Cara Membuat Diorama Tata Surya


Sejak pertama kali saya memposting diorama tata surya hasil kreasi saya dan anak-anak dua tahun lalu, sampai sekarang masih ada beberapa teman yang DM menanyakan cara membuat diorama itu. Dan saya hanya selalu berjanji semanis madu akan mengulasnya dengan lengkap di blog. Tapi janji hanya tinggal janji, kemalasan juga yang menentukan :)


Nah, saat saya berhasil mengumpulkan semangat untuk mulai menulisnya, sebagian foto-foto diorama dan planet itu malah menghilang dari folder saya, huhuuu.. Bisa sih foto lagi, barangnya masih ada, lengkap, rapih, dan masih sering dimainkan. tapi ya itu tadi, malas, hehee. Untungnya postingan Instagram bisa di embed langsung ke blog, Alhamdulillaah, jadi niat mengulas diorama ini terselamatkan. 


Baiklah, kita mulai yaa.. Bahan-bahan yang dibutuhkan sebenarnya mudah didapat dan lumayan murah, cuma memang perlu banyak waktu dan sedikit ketelatenan dalam prosesnya, tapi imbang kok dengan hasilnya.


Pertama, kita butuh styrofoam bulat dengan aneka ukuran seperti digambar. tenaaang, bukan saya yang membuatnya jadi bulat beegitu, dia memang sudah bulat dari pabriknya. Kita bisa beli styrofoam seperti itu di toko alat jahit atau kerajinan. Kalau di Jogja sih bisa beli di Progo lantai 3, Toko Jolie Jahit Jl. Diponegoro, atau Toko Satria di kawasan Bringharjo. Harganya antara 1200 – 3500 rupiah perbuah. Murah kan? sampai rumah tinggal ngecat saja.

Sedangkan si matahari tercipta dari bola plastik bekas berwarna merah yang saya lubangi sedikit untuk menaruh lampu di dalamnya,

Untuk cat yang dipakai, sebenarnya hasil akan lebih bagus dengan cat acrylic, tapi karena waktu itu belum punya dan harganya juga lumayan, saya pakai bahan-bahan yang sudah ada di rumah saja. Toh tujuan proyek DIY kami memang untuk melatih anak-anak lebih luwes memanfaatkan apapun yang ada di sekitarnya, tapi bukan manfaatin teman di bangku sebelah ya..


Jadi saya cuma pakai lem putih PVaC yang diberi cat air warna-warni, setiap satu campuran warna saya tambahkan sedikit cat warna putih supaya hasil akhirnya lebih soft, karena lem PVaC akan berubah bening setelah kering, kalau nggak dikasih cat putih nanti planetnya akan lebih mirip bola bekel. Oya, pilih cat air dengan kualitas baik supaya tidak menggumpal saat dicampur yaa.

Lalu untuk planet yang punya banyak warna, nggak perlu menunggu kering kalau mau menambahkan warna berikutnya, langsung tumpuk saja agar hasilnya terlihat lebih natural.


Kotak dioramanya saya buat dari kardus bekas dilapis kertas manila hitam di bagian dalam dan kain spunbond hitam diluarnya. Sisi sebelah kiri saya lubangi untuk menempatkan bola plastik matahari berikut lampu dan kabelnya. Semoga terbayang yaa.

Berikutnya adalah menggantung bola-bola planet sesuai urutan dengan menggunakan senar plastik. Caranya dengan melubangi bagian atas kardus menggunakan jarum ukuran besar dan ujung senar dimasukkan melewati lubang itu kemudian diikat menjadi simpul. Kalau mau lebih kuat bisa ditutup lagi menggunakan lakban.


Supaya acara main lebih seru, kita bisa menambahkan figurin-figurin astronot dan kendaraannya seperti yang kami punya ini, bisa dibeli dibanyak online shop mainan anak-anak, cari saja melalui hashtag #jualsafariltdtoobs.


Nah, gimana? Ada yang berniat membuatnya juga? Diorama ini ampuh sekali untuk mengenalkan sistem tata surya ke anak-anak lho, karena belajarnya sambil bermain, dalam waktu sebentar saja mereka sudah hapal berbagai nama planet.

Selamat berkreasi ya :)

44 komentar:

  1. Mbak makasi banget tutorialnya, nanti mau aku tunjukkan anakku. Dia suka banget bikin prakarya kaya gini sendiri. Beda ya kalau anaknya udah agak besar emaknya gak ikut bikinin lagi :)

    BalasHapus
  2. Ibu yang kreatif ya,,keren banget sih kak kaya beneran gitu ya. Ga nyangka ya dari Steorfoam bulat bisa menghasilkan prakarya yang bagus.

    BalasHapus
  3. Waaah bisa jadi bahan rekomendasi DIY nya, saat anak sedang belajar tata surya. Makasih banyak Mbak, bahan-bahannya mudah didapat

    BalasHapus
  4. Wow ini bagusss banget mba, tapi liat stepnya saya mundur perlahan hehehe dicatet dulu deh siapa tau nanti kalai gak males bikinin buat anak-anak

    BalasHapus
  5. Kereen mbaak..kreatif. Aku mau coba buat juga nih untuk ponakan.

    BalasHapus
  6. Ya ampun mba kreatif banget sih. Mau coba bikin ah sama auper boy dirumah

    BalasHapus
  7. keren ini jadi pengen bkin pasti si sulung seneng banget karena dia tipekal yang belajarnya mesti praktek langsung cuss ah :)

    BalasHapus
  8. Wahhh..makasih tutorialnya. Buat anakku nih bisa diterapkan

    BalasHapus
  9. Uuh, aku gk serajin iyu utk bikin sendiri kayaknya. Keren kamu mbaaaaa

    BalasHapus
  10. Mbaa, keren. Aku juga baru tahu ada sterefoam bulatnya kok mulus banget :). COba ntar aku cari di sekitar rumahku ya, mba. Kreatif nih mba dan penasaran untuk buat ah ama anak :). Makasih ya mba

    BalasHapus
  11. Mbak, kreatif banget. Terima kasih ya utk sharing tutorialnya. Aku pengen cobain ahhh bikin bersama anak²

    BalasHapus
  12. keren banget Mbak, kreatif.
    seru pasti nih mainnya, pengen buat juga, tapi gak yakin bisa seperti ini.
    makasih sharenya ya Mbak :)

    BalasHapus
  13. Beberapa waktu lalu aku kepikiran juga buat tata surya biar ponakanku paham tentang langit. Tp blm sempat2. Kemarin baru kulihatin video2nya aja. Boleh dicoba nih

    BalasHapus
  14. Makin keren setelah mataharinya menyala. Jadi beneran kayak di luar angkasa :D

    BalasHapus
  15. wahh buat ponakan saya yg home schooling nih.. cocok! dia jg suka bikin DIY

    BalasHapus
  16. Duh lucu banget, jadi pengen bikin juga diorama tata surya, anak-anak pasti suka, tapi sayang, saya belm pernah lihat styrofoam bulat-bulat gitu di toko alat tulis, kalau online adakah?

    BalasHapus
  17. Waah rajinnya Mbak. Waktu buat diorama itu, anak2nya usia berapa?

    Awet lho itu, dua tahun masih bagus dioramanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini waktu si kakak baru masuk TK mba :)

      Hapus
  18. Keren ih, bisa awet gitu nyimpennya. Anak2ku kalau dibikinin prakarya ga nyampe seminggu sama mereka dibongkar dan dibuat ulang ala mereka sendiri --___--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaah karena anak2 mak irul udah gede2, lebih kreatif :))))

      Hapus
  19. Kereeenn!
    Anakku lg suka tata surya juga ini, Mbakkk..... Pengen bkin dehh...

    BalasHapus
  20. Kreatif banget sih Bun. Aku tu pengen deh bikin2 kayak gini tapi koq ga ada waktu yaaa

    BalasHapus
  21. Boleh juga nih dicoba bikin diorama tata surya gini bareng anak lanang. Bakalan asyik memberi warna dan mengatur tata surya ya.

    BalasHapus
  22. Waaahh aku mau nyonteeekk buat belajar anak2ku supaya mereka juga kenal tata surya yang ada di galaksi ini TFS idenya mbaakk

    BalasHapus
  23. Wah indaaah
    Bs praktek dg anakku ini
    Makasi mba tutorialnya.
    Bermanfaat sekali

    BalasHapus
  24. wahhh saya mau nyontek ahhh, anakku pasti snang banget nih diajak buat ginian :)

    BalasHapus
  25. Mbaaaak ini tuh cakep banget hasilnya! btw kenapa ya untuk mewarnai pakai lem dicampur cat air, ga langsung cat air dioles ke styrofoam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar bisa nempel di styrofoamnya dan lebih awet mba. Kalau cat air aja gak bisa nempel :)

      Hapus
  26. BebYooooo, aku idolakmu sejak DIY DIY semacam ini launching di IGmu. Seneng banget liatnya, tapi apakah aku setelaten itu bikinnya. Btw, lampunya kok bisa nyala pakai lampu apa?

    BalasHapus
  27. mba ini keren banget loh, thanks tutorialnya ya mba, ini bisa buat aktifitas sama anak nih sambil bermain kita bisa belajar

    BalasHapus
  28. Cakep dan mendidik ilmu pengetahuan alam.

    Tata surya dan astronot membuat diorama seakan hidup

    BalasHapus
  29. Hasil akhir dioramanya keren banget mbak, ditambah figur astronot dan kendaraan semakin kelihatan hidup dioramanya. Thanks tutorialnya mbak, kapan-kapan bisa dicoba buat nih.

    BalasHapus
  30. Selamanya bagus mbak, nggak hanya bagus untuk mengenalkan ke anak-anak di rumah aja, buat di tempat belajar kayak sekolah atau tempat les juga bagus

    BalasHapus
  31. Keren dan kreatif banget nih. Kayaknya aku pernah bikin kayak begini juga zaman masih SD dulu tahun 2008. Jadi pengen bikin juga buat keponakanku yang masih SD.

    BalasHapus
  32. Bagus bgt mbak ya ampun terlihat mudah dan menarik nih bila dilakukan sama putraku biar main tapi tanpa disadari dia belajar.kerenn

    BalasHapus
  33. Wahh hasilnya baguss, anakku lagi suka kepo tentang matahari dan bulan nih, kayaknya pas kalo dimasukin ke materi diy planet kayak gini. Thanks sharingnya mba

    BalasHapus
  34. Kerrn banget mbaaa...
    Mau contek aahh, anak saya hepi banget nih bikin prakarya kayak gini, bahkan mau dijual hahaha

    BalasHapus
  35. Mbak Yoan, kamu kreafif dan telaten banget sih bikin kayak gini. Tularin ke aku. Hahaha...
    Nanti tutorialnya aku share ke mbakku, biar bikinin diorama tata surya buat ponakan.

    BalasHapus
  36. Kreatif banget sih mbak. Itu styreofoamnya beli yang tebel2 ya mbak? Aku jarang nemu yg tebel. Coba deh ntr cari juga tfs tutorialnya hehe

    BalasHapus
  37. Pernah buat juga dulu tapi karena anaknya masih bayi waktu itu, jadinya kutinggal saja di rumah mertua.

    Besok Salfa buat karena berjaga-jaga dimintain Bu Guru 🤓🤓

    BalasHapus
  38. Mbaakk, kreatif banget ituu! Takjub lihatnya .duh kalo anakku liat mesti dia mupeng banget wis. Kalo di jogja ada yg jual, kalo di sini beli styrofoam bulat di mana yak?

    BalasHapus
  39. kreatif..besok mau cari bola-bola bulet styrofoam itu. AKu kira dari kemarin-kemarin mbuletin sendiri hihihi
    Thanks for sharing Mbak:)

    BalasHapus
  40. Lucu dan bagus mba, kreatif banget ih. Aku sih belum tentu bisa deh. Tapi berkat postingan ini aku jadi terpacu mau buat nih.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)