Top Selfie Pinusan Kragilan: Surganya Pecandu Selfie

top selfie hutan pinus kragilan

Top Selfie Pinusan Kragilan, lucu ya namanya? Selama ini kita mengenal bermacam jenis wisata seperti wisata kuliner, wisata alam, wisata museum, wisata candi, dan sebagainya. Tapi tahu nggak sekarang ada jenis wisata baru bernama wisata selfie? Jadi wisata selfie ini maksudnya untuk menyebut tempat-tempat wisata yang jika dipandang mata terkesan biasa tapi memiliki beberapa spot bagus untuk berfoto, nah spot ini nanti yang bakal jadi cantik setelah masuk kamera, dengan catatan si juru foto memiliki skill dan feel fotografi yang lumayan agar mampu membuat tempat ini kelihatan lebih indah di foto, singkatnya: Instagramable! 


Yang masuk dalam wisata selfie ini misalnya Kalibiru (Iya buat saya Kalibiru baru kece setelah berbentuk JPEG), Pantai Goa Cemara, dan yang baru saja kami kunjungi: Hutan Pinus Kragilan di Magelang yang lebih terkenal dengan nama Top Selfie Pinusan Kragilan.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

Hutan Pinus Kragilan ini sebenarnya biasa saja, pun nggak seluas Hutan Pinus Mangunan, tapi udaranya lebih dingin karena terletak di dataran tinggi lereng Gunung Merbabu, jadi nggak heran kalau sepanjang jalan menuju ke Top Selfie Pinusan Kragilan kita bakal disuguhi pemandangan cantik dari Merbabu dan Merapi dengan hamparan kota Magelang di bawahnya.

Top Selfie Pinusan Kragilan berlokasi di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, sebuah kecamatan paling ujung dari Kabupaten Magelang. Untuk bisa sampai ke sini Kita bisa melewati 3 jalur: Blabak, Kopeng dan Candimulyo. Karena kami kemarin dari arah Jogja jadi dari Muntilan kami masuk ke Blabak sampai Ketep lalu ambil jalur kearah Kopeng. Top selfie pinusan terletak kurang lebih  4 km dari Gardu Pandang Ketep Pass, disebelah kiri jalan.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

 Menyebut Ketep Pass, kalau kita punya banyak waktu sebaiknya mampir dulu ke sini, kita bisa menikmati kegagahan Merapi dari gardu pandangnya. Disekitar Ketep Pass juga banyak kebun strawberry yang membolehkan kita memetik sendiri buahnya, mirip di Lembang gitu deh. 
Masih bingung juga? Buka Waze atau Google Maps dong ah :D

Nama Top Selfie konon di cetuskan oleh warga sekitar Kragilan sendiri. Warga Kragilan juga yang mengembangkan, mengelola, dan mempromosikan tempat ini hingga menjadi booming seperti sekarang. Mereka menyediakan banyak spot keren untuk berfoto. Spot yang paling diburu pengunjung adalah jalan turun selepas pintu masuk menuju parkiran dengan jajaran pohon pinus di sisi kiri dan kanan jalan. Ada juga ayunan kayu berlatar latar rimbunnya hutan dan beberapa panggung bambu yang bisa kita pakai selfie atau wefie sampai pegel. Banyak juga pasangan yang memilih tempat ini untuk foto prewed mereka, dalam satu minggu rata-rata ada tiga pasangan yang berfoto di sini.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

Seperti kebanyakan tempat wisata, datang ke sini saat weekend mirip kalau kita mengunjungi pasar malam, bejubel! Padahal yang namanya hutan itu kan identik dengan suasana yang sepi, nah gimana bisa dapat foto dengan suasana hutan syahdu kalau backgroundnya pasar malam? Di sinilah kemampuan kita mengambil angle foto diuji, makanya disebut wisata selfie :D

Dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB pengunjung hanya perlu membayar Rp.10.000,00 jika membawa mobil dan Rp.3.000,00 jika membawa motor. Selain berburu foto kita juga bisa melakukan kegiatan Flying Fox hanya dengan tarif Rp.10.000,00.


A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

Fasilitas di sini sudah lumayan lengkap dan bersih, ada toilet, tempat sampah, dan beberapa warung makan. Tempat parkir pun sudah dikelola dengan sangat baik oleh warga sekitar hanya dengan tarif seikhlasnya. 

Oh ya, sebelum berangkat pastikan dulu kendaraan kita ada dalam kondisi terbaiknya ya, karena walaupun jalur yang ditempuh nggak ada apa-apanya dibanding Kalibiru tapi tetap ada tanjakan yang lumayan bikin deg-degan.


Selamat piknik yaa teman-teman :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)