Monday, November 26, 2018

Sarapan Enak Ala Kaki Lima di Tengah Kota Jogja



Satu bulan lagi menuju liburan panjang akhir semester dan tahun baru, yeaay.. Ada yang punya rencana menghabiskan liburannya di Jogja? Selain menyiapkan tiket dan isi koper, biasanya itinerary juga sudah direncanakan matang-matang kan yaa, termasuk pingin nyobain makanan apa saja nantinya.

Dulu, Tante saya yang orang Surabaya pernah protes, "Aah di Jogja kalau mau sarapan adanya cuma gudeg, gudeg, gudeg lagi.. manis bangeet.." Hahahaah, Tante saya ini memang kurang jauh mainnya, jadi nggak tahu kalau orang Jogja manis-manis, makanya makanan khasnya juga manis, eeaaa..

Padahal selain Gudeg dan makanan manis, Jogja juga punya banyak tempat makan enak yang buka sejak jam 6 pagi. Walaupun ala kaki lima dan terhitung murah, tapi rasanya enak dan tempatnya bersih, kebanyakan juga selalu ramai pengunjung sampai harus antri cuma untuk dapat tempat duduk.

Nah khusus buat teman-teman yang akan berlibur ke jogja, saya mau kasih rekomendasi 5 tempat makan ala kaki lima di tengah kota Jogja. Kan ada tuh yang bosan dengan menu sarapan di hotel, atau ada juga yang demi pengiritan menyewa room tanpa fasilitas breakfast. Gak apa-apa, sarapan di luar juga enak kok, bisa menghirup udara pagi yang masih segar dan menikmati suasana kota Jogja sebelum disergap macet (iyaa macetnya Jogja kalau musim liburan juara deh).

Baca juga Liburan Nyaman dan Aman Meski Naik Kendaraan Umum

Tapi sebelumnya saya minta maaf ya, karena biasanya saya sarapan dalam kondisi kelaparan setelah antar anak-anak sekolah dan ke pasar, sebelum ingat untuk foto, makanan di piring sudah keburu habis. Jadi foto-foto di sini saya ambil dari akun IG teman-teman Foodstagram Jogja.


1. Soto Ayam Pak Dalbe

Warungnya berlokasi di samping Pizza Hut Jl. Jendral Sudirman, main street-nya kota Jogja. Setiap pagi selalu ramai dan wajib sabar antri tempat duduk setiap mau makan di sini.

Buat penyuka soto asli Jogja yang berkuah kental, butek, dan legit pasti bakal ketagihan. Walaupun manis kuahnya manis, buat saya yang nggak terlalu suka manis, rasanya masih pas dan nggak bikin eneg. Kalau teman-teman merasa kemanisan, tinggal kucuri dengan jeruk nipis yang sudah disediakan di setiap meja, lalu tambahkan sambal, dijamin rasanya bakal jadi gurih dan segar :)

Satu mangkok soto campur nasi dihargai Rp10.000,00, porsinya lumayan banyak dengan suwiran ayam berlimpah. Dan teman-teman wajib banget nyobain sate ayamnya. Enak dan selalu nganngenin.




2. Lontong Sayur padang Uda Asdi

Pagi-pagi memang paling enak makan makanan berkuah ya.. Selain soto, yang biasanya dicari orang ya lontong sayur. Nah, di dalam halaman Kraton Pakualaman, Jalan Kusumanegara, ada lontong sayur padang yang super endeeess..

Kita bisa pilih mau pakai telur rebus, atau ayam, atau telur dan ayam, atau cuma sayur saja. Untuk porsi komplit telur dan ayam harganya Rp17.000,00.

Kalau nggak ingat kolesterol, saya bakalan sering banget makan di sini, beneran bikin nagih siih.. Kuah santannya kental dengan bumbu khas padang yang nampol abiis.



3. Sate Kambing dan Tongseng Pasar Lempuyangan

Hahaah niat banget yaa pagi-pagi makan sate kambing, tapi saya pernah lho pagi-pagi pingin sate kamb ing. Hah, memangnya ada?

Ada dong, sate kambing dan tongseng di samping Pasar Lempuyangan ini buka dari jam tujuh pagi. Teman-teman yang baru turun dari kereta di Stasiun Lempuyangan, bisa langsung minta diantar Pak Becak ke sini.

Rasanya enaak, dagingnya lumayan empuk dan bumbu sate dan tongsengnya meresap sampai ke daging. Sayangnya si Bapak cuma jualan pakai gerobak tanpa warung tenda. Ada sih tempat duduk tapi tanpa meja, mejanya numpang di gerobak martabak yang kalau pagi tutup, repot kalau pas makan tongseng :))

Jadi kalau beli di sini mending dibungkus atau makan di dalam mobil. Dan, jangan lupa bawa minum karena Bapaknya nggak sedia minum juga hehehee.




View this post on Instagram

Pagi-pagi banget ngidam pengen makan tongseng or gule kambing ?? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Langsung aja gaes meluncur ke depan Pasar Lempuyangan. Disana ada penjual tongseng /gule kambing wenakkkkk tapi cuma gerobakan aja loh gaes, bukan warung makan ๐Ÿ˜๐Ÿ‘ Seporsi tongseng kambing dibandrol seharga Rp. 20.000 seporsinya ๐Ÿ‘ Ada yang sudah pernah nyobain ??? . TONGSENG & SATE PAK TUMIYO Depan Pasar Lempuyangan Jogjakarta (gerobak warna biru) Buka pagi jam : 06.30 - 10.00 Harga : Rp. 20.000/porsi + Nasi Rp. 3000 . . Tag temen kalian penggemar kuliner kambing!! ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . . . #jogjaeatguide #satekambing #gulekambing #tongsengkambing #kakilima #jogja #jogjakarta #pasarlempuyangan #kulinerjogja #kulineryogyakarta #yogya #kulinerindonesia #jogjaku #explorejogja #jogja24jam #wonderfuljogja #dolanjogja #jogjainfo #jogjaupdate #indonesianfood #kulinertradisional #kulinerpagi #kulinerwedangbajigur #food52 #foodporn #foodgasm #kulinertradisional #jajananmalam #kulinerkakilima #kulinerlegendaris #kulinerpasar #tongsengkbingpaktumiyo
A post shared by INSTAGRAM KULINER JOGJAKARTA (@jogjaeatguide) on

4. Mie Ayam Bandung

Kalau biasanya teman-teman sarapan pakai mie instan, coba deh sekali-sekali divariasi dengan mie ayam, wkwkwk sama aja yaak..

Mie Ayam Bandung ini udah terkenal banget kelezatannya. Kuahnya, daging ayamnya, sampai tekstur mienya semua enak, makanya selalu laris dari pagi sampai malam.

Tempatnya di Jalan Beskalan, seberang Pasar Patuk, belakang Malioboro. Jadi sebelum jalan-jalan menyusuri Malioboro bisa minta anter pak becaknya sarapan di sini dulu.



5. Warung Pojok Mbak Yuni

Buat yang masih bingung masu sarapan apa, mending ke Warung Pojok Mbak Yuni di Jalan I Dewa Nyoman Eka, Kotabaru. Di sini sedia nasi dengan lauk-pauk rumahan mirip Warung Kopi Klotok yang kekinian itu, mulai dari sayur, ayam, sampai telur dadar nan syedaaap semuanya bisa dipilih.

Tapi kalau beli di sini harap bersabar yaa, karena selalu ramai dan antri :)



Gimana? Ada yang sesuai dengan selera teman-teman? Sebenarnya masih banyak sekali warung makan yang menyediakan sarapan enak di Jogja. Lima diatas itu saya tulis karena lokasinya gak terlalu jauh dari pusat kota dan buka sejak jam 6 pagi, jadi teman-teman yang punya rencana berwisata di pinggir Jogja gak kesiangan karena menunggu warung makan yang belum buka.

Ada yang punya rekomendasi tempat sarapan asyik juga di tengah kota Jogja? Share di kolom komentar yuuk..

6 comments:

  1. Dari sekian ini kayaknya cuma lontong sayur yang belum pernah nyobain

    Tapi kalau di Jogja, semua makanan enak kayaknya :| Paling ya kemanisan aja

    ReplyDelete
  2. 1st time coming here
    oalah bu, masak saya jauh" ke jogja makannya mie bandung
    hehehe
    tapi yang penting sarapane enak yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sudah saya bilang ini rekoendasi selain gudeg dan makanan manis mas :)

      Delete
  3. Sekarang saya baru ngerti kenapa gudeg itu manis, ternyata yang masaknya juga manis.

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
  4. telur dadar krispi dimakan sama nasi empuk panas2,sama sambel tomat enak bgt tuh

    ReplyDelete
  5. Selalu ngangenin: lontong sayur uda asdi. Beuh! Manstafff!!! :D

    ReplyDelete