Friday, March 01, 2019

Tips Foto Selfie Yang Menarik, Percaya Diri Dan Ekspresif

Tips Foto Selfie Yang Menarik
Pic source: hihonor.com

Selfie typically refers to self-portrait photos taken with the camera held at arm's length, as opposed to those taken by using a self-timer or remote. A selfie, however, may include multiple subjects. As long as the photo is being taken by one of the subjects featured, it is considered a selfie.

Sejak produsen smartphone berlomba-lomba membekali produk mereka dengan kamera depan beresolusi besar nan canggih, foto selfie alias swafoto seperti sudah menjadi sebuah kebutuhan.  Mulai dari dedek-dedek emesh sampai presiden, Everybody takes a selfie.
"Aaah saya mah nggak pernah selfie, nggak suka."
Ya nggak apa-apa sih. Teman-teman yang mengikuti instagram saya juga tahu kalau saya sebenarnya lebih suka difotoin dari jarak jauh, dan juaraaang sekali selfie. Tapi saya tetap merasa harus menguasai trik dan tips foto selfie yang menarik, percaya diri dan ekspresif. Buat apa? Buat godain suami kalau dia lagi jauh dari saya, iya sereceh itu aja sih alasan saya :p

Eh tapi meskipun kebanyakan kamera depan smartphone sudah mampu menghasilkan foto selfie yang bagus, masih ada loh foto selfie yang membuat penontonnya ngelus dada, penuh pipi aja gitu selayar hahaah. Padahal sebenarnya, dengan trik yang tepat, semua orang bisa menghasilkan foto selfie yang menarik dan nggak membosankan. Nah, supaya bisa menghasilkan foto selfie yang menarik, yuk kita coba beberapa tips di bawah ini :)

1. Pilih latar belakang (background) yang menarik.

Tips foto selfie yang pertama adalah temukan latar belakang yang menarik dan unik. Selain tempat-tempat indah seperti pantai, pegunungan, atau bangunan landscape yang sudah terkenal, kita bisa kok mendaptkan foto selfie keren di area gedung atau rumah, cari tembok yang memiliki tekstur dan warna menarik, atau sudut ruang dengan interior dan desain unik. 

2. Pelajari angle terbaik kita.

Tips foto selfie kedua adalah sering-sering latihan selfie untuk mengenal angle terbaik kita. Miring kiri, miring kanan, lihat atas, lihat bawah, senyum, manyun, kedip-kedip, cobain aja semuanya, nggak apa-apa kok, asaaaal jangan cekrek dikit upload yaa.. bisa di unfollow massal nanti, LOL.

Usahakan menggunakan konsep rules of third supaya foto selfie kita nggak membosankan, posisikan wajah di pojok kiri atau kanan frame, gunanya untuk membuat komposisi menarik antara wajah dan background di belakang kita.

Konsep rules of third

3. Pastikan foto terlihat terang dan tidak blur.

Tips Foto Selfie yang terakhir adalah gunakan cahaya alami berlimpah. Aturan ini nggak cuma berlaku untuk foto selfie sih. Karena sejatinya fotografi adalah sebuah seni melukis cahaya, maka poin ini menjadi maha penting. Nah, salah satu kesalahan paling umum seseorang saat selfie adalah memaksakan diri mengambil foto di tempat minim cahaya, hasilnya foto selfie yang mereka unggah terlihat gelap dan blur. 


Cara mengatasinya dengan mencari sumber cahaya yang baik. Bisa dengan memanfaatkan cahaya ilahi alias sinar matahari atau berdiri di bawah lampu yang terang. Lebih bagus lagi kalau pakai smartphone yang memiliki kamera depan beresolusi tinggi hingga bisa menyesuaikan dengan kondisi cahaya di sekitar. 


HONOR 10 Lite, For those who are confident and expressive!

Salah satu smartphone yang memiliki kamera depan mumpuni untuk selfie adalah Honor 10 Lite yang resmi dikenalkan pada publik pada 27 Februari kemarin. Honor 10 Lite dibuat menyempurnakan jejak pendahulunya Honor 9 Lite dan Honor 10 yang sudah terkenal mampu menghasilkan foto selfie dengan kualitas apik. 

Honor 10 Lite

Nggak tanggung-tanggung, Honor 10 Lite menanamkan Kamera depan 24 MP (Mega Pixel) sebagai fitur utamanya dan masih didukung oleh teknologi Artificial Intelligent (AI) 8 pixel-binning, sebuah teknologi penggabungan piksel untuk mengurangi noise dalam foto dan mampu mengenali delapan adegan berbeda. Kamera depan Honor 10 Lite juga memiliki aperture alias bukaan lensa f/2.0 yang memungkinkan kita menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh.

Teknologi AI pada mode portrait kamera depannya juga dapat digunakan untuk mengatur cahaya dalam foto, mengubah bentuk wajah, warna kulit, ukuran dan warna mata, memutihkan gigi, serta memberi efek kecantikan sesuai usia dan jenis kelamin, ohemjii.. ini smartphone atau dokter bedah plastik sih?

Dari tadi ngomongin kamera depan aja sih mak? Kamera belakang gimana? Tenang aja, buat teman-teman yang lebih suka membidik makanan, produk, dan bangunan, Honor 10 Lite memberi kita kamera belakang beresolusi 13MP dengan aperture mencapai f/1.8 (wah setara aperture lensa mirrorless akuh lohh..) Selain kamera utama sebesar 13MP, masih ada lagi kamera sekunder 2MP yang berperan sebagai depth sensor dan dilengkapi juga dengan LED flash.

Honor 10 Lite


Honor 10 Lite memiliki layar FHD berukuran 6.21 inch (2340 x 1080 pixel) dan berjalan menggunakan sistem operasi EMUI 9.0. Sementara untuk prosesornya, smartphone ini dilengkapi Huawei Kirin 710 octa core dan didukung oleh GPU Turbo 2.0 serta memiliki RAM 4GB/64GB.

Spesifikasi HONOR 10 Lite

Colors:
Sky Blue
Midnight Black
Vibrant Gradient Color
Display:
DewDrop FullView Screen
6.21 – inch 2340 x 1080 pixel FHD display
Over 90% screen-to-body ration
19.5:9 bezel-less display
Multi touch-sensitive screen
Processor dan Memory:
Huawei Kirin 710, Octa Core (4 x Cortex A73 2.2 GHz + 4 x Cortex A53 1.7 GHz)
RAM: 4 GB
ROM: 64 GB
GPU Turbo 2.0
Software:
EMUI 9.0 (Based On Android 9)
Front Camera:
24 MP AI Front Camera
F/2.0 aperture
AI recognition of 8 scenarios
4-in-1 light fusion technology exposure compensation technology.
3D Potrait lighting with multiple lightning option
Soft Lightning
Butterfly Lightning
Split Lightning
Classic Lightning
Stage Lightning
Rear Camera:
13MP + 2MP Kamera utama
F/1.8 + F/2.4 Aperture
Handheld night photography enabled by Ai Powered Image stabilization (AIS)
AI Portrait mode
Baterai:
3400 mAh
3G Call standby Up To 19 Jam
Standbye Time : Up To 612 Jam
Interface:
Headset Type 3.5mm
Micro USB
Nano-SIM or MicroSD card slot
Sensors:
Fingerprint sensor
Proximity Sensor
Ambient light sensor
Digital Compass
Gravity Sensor
Price:
IDR 3.299.000

Menurut Bapak Justin Li, Presiden Honor Indonesia. Honor 10 Lite dihadirkan khusus untuk orang-orang yang aktif, energik, percaya diri, dan ekspresif seperti influencer media sosial termasuk blogger dan vlogger yang sangat bergantung pada kinerja smartphone terutama kameranya. 

Saat peluncuran kemarin, berbarengan dengan Honor 10 Lite dirilis juga Honor 8A untuk mereka yang suka mendengarkan musik dengan smartphone. Honor 8A memiliki kualitas suara yang luar biasa karena memiliki rongga suara besar dan struktur dual-suspensi berpadu dengan speaker SmartPA berdaya tinggi. 

Honor 10 Lite

Honor 8A ternyata juga dilengkapi dengan kinerja baterai 3020 mAh yang membuat kita bisa menikmati musik favorit sepanjang hari, serta didukung memori eksternal hingga 512GB yang mampu menyimpan banyak sekali lagu kesukaan. 

Honor 10 Lite dijual secara online di Shopee dan offline di Honor store. serta toko mitra Honor seperti Erafone. Sementara Honor 8A hanya tersedia online di https://shopee.co.id/honorindonesia

Jadi teman-teman lebih suka yang mana? Honor 10 Lite atau Honor 8A? Saya kok kepingin dua-duanya yaa :p

60 comments:

  1. Wajib selfie kalau sudah miliki Honor 10 Lite.

    ReplyDelete
  2. Ini smartphone canggih bener
    klo foto aku pasti auto gantengm bener g mbak? hehehe

    ReplyDelete
  3. Baterainya awet, kalau bepergian jadi tenang

    ReplyDelete
  4. Smartphone yang kaya fitur ya mbak, terlebih kameranya menghasilkan foto selfie yang bagus dan menawan. Mupeng dg produk Honor yang selalu tampil elegan.

    ReplyDelete
  5. Makin percaya diri deh selfie2 pakai hape anyar ini.. Kece banget..

    ReplyDelete
  6. Kamera hp yg mantap adalah koentji

    ReplyDelete
  7. spec-nya mantap banget ya

    ReplyDelete
  8. Mupeng banget nih sama performa Honor 10 Lite. Bisa jadi smartphone andalan untuk aktivitas digital karena specnya yang sangat mendukung.

    ReplyDelete
  9. Konsep rule of third ini, aku juga suka nih. Jadi background masih kelihatan. Tapi kadang pengarah gaya malah bilang, ini objeknya kurang di tengah. Lho lah.. harus banyak-banyak belajar lagi nih kita

    ReplyDelete
  10. Ngeri liat spesifikasi dari Honor 10 Lite ini. Takut ketagihan selfie di mana-mana. =)

    ReplyDelete
  11. Wah canggih bener. Selfienya jd oke punya. Btw rules of third itu emang ciamik buat flatlay jg

    ReplyDelete
  12. Pake kamera smartphone ini, hasilnya pasti bagus. Gak perlu ahli fotografi untuk menggunakannya

    ReplyDelete
  13. Wah jadi bagus nih selfienya pake honor ya. Sering liat juga iklannya di shopee, ternyata emg launch nya disitu ya

    ReplyDelete
  14. Keren ya, kamera depannya 24 MP. Ini pas banget buat dipakai ngevlog seperti ala-ala tutorial, review make up, atau tema traveling. Trus pakai AI lagi. Dijamin bikin foto kita hasilnya nggak jadi lebih jelek dari aslinya kita. Hehehe...

    ReplyDelete
  15. Kamera depannya dahsyat euy 24 MP. Jangan2 ntar habis ini aku selfie langsung jadi kinclong kayak Dewi Sandra hihii.. Makin dimanjakan ya kita dengan smartphone fotografi yang udah dibekali spec tinggi.

    ReplyDelete
  16. makasiih kak tips foto selfie yang menarik nya. eh ternyata honor 10 lite punya semua kemudah buat selfie ya

    ReplyDelete
  17. Kerennn ya HONOR 10 Lite...

    ReplyDelete
  18. Sy baru tau rule of third ini Mba Yoanna. Selama ini take take foto aja hehe. Kadang wajah semua ya.. Makanya kdg punya foto selfie, tp gak di uplot, krn rasanya ada yg kurang :)

    ReplyDelete
  19. Naksir smartphone ini karena gradient color sama kameranya. Bisa puas nih selfie siang malam sama front camera 24 MP hehehe

    ReplyDelete
  20. Honor 10 ini unik ya kamera belakang lebih kecil dibandingkan kamera depan. Tapi kerennnn banget kamera depannya bisa sampai 24 MP pasti bisa puas selfie :D

    ReplyDelete
  21. Honor 10 ponsel andalan pencinta fotografi.Alasan kita mengabadikan momen tertentu demi pekerjaan, hobi, atau untuk kenangan. Kalau yang sekadar iseng entahlah. Saya biasa melakukan tiga hal di atas. Sedih karena ponsel saya tak menunjang. Kerap kesal kalau tak seindah warna aslinya, ada kekurangan dalam penerimaan cahaya karena resolusinya memang rendah. Padahal, panorama alam atau malam itu kerap indah banget karena di kampung. Sulit juga jika swafoto karena layar kecil jadi tak leluasa ambil latar belakang secara bagus. Ehm, Honor itu kayaknya ponsel idaman para narablog, he he. Sayang saya belum sanggup membelinya. Ponsel yang menambahkan AI akan memudahkan pengguna. Zaman gini serbacepat dan butuh yang canggih.

    ReplyDelete
  22. Aku pun jarang foto selfie, berasa nggak pede gitu, tapi kadang butuh foto selfie untuk posting foto makeup look, kalau foto pakai honor 10 lite pasti pede ya, kamera depannya kece banget 24 MP

    ReplyDelete
  23. Aku termasuk yang suka selfie tapi jarang upload selfie-an ha-ha-ha. Entah kenapa lebih suka difotoin jauh juga. Tapi koleksi foto Selfi ada dong, buat dikirim ke Uda. Makin cakep hasil selfie pake Honor pasti makin sering kirim kirim selfie ke Uda hahahaha

    ReplyDelete
  24. Nah ..aku banget nih yg ga suka Selfi tapi kadang terpaksa harus melakukannya demi konten ..*eh hehe.. Dan pecinta Selfi & oelotoan dimanjakan banget ni ya dg kamera ini! Mantuuul..

    ReplyDelete
  25. Kamera depannya, bisa bikin hemat uang skincare ya, Mbak... Wkwkwkw...

    Tapi yang saya suka, baterainya kelihatan awet banget ini. Jadi ngga perlu khawatir saat datang ke event ya. Asal udah di-charge full mah, kuat buat foto-foto dan live tweet yaa.. hihi..

    ReplyDelete
  26. Wah bener juga kalau mau selfie perhatikan angle nya. Haha aku kebiasaan asal jepret aja jadi harus beberapa kali ngambil foto. Btw ini Honor Lite ini spesifikasinya dan fiturnya mantap, cuma 3 jutaan wah jadi pengen beli euy.

    ReplyDelete
  27. Ngeriii, kamera depannya udah 24 MP, hasilnya pasti cetar badai nggak kelihatan bintik jerawatnya, hihii
    Bisa jadi modal traveling buat mamak demen selfi nih

    ReplyDelete
  28. Deuh kalau pakai ini jadi makin cantik gimana dunk mba wkwkk
    *Timpuk rame2*
    Selfie adalah kebutuhan karena dari situ aku bisa ngaca diriku seperti apa dan mana yg harus kuperbaiki
    Maka kalau ada alat yg canggih buat mbantu "ngaca" tentu sangat menyenangkan

    ReplyDelete
  29. Foto selfie tuh penting punya kamera depan yang bagusss.. kalo kamera depannya burek aduuh jadi gak bagus hasilnya haha *pengalaman

    ReplyDelete
  30. Jangan cekrek sedikit upload bener banget mbak, pernah lihat misalnya ambil 10 foto selfie semuanay diupload hihhi gpp sih itu hak dia cuma kalo sama aja kelihatannya kan mubazir ya.
    Tiap orang punya angel favoritnya masing-masing ya, kalau foto ramai-ramai aku lebih suka di sebelah kanan, kayanay kalau selfie juga deh.
    Honor 10 Lite bagus ya buat selfie, pantesan aja sejak adikkku ganti hp jadi honor foto2 dia makin bagus padahal biasanya asal aja dia motonya :-D

    ReplyDelete
  31. Aku suka sama kamera depannya Honor 10 lite ini. Cocok buat para vlogger. Ga cuman cantik untuk selfie aja ya

    ReplyDelete
  32. Keren banget ya hp Honor Lite 10 ya banyak juga keunggulannya. Apalagi kita blogger peru banget nih gadget yang mendukung kinerja ya

    ReplyDelete
  33. Iya tuh background penting banget.
    Posenya udah bagus, eh kok background nya jemuran hehe.

    ReplyDelete
  34. Kameranya bagus ya ini bagus banget untuk menampung pekerjaan sebagai blogger kamera yang mantap banget hasilnya

    ReplyDelete
  35. Saya gak suka selfie juga, tapi kadang terpaksa selfie buat kerjaan. Mau gak mau butuh juga hp yg selfie expert begini

    ReplyDelete
  36. Foto selfie dengan kamera honor 10 lite in pasti membuat cewek-cewek makin cantik yaa, Mba. Dengan begitu jadi makin pede aplot foto selfie di medsos :)

    ReplyDelete
  37. Dengan spesifikasinya yang oke banget dan harga yang ramah di kantong, saya yakin smartphone honor 10 lite ini bakalan jadi smartphone andalan kaum millenial nih :)

    ReplyDelete
  38. jadi ini kamera juara untuk para pecinta foto and terutama selfie yaa mba. Well-noted then..aku masih setia dengan yang aku pakai sekarang hehehe

    ReplyDelete
  39. Selfie untuk menggoda suami yang sedang jauh? Kok baru kepikiran sama saya, ya, Mbak. Mau ngikutin ah...heheheh
    Kebetulan ada ponsel Honor di rumah, tapi tipenya masih yang dulu. Lihat keunggulan yang terbaru, jadi pengen diganti.

    ReplyDelete
  40. Wah, hape yang bikin kesenengan tukang selfie kayak aku nih. Emang sih, sejak wara Wiri di TL tentang hape ini, aku jadi kepikiran kepengen ganti hape lama dengan ini. Harga segitu termasuk murah ya jika dibandingkan sama fitur segambrengnya.

    ReplyDelete
  41. Honor LIte 10 nggak bisa dipandang sebelah mata, ponsel pintar yang cetar
    Wajib dimiliki oleh semua orang yang hidup di generasi sekarang. Apalagi buat kerja, nih ponsel kece

    ReplyDelete
  42. Mupeng baca spesifikasi dari band honor 10 lite ini. Apalagi tahu klu kamera depannya sampai 24 MP gitu. Cocok banget nih ponsel ini buat yang suka selfie

    ReplyDelete
  43. cakep ya hp nya mba, jadi pengen punya juga hehehe

    ReplyDelete
  44. HPnya keren banget deh ini, Honor 10 Lite emang keren banget deh

    ReplyDelete
  45. Makin banyak smartphone berkelas ya mbak, foto selfie jadi semakin canggih, dan semakin bingung dengan banyaknya pilihan. Tp Honor ini jd salah satu smartphone yg bakal aku pilih sih klo hp lamaku tiba2 rusak hihi

    ReplyDelete
  46. Yeayyyy... ada smartphone kece lagi nihhh.. yang memanjakan kita-kita..

    ReplyDelete
  47. Wow terimakasih tipsnya. Smartphone yg keren jg penting nih ya

    ReplyDelete
  48. Sayang banget aku sampe sekarang ngga tau angle terbaik itu sebelah manaaa hahahahha, apakah aku harus ganti ke honor10lite biar bisa dapetin hasil selfie yg cucmey? :D (bertanya pada rumput yg bergoyang) hahahhaha

    ReplyDelete
  49. Puas-puasin selfie deh kalau pakai Honor 10 lite hehehe. Enaknya selfie itu, ambil foto beberapa kali juga gak diprotes sama yang motoin :D

    ReplyDelete
  50. Kalau saya yang penting muka jadi kelihatan mulus aja mbak, PD buat share ahahahaha. Baik banget emang produk smartphone jaman sekarang yaaak 😁

    ReplyDelete
  51. Aku sih mau-mau aja kalau dikasih keduanya, Yo :)) Bakalan makin percaya diri untuk selfie nih kalau hasilnya bisa bening banget. Gimana enggak cetar kan kalau kamera depannya 24MP gini. Amazing laaahh...

    ReplyDelete
  52. Syukak dan ngakak juga pas sampai di bagian ini:

    "... asaaaal jangan cekrek dikit upload yaa.. bisa di unfollow massal nanti!"

    Baidewei, ini racun, racun...
    Bikin ngiler tingkat dewa.
    Specnya itu lho, sesuatu!

    ReplyDelete
  53. Selfienya bermanfaat utk suami πŸ˜ƒπŸ˜
    Klo efek bokeh cakep duh jadi mau hp ini mbaak. Review bagus, speknya juga pasti kekinian deh ini.. mau yg sky blue akuuu

    ReplyDelete
  54. Kalau saya, selalu cari tempat yang menarik dan unik untuk dijadikan latar belakang foto. Gak papa ambil foto dari jauh juga, sayanya hanya keliatan kecil, tapi yang penting latar belakangnya yang bagus hahaha

    ReplyDelete
  55. Haaa Hp impian banget ini. Kameranya itu loh keren banget. Bikin video bakalan lebih gampang ini

    ReplyDelete
  56. Benar-benar menyasar konsumen yang suka selfie nih, resolusi kamera depannya lebih besar dari kamera belakang.

    Warna birunya keren, jadi tergoda juga buat memiliki

    ReplyDelete
  57. Harus banyak belajar lagi tentang rules of third!

    Aku juga pernah baca, salah satu kiat agar mengetahui rahasia "kekuatan" pose adalah dengan melakukan "trial and error" artinya, kudu sering foto-foto, sehingga ntar bisa ketemu formula pose yang mantap!

    Apalagi kalau eksplornya ditemani Honor 10 Lite, sempurna!

    ReplyDelete
  58. Dua-duanya aja..Honor 10 Lite baut saya, Honor 8A buat anak lajang sajaa hahaah
    Mupeng dengan kameranya terutama :)

    ReplyDelete
  59. Aku aku gak pede kalau selfie, sukanya lbh banyak begron ketimbang aku, akunya kecil aja hahaha :P
    Tengkyu tipsnya mbak bis adipraktikin nih.
    Kalau kamera hapenya sebagus kamera hape Honor 10 Lite bakaln selfie terus yaaa

    ReplyDelete
  60. Kayaknya kalau aku pakai handpone ini, bakalan sering sering selfie deh. Hihihih. Soalnya kualitasnya emang bagus banget ya. Harganya mnurutku masih terjangkau :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)