8 Komponen Wajib Cek Saat Service Motor

8 bagian yang wajib dicek saat servis motor


Selamat pagi temans, bagaimana liburannya? Semoga setelah bahagia bertemu dengan keluarga besar dan berlibur, teman-teman kembali dalam kondisi terbaik untuk memulai aktivitas yaa, dan untuk teman-teman yang bersiap kembali ke kantor atau kampus, jangan lupa kendaraannya di servis dulu. Saya juga sudah merencanakan akan servis motor di Planet Ban, selain karena dekat sekali dari rumah, layanannya cukup lengkap dengan staf yang ramah.



Suami saya orang yang paling cerewet untuk urusan servis kendaraan, baik itu mobil atau motor, apalagi sejak anak-anak mulai sekolah, jangan sampai ada masalah dengan motor saat saya sedang antar jemput mereka. Karena itu memilih tempat servis motor dengan teknisi handal yang tepat juga penting. Servis motor adalah hal penting, jangan asal cari bengkel murah tapi ternyata motor kita nggak diapa-apain, hanya sekedar ganti oli terus udah deh.

Di Planet Ban, servis motor dilakukan oleh teknisi handal yang akan memeriksa beberapa komponen penting seperti saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Nah, untuk lebih detail bagian apa saja yang harus di-service pada motor, keep scroll down yaa.

1. Oli Mesin

Oli pada mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Ini sebabnya, kita perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh. Rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli setelah 2500 Km. Biasanya tarif servis penggantian oli ini sudah termasuk harga oli dan biaya jasa ganti olinya.

Tapi beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan dan retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. 

2. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara adalah hal yang paling penting yaa temans. Dan salah satu komponen yang paling berpengaruh pada keselamatan adalah sistem pengereman. Wajib sekali mengganti kampas rem tepat waktu, karena saat kampas rem menipis, rem jadi kurang pakem, ini bahaya banget. Makanya tiap kali melakukan servis motor, jangan lupa minta teknisi untuk cek kampas rem kita yaa.

3. Aki atau Accu

Aki adalah sumber listrik bagi kendaraan bermotor, tugasnya menyimpan daya dalam sistem kelistrikan. Tanpa aki, busi tidak dapat memercikan api dan pembakaran idak akan terjadi. Dalam kondisi mesin mati tegangan aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt, sementara saat mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, jika tegangan aki tidak sesuai ketentuan itu, pertanda ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat. Sebelum terjadi masalah ini, lebih baik cek rutin aki kotor kita yaa.

4. Busi

Busi adalah bagian motor yang bertugas mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api hingga mesin dapat menyala. Saat busi motor tidak berfungsi baik, motor akan sulit dinyalakan. Saya pernah nih mengalami, motor nggak bisa distarter sama sekali, untung suami masih bisa mengganti busi sendiri di rumah.

5. Filter Udara

Tugas filter udara pada motor adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Karburator yang kotor bisa membuat bahan bakar jadi lebih boros dan membuat mesin beresiko mati tiba-tiba.

6. Ban

Pemeriksaan ban juga hal yang sangat penting, dan nggak perlu nunggu teknisi yang melakukan. Idealnya teman-teman selalu cek kondisi ban setiap akan menggunakan kendaraan, baik tekanannya maupun kondisi ban luar, saat sudah mulai tipis langsung ganti aja deh.

Nah, kalau teman-teman servis motor di Planet Ban, pilihan merk ban yang tersedia lumayan lengkap dengan kualitas bagus.

7. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin mengganti oli gardan, karena fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.


Tips Memilih Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan servis motor yang memuaskan, tentunya kita harus mencari bengkel servis motor terbaik. Andalan saya adalah Planet Ban, karena di bengkel ini, kita bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. Penasaran kan apa itu servis mesin rasa baru?

servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuannya untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Nantinya, fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru adalah bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?

  1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin, dengan begini mesin jadi lebih awet.
  2. Penggantian oli dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), jadi kita bisa menghemat waktu dan biaya servis.
  3. Rutin melakukan servis dan menggunakan sparepart asli akan membuat kendaraan kita menjadi menjadi lebih nyaman saat digunakan, tahan lama, mesin dingin, tarikan enteng, dan kita juga sudah turut serta menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, sudah paham kan pentingnya melakukan pemeriksaan kondisi motor secara berkala? Masih mau nunda-nunda lagi? Jangan yaa, yuk langsung aja ke Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

8 komentar:

  1. bisa ya ganti oli 5.000km. aku biasanya 2.000 gantinya. lumayan irit tuh kl 5.000 baru ganti. mksh infonya mb :)

    BalasHapus
  2. Yup. Penting dan wajib dicek 8 komponen itu. Kadang suka lupa. Untung ada Planet Ban. Bengkel Service Motor terbaik deh.

    BalasHapus
  3. Wah lumayan nih kalau ganti oli di KM 5000. Lebih awet Dan gak sering sering service berarti ya

    BalasHapus
  4. Ini tempatnya deket rumah tapi aku baru tau kalo semurah itu. Nyesel tau gitu dari dulu service di Planet Ban ajaaa huhuhuu

    BalasHapus
  5. Di deket rumah ada Planet Ban ini seneng banget kalau servis motor deket dan harga terjangkau

    BalasHapus
  6. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    BalasHapus
  7. service motor nih yang harus dirutinkan dan ganti oli, aku sampai bikin jadwal khusus untuk ganti oli dan service

    BalasHapus
  8. Biar kata motornya gak baru, dengan perawatan yg tepat maka motor bakal terasa baru ya...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)