Travelling Aman Saat Pandemi dengan Vaksin Covid-19

Tips travelling aman saat pandemi

13 hari lagi menuju tahun 2021. Setelah hampir seluruh hari yang terlewati di tahun 2020 kita habiskan di rumah saja, apakah teman-teman punya rencana khusus menyambut tahun yang baru? Tahun 2020 memang tahun yang berat untuk sebagian besar umat manusia sejak Virus COVID-19 menyebar ke seluruh dunia dan menciptakan pandemi yang seakan tanpa akhir. Pandemi yang memberi luka akibat krisis keuangan dan berpulangnya satu persatu anggota keluarga serta teman akibat terserang Covid-19. 


Alhamdulillah di akhir tahun 2020 ini sebuah berita baik datang, ahli vaksin dari berbagai dunia telah berhasil menciptakan Vaksin Covid-19. Kabarnya vaksin ini telah lulus berbagai tahapan uji klinis dan siap diedarkan. Sejumlah negara pun sudah siap memberikan Vaksin Covid-19 ini secara gratis kepada rakyatnya, termasuk Indonesia. Menurut Presiden Jokowi, setidaknya 182 juta atau 70 persen penduduk Indonesia harus mendapatkan vaksin Covid-19 untuk mencapai herd immunity (kekebalan komunitas) agar pandemi Covid-19 di Indonesia segera berakhir.


Lalu apa yang harus kita lakukan sambil menunggu persiapan pendistribusian Vaksin Corona? Yang pasti tetap waspada, jalankan protokol kesehatan ketat seperti anjuran pemerintah selama ini. Jaga kebersihan tubuh dan tingkatkan imunitas dengan makanan bergizi tinggi serta berolahraga secara teratur. Tetap bertahan di rumah saat pandemi memang lebih disarankan, tapi ada juga yang berpergian karena harus, seperti suami saya yang demi pekerjaannya terpaksa bolak balik Jogja - Samarinda dengan pesawat. Nah, untuk mengantisipasi tertular virus Covid, saya selalu mengingatkan suami menjalankan protokol kesehatan ketat. 

Apa saja yang bisa kita lakukan agar perjalanan tetap aman dan nyaman saat pandemi? 

Jangan pernah melepas masker! 

Masker wajah sudah menjadi hal yang wajib dipakai setiap kali kami melangkah keluar rumah. Untuk aktivitas harian, saya, suami, dan anak-anak biasanya pakai masker kain 3 lapis, tapi saat berpergian dengan transportasi umum atau ke tempat publik yang ramai, kami lebih suka memakai masker medis. 

Bawa juga beberapa masker cadangan karena masker yang kita pakai harus diganti setiap 3-4 jam sekali meski masker belum terasa basah atau kotor, tapi kalau sebelum 3 jam sudah basah dan kotor ya harus langsung diganti. 

Selalu bawa produk pembersih beralkohol.

Sebelum pandemi, barang yang selalu ada di dalam tas adalah dompet, smartphone, dan powerbank. Tapi kini, jangan pernah tinggalkan hand sanitizer, desinfektan spray, dan tisu alkohol. 

Sering-sering lah membersihkan tangan, terutama setelah kita menyentuh benda dan permukaan apapun saat di luar rumah. Hand sanitizer sangat berguna jika kita tidak menemukan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan. Sebelum bersentuhan dengan benda-benda di sekitar, kita bisa memanfaatkan tisu alkohol atau desinfektan spray untuk membersihkan permukaan. 

Bertransaksi secara online lebih aman

Saat melakukan transaksi, usahakan melakukannya secara online untuk meminimalisir kontak dengan orang lain. Misalnya, online check-in saat naik pesawat dan membayar belanjaan dengan e-wallet langsung dari smartphone

Unduh aplikasi Halodoc untuk mengakses layanan kesehatan yang mudah. 

Berpergian di tengah situasi pandemi bukan perkara mudah, kecemasan tertular Virus Covid-19 kadang membuat kita mudah panik saat merasa ada yang salah dengan tubuh. Sakit kepala sebentar langsung mikir yang aneh-aneh, batuk gara-gara minum es langsung pingin rapid test, eh ini mah saya, LOL. 

aplikasi halodoc

Untungnya ada aplikasi Halodoc yang berisi fitur-fitur untuk membantu penggunanya mendapat layanan konsultasi medis melalui chat, panggilan suara, dan panggilan video dengan dokter yang tersedia 24 jam. Selain kemudahan menghubungi dokter, Halodoc juga memiliki layanan membeli obat dan vitamin dalam waktu 60 menit melalui fitur pharmacy delivery. Untuk ini Halodoc telah bekerjasama dengan 1000 apotek di seluruh wilayah Indonesia. Jadi di manapun kita berada, tetap bisa mendapatkan layanan medis sesuai kebutuhan dengan cepat. 

Virus Covid-19 itu benar-benar ada dan berbahaya yaa temans, jadi meski teman-teman sudah kembali beraktivitas seperti biasa, tolong jangan abai menjalankan protokol kesehatan. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua dilimpahi kesehatan :) 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)