Menghadiahi Diri Sendiri di Perayaan 11.11

Indonesian Lifestyle Blogger

Tinggal 2 bulan lagi menuju 2019, yang kemarin sempat bikin resolusi awal tahun, sudah berapa yang berhasil terwujud? Saya sendiri termasuk tim tanpa resolusi tahunan. Bukan karena nggak suka, tapi sudah menyerah sekian tahun yang lalu. Semua resolusi yang saya buat selalu berakhir jadi ilusi. Padahal apa yang saya rencanakan itu bukan sesuatu yang muluk-muluk loh. Misalnya dalam hal diet dan olahraga. Jangankan pasang target bodygoals kaya Jennifer Bachdim, bisa rutin sit-up supaya buncit di perut berkurang saja sudah senang. Kenyataannya? Ya tetep aja buncit sampai mau ganti tahun lagi.


Jadi saya putuskan berhenti membuat resolusi. Entah itu tentang olahraga, tujuan travelling,  atau pekerjaan, yang penting saya menjalani kesempatan-kesempatan yang saya dapat dengan maksimal. Meski terkesan santai, saya banyak sekali belajar di tahun 2018. Dalam urusan menulis blog misalnya, kalau dulu cuma fokus menulis dan menulis yang suka-suka saya aja, tahun ini saya dipertemukan dengan teman dan komunitas yang memacu saya belajar menghasilkan tulisan ramah SEO, menaikkan DA/PA, dan Pageview. 


Selain blogging, tahun ini saya juga belajar teknik fotografi secara khusus. Semua bermula dari kebaikan hati suami membelikan saya kamera mirrorless di akhir tahun 2017. Yang namanya dikasih ya pasti senang, tapi gimana pakainya itu persoalan besar, hahaah.. Lah saya masih buta banget soal fotografi, jangankan paham apa itu segitiga exposure, macam-macam angle dalam mengambil foto saja saya nggak tahu. 

Sejak itu saya bertekad memperdalam ilmu fotografi. Kan malu sama suami, sudah dibelikan mahal-mahal tapi cuma bisa motret pakai mode auto melulu, hehee.. Saya mulai rajin baca dan browsing aneka teknik foto, ikut komunitas fotografi, daftar workshop, sampai turun ke jalan berburu objek foto bersama teman-teman.

Alhamdulillah buah dari keseriusan saya belajar fotografi rasanya nggak pahit-pahit amat. Dari tiga lomba workshop fotografi yang pernah saya ikuti, dua diantaranya menjadikan foto saya sebagai pemenang. Ada juga beberapa tawaran job foto yang datang, sambil sesekali mengikuti aneka lomba foto kecil-kecilan. Di lomba itu, kadang beruntung dapat hadiah, kadang ya cuma dapat ucapan terima kasih :)

Lega rasanya, selain senang dapat hadiah, saya merasa bisa mempertanggungjawabkan pemberian suami, nggak cuma semangat pas minta saja. Kelihatannya suami juga cukup puas dengan keseriusan saya, dia buktikan dengan kembali menghadiahi saya sebuah lensa fix 35mm. Lagi-lagi saya cuma menggangguk saat dikasih, wong nggak ngerti sama sekali bedanya lensa kit dan lensa fix. Terus dengan pede berangkat menghadiri event bawa lensa baru, lalu pulang sambil ngomel “Lensanya diapain sih? Kok aku pake fokusnya blurrr semua? Objeknya juga jadi keliatan deket banget. Hahaaah.. Iya, memang secupu itu akutuu.

Untung laki-laki yang menikahi saya ini sabarnya luar biasa, pelan-pelan dia jelasin apa itu lensa fix, bagaimana fungsi dan cara pakainya, kadang-kadang dia juga menemani saya berlatih. Tak kenal maka tak sayang. Setelah saya kenal jenis-jenis lensa juga fungsinya, Saya jatuh cinta dan pingin memiliki semuanya, huahahaa.

Sekarang saya pingin punya lensa wide 16mm buat dibawa main ke gunung, ke hutan lalu belok ke pantai (ah, jadi ingat Rangga). Terus saya juga pingin punya lensa tele yang bisa ditenteng buat hunting street photography. Huu dasar emak-emak pinginan!

Ternyata keinginan saya bersambut. Saat melempar proposal #2019tambahlensa ini ke suami, dia langsung mengiyakan, tapi syaratnya, saya sabar dulu.Iya deh, asal di-iya-in aja sudah bahagia kok, toh ini cuma keinginan, bukan kebutuhan yang wajib dia penuhi. Lagi pula suami sudah sering sekali kasih saya hadiah macam-macam. 

Eh, hadiah?

Nah, kenapa saya nggak beli sendiri aja? Anggaplah sedang memberi hadiah akhir tahun pada diri sendiri. Hadiah untuk saya yang berhasil mengalahkan rasa malas dengan belajar lagi. Dan hadiah untuk kamera saya yang sudah membantu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sekarang tinggal bagaimana saya mengatur agar hasil kerja si kamera nggak melulu habis buat beli skincare dan bakso.

Jadi sambil menyisihkan sisa kembalian jajan bakso, saya survey sana sini. Mencari harga dan tempat terbaik untuk membeli lensa idaman. Sampai saya menjatuhkan pilihan pada sebuah lensa wide di etalase Lazada. Harganya cukup bersahabat. Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk membelinya. 



Festival Belanja Lazada 11.11
Lensa incaran di Lazada

Iya saya nunggu dulu. Karena sebentar lagi Lazada bakal menggelar festival belanja Lazada 11.11 ditanggal 11 November nanti. Saat itu akan banyak sekali diskon dan promo yang diberikan dalam waktu 24 jam. Jadi rencananya selain membeli lensa, sekalian saja membeli barang-barang pendukung fotografi yang belum saya miliki, mumpung diskon yaakaaan. Lho, kenapa harus tanggal 11 dan bulan 11?


Festival Belanja Lazada 11.11

11.11 stands for November 11 and known as “Singles Day” in China. The two elevens appearing like two couples symbolize the wishes of singles who long to be in a relationship. When it holds the world’s biggest shopping event—the Chinese equivalent of Black Friday.
Source: urbandictionary.com
Jadi begini gengs, semua bermula di China, yang merayakan tanggal 11 bulan November sebagai Singles Day atau hari perayaan kaum single. Single di sini nggak hanya berkonotasi pada jomblo lho, tapi memiliki makna yang lebih luas seperti kebebasan. Bebas menjadi diri sendiri, bebas menuntut ilmu, bebas menentukan tujuan hidup, bahkan bebas dari rasa sakitnya mencintai milik orang lain, eeaaa..

Dengan semakin berkembangnya jaman dan informasi, tanggal 11 November berevolusi menjadi perayaan 11.11, sebuah perayaan untuk menghargai dan memanjakan diri sendiri. Misalnya dengan belanja barang impian! 11.11 kemudian dipopulerkan oleh situs belanja Alibaba menjadi hari belanja terbesar di dunia, baik belanja offline maupun online.

Lazada sebagai marketplace online nomor satu di Asia Tenggara juga mendukung perayaan 11.11 dengan mengadakan Festival Belanja Lazada 11.11. Akan ada banyak diskon besar, aneka voucher, dan promo menarik selama 24 Jam pada 11 November nanti.

Setelah beberapa kali belanja di Lazada dan selalu puas, di festival belanja kali ini, selain lensa saya juga sudah mengincar beberapa produk penunjang fotografi lainnya seperti:

1. Tas kamera 

Selama ini saya masih nebeng tas kamera suami kalau sedang pergi bareng. Karena ada dua kamera dalam satu tas jadinya berat banget dan kami berdua sama-sama malas bawa, akhirnya sodor-sodoran terus "tolong bawain doong.." Gitu aja terus sampai pulang :))

2. Lightweight Tripod

Tripod yang kami punya beratnya nggak ketulungan, memang sih kokoh, tapi kalau jadi malas bawa karena sangat merepotkan, kan mending beli baru. Cari yang ringan dengan kualitas oke seperti tripod di Lazada ini.

3. Memory Card 64 GB

Walau sudah punya 2 buah memory card 16GB dan 32GB, rasanya masih kurang saja. Lagi seru-serunya foto, memory full, terpaksa berhenti dulu dan menghapuskan beberapa foto di kamera. Kesel banget. Makanya saya pingin punya Memory Card yang 64GB, supaya nggak bolak balik disuruh hapus foto :)

Festival Belanja Lazada 11.11
Beberapa Wishlist saya di Festival Belanja Lazada 11.11


Nah, kalau kamu, sudah punya wishlist apa di perayaan 11.11 nanti?

Apapun pilihanmu, tetap belanja dengan bijak yaa. Jangan sampai kalap dan membuat keuangan bulanan bocor di sana-sini. Pastikan juga barang yang kita idamkan itu akan benar-benar terpakai dan bermanfaat, bukan karena ikut-ikutan teman yang sudah punya dan kelihatan keren. Kan kita sedang merayakan hari kebebasan, bebas menjadi diri sendiri juga pastinya :)



132 komentar:

  1. Wah jadi keinget memorycardku yang di hape, udah mulai penuh dan kudu diganti juga nih. Semoga barang incarannya dapet ya ka :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo hunting MMC di lazada kaak :)

      Hapus
  2. Jd inget kamera incaranku blm kebeli, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli sekarang mba.. mumpung banyak diskon :))

      Hapus
  3. kompak banget ya Mbak, Suaminya mendukung banget, malah dia yang ngasih jalan istrinya untuk bisa motret lebih pro juga, kereeen.

    jangan lupa set alarm ya Mbak, biar gak kehabisan semua item incarannya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ini udah set alarm biar ga kelupaan hehee

      Hapus
  4. Aku pun pengen beli lensa. Kameraku masih lensa kit, tapi lumayan sih buat asal jepret.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lensa kit juga udah bagus kok mba :)

      Hapus
  5. wah bener banget mba, punya memory card 16 GB jaman sekarang kayaknya masih ngerasa kurang ya. Semoga barang incarannya dapat kebeli :)

    BalasHapus
  6. Semoga wishlistnya segera terpenuhi ya mbak.. aku kebanyakan wishlistku barangnya anak-anak, duh mamak banget ya jiwaku ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. kalo aku, buat anak-anak belanja pake akun suami mbak, hahaa gak mau rugi :))

      Hapus
  7. Waaaaa.... kalau aku lagi pengen banget Wacom Intuous mbak.... Buat menghidupkan kembali hoby yang lama, semoga nanti ada promo yang ramah di kantong, aamiin.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuiih itu yg buat gambar gambar kan mba? keren amat hobinya mbaa :)

      Hapus
  8. Aku juga pengen #2019LensaBaru wkwkwk
    Baru nyicipin fix lens juga tp bukan yang Canon sih, tp yang kompatibel n hasilnya cukup oke. Masih belajar otak atik setelan kamera yang pas juga. Cm mmg klo motret untuk event tu aman pake auto klo akuh hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, apalagi yg eventnya penuh uyel2an yaa.. paling aman auto deh :))

      Hapus
  9. KAlau saya kayaknya kali ini pengen beli kosmetik, Mbak. Lagi pengen belajar dandan aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku gak bisa dandan, udah nyoba gagal mulu, sama aja nasibnya kaya bodygoals nih :)))

      Hapus
  10. aaaah haliahnya øke banget mbaa..ayo manfaat diskon luar brasa di cari yang spesial itu ya mbaaa

    BalasHapus
  11. Aku juga udah punya wish list tanggal 11 Nopember nanti. Tapi baru sebatas beli kameranya dulu.

    Ngomongin hadiah buat diri sendiri itu bisa memacu kerja makin semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, invoice cair buat upgrade perlengkapan ngeblog itu asyik banget yaa

      Hapus
  12. Kalau aku lebih butuh kameranya daripada tas kamera. Banyakin nabung ah biar bisa beli kamera yang oke buat foto ini dan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cepat keturutan ya mba.. semangat nabungnya :)

      Hapus
  13. Akupun juga menunggu tanggal 11.11 buat online shopping. Sayangnya ga bisa beli kado buat anak juga, karena tanggalnya samaan. Batal beli kado murmer cihuy deh. Ahahah..

    Tapi niatnya mau beli kado buat natal, lumayan. Udah liat2 harganya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iya sebentar lagi natal yaa, lumayan bisa cari kadonya dari sekarang :)

      Hapus
  14. Keren banget Mbak tahapan belajarnya. Dan emang iya sih ya Mbak, jadi blogger itu nggak bisa hanya menguasai urusan nulis. Tapi juga fotografi atau juga infografis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. infografis aku masih buta mbaa.. belum sampe kesitu ilmunya :))

      Hapus
  15. Romantisnya suami kk, bikin baper #eh 😁 btw aku juga punya wish list, pengennya punya kamera juga, ternyata diskon besar2an yah tgl 11, harus pantengin nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa gak romantis kok, cuma kasian sama istrinya aja kayanya :D

      Hapus
  16. Hahahaa ngakak pas baca yang bagian body goals. Kok persis dengan yang kualami sih mba :))
    Asyiknyaaaa...bentar lagi ada 11.11. Mau ikutan juga aaahh berburu barang incaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa aseek ada temennya berangan2 kaya jen bachdim :D

      Hapus
  17. siap-siap bikin list belanjaan dech buat 11.11, tahun kapan tuh, saya masih kerja di kantor, rela pulang malam demi belanja di Lazada, karena kalau udah pulang ke rumah tuh, rasanya gak mau bagi waktu selain untuk keluarga. Sekarang mau curi waktu dech, bikin list dulu buat belanja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat bikin list mba.. ati-ati kalap :)

      Hapus
  18. Wishlist-nya kece banget, mba, smeoga jadi hadiah terbaik ya di tahun ini, saya pun lagi kepoin LAzada nih, mudah-mudahan bisa dapetin barang idaman

    BalasHapus
  19. Kalau aku cari lensa fix, Mbak buat Canon jadulku. Kali aja ada dengan harga miring pas 11.11 nanti

    BalasHapus
  20. Uwooo, lensa pancake. Aku kepingin yg fix 35mm. Ada diskon bagus ga yaah di Lazada nantii

    BalasHapus
  21. Beruntungnya saya punya temen potograper propesyenel. Aseek bisa mepet mepet biar dapet foto kece kece aaahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok kita dusel2an aja, jangan cuma mepet :))

      Hapus
  22. Wah.. bentar lagi 11.11 ya.. berburu barang idaman dulu ah buat dijadiin wishlist. Siapa tau pas 11.11 diskon besar-besaran. hihihi

    BalasHapus
  23. Lensanya keceeee. Mayan juga harganya, kudu nabung dulu biar bisa kebeli di tanggal 11.11 nanti. :)
    Tapi 11.11 ini emang salah satu moment yang paling ditunggu2 sepanjang tahun buatku. Hahhahahahhaa. Yuuk capcuss sebentar lagi Harbolnas! Yeaaayyy.

    BalasHapus
  24. aaah sama, aku juga mupeng lagi pengen beli perlengkapan kamera. kalau aku sih pinginnya lensa fujinon 35mm. haruskah aku memberi hadiah untuk diri sendiri juga?

    BalasHapus
  25. Lagi ngidam laptop, bantu do'a yaa… 🙏

    BalasHapus
  26. Aku juga punya resolusi olahraga tapi tinggal rencana saja terus ��
    Jadi pengen juga ya punya body jennifer bachdim haha

    Btw semoga wishlist tercapai ya mbakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. selamat belanja mbak :)

      Hapus
  27. Aku mau siap siap nih. Moga produknya ga kehabisan

    BalasHapus
  28. Asiikkk semoga wishlistnya tercapai yaaaa, dan aku bisa difotoin sama kamuu beeebb, asiikkk ^_^

    BalasHapus
  29. Mau serbu ke lazada deh, siapa tahu wishlist aku juga tercapai

    BalasHapus
  30. Lazada itu kalaupun nggak ada Harbolnas, promonya luar biasa gila gilaan. Aku aja kadang kalau pas mampir jadi binggung mau beli apa karena memang bagus bagus. Apalagi pas Harbolnas ini. Trus aku jadi keingat untuk memberi hadiah buat diri sendiri :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada temennya aku ternyata.. suka bingung kalo masuk Lazada :)

      Hapus
  31. Selamat berbelanja kak. Semoga kamera dan teman2nya terbeli 🙂

    BalasHapus
  32. Aku adalah salah satu yang menunggu-nunggu sale 11.11 ini.. wishlist udah menumpuk nunggu di check out! Gak sabaar!

    BalasHapus
  33. Gak sabar nunggu 3 hari lagi nih mba, saya pingin cepet-cepet tanggal 11 aja😁

    BalasHapus
  34. Wah bodygoalsnya sama nih, jennifer bachdim *uhuuuk keselek biji dondong ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahahaa.. itu hanya ilusi untukku :)))

      Hapus
  35. Wow.. itu lensanya aja 3 jutaan ya harganya. Aku juga mau nambah lensa nih. Harus jagaim promo Lazada ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa lensa fix emang suka bikin dompet nangis, makanya nunggu diskonan :))

      Hapus
  36. Ah keren nih baca yang wishlist ginian, gak sabar menanti tanggal 11 nanti, kurang hitungan hari lagi.
    waaahhh semoga incaran saya bisa kebeli aamiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. selamat belanja yaa mba :)

      Hapus
  37. Nggak sabar aku nunggu 11 11 ini pengin cari hape diskon :)

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah bbrp resolusiku tahun ini dah tercapai. Moga kesampaian ya mengejar barang impian. Wah mupeng jg saya punya amunisi fotografi seperti ini

    BalasHapus
  39. Wah, sama2 pecinta fotografer ya mbak, mantap deh sama misua nya, hehehe. Semoga whistlistnya kesampaian ya mbak 😊

    BalasHapus
  40. Mbaaa...ikut dong jalan2 ke gunung, hutan, lalu belok ke pantai..kita hunting foto bareng ya....hehe..
    Oya semoga barang incerannya berhasil diperoleh di momen 11.11 ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuuuk, seru kalo hunting fotonya bareng-bareng :)

      Hapus
  41. Jadi inget wishlistku, mudah2an ada di Lazada dengan harga yang oke. Pantengin ah tgl.11.11

    BalasHapus
  42. Waktu yang tepat banget ya kalau mau meghadiahi diri sendiri. Mudah-mudahan pas tgl 11 ada ya lensa idamannya

    BalasHapus
  43. Aku juga ga sabar nih menunggu tanggal 11 nanti katanya diskonnya cetar pula ya .

    BalasHapus
  44. Memori card kmrn dah beli. Aku yg pengen kamera baru buat ngevlog soalnya kalau DSLR tu berat dan kurang praktis dibawa2. Tapi blm kekumpul uangnya haha. Sementara akhirnya pakai hape. Btw semoga terkabul semua ya wishlistnya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalo ngevlog juga masih sering pake hp, berat bawa kamera buat video, hahahaa

      Hapus
  45. wuah aku lagi memperjuangkan mirrorless nih mbak, tapi kayaknya lebih butuh laptop dulu. hahaha

    semoga lensanya bisa dapat baru yaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. semoga laptop dan mirrorless cepat tercapai yaa mba :)

      Hapus
  46. Wah jadi keinget memory card nih..penting bangets.
    Mau kepoin Lazada juga ah nanti 11-11. Saya sudah siyap menunggu dengan setia :)

    BalasHapus
  47. asik dua hari lagi mba lazada 11.11 kita tunggu banget ih, moga dapet yang murce-murce

    BalasHapus
  48. Ah jadi inget kamera mirrorless full set ku yang digondol maling..huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuh.. semoga cepat dapat ganti yg lebih baik yaa mba :(

      Hapus
  49. Aku belom berani beli lensa online.
    Mestinya aman siih yaa...

    Selama ini kalau butuh lensa, jalan ke Dukomsel Bandung.
    Sekedar liat-liat.
    Kalo cocok, langsung nodong suami.

    hhaha~
    Tapi ada Lazada 11.11 , suami ga mungkin nolak kali yaa...
    Hihii~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru kali ini mau beli online, mumpung diskon heheee

      Hapus
  50. Ini judulnya 11.11 yang sangat efektif. Kadang kalau ada sale gede-gedean gitu jadi impulsif, pengen beli semua-semua yang murah nggak diperlukan, tapi kalau sudah dibikin list gini jadi tau mana yang harus diutamakan. Semoga besok dapat semua barangnya ya, mbak!

    BalasHapus
  51. Wah diskon gila-gilaan sih ini mbak yo, mantap gilakkkk, akupun mempersiapkan diri di tanggal 11 untuk segera cari diskonan wuaaaa

    BalasHapus
  52. Daku juga lagi nungguin tanggal 11 nih, bersamanya lama banget yah. Padahal kan 2 hari lagi, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa, selamat belanja yaa mba :)

      Hapus
  53. Nggak sabar nunggu festival Lazada 11.11. Kayaknya aku pengen beli tas punggung soalnya aku hanya punya tote bag aja. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik juga nih wish listnya, semoga dapat harga bagus ya mba

      Hapus
  54. 11.11 sebentar lagi, jadi penasaran hasil belanjaan mba Yoan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, jadi malu, keliatan belanja mulu :)))

      Hapus
  55. Ah, dua hari lagi ya, buru-buru liat-liat barang inceran deh.
    Maunya kamera mirrorles kek punya Mak Yo, biar fotoku bisa cakep.
    Tapi mahal ya, harus nabung dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee, semoga bisa cepat keturutan yaa mak ety :*

      Hapus
  56. wah incerannya blogger kekinian banget nih, anyway iya juga ya kenapa gak cari lensa pas 11.11... hihihi jadi ke-ide-an nih

    BalasHapus
  57. Mba ak juga lagi belajar fotografi nih. Mba Yoanna pake kamera apa kalo boleh tahu?
    Anw emang pnting sih menghadiahu diri sendiri yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pakai Sony A6000 dan A5000 mbak :)

      Hapus
  58. Wah senangnya ya mbak kalau suami mendukung hobi kita. Difasilitasi juga :)

    BalasHapus
  59. Ada promo diskon kamera ndak ya pas 11.11 ? pengen beli..

    BalasHapus
  60. Kapan kita kemana yuk kalau udah dapet mainan baru? Hihihi. Senengnya bisa borong borong di single's day yaaaa

    BalasHapus
  61. Besok ya hari bersejarah ituuu.. harus jagain nih siapa tau dapat yang banting harga banget.

    BalasHapus
  62. Besok nih, wiiww ga sabar nunggu diskonan

    BalasHapus
  63. Ih, senangnya ya punya hobi yang sama dengan suami. Tinggal besok mba diskonnnya. Saya mampir dlu buat liat apa yang bsa dibeli heheheh

    BalasHapus
  64. gawat ih buka blog mba yoana jadi kepikiran lensa yang udah kuwishlist-in dari taun kapan!
    btw 11-11 sudah makin dekat, akhirnya jadi beli apa mba?

    BalasHapus
  65. Tadinya mau nyari tiket promo. Eh barusan cek ricek pinggan tahan panasnya Ikea. Iya deh aku lemah sama alat masak.

    BalasHapus
  66. Selalu suka hasil fotonya mb Yoan. Besok kalau udah upgrade kamera bakal jadi makin kece badai nih :3

    BalasHapus
  67. Kok wishlist nya samaan si mak yo~ lg pengen upgrade lensa jg nih...

    BalasHapus
  68. Gawat ini bisa bikin kalap! Semoga aku terlindung dari tebaran diskon yang menggoda 🤣

    BalasHapus
  69. Wah jadi pingin ikutan juga di tanggal 11 bulan 11. Bsok saling mengingatkab yaa 😁

    BalasHapus
  70. Maaakkkkk......whistlist nya bikin daku ngiler juga. Lensa wide, lensa tele, waduhhhh......pingin semua. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. naah ayo dibeorong semua deeh hahaa

      Hapus
  71. Aku juga gak ngeh ada lensa kit, lensa fix.

    Nah itu tuh, daftar wish listnya kok bikin aku ikut ngiler. Serba untuk perlengkapan fotografi, makin serius ini ke arah pro

    BalasHapus
  72. Keren, Mbak. Selalu ingin belajar itu kunci bahagia juga yaa. Semoga terijabah wishlist-nya

    BalasHapus
  73. Penting disyukuri apa adanya yah Mbak heheee
    Smoga terwujud buat dapetin Wishlist tahunan kali ini yahh mbak, supaya tambah kece fotografinya
    Salam Kenal Mbake ^_^

    BalasHapus
  74. Hari ini aku juga mau menghadiahi diriku sendiri Mbak ��

    BalasHapus
  75. Tripod nya namanya light weight tripod gitu Mak? Aku mau cari juga soalnya. Cuzz ah ke Lazada

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa yang enteng buat dibawa-bawa mak

      Hapus
  76. Kamera impian banget ini, semoga bisa ikutan belanja di Lazada 11.11 ya, pasti banyak diskon deh

    BalasHapus
  77. aku masih cameranya saja yang masuk wishlist.. Karena belum punya

    BalasHapus
  78. wah mba asiknya mba semoga tercapai ya wishlistnya aku kemarin ga sempat lihat online shop wkwkwk saking sibunknya di dunia nyata

    BalasHapus
  79. Aku pengen belim stabilizer mbaak, biar rekam video stabil hehehe. Eh tapi ribet ga sih kalau bawa-bawa anak wakakaka. Simpen lagi aja di wishlist

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)