Poreless: Istilah untuk menggambarkan kulit wajah yang memiliki pori-pori wajah kecil sehingga terlihat sangat halus.

Primer: Sebuah produk yang berfungsi sebagai dasar makeup, dipakai untuk menperhalus kulit dan memperbaiki kekurangan kulit sebelum memakai foundation.

Purging: proses pembersihan dan regenerasi kulit dengan membuang racun-racun pada kulit, proses ini bisa menimbulkan jerawat. Biasanya, jerawat akan timbul di bagian kulit wajah yang memang sering bermasalah. Misalnya jerawat kita sering muncul di dahi, maka saat purging jerawat akan muncul di dahi juga. Berbeda dengan breakout, jerawat bisa tumbuh dimana saja, bahkan di bagian yang paling jarang jerawatan sekalipun.


S

Serum: Produk perawatan wajah dengan molekul-molekul halus dan konsentrasi tinggi yang biasanya langsung menuju ke dalam pori-pori kulit.

Smokey Eye: Riasan mata yang menonjolkan penggunaan warna-warna gelap dan bold hingga memberikan efek dramatik.

Smudge/Smudging: Istilah ini memiliki dua arti. Pertama, 'smudge' yang merupakan teknik membaurkan makeup, contohnya eyeliner, tapi tepiannya agak 'digosok' hingga menghasilkan tampilan yang soft.
teknik makeup smudge
Sedangkan 'smudge' kedua adalah saat riasan mata luntur karena terkena air atau minyak berlebih di kulit, biasanya terjadi pada mascara atau eyeliner yang terkena air atau minyak kulit kita, dan kita menyebutnya mbleber :))
smudge karena luntur :)

Smudge proof: Produk maskara atau eyeliner yang punya ketahanan baik dan nggak mudah luntur.

Stay Power: Istilah lain dari ketahanan sebuah produk kosmetik menempel di kulit kita.

Strobing: Sebuah teknik makeup yang dilakukan dengan memulaskan highlight pada tulang pipi, hidung, dan daguuntuk membuat wajah terlihat lebih merona.

Swatch: Bagaimana penampakan warna produk kosmetik saat dioleskan ke kulit tangan.


T

T-Zone: Area di sekitaran dahi dan hidung yang jika ditarik garis akan membentuk huruf T.

Tearduct: sudut bagian dalam mata.

Tightline: Garis pada kelopak mata bagian atas

Tightlining: Istilah yang digunakan untuk teknik pemakaian eyeliner dibawah bulu mata.

Touch up: Merapihkan dandanan setelah lama beraktifitas. Misalnya memakai bedak dan lipstik lagi setelah selesai makan.

Transfer proof: Istilah untuk menyebut lipstik yang tidak meninggalkan bekas saat bibir kita menyentuhmya, misal saat minum atau mencium.

Tretinoin: nama lain dari Retin-A, Asam Retinoat atau Retinoic Acid, yaitu bahan yang digunakan untuk pengobatan jerawat. Obat ini juga kerap dijadikan bahan aktif pada produk anti aging.


U

Undertone: Warna asli kulit yang nggak akan berubah meski di bawah matahari atau ketika kita menggunakan pencerah wajah. Secara umum, undertone kulit dibagi jadi 3: warm tone, cool tone, dan netral.
skin undertone


W

Waterline: Garis pada kelopak mata bagian bawah, kebalikan dari tightline.

Whitecast: Istilah untuk makeup yang terlihat lebih putih dari seharusnya karena pemakaian produk sunblock/sunscreen yang memiliki kandungan SPF tinggi.

Baca juga: Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit


Sampai sini saya belum nemu lagi istilah yang berawalan huruf X-Z, jadi kalau ada teman-teman yang mau menambahkan, silahkan ditulis di kolom komentar yaa, supaya kita bisa sama-sama belajar.

Terima kasih :)

24 comments:

  1. Wah ini keren mba, aku jadi lebih ngerti biasanya kalau nonton beauty vlogger itu suka bingung doi ngomong apa. Aku save deh nih istilahnya.

    ReplyDelete
  2. Aku juga belajar dari ini biar bisa nulis konten beauty Hehehe

    ReplyDelete
  3. banyak banget ya istilahnya.
    Kalau saya lebih suka pakai bahasa sendiri saking ga tau istilahnya hahaha

    Keren banget emang para beauty blogger / vlogger itu, bisa hafalin dan makai istila tersebut sehari2, mungkin karena mereka udah terbiasa ya :)

    ReplyDelete
  4. TFS mba..jadi lebih faham kalau baca review2 para beauty blogger..hehe..

    ReplyDelete
  5. Wah banyak juga istilahnya ya saya hanya tau beberapa saja wkwk, makasih informasinya ya mba :)

    ReplyDelete
  6. Lengkap banget mba Yoaaan. Ada bbrp yg baru ku tau kaya smudge. Meski ga pernah make up, tp ku pengen bisa make up jadilah belajar dikit2 dl. Istilah2 ini ngebantu banget 😍

    ReplyDelete
  7. Wahhhh asik nih belajar tentang beauty dengan metode seperti ini.. jadi lebih mudah dipahami ya mbak... mmmm out of the box banget sih mba.. boleh neh aku terapin metode ini.. supaya lebih paham lagi akunya tentang beauty

    ReplyDelete
  8. Berasa gagal jadi wanita gak tahu istilah-istilahnya :-D paling serum sama mate aja yang tahu selebihnya masih kenalan

    ReplyDelete
  9. beberapa istilah saya sudah kenal, tapi kebanyakan belum tahu hihihi jadi tau nih tentang istilah yang dipakai beauty blogger

    ReplyDelete
  10. Karena gak akrab dengan dunia biyuti-biyutian, banyak istilah-istilah di atas yang baru saya tahu, hehehe :)

    ReplyDelete
  11. kayaknya saya harus lebih mengakrabkan diri lagi dengan dunia kecantikan nih agar membaca atau mendengar istilah di atas jadi gak bingung

    ReplyDelete
  12. Waw, banyak bener istilahnya dan aku hanya tau beberapa. Habis ini baca-baca lagi biar pas nonton video Beauty gak kaget dg yang diomongin

    ReplyDelete
  13. kosakata aku tentang beauty jadi nambah nih mba. Jadi ga akan roaming lagi tiap nonton beauty vlog.

    ReplyDelete
  14. Waah jadi tahu istilah-istilah perbeauty-an, dari semua istilah itu hanya beberapa yang saya tahu karena nonton video beauty vlogger di youtube, mesti banyak nonton nih biar nggak kudet, hehe

    ReplyDelete
  15. Banyak banget istilah yang aku gak tau mbak hehehe, maklum gak bisa dandan juga.
    Tapi sejak ngeblog jadi lebih banyak taulah istilah sama produk2 perawatan perempuan :)

    ReplyDelete
  16. Aduhh bingung mba istilah-istilahnya aku mending apalin perkalian deh wkwkw...

    ReplyDelete
  17. BAnyak juga ya istilan kecantikan yang dipakai beauty blogger. Cuma sedikit dari sekian banyak yang aku tahu, tapi makasih juga udah nulis ini. Nambah banyak lah meski nggak tahu juga apa hapal, karena jarang dandan, wkwkkk

    ReplyDelete
  18. Horeeee, lengkap sudah glossary nya :)
    Jadi tahu istilah2 makeup nih sekarang walau jarang makeup-an, lbh sering naked face gitu πŸ˜‚

    ReplyDelete
  19. Dan ternyata banyak istilah yang aku baru tau setelah baca artikel ini... Hehehe... Makasih sharenya ya kak

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah banyak Banget istilahnya ya Kak, heheheh jadi makin paham dan mengerti soal kosakata beauty blogger. Yang semuanya hampir makr English ya

    ReplyDelete
  21. Eeehh ternyata masih ada part 2-nya. Aku gak tau X-Y-nya nyerah haha. Wong yang mulai A aja cuma dikit tahunya :D
    Oh Matte itu yang pokoknya gak berkilau ya mbaak, kupikir bisa disamain sama "soft" :D

    ReplyDelete
  22. Asli aku bengong bacanya. Sambil nginget2 istilah yang pernah aku denger ketika nonton yutub. Wkwkkwk

    ReplyDelete
  23. Banyak sekali istilah yang aku belum tau nih. Okelah, ini layak dibookmark, agar suatu hari kalau baca artikel beauty blogger jadi paham apa maksudnya.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah mbak makasiiiih banget ya. Aku suka bingung tuh kalo baca2 caption beauty vlogger atau blogger do IG, atau di blog juga. Kadang ada beberapa istilah yg sering kudengar dan ngerti tapi kalau ditanya artinya apa, aku bingung. πŸ˜‚

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)