Monday, November 26, 2018

Sarapan Enak Ala Kaki Lima di Tengah Kota Jogja

sarapan kaki lima di jogja


Satu bulan lagi menuju liburan panjang akhir semester dan tahun baru, yeaay.. Ada yang punya rencana menghabiskan liburannya di Jogja? Selain menyiapkan tiket dan isi koper, biasanya itinerary juga sudah direncanakan matang-matang kan yaa, termasuk pingin nyobain kuliner khas Jogja.

Dulu, Tante saya yang orang Surabaya pernah protes, "Aah di Jogja kalau mau sarapan adanya cuma gudeg, gudeg, gudeg lagi.. manis bangeet.." Hahahaah, Tante saya ini memang kurang jauh mainnya, jadi nggak tahu kalau orang Jogja manis-manis, makanya kuliner khas Jogja juga manis, eeaaa..

Padahal selain Gudeg dan makanan manis, masih banyak tempat makan enak di Jogja yang buka sejak jam 6 pagi. Pilihannya gak selalu makanan khas Jogja kok, banyak juga kuliner dari daerah lain. Dan walapun a la kaki lima tapi rasanya enak, tempatnya bersih, juga selalu ramai pengunjung sampai harus antri cuma untuk dapat tempat duduk.


Nah, khusus buat teman-teman yang akan berlibur ke jogja, saya mau kasih rekomendasi 5 tempat makan ala kaki lima di tengah kota Jogja. Kan ada tuh yang bosan dengan menu sarapan di hotel, atau ada juga yang demi pengiritan menyewa room tanpa fasilitas breakfast. Gak apa-apa, sarapan di luar juga enak kok, bisa menghirup udara pagi yang masih segar dan menikmati suasana kota Jogja sebelum disergap macet (iyaa macetnya Jogja kalau musim liburan juara deh).



Tapi sebelumnya saya minta maaf ya, karena biasanya saya sarapan dalam kondisi kelaparan setelah antar anak-anak sekolah dan ke pasar, sebelum ingat untuk foto, makanan di piring sudah keburu habis. Jadi foto-foto di sini saya ambil dari akun IG teman-teman Foodstagram Jogja.


1. Soto Ayam Pak Dalbe

Warungnya berlokasi di samping Pizza Hut Jl. Jendral Sudirman, main street-nya kota Jogja. Setiap pagi selalu ramai dan wajib sabar antri tempat duduk setiap mau makan di sini.

Buat penyuka soto asli Jogja yang berkuah kental, butek, dan legit pasti bakal ketagihan. Walaupun manis kuahnya manis, buat saya yang nggak terlalu suka manis, rasanya masih pas dan nggak bikin eneg. Kalau teman-teman merasa kemanisan, tinggal kucuri dengan jeruk nipis yang sudah disediakan di setiap meja, lalu tambahkan sambal, dijamin rasanya bakal jadi gurih dan segar :)

Satu mangkok soto campur nasi dihargai Rp10.000,00, porsinya lumayan banyak dengan suwiran ayam berlimpah. Dan teman-teman wajib banget nyobain sate ayamnya. Enak dan selalu nganngenin.






2. Lontong Sayur padang Uda Asdi

Pagi-pagi memang paling enak makan makanan berkuah panas ya.. Selain soto, yang biasanya dicari orang ya lontong sayur. Tapi kebanyakan lontong sayur di Jogja rasanya manis, jadi buat yang nggak suka manis, coba datang ke halaman Kraton Pakualaman, Jalan Kusumanegara, di situ ada lontong sayur padang yang super endeeess.. Kita bisa pilih mau pakai telur rebus, atau ayam, atau telur dan ayam, atau cuma sayur saja. Untuk porsi komplit telur dan ayam harganya Rp17.000,00.

Kalau nggak ingat kolesterol, saya bakalan sering banget makan di sini, beneran bikin nagih siih.. Kuah santannya kental dengan bumbu khas padang yang nampol abiis.




3. Sate Kambing dan Tongseng Pasar Lempuyangan

Hahaah niat banget yaa pagi-pagi makan sate kambing, tapi saya pernah lho pagi-pagi pingin sate kamb ing. Hah, memangnya ada? Ada dong, sate kambing dan tongseng di samping Pasar Lempuyangan ini buka dari jam tujuh pagi. Teman-teman yang baru turun dari kereta di Stasiun Lempuyangan, bisa langsung minta diantar Pak Becak ke sini.

Rasanya enaak, dagingnya lumayan empuk dan bumbu sate dan tongsengnya meresap sampai ke daging. Sayangnya si Bapak cuma jualan pakai gerobak tanpa warung tenda. Ada sih tempat duduk tapi tanpa meja, mejanya numpang di gerobak martabak yang kalau pagi tutup, repot kalau pas makan tongseng. Jadi kalau beli di sini mending dibungkus atau makan di dalam mobil. Dan, jangan lupa bawa minum karena Bapaknya nggak sedia minum juga hehehee.










Pagi-pagi banget ngidam pengen makan tongseng or gule kambing ?? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Langsung aja gaes meluncur ke depan Pasar Lempuyangan. Disana ada penjual tongseng /gule kambing wenakkkkk tapi cuma gerobakan aja loh gaes, bukan warung makan ๐Ÿ˜๐Ÿ‘ Seporsi tongseng kambing dibandrol seharga Rp. 20.000 seporsinya ๐Ÿ‘ Ada yang sudah pernah nyobain ??? . TONGSENG & SATE PAK TUMIYO Depan Pasar Lempuyangan Jogjakarta (gerobak warna biru) Buka pagi jam : 06.30 - 10.00 Harga : Rp. 20.000/porsi + Nasi Rp. 3000 . . Tag temen kalian penggemar kuliner kambing!! ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . . . #jogjaeatguide #satekambing #gulekambing #tongsengkambing #kakilima #jogja #jogjakarta #pasarlempuyangan #kulinerjogja #kulineryogyakarta #yogya #kulinerindonesia #jogjaku #explorejogja #jogja24jam #wonderfuljogja #dolanjogja #jogjainfo #jogjaupdate #indonesianfood #kulinertradisional #kulinerpagi #kulinerwedangbajigur #food52 #foodporn #foodgasm #kulinertradisional #jajananmalam #kulinerkakilima #kulinerlegendaris #kulinerpasar #tongsengkbingpaktumiyo
A post shared by INSTAGRAM KULINER JOGJAKARTA (@jogjaeatguide) on

4. Mie Ayam Bandung

Kalau biasanya teman-teman sarapan pakai mie instan, coba deh sekali-sekali divariasi dengan mie ayam, wkwkwk sama aja yaak.. Mie Ayam Bandung ini udah terkenal banget kelezatannya. Kuahnya, daging ayamnya, sampai tekstur mienya semua enak, makanya selalu laris dari pagi sampai malam.

Tempatnya di Jalan Beskalan, seberang Pasar Patuk, belakang Malioboro. Jadi sebelum jalan-jalan menyusuri Malioboro bisa minta anter pak becaknya sarapan di sini dulu. 

Lah jauh-jauh ke Jogja makannya mie ayam lagi? Yha, gak pa-pa tho. Teman saya ada lho yang pergi kemana pun makannya tetap aja nasi goreng, mie ayam, dan bakso. Sampai dia hapal semua warung bakso legend di setiap kota di Jawa. LOL.



5. Warung Pojok Mbak Yuni

Nomor 5 ini buat yang sering bingung mau sarapan apa. Warung Pojok Mbak Yuni di Jalan I Dewa Nyoman Eka, Kotabaru ini menyediakan nasi dengan lauk-pauk rumahan mirip Warung Kopi Klotok Kaliurang yang kekinian itu, mulai dari sayur, ayam, sampai telur dadar nan syedaaap semuanya bisa dipilih. Tapi kalau beli di sini harap bersabar yaa, karena selalu ramai dan antri :)


Gimana? Ada yang sesuai dengan selera teman-teman? Sebenarnya masih banyak sekali warung makan yang menyediakan sarapan enak di Jogja. Lima diatas itu saya tulis karena lokasinya gak terlalu jauh dari pusat kota dan buka sejak jam 6 pagi, jadi teman-teman yang punya rencana berwisata di pinggir Jogja gak kesiangan karena menunggu warung makan yang belum buka.

Ada yang punya rekomendasi tempat sarapan asyik juga di tengah kota Jogja? Share di kolom komentar yuuk..





41 comments:

  1. Dari sekian ini kayaknya cuma lontong sayur yang belum pernah nyobain

    Tapi kalau di Jogja, semua makanan enak kayaknya :| Paling ya kemanisan aja

    ReplyDelete
  2. 1st time coming here
    oalah bu, masak saya jauh" ke jogja makannya mie bandung
    hehehe
    tapi yang penting sarapane enak yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sudah saya bilang ini rekoendasi selain gudeg dan makanan manis mas :)

      Delete
  3. Sekarang saya baru ngerti kenapa gudeg itu manis, ternyata yang masaknya juga manis.

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
  4. telur dadar krispi dimakan sama nasi empuk panas2,sama sambel tomat enak bgt tuh

    ReplyDelete
  5. street foods itu yaa udah enak, murce lagi.
    kapan lagi ya aku ke Yogya mau cobain 5 list di atas.

    ReplyDelete
  6. Aku pengen nyobain ke warung pojok mba yuni deh. Enak kali ramesannya ya hehe

    ReplyDelete
  7. Aku pengen nyobain ke warung pojok mba yuni deh. Enak kali ramesannya ya hehe

    ReplyDelete
  8. Kayaknya aku pernah menikmati lezatnya sate kambing itu, Mbak. Soalnya udah lama nggak ke Jogja jadi aku lupa. Hehehe.

    ReplyDelete
  9. 4 kali ke jogjes blom pernah smuaaa wkkk
    Nanti mo nyoba ah
    Lht gambarny mnggiurkan

    ReplyDelete
  10. Ya Allah ya Rabbi, saya lapar hahaha
    enak banget kayaknya tuh soto ayamnya ya, lontong sayurnya juga bikin ngeceessss
    Makanan kaki lima emang kadang lebih enak dan pastinya harganya terjangkau :)

    ReplyDelete
  11. Pas lagi kangen pengin ke Jogja,malah lihat yang beginian.
    Jadi baper dong aku

    ReplyDelete
  12. Saya pun juga enggak terlalu suka kalau masakannya manis-manis, meski saya asli Solo yang notabene masakannya mirip Jogja. Hehe.
    Jadi ini daftar tempat makan yang recommended ya Mbak buat orang-orang seperti saya. TFS ��

    ReplyDelete
  13. Ya ampun banyak banget tempat sarapan enak di Jogja. Kalau ke Jogja suka kalap dan binggung mau makan apa karena semua tersedia. Hehehhe

    ReplyDelete
  14. itu mie ayam Bandung pagi2 udah buka aja mba hahaha duh ngiler deh jadinya pengen mie ayam :p

    ReplyDelete
  15. Mpo beluman coba semuanya. Kapan kapan ke Yogyakarta akan coba kuliner ini untuk sarapan pagi

    ReplyDelete
  16. Mbaak, sarapannya berat-berat niih. Kalau makannya jam 10-an bisa dirapel sama makan siang, trus siangnya jalan-jalan ajah seputar Jogja :)

    ReplyDelete
  17. Sarapannya mantap mantap nih ...ada lontong sayur padang juga ternyata

    ReplyDelete
  18. Aku pernah ke yogya dan pagi2 susah cari transportasi lalu jalan sekitar hotel cari sarapan..eh ga nemu..huhuhu

    ReplyDelete
  19. Kok kebayang nikmat bangeett ya makanannya semuaaaa, ujan2 gini bikin makin lapeerrr

    ReplyDelete
  20. Niatnya kemarin dari Semarang mau mampir ke Jogja tapi malah ke Bandung hiks. Kalau di Jogja aku carinya makanan yang agak pedas mbak soalnay kurang suka manis.

    ReplyDelete
  21. Pernah ke jogja tapi aku belom pernah maem semua yang disebut di atas huhu.. lebih suka kulineran di malam hari weheheh

    ReplyDelete
  22. Wah baca ini beneean kangen Jogja deh...banyak tpt mueah jg di sana ya...

    ReplyDelete
  23. Waduh saya telat nih baca postingan mba hehe, kemarin liburan ke Jogja sempet mengalami bingung mau sarapan apa..

    ReplyDelete
  24. Aku kok baru ngincipi makan soto ayam pak Dalbe sama Tongseng pak Yo yang lain belum pernah nyobain. Banyak sih pilihan kuliner di Jogja. Aku suka sate ayam yg di belakang jalan Malioboro karena sambel kacang nya tuh banyak, wkwkkwk

    ReplyDelete
  25. Aku belum cobain semuaaa mba! Pokoknya next time ke Jogja ajakin aku ke sini yaaa

    ReplyDelete
  26. enak2 ya mba. Jadi kangen jogja. Makanannya murah2 dan enak2 hehehe

    ReplyDelete
  27. Soto Dalbe ma Lontong sayur Uda Asdi mah favoritku, ada lagi soto gareng mba deket pasar lempuyangan ma stasiun tugu. Enak juga itu hihihi...

    ReplyDelete
  28. Waaah catet! Kebetulan lusa aku mau ke Jogja lagi. Aku tergoda banget ama soto ayamnya.

    ReplyDelete
  29. Duh, lontong Padang kesukaan akuu. Mesti dicatet nih, kalo ke Jogya mesti ke Kraton Pakualaman. Makasih infonya ya, Mbaa :*

    ReplyDelete
  30. Ahh jogja, kota yg penuh kenangan. Pengen balik lagi kesana. Aku catet nih mba. Nanti kalo ke jogja lagi aku mampir cobain kulinernya

    ReplyDelete
  31. Makasih referensinya nih, pengen banget ke tempat-temlat makan ini kalau ke yogya nanti

    ReplyDelete
  32. Kalo lontong favoritku Bu Gino, biasa jualan juga di Sunday Morning UGM

    ReplyDelete
  33. Woh, aku juga taunya makanan di Jogja ya gudeg. Hahahaha.. ternyata banyak dan kelihatannya enak

    ReplyDelete
  34. Waduh, pagi2 baca ini menggoda banget. Murmer lagi ya. Jadi pengin ke jogja.

    ReplyDelete
  35. Jogja memang syurganya kuliner. Huhuhu... kujadi kangen Jogja. Semoga segera bisa ke sana bareng keluarga :)

    ReplyDelete
  36. Ya Allah ituuu sotonyaaaa ngiler aku dibuatnya... Gambarnya bagus bagus banget mba

    ReplyDelete
  37. Waah itu lontong sayur pake ayamnya 1 potong ya bukan disuwir2

    ReplyDelete
  38. Boleh juga tuh dadar krispinya warung Mbak Yuni. Segala olahan telur tuh emang nggak mbosenin ya. Yuuuk kita sarapan bareng di situ mba kapan2 ;)

    ReplyDelete
  39. Ohhoo~
    Mantap.

    Sarapan di Jogja jadi penuh warna yaa...
    Gak hanya gudeg looh...

    Aku suka semuwanyaaa~

    ReplyDelete
  40. November kemarin ke Yogja di ajak sahabat Ke Kopi Klotok Kaliurang.
    Suka sama suasananya. Berasa makan di rumah nenek. Ingat masa kecil.

    Dari ke 5 daftar di atas belum pernah makan sama sekali.
    Mungkin ntar bareng mba Yoanna aja :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)