The Victoria Hotel Yogyakarta: Menikmati Sepi di Jantung Kota Jogja

The Victoria Hotel Yogyakarta

Berbeda dengan orang tua lain yang biasanya menyuruh anak mereka belajar saat mendekati masa ujian. Dulu, Papa dan Mama saya justru mengajak anak-anaknya piknik di hari-hari terakhir sebelum ujian. Menurut Papa pikiran tenang dan hati bahagia adalah kunci jawaban terbaik setiap masalah (yaa benar juga sih, kecuali masalahnya adalah soal matematika). Parenting style mereka itu yang kemudian saya duplikasi saat mendidik anak-anak saya. Yang penting hati bahagia dulu, urusan ujian dipikir besok, hahaah. Maka setiap sulung kami akan menghadapi PTS atau PAS, yang pertama kami diskusikan adalah "Mau kemana nih kita?" Biasanya kami memilih tempat favorit anak-anak seperti pantai atau sungai yang nggak terlalu jauh dari rumah. Jarak jadi pertimbangan penting karena si Kakak jangan sampai kelelahan di perjalanan.



Sayangnya saat kakak akan menghadapi PTS bulan kemarin, cuaca di Jogja sedang kurang bersahabat. Udara panas dan kering, tapi angin kencang malah melanda pantai-pantai di sekitar Jogja. Daripada tidak tenang selama di perjalanan, kami memutuskan staycation di Jogja saja supaya nggak kerepotan packing banyak barang, pesan tiket, jarak tempuh yang melelahkan, dan debat kusir menentukan waktu cuti ayah. Pulang ke rumah pun bebas dari tumpukan cucian kotor karena bawa bajunya nggak banyak.. Asal ada rejeki dan promo hotel, kami tinggal angkat ransel. Toh tujuan staycation bagi kami memang hanya untuk beristirahat dari rutinitas harian di rumah, bukan mau piknik ke sana sini.

Kali ini kami memilih The Victoria Hotel Yogyakarta sebagai tempat staycation. Selain sudah lama jadi incaran saya sejak mengikuti sebuah event di hotel ini beberapa bulan lalu, lokasinya di Jalan Adisutjipto nggak terlalu jauh dengan kantor suami di Demangan, malah masih satu kecamatan, jadi suami bisa langsung mengantar makanan menyusul kami saat jam istirahat dan setelah pulang kerja.

Alasan lainnya, hotel ini berlokasi di Victoria Residence, sebuah perumahan ekslusif yang meski berada di jantung kota Jogja tapi sedikit kebelakang menjauh dari hiruk pikuk jalan besar. Yang paling asyik buat saya, jaraknya cuma 0.4 km dari Ambarukmo Plaza! Tepatnya sih di belakang AmPlaz persis. Kami bisa makan malam di emol deh. Jalan kaki bisa, tapi naik Go Car cuma bayar ceban cint.. yasudah nanti naik Go Car aja lah, hitung-hitung membantu perekonomian lokal :))

Kami check-in sekitar jam 3 sore setelah Kakak pulang sekolah. Sengaja memilih weekdays demi mengejar harga promo dan berharap hotel akan lebih sepi, jadi lebih nyaman memakai pool. Sambil menunggu proses check-in dan kamar disiapkan, kami dipersilahkan menikmati welcome drink berupa orange juice dingin yang disediakan di tengah lobi. Entah karena udara panas di luar atau memang orange juicenya enak, tanpa sadar kami nyaris menghabiskan setengah dispenser, huaa maluuu..

The Victoria Hotel Yogyakarta
Menanti proses check-in di loby hotel yang nyaman

Baca juga: Rumah Mba Ayu, Penginapan Instagramable dengan Harga Murah di Jogja

Untungnya proses check-in nggak memakan waktu lama. Sebentar saja semua sudah beres dan seorang staf hotel mengantar kami menuju kamar. Superior Double Room yang kami tempati terletak di lantai satu dengan fasilitas satu buah king bed, sitting area, tea/coffee maker, minibar, flat-screen TV dengan TV cable channels, dan jendela yang menghadap langsung ke kolam renang. Wohoo, buka tirai langsung lihat biru-biru.

Oh ya, kolam renang juga selalu menjadi pertimbangan kami saat memilih tempat staycation. Karena anak-anak bakal menghabiskan siang, sore, dan pagi mereka di kolam, maka kolam favorit kami adalah yang menyediakan area anak-anak dan cukup private. Maksudnya private adalah nggak terlalu kelihatan lobi dan semacamnya. Kan nggak enak berenang sambil dilihatin tamu yang wara wiri di sekitar kolam. Nah, The Victoria Hotel Yogyakarta memiliki semua kriteria kami itu.   

Selesai menaruh tas di kamar, anak-anak langsung mengajak berkeliling hotel, tujuannya apa lagi kalau bukan main di kolam. Duh, padahal kalau sudah lihat kasur hotel rasanya pingin banget tenggelam di situ sampai sore.

Kalau nggak ingat niat awal ke sini adalah menyenangkan si kakak, udah saya suruh sabar nunggu Ayahnya saja deh. Jadi saya ikuti hasrat eksplorasi mereka, berkeliling hotel dan main di kolam. Tapi belum sampai di kolam kami malah menemukan sebuah papan dan bidak-bidak catur raksasa di taman sudut hotel.

The Victoria Hotel Yogyakarta
Arena bermain catur di taman hotel

Tamu hotel dibebaskan bermain di sini. Namun karena ukuran bidak caturnya lebih besar dari dek Raya maka butuh kerja keras untuk memindahkan masing-masing bidak, baru main 5 menit saja sudah keringetan, balik ngadem di kamar lagi, wkwkwk..

The Victoria Hotel Yogyakarta
Berat ternyata ya Dek :)

Menjelang petang baru kami kembali menyusuri bagian-bagian hotel, menuju kolam renang yang tadi sempat tertunda dan menghabiskan sisa sore bermain di tepi kolam. Ternyata kolam renang ini makin gelap makin romantis. Sayangnya, demi keamanan, tamu tidak diijinkan berenang saat malam.

The Victoria Hotel Yogyakarta
Nggak sabar mau berenang tapi sudah kesorean

The Victoria Hotel Yogyakarta
Suasana kolam setelah gelap

Selepas Isya kami melipir sebentar ke Ambarukmo Plaza untuk makan malam, tapi sepertinya cuma saya yang bersemangat, selesai makan anak-anak langsung minta kembali ke hotel. Nggak heran sih, di hari biasa pun mereka memang nggak terlalu suka berkeliling mall kecuali makan, ke supermarket, atau ke toko buku, beda sama ibuknya yang doyan banget tawaf di Mall.

Sampai di hotel anak-anak melanjutkan kegembiraan mereka dengan mandi. Untungnya ada jendela transparan yang menghubungkan kamar mandi dan ruang tidur, sehingga saya tetap bisa mengawasi mereka mandi sambil nonton TV.

Asyik nih jendelanya,
saya jadi nggak perlu bolak balik ngecek anak-anak di kamar mandi

Selesai mandi, main Uno Stacko yang dibawa dari rumah

Lalu menyantap makanan wajib tiap staycation.
POPMIE!

Baru tidur jam 12 malam, huh!

Jika di rumah kedua anak ini memilih bangun siang, di hotel mereka justru bangun jam 5 pagi dan langsung mengajak sarapan. Ngerti nih sama modusnya, kalau cepat sarapan kan cepat berenang juga, wakakaak.. Jadi jam 6 pagi kami sudah keluar sarapan, ini rekor sarapan tercepat kami di kala libur.

The Victoria Hotel Yogyakarta
Breakfast dengan view ke arah kolam renang

Menu breakfast di Victoria Hotel cukup variatif dan mengundang selera. Dari rerotian, sereal, bubur kacang hijau, bubur ayam, mie, sampai nasi dengan lauk macam ayam goreng, sayur, dan opor ayam tersaji lengkap. Saya dan suami sempat mencoba kwetiaw goreng, bubur ayam, dan opor ayam, sementara anak-anak memilih buah, sosis panggang, dan sereal coklat.

Restonya yang terletak di lantai dua sebagian memiliki view ke arah kolam renang, dan sebagian lagi berupa ruang outdoor menghadap ke arah kamar-kamar hotel di seberangnya. Sangat menyenangkan.

The Victoria Hotel Yogyakarta
Ruang outdoor sekaligus smooking room

Sarapan selesai. Waktunya berenang. Dan karena kami menginap di weekdays, pagi ini nggak ada tamu lain yang memakai kolam selain kami, horeeeeh.. Tugas momong anak-anak pun diambil alih si Bapak.

Dan sementara mereka bertiga bergembira di 'kolam pribadi' saya memilih di kamar. Berkuasa penuh atas remote TV sambil ngeteh cantik.

The Victoria Hotel Yogyakarta

Hotel dengan kolam renang di jalan solo jogja

The Victoria Hotel Yogyakarta

Hotel di jalan solo jogja
Ngeteh santai mumpung kamar sepi :)



Tentang The Victoria Hotel Yogyakarta

Menyandang status bintang tiga, fasilitas di hotel ini terbilang memuaskan. Desainnya yang bergaya kontemporer modern memberikan kesan bersih dan mewah. Kalau saya nggak salah, The Victoria Hotel Yogyakarta memiliki 66 kamar yang dilengkapi fasilitas AC, TV Flat dengan siaran kabel, minibar, tea/coffee maker, shower, wardrobe, hairdryer, toiletries, dan tentu saja koneksi WiFi kencang di lobi dan masing-masing kamar.

Untuk urusan perut The Victoria Hotel Yogyakarta menghadirkan Cinnamon Restaurant yang tadi sempat saya ceritakan di atas. Restoran ini beroperasi pukul 06.00 - 23.00 dengan menyajikan beragam menu bercitarasa khas Indonesia dan Internasional. Atau kalau cuma pingin nongkrong bersama teman atau saudara yang sedang berkunjung, kita bisa ke Victoria Coffee Shop saja, letaknya di lantai satu dekat resepsionis dan buka sejak pukul 07.00 - 22.30.

Buat kalian yang merencanakan liburan ke Jogja, The Victoria Hotel Yogyakarta cocok banget jadi tempat menginap lho. Selain lokasinya tepat di belakang Ambarukmo Plaza yang memudahkan kita membeli berbagai kebutuhan, jaraknya dari Bandara Adisutjipto cuma 4 km, nggak akan khawatir ketinggalan pesawat saat pulang nanti. Dan kalau mau jalan-jalan ke Malioboro juga cuma berjarak 4 km. Ke Candi Prambanan pun nggak terlalu jauh, sekitar 10 km saja.

Nggak cuma asyik buat menginap. The Victoria Hotel Yogyakarta juga menyediakan ruang pertemuan luas di lantai atas. Saya pernah mendapat undangan event di sini, ruangannya cukup luas dan sangat nyaman. Saya ketagihan menginap di sini nih. Semoga si bapak penyandang dana mau berbaik hati mengajak kami ke sini lagi dalam waktu dekat. Tolong dibantu Aamiin yaa...



The Victoria Hotel Yogyakarta
Jl. Laksda Adisutjipto KM. 5, 
Caturtunggal, Tempel, Caturtunggal, 
Kec. Depok, Kabupaten Sleman, 
Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Phone: (0274) 4533838



39 komentar:

  1. Hotel bintang 3 tapi fasilitasnya lengka0, bagus dan nyaman ya tempatnya. Caturnya gedeee banget bisa jd spot pepotoan yang kece

    BalasHapus
  2. Hahaha, kok sama sih, aku jg suka bawa popmie dr rumah kalo staycation. Soalnya kalo di hotel suka tidur telat, keasyikan nikmatin suasana kali ya. Dan tengah malem biasanya lapar, popmie lah jd penyelamat

    BalasHapus
  3. Aku gemes sama adik yang berambut keriting, pengen cubit 😍😍

    Suka banget nih dengan metode mendidik mba yang mengajak anak-anak jln2 sblm ujian, setau aku masih jarang banget orangtua yang menerapkan metode itu malah sebaliknya.

    Btw hotelnya bisa jadi referensi nih kapan waktu jln2 ke sama 😊

    BalasHapus
  4. 400 meter doang dari Ambarukmo Plaza, hotelnya nyaman, yes .... asyik pastinya. Berikut-berikutnya akan kadi pilihan lagi, ya Mbak ? :)

    BalasHapus
  5. Tempatnya asik banget ya, mbak. Jadi penasaran dengan harganya :)
    cocok banget untuk jadi tempat penginap selama stay di Yogyakarta

    BalasHapus
  6. Masukan ke dalam list hotel saat main ke jogja tahun depan, ehh... Masih lama harga permalamnya bersahabat nggak mba

    BalasHapus
  7. Catet deh untuk pilihan staycation berikutnya, sering ke Jogja tapi milihnya nginap pasti yg dekat Malioboro atau sekitar jalan raya solo jogja. Fasilitasnya oke nih, melebihi hotel bintang 3

    BalasHapus
  8. Aku pun kalau traveling atau jalan-jalan kemana gitu suka makan pop mie juga. Asik ya, ada fasilitas kolam renang yang bikin anak-anak senang.

    BalasHapus
  9. Waaaah boleh deh cobain next time. Sementara ini aku masih nginep di hotel-hotel yang udah biasa :)

    BalasHapus
  10. Wah si adek keliatan PW (posisi wuenak) banget tuh duduk di sofa ya. Apalagi bisa main catur yang guede-guede.

    BalasHapus
  11. MakYo aku jadi pengen nginep di sini. Hahahahaha. Andalanku kan staycation dalam kota ����������

    BalasHapus
  12. Klo staycation sy juga milih hotel yg ada kolam renangnya. Favorit anak banget deh. Hotelnya keliatan nyaman banget Mbak.

    BalasHapus
  13. Wah, hotel bintang 3 ya, kliatan kek hotel bintang 4 ya :D Paling murah tarif kamar hotelnya berapaan ya Mba?

    BalasHapus
  14. Ini kok hotel bintang 3 tapi kok view dan fasilitasnya ok banget ya. Aku juga mauuuu huhuhu...entah kapan nih bisa ke jogja

    BalasHapus
  15. Jadi keinget. Dulu saya punya murid yang kalo pas mo ujian, dia malah nyante. Sementara temen-temennya sibuk sama bukunya masing-masing. Ntar kalo anak dah sekolah, saya mau nerapin juga ah kebiasaan kayak gini.

    BalasHapus
  16. Beuh lihat kolam renang sama permainan di Hotel Victoria, sudah ngebayangin anak saya bakalan betah dan ga mau pulang. Hmm... Masuk daftar hotel wishlist ini kalau ke Jogja

    BalasHapus
  17. Fasilitasnya lengkap ya mba, asik nih buat staycation

    BalasHapus
  18. Suh, nyaman bangetya kamarnya. Bikin betah tiduran berlama-lama. Dan kolam renangnya bakalan jadi tempat asyik buat anak2.

    BalasHapus
  19. Have a nice stay-cation...

    Hehheh~
    Kok bisa anak-anak cuma bobok 5 jam, mba?
    Anakku kalo bobok jam 12, suka bangun paling pagi jam 7.

    Dan itu...doi pasti malleess to the max kalo diajak turun sarapan.

    Kereen...kereen...
    Liburannya maksimal banget.

    BalasHapus
  20. Kelihatan hotelnya bikin betah ya mbak, sambil sarapan lihat kolam renang rasanya udah ambil ancang-ancang after bfast langsung berenang :D

    BalasHapus
  21. Yogya bawa aku kembali. Kota yang selalu bikin rindu. Aaahhh ini The Victoria Hotel Yogyakarta bikin pengen nginep di sana.

    BalasHapus
  22. Fasilitasnya oke ya, mba. Recomend deh kalau pas berkunjung ke Yogya. Btw Pop mie tuh obat lapar yang nikmat wkwkwk..apalagi malam malam

    BalasHapus
  23. Huaaaa, mupeng ke Jogja lagi dan bawa anak2 jugaaaa.
    Noted nih Mbak, tempatnya klo ke Jogja lagi.
    Eeheeem, makanan wajib saat staycationnya Popmie yaaa, xixixix, pasti senang banget nih Anak2 boleh makan emiiee :D

    BalasHapus
  24. Jadi pengin berenang di sini, victoria deket dengan mall Amplaz juga ya, tempat strategis buat menginap di Jogja.

    BalasHapus
  25. Jogja emang selalu menjadi destinasi wisata bareng keluarga. Next time kalau ke Jogja lagi bisa menjadi salah satu list hotel yang harus dikunjungi

    BalasHapus
  26. Staycation-nya seru mom, bawa bekal makanan kesukaan anak2 malah wajib plus mainan. Yang paling favorit adalah acara renangnya, anak2 gak sabaran kepingin nyemplung deh.

    BalasHapus
  27. Hotelnya kelihatan bagus mba, fasilitasnya juga cuku komplit nih. Btw saya juga biasa bawa anak liburan itu pas sudah mendekati hari masuk sekolah, anak saya masih TK jd belum afa ujian. Boleh nih mba idenya hehe.

    BalasHapus
  28. Auuww, kamar mandinya itu agak gawat juga yaaa. Aku malah malu kalau keliatan, hahaha. Kemarin aku habis staycation di grand mercure dan kamar mandinya juga kaca terbuka gitu. Langsung melongo, maklum aku agak ndesit orangnya. wkwkwk

    BalasHapus
  29. Keren ya ada mainan catur gedhe2 gitu. Puas deh yang main, bisa sambil jalan2 di papan raksasa hehehee. Pasti makin seru permainannya

    BalasHapus
  30. Hahaha keren mba. Salah satu cara bikin biar anak nggak stres pas mau ujian adalah ngajakin mereka jalan-jalan hihihi. Hotelnya berkelas ya. Saya suka kamar mandi transparannya itu. Keren

    BalasHapus
  31. Saya sering lewat situ tapi belum pernah mampir sama sekali. Thanks reviewnya mba, bisa masuk list untuk staycation suatu hari nanti :)

    BalasHapus
  32. Eh pintu kamar mandinya kebuka ransparan gtu? #tutupmuka xixixix
    Kyknya hotelnya apik ya, ada kolam rennagnya pula. Dekat dengan mana2 ya jd kalau rekreasi ke Yogya asyik nginep sendri

    BalasHapus
  33. Seru banget staycationnya ya. Bisa jadi salah satu pilihan tempat menginap kalau ke Jogja nih. Btw, kriwilnya gemesin deeh.

    BalasHapus
  34. What, setengah dispenser orange juice, itu sih bukan karena enak tapi kehausan hahaha
    Aku suka kalau ada aktivitas seru seperti papan bidak catur rasaksa itu. Anakku pasti suka juga tuh...Juga lokasinya strategis ya Victoria Hotel ini..deket kemana-mana. Kalau ke Jogja kapan-kapan bisa dicoba ini:)

    BalasHapus
  35. Wah mau niru aah parenting style versi papanya mba yoanna. Refreshing jelang ujian jd inget anak SMA yg dpt nilai nem tertinggi se indonesia. Mereka malah nonton drakor sehari jelang ujian. Nice sharing.

    Itu hotelnya asyik banget ya ada catur besarnya.

    BalasHapus
  36. Pingin juga ah staycation di kota sendiri. Di Gresik masih baru-baru ini saja mulai ada beberapa hotel yang asyik untuk dipakai staycation. Beberapa kali ada acara di hotel tersebut, tapi malah belum pernah staycation hahaha

    BalasHapus
  37. Lucu banget nih ada papan catur raksasa. Haha. Suasanya enak banget ya, kamarnya nyaman dan bikin betah. Duh, pengen ke Jogja deh.. kangen..

    BalasHapus
  38. ornamen hotelnya unik banget ada bentuk catur. aku paling suka kalo sudah ada kolam renang dan kamar yang spacey. bisa dicoba nih kapan kapan kalo ke jogja.

    BalasHapus
  39. Mba aku mau jadi anakmu aja kalo tiap mau ujian di ajak jalan jalan. Haha. Tapi ide bagus nih mba, biar anak-anak gak stres kan ya mau ujian. Nice idea.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)