Review Buku: Ayo Rawat Matamu

Review Buku Anak Ayo Rawat Matamu

Bima suka sekali membaca. Di mana saja dan kapan saja, malah kadang sambil tiduran hingga larut malam. Akibatnya mata Bima lelah. Keesokan harinya, Mama Bima mengajak Bima dan adiknya, Mia, memeriksakan mata mereka ke dokter mata. Syukurlah, menurut dokter mata Bima dan Mia sehat.

 

Sebelum pulang, Dokter juga menjelaskan kepada Bima semua hal tentang cara merawat kesehatan mata, penyakit-penyakit yang bisa muncul akibat mata yang tidak dijaga dengan baik, dan bahaya apa saja yang bisa mengancam mata kita. Bima senang sekali, terlebih karena pak Dokter memberinya hadiah sebuah poster mata. Bima berjanji mulai sekarang akan selalu merawat matanya dengan baik.


Kisah Bima ini bisa kita temui di dalam buku berjudul Ayo Rawat Matamu! Sebuah buku pendidikan kesehatan untuk anak karya dr. Fransisca Handy Sp.A dan Dian Kristiani, seorang penulis yang sudah menghasilkan lebih dari 150 buah buku anak.

Sejak anak-anak punya gadgetnya sendiri-sendiri dan si kakak mulai senang membaca komik, saya memang membutuhkan buku atau bacaan apa saja yang bisa membantu saya menjelaskan ke anak-anak pentingnya menjaga kesehatan mata. Kemarin-kemarin sih sudah sering memberi mereka penjelasan dengan omelan obrolan sehari-hari, tapi rasanya kok masih kurang greget yaa.

Jadi saat pertama melihat buku ini di salah satu rak di toko buku Gramedia, saya girang sekali. Selama ini saya memang belum pernah menemukan buku anak-anak yang khusus membahas kesehatan mata. Entah saya yang kurang menjelajah toko buku atau memang betulan belum ada. Yang sering saya temui adalah buku tentang menjaga kesehatan gigi. Kalau buku anak yang membahas mata biasanya disatukan dalam ensiklopedia tubuh manusia atau panca indra, dan semacamnya.

Buku setebal 36 halaman ini ditujukan untuk anak usia lima tahun keatas. Dengan halaman yang penuh warna, ilustrasi yang menarik, dan ukuran font yang pas dan jelas terbaca, saya merasa buku ini cocok sekali untuk bungsu saya, Raya, yang kemarin baru saja merayakan ulang tahun kelimanya dan mulai senang membaca sendiri.


Review Buku Anak Ayo Rawat Matamu
Cara mencegah mata lelah

Sambil mengikuti kunjungan Bima ke dokter mata, anak-anak akan mendapatkan pengetahuan tentang hal apa saja yang bisa membuat mata lelah, penyebab mata perih, gangguan pada mata, kelainan-kelainan yang terjadi di lensa mata, dan penyakit-penyakit yang biasa menyerang mata, termasuk penjelasan kenapa sebaiknya anak-anak tidak terlalu lama bermain gadget. 

Selanjutnya, masih melalui obrolan dokter dan Bima, penulis menjelaskan cara menjaga kesehatan mata dengan kebiasaan-kebiasaan baik, makanan yang bagus untuk mata, dan cara menghindari bahaya yang mengancam mata.

Yang paling saya suka adalah penulis juga menceritakan bahaya asap rokok bagi mata, penyakit apa yang bisa merusak mata akibat terkena asap rokok, dan cara menghindarinya. Semua lengkap dibahas dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak.

Review Buku Anak Ayo Rawat Matamu
halaman favorit saya

Buku Ayo Rawat Matamu terbitan Bhuana Ilmu Populer (BIP) ini nggak sendirian lho, masih ada tiga buku lainnya seperti Ayo Rawat Gigimu, Ayo Rawat Kulitmu, dan Ayo Rawat Telinga Hidung, Tenggorokanmu. Semuanya masih merupakan satu seri pendidikan kesehatan untuk anak. Setelah ini saya mau beli ketiga judul lainnya ah :)

Tentang Penulis

dr. Fransisca Handy Sp.A adalah salah satu dokter anak yang cuitannya di twitter @fransiscahandy menjadi referensi saya membesarkan anak-anak ditahun-tahun pertama menjadi ibu. Sekarang beliau berpraktik di Klinik Permata Hatiku dan aktif sebagai pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan.

Sedangkan Dian Kristiani adalah seorang lulusan fakultas Filsafat UGM yang sudah menuliskan lebih dari 150 judul buku anak, puluhan cerpen, dan dongeng yang juga telah dimuat di banyak media nasional.


Ayo Rawat Matamu!
Harga: Rp.48.000,00
Oleh; dr. Fransisca Handy Sp.A dan Dian Kristiani
Penyunting: Putri Sastra
Ilustrasi: Yosi Inner Child
Desainer: Astrid Arastazia
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer (BIP)

49 komentar:

  1. Mbak Dian keren banget, selalu konsisten menulis buku anak yang edukatif. Tentang kesehatan mata ini bagus ya, apalagi dibuatnya bersama dengan dokter. Jadi lebih meyakinkan.
    Ada satu juga bukunya Mbak Dian tentang pubertas, bagus tapi saya belum beli. Mau cari di toko buku.

    BalasHapus
  2. Buku yang menarik, pengetahuan tentang kesehatan mata dikemas sedemikian rupa agar anak-anak suka. Bahkan bukan cuma anak-anak saya rasa, karena saya juga akan mencarinya di toko buku.

    BalasHapus
  3. Pwnting ini buku buat anak anak. Biar mereka faham bahwa mata harus dijaga.

    BalasHapus
  4. Wah buku menarik nih..Saya Sama suami soalnya pakai kacamata. Anak pertama 11 th udah pakai kacamata, hiks..semoga anak kedua Dan ketiga jangan

    BalasHapus
  5. Wa,bukunya bagus banget ya Mbk. Ini bukunya bukan boardbook kan mbk

    BalasHapus
  6. Ulala keren abis deh bukunya edukatif sekali. Jadi kepo sama isinya

    BalasHapus
  7. Aku suka karyanya mbak Dian, dia konsisten dengan buku anak yang berkualitas

    BalasHapus
  8. Ponakanku wajib punya buku ini, nih. Kalau udah buka youtube bisa anteng dia

    BalasHapus
  9. Kalau buku anaknya menarik begitu, anak-anak bisa tertarik banget untuk membaca. Setelah itu makin semangta deh merawat mata

    BalasHapus
  10. Bagus ya bukunya, edukatif. Gambarnya lucu dengan warna-warna yang menarik perhatian anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen beli buat anakku juga ah, pasti dia suka banget ino.

      Hapus
  11. Wah, menarik ya bukunya. Bisa jafi tambahan ilmu buat anak2 untuk memiliki kebiasaan yg baik bagi kesehatan mata

    BalasHapus
  12. Wah dr. Fransisca punya buku ya :D
    Kyknya menarik nih, apalagi anak2 kalau udah sama gadget jd kelupaan ma mata, perlu diingatkan dnegan buku2 kyk gini :D

    BalasHapus
  13. Iya kadang suka lupa sama merawat mata nih, apalagi kalau sudah tenggelam dalam gadget. Jadi pengen baca bukunya

    BalasHapus
  14. Buku dengan materi yang bagus, untuk memberikan arahan agar anak-anak tidak terlalu lama-lama bermain gadget.

    Somehow, ketiga anak-anakku lha kok pakai kaca mata semua. Sepertinya karena pola baca yang harus diperbaiki. (dan harus observasi penyebab lainnya)

    BalasHapus
  15. Menarik nih aku jadi pengen beliin buat anak2 biar menjaga matanya jangan kayak aku pake kacamata hehheeh

    BalasHapus
  16. Buku yang wajib punya, nih. Anak-anak sering susah dibilangi kalau sudah pegang gadget.

    BalasHapus
  17. Bukunya bagus banget, ilustrasinya menarik. Ponakanku nih gadget addict banget harus dikasih buku ini

    BalasHapus
  18. Aku baru tauuu kl asap rokok bahaya buat mata, hiks. Dari lahir smpi 2008, papaku perokok berat, asap mengepul kayak cerobong asap. Blm ada buku ini, jadi aku ga sempat ngadoin buku ini ke papa kala itu. Seneng ya buku bagus begini sarat ilmu ^_^

    BalasHapus
  19. Buku ink cocok buat semua kalangan juga nih mba. Semoga sudah masuk di toko buku dekat rumah

    BalasHapus
  20. Aseeekk cocok ini buat Salfa yang selalu nanya kenapa ga boleh deket matanya kalau lihat hape, TV dan hal-hal berbau layar digital.

    BalasHapus
  21. Oooh, ini bukunya Mbak Dian toh. Keren! Karena belom baca isinya, aku suku dengan ilustrasi gambarnya. Anak-anak banget ya. :)

    BalasHapus
  22. Buku bagus nih, kapan-kapan kalau ke toko buku beli. Secara, Si Juna itu kalau dinasehatin agak sulit, siapa thau dari buku ini dia jadi lebih ngerti

    BalasHapus
  23. Jadi pengen beli. Bacaan ringan dan menarik buat anak-anak nih. Apalagi dipenuhi gambar-gambar yang berwarna.

    BalasHapus
  24. bukunya bermanfaat banget nih anak anak jadi mudah mencerna ya

    BalasHapus
  25. Whoaa, pingin beliiiii, full color gitu anakku pasti suka bacanya, biar lebih aware utk jaga matanya. Kadang kalo emaknya yg ngasi tau suka gk percaya si. Klo kata buku kan biasanya ampuuh. Hehe

    BalasHapus
  26. Wah senang sekali ada buku yang ditulis untuk anak-anak supaya lebih awere kepada kesehatan mata ya, Mbak. Apalagi bukan hanya bagaimana cara menjaga mata supaya tetap sehat dan anjuran untuk menjaga mata saat menggunakan gadet, tapi bahaya dari zat lainnya untuk mata

    BalasHapus
  27. asap rokok juga bahaya buat pandangan mata ya baru tau aku ,
    semoga jauh2 deh saya dari lingkungan orang merokok dimanapun
    bukunya bagus yaa ini wajib beli nih karena materinya

    BalasHapus
  28. Bagus ya mbak buku ini. Jadi pengen punya buat anak anak di rumah.

    BalasHapus
  29. Senangnya punya buah hati yang bobi membaca, meski baru komik.

    Ayo tempel terus, dan eksplor hobi dan minat buah hati, mba.
    Jadi pas tiba memilih jurusan saat SMA sudah punya dasar untuk memilih sesuai passion.


    BalasHapus
  30. Aduduuu...iya nih cucu bunda gak bisa dibilangin dengan lembut, bujukan atau apa aja deh, tetep aja main gawai sambil tiduran.

    BalasHapus
  31. Jd pengen beli buat si kecil ken. alhamdulillah skrg sudah mulai tertarik sama buku. Apalgi bukunya full color gini, dan gambarnya lucu pasti dia suka. Dan yg paling utama, pesan yang ada di buku ini bakal nyampek ke si ken.
    Catet ah.
    Makasih infonya ya mbk

    BalasHapus
  32. Buku ceritanya bagus anak jadi bisa belajar mengenal dan merawat matanya sendiri. Gambarnya juga menarik anak-anak pasti suka

    BalasHapus
  33. kayaknya harus beli biar anakku tahu cara menjaga mata. soalnya aku kacamataan dari smp, takutnya nurun apalagi anakku udah gadgetan

    BalasHapus
  34. Aku lagi nyari buku yang pas buat anakku. Dia kebetulan ngerasa matanya agak ga jelas lihatnya. Rencana mau aku periksa ke dokter tapi bagus juga untuk dia baca buku ini agar tahu pentingnya menjaga kesehatan mata. Makasih ya mba

    BalasHapus
  35. Bagus yaaa...bukunya bisa buat ngajarin anak untuk lebih hati hati dalam merawat matanya dengan cara yang menyenangkan

    BalasHapus
  36. Aku punya bukunya yang ayo rawat gigimu. Dari buku bacaan kaya gini biasanya anak-anak lebih suka dan menyerap informasi dengan cepat

    BalasHapus
  37. Unch, baca Review soal buku ibarat nemu emas! Aku suka sekali. Dan Review nya mba, sangat bermanfaat. Bisa jadi rekomendasi untuk komunitasku di sini, thanks mba :) merawat mata sangat perlu

    BalasHapus
  38. Pas banget nih mba kalo dikasih kranakku, aduh kalo ninton tv itu loh matabya dekat bangat

    BalasHapus
  39. Buku yg bermanfaat nih utk anak2 zaman now yang kecanduan gadget.

    BalasHapus
  40. Oh...asap rokok itu bahaya untuk mata yaa..
    Selama ini yang kupahami hanya kalau terhirup.

    BalasHapus
  41. Whuaa baguss, ku mau bku ini buat anakku.

    BalasHapus
  42. Aku suka baca twit dan status dr. Fransiska, wah udah bikin buku aja.
    Kyknya perlu nih buat dibacain utk anak2 TFS :D

    BalasHapus
  43. This looks like a very handy and helpful book mba.. anak-anakku mustindiingetkan jugaaa nih

    BalasHapus
  44. Buat anak lanangku cocok nih, dia kan hobi banget main game di hape. Bisa kujadikan sarana memberi masukan padanya tanpa terkesan terlalu menasehati.

    BalasHapus
  45. Oh, bukunya Mbak Dian Kristiani toh. menarik sekali isinya. Kayaknya cocok buat anakku nih. Thank's Mbak review-nya! :)

    BalasHapus
  46. Wajib punya bukunya nih, ponakanku baru pintar baca dan lagi senang-senangnya beli buku bacaan untuk anak-anak kayak gini. Sambil baca sambil nyerap info juga pentingnya menjaga mata :)

    BalasHapus
  47. Buku ini wajib banget dibacain untuk anak-anak. Supaya anakku bisa lebih lagi mau merawat matanya. sekarang juga sudah mengurangi bermain gadget karena takut matanya rusak. Jadi jadwal main HP nya hanya di hari Jum'at - Minggu saja.
    Dan makan sayur itu sangat penting ya, mbak :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)