Monday, August 26, 2019

Sleeping Mask Untuk Wajah Berminyak

Manfaat sleeping mask

Sudah beberapa bulan ini saya menskip night moisturizer dari PM skin care routine saya dan menggantinya dengan hydrating toner, hydrating essence, dan sleeping mask. Setelah rutin memakai 3 produk itu rasanya kulit jadi lebih mudah bernapas dan bangun tidur dengan wajah lebih cerah dari sebelumnya.

Sleeping mask atau sering juga disebut overnight face mask pertama kali dikenal sebagai tren kecantikan asal Korea. Masker ini berbentuk cream, gel, atau malah gel cream yang diaplikasikan di tahap akhir rutinitas perawatan kulit pada malam hari sebelum tidur. 

Meski sleeping mask dan krim malam memiliki tekstur yang hampir mirip, kedua produk ini memiliki fungsi dan active ingredients yang berbeda. Night moisturizer biasanya memiliki ingredients yang lebih ringan dan bisa digunakan secara rutin. Sedangkan sleeping mask mengandung active ingredients dengan konsentrasi tinggi yang membuatnya hanya boleh digunakan sebanyak satu atau dua kali seminggu, karena penggunaan yang berlebihan malah bisa memicu efek samping pada kulit. Dan sebaiknya setelah bangun tidur segera bersihkan sleeping mask untuk menghindari kulit menjadi berminyak.

Jadi apa saja sih manfaat dari menggunakan sleeping mask ini?


1. Mengunci Kelembaban Wajah

Sleeping mask punya kekuatan mempertahankan kelembaban kulit selama kita tidur. Itu karena sleeping mask mengandung Hyaluronic Acid dan Gliceryn. Hyaluronic Acid sendiri berfungsi menjaga kandungan air di dalam kulit wajah, sementara Gliceryn dapat membantu memperbaiki kelembaban kulit,membuat kulit menjadi lebih elastis. 


2. Mengoptimalkan Kinerja Skincare Lainnya

Sleeping mask berfungsi melapisi wajah agar produk skincare yang sudah kita gunakan sebelumnya bisa menyerap ke dalam kulit dengan lebih baik. Masker ini diaplikasikan pada tahap akhir rutinitas skin care setelah memakai toner, serum, dan essence, sehingga seluruh produk perawatan yang digunakan sebelumnya dapat bekerja lebih optimal. 


3. Membantu regenerasi kulit
Sel-sel kulit kita beregenerasi pada malam hari antara pukul 10 malam hingga 2 pagi. Penggunaan sleeping mask dapat membantu kelancaran proses regenerasi kulit wajah dan memperbaiki kondisi kulit selama kita tidur.

4. Melindungi wajah saat tidur
Sleeping mask dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung kulit selama kita tidur. Mencegah penempelan kotoran dan debu darisarung bantal atau seprai yang bisa memicu penyumbatan pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat.

5. Menenangkan kulit wajah
Bahan-bahan yang ada pada sleeping mask ditujukan untuk menenangkan kulit setelah lelah beraktivitas seharian dan tertutupi makeup. 


Sebenarnya Sleeping mask boleh digunakan oleh siapa saja pada usia berapapun, tapi manfaat sleeping mask akan lebih dirasakan oleh dewasa yang sudah memasuki usia cantik. Karena semakin bertambahnya usia, tingkat hidrasi dan kelembapan kulit juga semakin berkurang, kulit membutuhkan produk perawatan yang mampu menjaga kadar air di dalam kulit.

Perhatikan juga jenis dan masalah kulit kita sebelum menggunakan sleeping mask. Pilih yang kandungannya sesuai kondisi kulit agar hasilnya optimal. Sekarang ini kan sudah banyak sekali brand yang memproduksi sleeping mask, mulai dari brand lokal sampai internasional hampir semua punya produk sleeping mask, tinggal pintar-pintarnya kita saja mencermati setiap ingredients di dalam sleeping mask yang paling pas untuk mengatasi masalah kulit.

Untuk teman-teman pemilik oily acne prone skin, saya punya rekomendasi sleeping mask yang baik untuk menenangkan jerawat, mengurangi flek hitam, dan mencerahkan wajah. Saya mencoba ketiga produk ini dalam versi share in dan hasilnya nggak mengecewakan. Kalau ada yang pemakaiannya tidak saya teruskan itu karena saya masih ingin mencoba produk sleeping mask dari brand lain :)

1. Some By Mi Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask

sleeping mask untuk kulit berminyak

Ini sleeping mask yang sedang saya gunakan sekarang. Memiliki kandungan 70% Goheung Yuja Extract dari Korea yang kaya akan zat pelembab dan pencerah kulit. Ditambah juga active ingredients Glutathione, Arbutin dan Resmelin yang membuat Some By Mi Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask nggak cuma ampuh untuk mencerahkan kulit tapi juga menjaganya dari tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

2. Innisfree Green Tea Sleeping Pack

sleeping mask untuk kulit berminyak

Overnight mask yang mengandung ekstraksi daun teh hijau Jeju organik yang mampu melembabkan kulit selama tidur. Kaya asam amino dan zar antioksidan yang dapat menjaga kelembaban dan mencerahkan warna kulit.Innisfree Green Tea Sleeping Pack tidak mengandung paraben, minyak mineral, pewarna sintetis, dan imidazolidinyl urea sehingga aman untuk kulit sensitif.

3. Laneige Cica Sleeping Mask

sleeping mask untuk kulit berminyak

Berbeda dengan Laneige Sleeping Mask berwarna biru dan pink yang hype banget itu,  Laneige Cica Sleeping Mask mengandung Centella Asiatica yang punya kemampuan meregenerasi kulit, memperbaiki sel yang rusak, dan mencerahkan warna kulit, cocok banget buat pemilik kulit berjerawat.

Sebenarnya beberapa brand lokal kita juga punya sleeping mask dengan review yang baik seperti Wardah White Secret Hydraglow Sleeping Mask, Emina Aqua Infused Sleeping Mask, dan Viva Cosmetics Waterdrop Sleeping Mask. Tapi karena nggak tersedia dalam versi share in, saya belum cobain semuanya heheeh. Nanti kalau sudah saya coba, saya review lagi yaa :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)