Friday, August 20, 2021

#AyoTunjukTangan Untuk Dukung Generasi Maju Indonesia

#AyoTunjukTangan Untuk Dukung Generasi Maju Indonesia

Sudah hampir 2 tahun sejak Pandemi Covid-19 menghampiri Indonesia. Sejak itu juga semua kegiatan anak-anak dilakukan dari rumah. Sering mereka merasa bosan, rindu teman-teman sekolahnya, dan kangen belajar di sekolah. Karena itu, sebagai ibu, saya berusaha melakukan apapun demi kegembiraan dan kesehatan mereka selama di rumah saja. Mulai dari menyediakan ruang dan fasilitas belajar yang nyaman, menyediakan aneka menu makanan sesuai pedoman gizi seimbang, seta menemani mereka beraktifitas.

Sayangnya, belum semua anak mendapat keberuntungan bisa bermain, belajar dan bergembira di rumah. Faktanya, menurut data dari UNICEF pada tahun 2020, 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan. Informasi ini saya dapatkan saat menghadiri peluncuran gerakan sosial #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia melalui Zoom Meeting pada tanggal 16 Agustus 2021. Acara yang didukung oleh SGM Eksplor ini menghadirkan kak Seto Mulyadi, Reza Rahadian, Alyssa Soebandono, dan Astrid Prasetyo sebagai Manager Marketing SGM Eksplor.


#AyoTunjukTangan Untuk Dukung Generasi Maju Indonesia


Rasanya nggak percaya ya? 9 dari 10 anak itu jumlah yang banyak lho. Tapi kenyataan ini memang saya lihat sendiri di sekitar saya. Nggak jauh-jauh deh, teman-teman sekolah anak saya juga masih ada yang kesulitan mengikuti sesi Google Class atau Zoom Class akibat keterbatasan smartphone dan kuota internet, padahal lokasi sekolah ada di tengah kota Jogja. Bagaimana dengan anak-anak yang tinggal jauh dari kota ya?

Begitu juga dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi anak. Kesulitan sosial-ekonomi yang dialami masyarakat Indonesia akibat pandemi berdampak pada ketidak mampuan sebagian orang tua menyediakan makanan dengan gizi seimbang untuk anak mereka. Sebuah artikel di portal berita Detik bahkan menyebut bahwa angka stunting pada balita mencapai 42% di beberapa wilayah Indonesia. Sedih nggak sih?

#AyoTunjukTangan Untuk Dukung Generasi Maju Indonesia

"It takes a village to raise a child."

Pernah dengar quote ini? Nah, jika membesarkan satu anak saja membutuhkan dukungan satu desa, bagaimana cara membesarkan satu generasi? Tentu dukungan semua masyarakat dalam satu negara itu sangat diperlukan.

Seto Mulyadi, pemerhati dan sahabat anak Indonesia serta Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) yang akrab dipanggil Kak Seto mengatakan, “Dukungan kolektif masyarakat untuk tumbuh kembang maksimal anak seperti pemenuhan nutrisi yang seimbang dan dukungan akses pendidikan yang berkualitas sejak dini, sangat diperlukan sebagai fondasi dan langkah awal seorang anak untuk melakukan berbagai hal produktif dalam hidupnya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mendukung kemajuan anak-anak Indonesia dengan perannya masing-masing untuk mewujudkan Indonesia maju di masa depan.”

Sementara menurut Reza Rahadian, seorang Aktor dan aktivis sosial, “Kesuksesan anak-anak Indonesia, bukan hanya di tangan para orang tua mereka, tapi juga di tangan kita generasi muda. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama untuk turut berperan aktif dalam membuka kesempatan untuk anak-anak Indonesia agar bisa berprestasi dan mencapai impian mereka.

Senada dengan Kak Seto dan Reza, Alyssa Soebandono, seorang Aktris dan Ibu dari dua anak mengatakan, “Saya percaya bahwa gerakan sosial #AyoTunjukTangan merupakan dukungan kolektif dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dari para ibu untuk dapat membantu para Ibu lainnya memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak-anak mereka terpenuhi."


Peluncuran Gerakan #AyoTunjukTangan Sebagai Wujud Nyata Komitmen SGM Eksplor Mendukung Generasi Maju Indonesia

Bertepatan dengan semangat Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, SGM Eksplor mengajak masyarakat Indonesia berkontribusi memberikan dukungan bagi anak Indonesia dalam mendapatkan akses nutrisi dan pendidikan agar mereka mampu tumbuh dan berkembang maksimal menjadi generasi maju penentu masa depan bangsa.

SGM Eksplor percaya bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk tumbuh dan berkembang, tidak boleh ada anak yang tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk akses nutrisi dan pendidikan. Menurut Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, “Selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor tidak hanya menghadirkan dan mengembangkan produk bernutrisi bagi anak-anak Indonesia, namun juga berupaya untuk meluncurkan berbagai inisiatif dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia. 

Dalam semangat memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh', SGM Eksplor mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergotong-royong dalam upaya mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan anak-anak Indonesia dalam gerakan sosial “#AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia” guna mendorong terciptanya generasi maju yang dapat membawa Indonesia menjadi lebih maju kedepannya.”

#AyoTunjukTangan Untuk Dukung Generasi Maju Indonesia

Sebagai bentuk upaya memenuhi akses nutrisi, di awal tahun 2021 SGM Eksplor menghadirkan produk susu pertumbuhan untuk anak berusia di atas 1 tahun, SGM Eksplor Pro-gress Maxx IronC yang mengandung kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, DHA, Omega 3 dan 6, serta nutrisi penting lainnya. Sementara dalam rangka memenuhi kebutuhan akses pendidikan, SGM Eksplor memberikan bantuan pendidikan melalui program Rumah Belajar Generasi Maju dan Kelas Generasi Maju, keduanya bekerja sama dengan Ruang Guru.

#AyoTunjukTangan Untuk Dukung Generasi Maju Indonesia

Aksi sosial #AyoTunjukTangan merupakan dukungan nyata yang diberikan oleh Danone Indonesia dan SGM Eksplor demi memenuhi akses nutrisi dan pendidikan anak-anak Indonesia. Setiap dukungan dari partisipan akan didonasikan dalam bentuk paket nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, paket beasiswa pendidikan online, dan perbaikan fasilitas belajar bagi anak-anak yang membutuhkan. Wah, kesempatan bagus untuk ikut serta memajukan akses nutrisi dan pendidikan di Indonesia nih Bun, harus ikutan yaa..


Caranya bagaimana?
Langsung saja klik https://www.generasimaju.co.id/ayotunjuktangan, pilih jenis donasi yang ingin didukung, lalu isi data diri.  Gampang banget kan?


#AyoTunjukTangan
Kami sudah tunjuk tangan nih :)

Oh ya, dalam gerakan sosial ini, Bunda tidak akan dipungut biaya apapun yaa.. Karena #SGMEksplor berkolaborasi dengan pelaku industri lain yang juga memiliki komitmen mewujudkan kemajuan anak Indonesia. Salah satunya adalah Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang terus berusaha mendorong pertumbuhan SDM masa depan Indonesia. SGM Eksplor juga berkolaborasi dengan CAKAP, sebuah platform belajar online yang menggunakan interaksi dua arah untuk mempertemukan murid dengan pengajar profesional melalui video call dan percakapan teks dengan sistem penjadwalan fleksibel. Selain itu, masih ada beberapa perusahaan retail dan e-commerce yang turut berpartisipasi.

Semoga kolaborasi ini, ditambah dengan dukungan seluruh masyarakat bisa membantu lebih banyak anak Indonesia untuk tumbuh sehat dan belajar dengan layak, termasuk memaksimalkan tumbuh kembang dan potensi mereka menjadi anak #GenerasiMaju.

Jadi Bunda dan Ayah, jangan lupa ikut tunjuk tangan juga yaa, kita dukung anak-anak Indonesia mendapatkan akses nutrisi dan edukasi yang memadai demi masa depan bangsa Indonesia.






5 comments:

  1. Keren banget programnya. Kolaborasi dari semua pihak pastinya turut berpengaruh bagi kesuksesan acara. Semoga bisa turut berkontribusi. Semangat!

    ReplyDelete
  2. siyap ikut tunjuk tangan untuk generasi penerus berkecukupan nutrisi

    ReplyDelete
  3. Wah. Bagus banget ini programnya..

    ReplyDelete
  4. Bener banget kudu butuh kerjasama banyak orang untuk membesarkan anak anak. Semua harus punya andil ya. Semoga maikin banyak yang mulai peduli dengan pendidikan dan nutrisi anak bangsa

    ReplyDelete
  5. Sedih ya ternyata 9 dari 10 anak seperti itu. Alhamdulillah ada gerakan ayo tunjuk tangan. Membantu sekali buat mereka yg membutuhkan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)