Wednesday, April 24, 2019

Cara Praktis Mengolah Bakso Bersama Bonanza


Bakso Sapi Bonanza

Bakso. Siapa sih yang nggak suka dengan makanan satu ini? 

Bakso biasanya terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tapi seiring perkembangan zaman ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, dan udang. Bakso lebih sering disajikan dalam kondisi panas bersama kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, tahu, dengan taburan bawang goreng dan seledri, beberapa orang juga menambahkan kecap dan sambal. 

Hayoo, sampai sini sudah ada yang mulai membayangkan menyeruput kuah bakso panas pedas?
Tapi bakso nggak cuma enak dimakan dengan kuah kaldu. Hampir semua masakan jadi lebih nikmat jika ditambah bakso, misalnya mie ayam bakso, nasi goreng pakai bakso, oseng tauge pakai bakso, semur tahu pakai bakso, dan anak-anak saya suka sekali sayur bayam bening pakai bakso.

Bentuk bakso sekarang juga makin beragam, mulai dari yang kotak, pipih, lonjong, kerucut, sampai bakso di dalam bakso alias bakso beranak yang sedang ngetrend itu. Kalau di Jogja, penjual bakso mudah sekali ditemukan, mulai dari bakso solo, bakso arema malang, dan bakso kawi atau lebih dikenal dengan bakwan kawi. Tinggal pilih saja lagi kepingin bakso jenis apa.

Tapi nggak semua bakso yang dijual itu memiliki cita rasa yang pas di lidah saya dan keluarga, ada yang terlalu banyak menggunakan tepung jadi empuk banget, ada juga yang teksturnya malah terlalu keras. Belum lagi tempat makannya yang kadang gerah, bejubel, dan nggak nyaman untuk anak-anak.

Karena itu ketimbang jajan bakso, saya lebih suka beli bakso mentah kemudian saya olah sendiri di rumah, disamping proses pengolahannya lebih higienis, durasi makannya juga lebih santai, nggak kemrungsung karena meja kita sudah ditunggu pelanggan lain.

Tapi masalahnya belum selesai, ternyata nggak mudah juga memilih merk bakso di supermarket. Buanyaak sekali merk dan semua mengklaim memilki kualitas terbaik, bingung akutuuu..

Untungnya kemarin saya dan keluarga dapat kesempatan mencicipi rasa bakso premium di Event-nya Bakso Bonanza bersama MomBlogger Community (MBC). Tadinya saya kira bakal sama saja kayak rasa bakso lain, tapi ternyata, selama event berlangsung anak-anak saya nggak berhenti bolak-balik nyomoti testernya, padahal mereka ini paling pemalu comat comot makanan di tempat umum. Nah kalau kemarin mereka sampai nekad begitu, artinya rasa Bakso Bonaza cocok banget di lidah mereka :)

Bakso Sapi Premium Bonanza


Event Bakso Bonanza berlangsung di Solo Square Jl. Slamet Riyadi Surakarta pada hari Jumat, 19 April 2019. Selain memperkenalkan kehadiran Bakso Bonanza di Solo, ada juga event Demo Memasak Aneka Olahan Bakso bersama Chef Brian Wicaksono, sang juara 2 kompetisi Master Chef Indonesia session 3.

resep bakso enak

Dari Jogja jauh-jauh ke Solo, mak? Yhaa kalau demi bakso enak sih apapun ku lakukan maak, huahahaah.. Nggak sih, kebetulan suami ada janji bertemu dengan temannya di Solo, jadi sekalian aja. 

Acara dimulai pukul 10.30 setelah semua peserta datang. Sambil menunggu Chef Brian menyiapkan masakannya, Mbak Carolina sebagai perwakilan dari Bakso Bonanza menjelaskan kelebihan produknya.

Bonanza adalah brand penghasil bakso premium dan susu sapi segar. Sapi-sapi penghasil daging dan susunya diambil dari peternakan milik Bonanza sendiri yang terletak di dengah perkebunan nanas, di Lampung. 


Kenapa harus di tengah kebun nanas? Itu karena sapi penghasil dagingnya nggak cuma dikasih pakan yang kaya nutrisi, tapi juga ditambah buah nanas. Tahu kan fungsi nanas sebagai pengempuk daging sebelum di masak? Jadi gimana kalau sapinya yang diberi makan nanas? Sudah pasti tekstur daging yang dihasilkan bakal istimewa banget. Apalagi sebelum di sembelih, sapi-sapi Bonanza juga mendapatkan perlakuan khusus agar dagingnya lebih empuk dan terjamin halal. 

Bakso Bonanza dibuat dari 84% daging sapi tanpa penambahan bahan pengawet, karena itu untuk penyimpanannya wajib di freezer supaya tahan sampai 6 bulan. Eh, tapi Bakso Bonanza yang saya dapat kemarin nggak tahan 6 bulan tuh meski sudah disimpan di freezer, soalnya belum seminggu sudah habis duluan :p

Selain memproduksi Bakso Premium, Bonanza juga menghasilkan susu sapi segar. Sayangnya susu sapi Bonanza baru tersedia di Jabodetabek saja demi menjaga kualitasnya tetap segar. Kalau Bakso Bonanza sudah tersedia di hypermart atau Superindo di seluruh pulau jawa, dan dijual dalam dua kemasan, 180 gram yang berisi 12 butir seharga Rp.35.000, dan kemasan 500 gram yang berisi 33 butir seharga Rp. 80.000. 


Demo Masak Aneka Olahan Bakso bersama Chef Brian Wicaksono


Setelah Mbak Carolina tuntas menjelaskan tentang Bakso Bonanza, saatnya Chef Brian Wicaksono tampil memperlihatkan kemahirannya memasak aneka olahan bakso. Sebelum mulai memasak Chef Brian membocorkan pengaruh pakan nanas yang diberikan kepada sapi penghasil daging bakso. Menurut Chef Brian, nanas itulah kunci yang membuat rasa bakso lebih empuk sekaligus gurih dan kaya rasa, jadi kita nggak perlu pakai bumbu banyak-bayak.

Ada 3 kreasi resep bakso yang ditampilkan Chef Brian kemarin. Yang pertama adalah Resep Bakso Bakar BBQ. Di sini Chef Brian menggunakan saos barbeque instant yang ditambah bawang bombay iris, bawang putih cincang, dan jinten halus sangrai agar menghasilkan rasa khas mediteranian. 

resep bakso bakar


Kreasi resep bakso yang kedua adalah Resep Bakso kari. Seperti kreasi pertama, kali ini Chef Brian juga menggunakan bumbu kari intan yang ditambah bunga lawang dan tepung terigu sebagai pengental kuahnya. Saya belum pernah sih mencoba kuah kari yang ditambah tepung terigu. Kemarin penasaran pingin ngicip tapi nggak kebagian, kalah sama antusiasnya peserta lain :)))

resep bakso kari


Kreasi resep bakso yang terakhir berupa Resep Bakso Kuah. Kuah kaldunya direbus menggunakan iga atau skengkel, dengan tambahan bawang bombay iris dan bawang putih kating yang hanya digeprek saja. Setelah kuah kaldu dan bakso matang, disajikan bersama mie, tahu, taburan seledri dan bawang goreng. 

resep bakso kuah praktis


Acara kemarin berjalan menyenangkan, banyak resep yang bisa saya praktekkkan di rumah, dan sebelum event dimulai anak saya sudah berpesan, "Bun, nanti pulangnya bawa bakso yang banyak yaa.." Ternyata ucapannya itu jadi doa, foto saya saat event berlangsung terpilih jadi salah satu pemenang, hadiahnya Bakso Bonanza ukuran besar. Alhamdulillah, lumayan yaa nak, beneran bisa bawa pulang bakso banyak :)))

Bakso Sapi Bonanza
Alhamdulillaah..


Bagi teman-teman yang mau mencoba Bakso Bonanza, buruan ke Hypermart atau Superindo, mumpung masih ada promo diskon 20% untuk pembelian Bakso Bonanza ini. Selamat makan bakso yaa..

24 comments:

  1. Maaakk, aku mauuu BAKSO-nyaaaa
    Secara sini penggemar pentol baksooo :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ya Mbak pulang bawa bakso banyak. Hehehe Mbak Yoan dan Mbak Ima kayaknya hepi banget nih! Aku njuk jadi penasaran sama bakso Bonanza ini.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah doa anaknya ya Mbak, mendapatkan bakso premium besar ya. Ngomong ngomong soal bakso, anakku lagi sneeng banget sama yang namanya bakso bakar

    ReplyDelete
  4. Udah daging sapinya premium. Di tambah resep dari chef handal Pula. Paket komplit

    ReplyDelete
  5. Kirain Bakso Bonanza sama aja kayak bakso lainnya. Ternyata dari gigitan pertama udah terasa lho bedanya. Lebih berasa daging sapinya dan kekenyalannya pas banget. Dimakan langsung aja udah enak.

    ReplyDelete
  6. wah mbak. baca tentang bakso hujan gini di rumah saya jadi laper. hahahaha.

    Kelihatan enak banget ya bakso premiumnya.

    ReplyDelete
  7. Bakso premium dari bonanza, pasti enak banget nih rasanya.

    Iya, saya ngebayangin makan bakso dengan kuah panas dan cuaca rintik hujan. Duh.. Bisa bermangkok-mangkok makannya.

    ReplyDelete
  8. Keluargaku suka banget bakso mba.. kayaknya kalau coba bakso Bonanza ini bakal ketagihan deh. Sekarang gak perlu ke kang bakso, bisa bikin sendiri dirumah.. mantull

    ReplyDelete
  9. Ooo rahasia keempukan dagingnya nih karena pakannya mengandung buah nenas ya. Jozz banget nih Bonanza punya peternakan sapi sendiri di tengah kebun nenas. Jadi ngiler nih pengin nyobain bakso Bonanza juga. Tapi ngga tau ya di Semarang sudah ada atau belum.

    ReplyDelete
  10. Iyap bakso Bonanza jadi slah satu pilihan buat ku simpan d freezer mba selain Aman daging nya pun pilihan enak

    ReplyDelete
  11. Baksonya menggiurkan sekali, apalagi setelah diolah chef ya, pakai bumbu kari kok nampak makin lezaaat

    ReplyDelete
  12. yang unik bakso bumbu kari nih...biasanya kan bakso ya kuah bening keliatannya enak jg ya bumbu kuah kari

    ReplyDelete
  13. Pengen coba bikin bakso bakarnya deh, keliatan menggoda! Besok mau cari Bonanza juga buat stok ngebakso di rumah

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata bakso Bonanza ada juga di Hypermart dan Superindo, cuss deh belanja nanti bakal ambil untuk persiapan menu buka dan sahur

    ReplyDelete
  15. Nggak sabar pengen segera nyari merk bakso Bonanza ini. Jadi penasaran soalnya kalau beli yang bakso kemasan, pengalaman yang lalu-lalu sering mengecewakan. Tapi kalau bonanza review dari teman-teman ternyata positif begini saya jadi penasaran.

    ReplyDelete
  16. Sebagai penggemar bakso, pastinya keluarga saya bakalan berburu Bakso Bonanza ini, deh hehehe
    Apalagi tekstur baksonya lembut, kan? Cocok sekali dengan yang kita mau.

    ReplyDelete
  17. Waaah bakso dibumbu kari? Baru tahu loh kalau bisa dimodel begitu. Mau coba juga ah. Tapi beli baksonya dulu donk yaaa di hypermart, mumpung ada diskon

    ReplyDelete
  18. Aku tuh paling ngga bisa liat bakso hehehe.. lemah hati langsung. Tapi aku harus hati-hati dengan MSG nih mba

    ReplyDelete
  19. Kalau bahan bakunya premium pasti beda rasanya ya..dagingnya terasa bangets dan bukan tepunya saja.
    Peternakan sapi untuk Bakso Bonanza juga dikasih makan nanas..wah, baru tahu saya
    Pantas saja Bakso bonanza rasanya juwaraaa

    ReplyDelete
  20. Coba sih aku jalan2 ke supermarket cari Bonanza. Kok diliat2, hasilnya bagus banget dan bikin ngiler juga

    ReplyDelete
  21. Bakso ini makanan sejuta umat yaa..
    Gak ada yang nolak kalau di traktir bakso.
    Gak kebayang kalo masak sendiri di rumah pake bakso Bonanza.
    Pasti refiil melulu yaa...

    Aseek~

    ReplyDelete
  22. Nyaamm iya Bonanza ini praktis cara mengolahnya ya mbak. Kalau aku di rumah seringnya aku campur sop atau aku goreng trus ya dicamilin atau dijadikan lauk gtu aja sih mbak :D
    Duh jd pengen baksooo. Bonanza ini rasanya kerasa banget daging sapinya.

    ReplyDelete
  23. Jadi pengen masak bakso nih. Sebelum ramadhan mesti nyetok di freezer nih. Ntar klo ke superindo mau beli ah

    ReplyDelete
  24. ngiler sama bakso kari, kelihatan enak dan nikmat :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)