Monday, March 16, 2020

DIY: Membuat Organ Tubuh Dari Kain Flanel

Membuat Organ Tubuh Dari Kain Flanel

Sewaktu Kak Arka bayi, saya pernah mencoba membuat busy book sendiri, setiap halamannya saya jahit sendiri. Dan setelah proyek busy book selesai, saya semakin jatuh cinta dengan kain flanel, kainnya enak dibentuk jadi apapun, gak gampang sobek, mudah dicuci, dan pilihan warnanya sangat lengkap. Nah, yang sekarang mau saya share di artikel ini adalah cara membuat organ tubuh dari kain flanel.


Puzzle organ tubuh manusia dari kain flanel ini sebenarnya saya buat untuk Kak Arka saat Ia mulai tertarik dengan sistem kerja organ tubuh manusia setelah membaca buku tentang human anatomy. Tapi setelah selesai dibuat (horeee bisa selesaii..) justru malah si adek yang suka sekali memainkannya, karena ini juga diusia 3 tahun dia sudah bisa menyebutkan beberapa organ dalam tubuh manusa sekaligus fungsinya.


Polanya saya gambar sendiri di kertas A4 dengan bantuan skala, meski belum rapih tapi lumayan berbentuk sih, hahaah. Jika teman-teman mau mencoba membuat juga, bisa download pola organ tubuh manusia di sini yaa.. 

Setelah pola digunting sesuai bentuk kemudian saya tempel di flanel mengunakan jarum kecil seruni baru digunting mengikuti garis pola.

Saat mulai menjahit, isi bagian dalam organ dengan busa dakron, tujuannya supaya organ bisa kelihatan gendut mirip aslinya.


Terakhir, pasang kancing cetit (nggak tahu apa nama aslinya) dibagian belakang supaya organ-organ ini bisa dibongkar pasang seperti puzzle.

Menjahit organ dalam tubuh ini relatif mudah, bagian yang paling sulit cuma usus, karena harus mirip seperti lipatan, tapi itu bisa diakali dengan mengisi busa dakron  di sela-sela garis jahitan.


Supaya lebih seru saat dimainkan, dasar tubuh tempat meletakkan puzzle ini bisa dibuat seperti baju atau rompi yang bisa dipakai anak-anak, soal ukurannya nggak usah khawatir karena pola yang saya berikan di atas sudah saya sesuaikan dengan ukuran tubuh anak usia 5-7 tahun, jadi tinggal print di kertas A4 saja, nggak perlu memperbesar atau memperkecil ukurannya lagi.


Selamat mencoba yaaa moms..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)