St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub, Exfoliator Sahabat Kulit Berjerawat

St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub

Nasib punya kulit muka sensitif kombinasi yang selalu berminyak di area T zone dan kadang juga muncul jerawat hormonal adalah saat teman seusia saya mulai pilih-pilih skin care anti aging, saya masih sibuk berburu skincare untuk wajah berjerawat, huhuuu.


Sebenarnya sudah lama saya sering lihat St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub ini seliweran di Sophee dan Tokopedia, dijual dalam kemasan full size maupun share-in-jar, tapi nggak pernah tertarik beli karena banyak yang bilang kulit berjerawat kalau di scrub bisa makin parah. Memang sih wajah berjerawat nggak bisa sembarangan memakai produk scrubbing, karena bisa-bisa malah makin iritasi dan meradang. 

Padahal scrub ini hype banget di banyak forum kecantikan sejak tahun 2017, Sudah 13 kali jadi pemenang Allure Reader's Choice Award untuk kategori skin-care product, bahkan disebut-sebut sebagai America's #1 Face Scrub Brand. Dan kemana aja aku selama itu?

Sampai Mbak Saddy Aulia mereview St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub di channel youtube-nya, baru saya tertarik mencoba juga. Memang apapun yang direview Mbak Saddy ku langsung pingin punya juga hahahah..


Kandungan Bahan St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub

"Our deep-cleaning 100% natural walnut shell powder and signature apricot extract in this face scrub work to give you soft, smooth, positively glowing skin". 
Dari reviewnya St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub diklaim bisa membersihkan pori secara mendalam, mencegah pertumbuhan jerawat sebelum jerawat itu tumbuh, mencegah munculnya komedo baru dan bisa memperkecil pori-pori. Dibuat dari 100% Natural Exfoliants seperti ekstrak buah apricot, dan butiran-butiran asli bubuk kulit kacang walnut (walnut-shell) yang bersifat biodegradable sebagai untuk bahan scrub-nya.

St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub mengandung Salicylic Acid 2% untuk mengatasi masalah jerawat. tanpa menggunakan paraben, bebas minyak, bebas dari bahan-bahan yang memicu alergi, dan juga non comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori.


Karena terbuat dari ekstrak buah aprikot, St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub mempunyai aroma buah yang segar dan sedikit manis, enak banget! Pertama kali mencoba saya lumayan kaget dengan butiran scrubnya yang besar-besar, tapi setelah diaplikasikan ke muka, ternyata butiran scrubnya nggak kasar apalagi bikin perih, malah scrub ini mudah 'berdaki' saat digosok pelan, jadi berasa banget deep exfoliationnya.


Kemasan Dan Harga St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub

St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub ini diproduksi oleh Unilver Amerika dengan harga Rp.65.000-Rp.120.000 tergantung dimana kita membelinya. Kemasannya berbentuk tube besar dengan isi 6 oz atau 170gr, lumayan banyak dan nggak habis-habis walau sering dipakai. Tutupnya berbentuk flip top dengan lubang besar, jadi kita nggak susah mengeluarkan isinya meski memiliki tekstur yang sangat pekat dan creamy dengan butiran scrub besar.

St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub


Cara Pakai St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub

Saya biasa pakai St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub 2-3x seminggu setelah membersihkan make-up dengan miccellar water, cleansing oil, atau cleansing balm (sesuai kebiasaan kita aja sih), dan sebelum memakai face wash. Kadang malah saya pakai sebelum memakai make-up agar kulit lebih halus dan membuat foundie lebih awet nempel di muka.

Untuk memakainya sebaiknya basahi area wajah dulu untuk melenturkan kulit wajah dan meminimalisir rasa panas ketika kita menggosok kulit muka. Keluarkan ST.Ives Fresh Skin Apricot Scrub secukupnya di ujung jari, ratakan ke seluruh area wajah, lalu dengan lembut lakukan gerakan pijatan memutar dimulai dari tulang pipi menuju dagu, lalu area hidung dan dahi. Beri fokus lebih pada area yang paling berminyak di sekitar wajah dan memiliki banyak komedo. Jangan lupakan juga area leher. Pijat lembut selama2-3 menit supaya kulit mati di wajah bisa terangkat dengan baik.

Saat sedang tidak terburu-buru saya juga menggunakan St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub sebagai masker. Saya aplikasikan scrub ini lebih tebal di wajah dan diamkan selama 5 menit sebelum digosok-gosok lembut. Tapi saya nggak pernah pakai scrub ini saat jerawat sedang meradang parah atau ada luka terbuka akibat jerawat yag baru saja pecah karena malah bisa semakin berjerawat dan menimbulkan iritasi.

Saya langsung jatuh cinta pada St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub sejak pemakaian pertama. Butiran scrubnya yang besar membuat wajah serasa lagi dibersihkan secara mendalam. Komedo di area hidung dan dagu berkurang drastis. Pertumbuhan jerawat nggak sebanyak sebelum pakai, kalaupun ada jerawat yang tumbuh, kempesnya juga lebih cepat, mungkin karena kulit aku akhirnya bisa bernafas lega. Dan yang jelas, kulit terasa lebih halus meski nggak tiap hari pakai scrub ini.


Jadi sudah pasti saya akan repurchase kalau yang ini sudah habis, tapi kayanya sih habisnya masih lama jadi saya akan mencoba varian scrub lain dari St. Ives seperti St. Ives Acne Control Apricot Scrub, St. Ives Rise Energize Coconut Coffee Face Scrub, dan St. Ives Radiant Skin Pink Lemon Mandarin Orange Face Scrub. 

Ada yang sudah pernah scrub St. Ives yang saya sebutkan barusan? Atau teman-teman punya face scrub andalan juga? Boleh dong share ke saya di kolom komentar. Terima kasih :)




27 komentar:

  1. Pengen pakai yang ini, tapi godaan produk lain saja belum kesampaian, hehehe
    Zaman sekarang banyak banget ya pilihan cleansing.

    Saya baru saja beli scrub nya Safi.
    Padahal sudah lama mupeng ama St Ives ini.

    Noted deh, kalau scrub saya habis, kayaknya mau cobain yang ini deh, biar wajah ga jerawatan :D

    BalasHapus
  2. Aduh jadi pengen juga, apalagi pas baca komedo di hidung dan dagu berkurang drastis setelah pemakaian.

    BalasHapus
  3. Aku suka pakai scrub, karena memang kerasa lepasin sel mati.
    Hanya kalau udah cape, udah males lagi, paling bersihkan muka pakai micelar water

    BalasHapus
  4. kemarin ke Watson pengen beli, tapi kata si mbak-mbak di counter mendingan jangan dulu karena lagi jerawatan. Mungkin ini bukan buat jerawat yang aktif ya. dan akhirnya malah beli Senka :D

    BalasHapus
  5. Saya seneng pakai scrub. Wajah kayaknya jadi lebih halus. Tetapi, ini hanya khusus yang berjerawat, ya? Soalnya saya jarang jerawatan. Padahal kayaknya seger tuh ada apricotnya

    BalasHapus
  6. Aku udah lama nih pengen cobain scrub yang lagi hype ini. Berarti cocok ya mba buat kulit yang acne prone? Bikin kulit kering, ga? Kulit saya kering tapi gampang jerawatan.

    BalasHapus
  7. btw, ini selalu terlihat jika aku lagi main ke guardian atau watson atau century atau di supermarket... pingin coba tapi selalu terlewat. ternyata bagus ya. boleh deh kapan2 nyobain juga

    BalasHapus
  8. Scrub nya Yoan taruh di kulit, terlihat butirannya yang kasar. Aku suka kalo butiran nya creamy gitu, jadi berasa dibersihkan benee2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keliatannya kasar krn teksturnya yg besar, tapi setelah dipake enggak kok mba. Karena ini dari walnut asli

      Hapus
  9. aku juga sama daerah T emang duh ga bisa ngomong de hahhaa aku belum cobain scrub st ives ini mba jadi pengen coba

    btw itu mba saddy apa sandy mb?aku mikirnya yg artis itu Sandy heehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheeh Saddy Aulia mba, dia beauty vlogger :))

      Hapus
  10. Wah khusus utk jerawatan ya..saya jarang jerawatan deh, sesekali aja sih cuman satu atau dua itu jg gak lebih....hihi..

    BalasHapus
  11. Pemilihan produk untuk wajah yang memiliki kombinasi jenis kulit akan membantu kita mengeluarkan kotoran .


    St ives fresh skin apricot scrub semoga di jual di indonesia

    BalasHapus
  12. Aku suka banget dengan scrub! Soalnya kerasa beraih di kulit.. dan apricot pasti wanginya enaaak

    BalasHapus
  13. Aku mau beli ini kok ya belum jadi-jadi padahal dah lama pengen nyobain untuk mengurangi sel kulit mati di area hidung ku mbak.

    BalasHapus
  14. Nasib aku banget ini mah, sensitif dan ga bisa pake macem-macem asal produk perawatan dan kecantikan.

    Kalo yang alami gini biasanya aku mau coba. Makasih ya, bisa jadi rekomendasi aku banget ini mah. Hehe

    BalasHapus
  15. Gak punya semua.. gak pernah semua mba. Sedih akutuh ga punya skincare macem2 gitu..hiks

    BalasHapus
  16. Selama ini aku pakai scrubnya Wardah.
    Dan hasilnya...kurang memuaskan.

    Aku belum nemu scrub yang oke niih...
    Mau coba St Ives jugaa aah~

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah coba kalau st ives scrub mbak, aku udah hampir 2 tahun ini pakai dari Body Shop

    BalasHapus
  18. Lha ternyata scrubnya banyak macamnya hehe. Intinya yang St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub pokoknya cucok ya mbak buat kulitmu :D Kyknya jd pengen nyoba jg nih :D

    BalasHapus
  19. Belum pernah mencoba sih tetapi baca testimoninya sepertinya bagus ya, apalagi ini kandungannya buah-buahan

    BalasHapus
  20. aku kalau exfoliasi kulit pakainya toner sih
    belum pernah coba scrub begini
    sepertinya ini bagus yaaa..
    aku mau coba lain kali ahh.,

    BalasHapus
  21. Aku udah lama gk pake scrub, pakenya facial foam biasa. Dulu andalannya clean and clear

    BalasHapus
  22. Mantep banget itu dapat penghargaannya. Aku kan jadi penasaran pingin nyoba.

    BalasHapus
  23. wah saya belum pernah nyba produk ini mba, cocok gak yah dngan kulitku, apalagi sesitif dan mudah berjerawat

    BalasHapus
  24. belum nyobain st ives ini, banyak banget yang pake dan bilang bagus ya, cuma bingung mau nyoba yg mana dulu hahaha

    BalasHapus
  25. aku pernah pake sih, punya kakakku, tapi krn cuma sesekali doang, jd kyknya ga beras efeknya yaa :D. yg pasti awalnya aku juga ragu krn scribnya gede dan kasar. udh takut aja bkl bikin kulit iritasi. tp untungnya bbrp kali pakai ga kenapa2.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)