Monday, July 01, 2019

Dukung Si Kecil Tumbuh Tinggi dan Kuat Dengan Makanan Ini

cara mendukung anak tumbuh tinggi

Tahun ini, Raya, bungsu kesayangan kami, resmi masuk Sekolah Dasar. Ada sedikit drama diwaktu pendaftaran karena usia Raya yang masih dibawah rata-rata. Dramanya bukan dari pihak sekolah, tapi dari kami orang tuanya. Meski secara akademis raya sudah sangat siap, saya tetap punya banyak ketakutan. Selain kesiapan psikisnya, ukuran tubuhnya juga membuat saya khawatir. Saya takut dia jadi yang paling mungil di kelas dan akan mempengaruhi kepercayaan dirinya nanti.

Tapi saat pendaftaran ulang kemarin, saya malah menjumpai kenyataan kalau Raya bukanlah siswa yang paling mungil meski usianya paling muda. Yes, he might be the youngest child in class, but not the shortest one, yeaay!
Tinggi badan anak-anak memang menjadi salah satu concern utama saya dalam membesarkan mereka. Karena ukuran tubuh akan memberikan kontribusi besar terhadap potensi percaya diri dan potensi supel anak. Anak tidak akan minder jika memiliki ukuran tubuh yang sama atau lebih tinggi dari teman sebayanya.

Pernah dengar Stunting?

Stunting adalah suatu kondisi tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibanding tinggi badan orang seusianya. Penyebab stunting bisa karena kekurangan gizi kronis sejak dalam kandungan hingga masa awal anak lahir. Untuk itu kita wajib mengoptimalkan asupan nutrisi anak sejak 1000 hari pertama kehidupannya agar potensi tumbuh tinggi dan kuat anak dapat dioptimalkan.

Asupan nutrisi itu berupa makanan dan minuman yang kaya protein, karbohidrat, asam lemak, vitamin, dan mineral-mineral. Salah satu mineral yang berperan penting dalam proses tumbuh tinggi dan kuat adalah Kalsium. Kalsium berfungsi membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi, mencegah tulang keropos, memperkuat struktur rangka dan fungsinya.

Bagi janin dalam kandungan kalsium bermanfaat membantu pertumbuhan, membentuk tempurung kepala bayi, membentuk tulang kaki, tangan, punggung, dan beberapa tulang lainnya. Sedangkan bagi anak-anak, selain untuk mendukung proses tumbuh tinggi dan kuat, kalsium juga membantu menjaga anak dari berbagai penyakit seperti rakhitis, kaki berbentuk O atau X,kerusakan gigi, dan daya ingat yang lemah.

Lalu bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari? Saat sekolah dulu kita diajari kalau kebutuhan kalsium bisa didapat dari produk olahan susu. Nah, selain susu, masih ada bahan-bahan makanan lain yang ternyata juga memiliki kandungan kalsium tinggi. Apa saja sih?

Dibawah ini saya tulis 10 bahan makanan dan minuman yang tinggi kalsium tapi mudah sekali kita temukan dalam keseharian.

1. Susu dan Produk Olahan Susu

Susu menjadi produk tinggi kalsium yang paling populer di kalangan masyarakat. Satu gelas susu mengandung kalsium sebanyak 270 mg, karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi susu secara rutin 2 kali sehari agar kebutuhan kalsium dapat tercukupi. Tapi jangan asal mengkonsumsi susu juga lho.. pastikan susu sudah melewati proses pengolahan yang tepat dan higienis agar kita bisa mendapat manfaatnya. 

Kalau saya selalu membiasakan anak-anak minum susu SGM Eksplor dan SGM Aktif dengan formula COMPLINUTRI yang dilengkapi zat gizi makro dan mikro seperti Asam Linoleat Omega, Protein, Vitamin D3, Vitamin A, Vitamin C, Zinc, Zat Besi, dan tentu saja tinggi kalsium yang akan sangat bermafaat mendukung potensi tumbuh tinggi dan kuat pada anak-anak.

makanan untuk mendukung anak tumbuh tinggi

2. Bayam

Bayam ini salah satu sayuran hijau yang mudah sekali dijumpai dimana-mana, harganya juga terbilang murah. Meski pasaran dan murah, soal kadar kalsiumnya jangan ditanya lagi. seikat bayam ternyata mampu menghasilkan 200 mg kalsium.

3. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang sekarang mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Selain memiliki banyak kandungan serat, brokoli juga mengandung kalsium dalam jumlah cukup tinggi, sebanyak 180 mg.

makanan untuk mendukung anak tumbuh tinggi

4. Kacang Kedelai

Menyebut kacang kedelai, saya langsung terbayang seikat kedelai rebus yang biasa dijuaal di piggir jalan, harganya murah tapi nikmat banget dicemili. Kacang kedelai ternyata juga merupakan salah satu sumber kalsium. Dalam 1 cangkir kacang kedelai rebus terdapat kandungan kalsium sebesar 261 mg.

5. Jeruk

Buah yang paling banyak jenisnya ini terkenal kaya vitamin C. Namun, selain tinggi vitamin C, dalam sebutir jeruk juga terdapat 65 mg kalsium. Jumlah yang cukup tinggi untuk memenuhi asupan kalsium harian.

6. Pisang

Sudah bukan rahasia lagi kalau pisang termasuk buah yang kaya seklaimengandung banyak sekali mineral bermanfaat. Pisang merupakan buah-buahan yang sangat bermanfaat. Antara lain kalium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium.

7. Ikan Salmon

Diantara aneka jenis ikan, Salmon memiliki kandungan mineral yang tinggi. 3 ons ikan salmon kalengan bisa memiliki kandungan kalsium sebesar 181 mg.

8. Oatmeal

Oatmeal adalah jenis sereal yang bukan cuma tinggi serat, tapi juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 105 mg dalam setiap mangkuknya.

9. Lobak

Satu batang lobak mampu memberikan 200 mg kalsium yang akan sangat bermanfaat untuk kebutuhan kalsium harian kita. 

10. Kacang Almond

Selain biasa dicampurkan ke dalam olahan makanan seperti coklat dan cake, kacang almond juga enak banget dicemili utuh. Kacang ini kaya akan vitamin E dan mineral seperti kalium, zat besi, dan kalsium. Kandungan Kalsiumnya mencapai 72 mg per ¼ cangkirnya.

Yuk moms, kita berikhtiar maksimal mendukung anak-anak menjadi #GenerasiMaju yang punya potensi prestasi cerdas kreatif, tumbuh tinggi kuat, percaya diri, supel, dan mandiri dengan memberinya berbagai stimulasi dan asupan gizi terbaik.

#SGMEksplor #MombassadorSGMEksplor

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)