Rumah Mba Ayu, Penginapan Instagramable dengan Harga Murah di Jogja

Penginapan Murah Rumah Mba Ayu

Siapa yang di masa mudanya (((masa muda))) sering berkumpul untuk Pjasmas Party bersama sahabat? Saat masih menjadi mahasiswi, saya yang anak Bekasi ini mendapat rejeki berkuliah di Depok. Tapi meskipun Bekasi dan Depok adalah dua planet yang berbeda (ditoyor anak Bekasi) saya memutuskan untuk tidak kost dan melakoni perjalanan pergi pulang Bekasi-Depok-Bekasi setiap hari.


Akibatnya, semesta mendekatkan saya dengan beberapa teman sesama anak kereta yang rumahnya tersebar di Tebet, Cawang, dan Kranji. Dari situ kami sering janjian untuk bergantian menginap di rumah salah satu teman. nah, saat menginap itu biasanya kami nonton VCD (iyaah waktu itu masih VCD) sambil maskeran, lalu masak nasi goreng, dan ngobrol semalam suntuk sampai bangun kesiangan, akhirnya nggak kuliah malah ke Mall. Ah, masa muda :)

Setelah menikah dan beranak pinak, kenangan itu tetap saya simpan, sambil berharap suatu saat bisa terulang lagi. Pernah sih, beberapa kali menginap di hotel bersama teman, tapi itu untuk keperluan pekerjaan atau training, bukan yang cuma hura-hura receh. Apalagi setiap jauh dari rumah saya selalu kepikiran anak-anak, ya sudah nggak jadi hura-hura malah sibuk video call.

Jadi, saat tiba-tiba datang ajakan untuk menginap di sebuah homestay bernama Rumah Mba Ayu bersama teman-teman Blogger sambil membawa anak, MasyaAllah, bahagianya luaarr biasaaaa.. Membayangkan saya akan menghabiskan waktu semalam suntuk dengan sahabat tanpa patah hati karena meninggalkan anak di rumah.

Rute Menuju Rumah Mba Ayu

Berjarak 4 km dari Stasiun Tugu Yogyakarta dan 7 km dari Bandara Adi Sutjipto, rute menuju Rumah Mba Ayu ini tidak sulit dicari, ikuti saja petunjuk di google maps atau waze, dijamin pasti sampai hehee. Tapi kalau amit-amit lagi apes sinyal mendadak hilang, kita bisa start mencari dari Pojok Beteng Wetan yang terletak di sisi barat-selatan Keraton Yogya (ini berlaku kalau kita dari arah Stasiun Tugu ya). Dari perempatan Pojok Beteng Wetan pilih jalur ke arah timur, Jl. Menteri Supeno, lurus terus sampai ketemu Jl. Nitikan di sebelah kanan atau selatan jalan. Setelah masuk Jl. Nitikan tinggal cari saja Gang Abimanyu lalu cari rumah nomor 1092, letaknya di sebelah Asrama Mahasiswa Subang.

Fasilitas di Rumah Mba Ayu

Rumah Mba Ayu terdiri dari 2 lantai dan semuanya disewakan. Di lantai pertama terdapat ruang tamu, ruang keluarga, ruang baca ruang makan, dapur, dua kamar tidur, dan 3 kamar mandi. Sementara lantai dua berisi 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur, ruang keluarga, balkon, dan ruang terbuka di bagian belakang untuk menjemur dan merokok.

Begitu membuka pintu depan kita akan langsung disuguhi ruang tamu teduh bernuansa cokelat, ada sebuah sofa besar empuk dan beberapa hiasan kayu berdampingan dengan bunga-bunga artifisial cantik.

Homestay murah dan nyaman di Jogja

Dari ruang tamu kita bisa mengintip kearah ruang keluarga yang hanya dibatasi kabinet putih bersekat tanpa tutup. Ruang keluarganya luas, dilengkapi sofa yang bisa ditarik menjadi bed, kipas angin, dan TV layar datar dengan saluran TV berbayar.

Berdekatan dengan ruang keluarga ada ruang baca sekaligus bermain anak-anak, dilengkapi buku-buku cerita berkualitas serta aneka permainan edukatif seperti balok susun, puzzle, uno stacko, dan catur.

Homestay murah dan nyaman di Jogja
Ruang baca dan bermain favorit anak-anak

Karena banyak buku dan permainan bagus, anak-anak jadi punya kesibukan sendiri, sementara kita bisa puas memasak di dapur yang kecenya nggak kalah dengan ruang lain. Kompor, panci, wajan, sutil, magic com, piring, mangkok, gelas, sendok, garpu semua sudah lengkap tersimpan rapih di dalam kitchen set, kita cuma perlu menyiapkan bahan untuk diolah dan niat mengolahnya saja.

Selesai masak, waktunya berkumpul di ruang makan menikmati hidangan. Di sini kita bersantap sambil menikmati view ke taman kecil dengan air mancur buatan. Oh ya, sudah disediakan kulkas dua pintu dan dispenser berikut galonnya juga, jadi jangan khawatir bakal defisit air minum selama menginap di sini.

Homestay Rumah Mba Ayu

Sudah kenyang? Sekarang waktunya bersantai di kamar. Total ada 6 kamar di sini dan kita dibolehkan menyewa perkamar saja.
• 1 kamar besar di lantai satu dilengkapi AC, tempat tidur king, sofa bed, TV, kamar mandi dengan shower, seharga Rp. 350.000/hari
• 1 kamar besar di lantai satu dilengkapi AC dan kamar mandi dalam dengan bath tub seharga Rp. 275.000/hari
• 2 kamar ukuran sedang di lantai dua dilengkapi AC dan double bed, seharga Rp. 200.000/hari
• 2 Kamar ukuran sedang di lantai dua dilengkapi kipas angin seharga Rp. 150.000/hari.
Untuk semua kamar di lantai dua menggunakan kamar mandi luar yaa, ada 2 kamar mandi yang bisa dipakai, dan semua kamar mandi lantai bawah dan atas dilengkapi water heater.

Kamar-kamar di Rumah Mba Ayu memiliki tema sendiri pada setiap dindingnya. Kebetulan saya mendapatkan kamar tidur berhiaskan mural world landmark seperti Statue of Liberty, Tour d’Eiffel, Torre di Pisa, Taj Mahal, hingga Tugu Putih Jogja. Anak-anak saya yang memang suka sekali geografi langsung memekik girang saat pertama membuka pintu kamar ini. Detail interior setiap kamar bisa lihat di video saya ya.. Linknya ada di bawah.

Selain kamar tidur dan kamar mandi, di lantai dua ini juga disediakan ruang keluarga dengan TV, balkon yang menghadap ke jalan, dapur berikut kompor, alat masak, alat makan, dan dispenser. Ada ruang terbuka yang lumayan luas juga di bagian belakang, bisa dipakai untuk menjemur pakaian atau sekedar bersantai.

Homestay Rumah Mba Ayu
Bonding time bersama si kecil di balkon belakang

Rumah sudah nyaman, tapi sebagai pekerja digital apalah arti kenyamanan jika tanpa wifi, ya gak?
Untungnya di Rumah Mba Ayu wifi-nya wuuush wuush bikin bahagia, nggak cuma kerjaan yang terkondisikan, niat pamer di IG Story pun berjalan lancar, huahahahaaa.

Homestay Rumah Mba Ayu
Tangga ikonik Rumah Mba Ayu yang asyik buat ndeprok

Seperti homestay lainnya, Rumah Mba Ayu ini paling cocok disewa satu keluarga atau teman berkelompok, jadi kita nggak perlu sharing rumah dengan orang yang belum kita kenal. Harganya jauh lebih murah daripada kita menginap di hotel lho. Harga sewa perlantai (lantai 1 atau lantai 2), sebesar Rp. 700.000 / hari. Sedangkan sewa 1 rumah mulai dari Rp. 1.100.000 / hari dengan ketentuan jumlah tamu:
1 - 12 orang sebesar Rp. 1.100.000
13 - 15 orang sebesar Rp. 1.200.000
16 - 17 orang sebesar Rp. 1.300.000

Beberapa teman saya selalu khawatir soal ketersediaan makan malam dan akomodasi jika menginap di homestay, nah Rumah Mba Ayu ini walaupun letaknya agak di dalam tapi nggak jauh dari fasilitas-fasilitas umum. Sekitar 700 meter dari penginapan ada Indomaret, Resto Bale Bebakaran, dan Resto Mie 95, ongkos Go Food nggak terlalu mahal lah :))

Untuk yang berniat city tour, beberapa landmark kota Jogja bisa dicapai dengan jarak yang nggak terlalu jauh, misalnya saja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (2.8 km), Pura Pakualaman (2.4 km), Taman Sari (2.7 km), Benteng Vredeburg (2.9 km), Museum Sonobudoyo (3 km), Mal Malioboro (3.5 km), dan Gembira Loka Zoo (2.4 km), banyak kan? Nggak bakal cukup sehari kalau mau dikunjungi semua.




Jadi gimana? kapan kamu ke Jogja lagi? :)




Rumah Mba Ayu

IG: @rumah_mba_ayu
Jl. Nitikan, Gg. Abimanyu No.1092
Umbulharjo, Yogyakarta

Info dan reservasi: 0821.33843131


40 komentar:

  1. Yeay, senang banget kemarin ya. Semoga bisa kumpul nginep bareng lagi. Aamiin. Btw, rumah mba Ayu punya kenangan tersendiri yg tak terlupa...😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaa kenangan yang tak terlupakan :)))

      Hapus
  2. Wihhh...asik banget ya di rumah mba Ayu. Lengkap dan berkesan banget bisa staycation disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kisah kita semalam bersama yaaa.. hahahahaah..

      Hapus
  3. Asyiknya yang staycation bareng manteman, serasa kembali jadi anak gadis, tapi kali ini bawa bocah hihihii...

    BalasHapus
  4. Harganya terjagngkau ya, dan itu foto-fotonya lucu-lucu banget sih, instagramable pisan, seru yah kalau ngumpul bareng temen di penginapan mba ayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ke Jogja mampir sini ya mbak :)

      Hapus
  5. yang nginepnya jug aayu-ayu banget itu. Seruya staycationnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terbang semua deh yang nginep :))

      Hapus
  6. Wahh belum pernah nobain staycation di homestay gini, enak kali yah klo rame-rame dan berhari-hari, gak perlu jajan dluar, tinggal belanja dan masak, makan bersama dehh hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, kemarin masak dan cuci piringnya juga gantian.

      Hapus
  7. keren ya, berasa rumah sendiri.. pasti akan nyaman banget nginep disana

    BalasHapus
  8. Asiknya staycation di sini. Serasa di rumah sendiri. Kalau nginap bareng keluarga besar juga pasti rasanya lebih nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nyaman karena ga ada orang lain :)

      Hapus
  9. Kelihatan nyaman banget yaa rumah Mba Ayu ini. Dari foto-fotonya udah terbayang yang nginap pasti betah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Jogja di cobain ke sini yaa mba :)

      Hapus
  10. Noted...aku mupeng dengan rumah mbak ayu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ke Jogja mampir ke sini yuk mba :)

      Hapus
  11. Harganya murah dan terjangkau banget. Huniannya juga homey

    BalasHapus
  12. Wooh, di tengah kota banget berarti ya lokasinya. Kalo cuma 1 atau 2 kilometer ke obyek wosata strategis sii asik banget, harganya juga bersahabaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di sini bisa puas pepotoan sama adek karla :)

      Hapus
  13. Asyiiiik banget nginep rame2 di sini mba. Aku baca beberapa reviewnya. Bagus ya tempatnya..

    BalasHapus
  14. Jadi pengen ke Yogya nih karena homestaynya murah banget tapi nyaman.

    BalasHapus
  15. Waah bareng Manda, Mbak Diba, dan Mbak Nunung yaaa. Asyiknyaa
    Asyik pula homestay-nya Mbak. Pasti akan jadi kenangan indah selamanya nih

    BalasHapus
  16. Homestaynya kekinian begini gimana gak betah yak. Untuk harga 1.300.000 untuk sewa sekeluarga besar itu murah sekali. Mana ruangannya instagramable, ya oke. banget buat pekerja digital yang suka mbuat konten cantik y

    BalasHapus
  17. Waaaa.... nyaman banget tempat homestay seperti ini, bisa jadi alternatif kabur kalau lagi suntuk atau renov rumah ya mbak....

    BalasHapus
  18. Kapan ke Jogja lagi? Semoga segera. Penginapan Mbak Ayu ini hangat. Cocok dijadiin tempat santai bareng keluarga

    BalasHapus
  19. Rumahnya nyaman, lokasi strategis, wifii lancar, harga terjangkau... kurang apa lagi coba?

    BalasHapus
  20. Terlihat nyaman banget rumahnya kak. Ada area anak juga.

    BalasHapus
  21. Homy banget ya homestay-nya. Sesuai juga dengan nama rumahnya, Mbak Ayu, rumahnya pun ayu. :)

    BalasHapus
  22. Nyaman ya kalo sekeluarga besar bisa nginep di Rumah Mbak Ayu. Cukup lah satu lantai aja buat staycation. Keluarga suamiku suka banget nih staycation bareng

    BalasHapus
  23. keren bikin terobosan homestaynya homey banget dah harganya pas lah ya mba jadi pemgen kesini cobain duh kapan bisa liburan hahaha

    BalasHapus
  24. Noted deh. Nanti saat ke Jogja bisa jadi pilihan untuk tempat nginep.

    BalasHapus
  25. Nginep sana lagi yuuuk

    BalasHapus
  26. asyik banget ya Rumah Mbak Ayu ini. rumah penginapan tapi serasa rumah sendiri.

    BalasHapus
  27. Kayaknya Rumah Mba Ayu ini, bisa jadi alternatif kalau ke Yogja.
    So far, sudah 2 orang yang rekomendasikan lewat BW.

    BalasHapus
  28. Rumah sehangat ini....jadi gak pingin pulang yaa...hiihi~

    Pingin nginep di Rumah Mba Ayu.

    BalasHapus
  29. Hommy banget yak. Pingin suatu saat kalo punya rumah kayak gini, hihi

    BalasHapus
  30. Mbaa aku syediiih wkwk kenapa? Soalnya bulan depan aku ad bagenda bareng temen2 di Jogja udh keburu nyewa homestay yg harganya 100k di atas ini pdhl sekilas sama aja huhu dasar emak emak beda tipis lgsg kepikiran XD anw emabg bener instagrammable bgt ya mba 😍 aku kau dong rekomendasi penginapan under 120k hihi buat extend bareng suami

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)