Monday, April 29, 2019

Peduli Sehat, Jadi Insan Peduli Dengan Galang Dana Online

Galang Dana Online

"Coba kemarin kita bisa galang dana online ya.. jadi duit lebih cepat terkumpul"
Sebuah pesan masuk di grup whatsapp wali murid sekolah anak sulung saya, sepertinya salah seorang orang tua murid masih menyesal karena gagal mengumpulkan donasi kesehatan sesuai target. Murid-murid di kelas anak saya memang sedang berduka, teman mereka si A** baru saja kehilangan ibunya yang meninggal dunia akibat kanker serviks. Kabarnya, almarhumah belum sempat membuat BPJS dan mengalami kesulitan keuangan untuk melanjutkan pengobatan.

Sebenarnya guru dan wali murid sudah berusaha melakukan kegiatan galang dana, tapi terbentur keterbatasan waktu, karena tidak semua orang tua mengantar jemput anaknya di jam yang sama, jadi belum tentu bertemu dengan bendahara kelas. Benar juga sih, jika saja ada fasilitas galang dana online, mungkin ceritanya akan berbeda.

Dan pagi ini, dari seorang teman di komunitas blogging saya mendapat informasi kalau sekarang memang sudah ada platform galang dana online yang mudah sekali diakses melalui aplikasi android.
"Serius ada?" Saya masih penasaran, "Aman nggak tuh? Jangan-jangan sama saja seperti donasi online yang lain, cuma transfer dana ke rekening tertentu saja."

"Langsung saja ke website-nya di www.pedulisehat.id mba, informasinya lengkap kok di situ" 

Tanpa menunda lagi, saya langsung membuka web yang dimaksud teman saya. Saat pertama terbuka, mata saya langsung menangkap informasi bahwa situs galang dana online ini di monitor oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Sosial. Nah, berarti bukan situs donasi online abal-abal nih. Dari situ saya jadi tertarik mencari informasi lebih lanjut.

Peduli Sehat, Jadi Insan Peduli Dengan Galang Dana Online

Sebagai negara dengan populasi terbesar ke-4 dunia, 80% masyarakat Indonesia masih jauh dari harapan memiliki hidup sehat. Memang pemerintah sudah mengupayakan yang terbaik untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Tapi harus kita akui, sebagan besar masyarakat Indonesia masih memiliki kesadaran yang rendah untuk bergaya hidup sehat dan belum bijak menggunakan obat, akibatnya pada tahun 2017, 12 juta penduduk Indonesia didiagnosa menderita penyakit kritis dan sebagian besar akhirnya meninggal.

Kebanyakan pasien yang meninggal karena tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, berobat, dan bertahan hidup. Misalnya saja pada pasien bayi dan balita, selain dihadapkan pada biaya pengobatan mereka juga harus punya biaya untuk membeli susu formula khusus, dan menyediakan alat medis penunjang kesehatan yang kadang belum bisa dibiayai oleh program kartu BPJS (Badan Penyelenggara jaminan Sosial) atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Atas alasan ini lah Peduli Sehat hadir melengkapi setiap keluarga dengan keberanian dan kekuatan dalam menghadapi berbagai penyakit. Dengan menjadi perusahaan berbasis teknologi yang memiliki kesadaran tertinggi perihal tanggung jawab sosial, Peduli Sehat membuat platform galang dana online yang khusus membantu mengumpulkan donasi kesehatan untuk penderita penyakit serius dan kritis tapi tidak memiliki cukup dana berobat. Nantinya uang yang terkumpul akan digunakan untuk biaya pengobatan, perawatan, dan bertahan hidup.


Galang Dana Online

Yang menarik dari Peduli Sehat adalah bisa diakses dari banyak platform seperti website, Google Play Store, dan segera menyusul di Apple App Store. Karena kemudahan akses dari berbagai platform, layanan galang dana online ini bersifat realtime dan transparan, bisa diakses dan dicek kapan pun. 


Di Peduli Sehat, kita bisa memilih kepada siapa kita akan mendonasikan dana kita. Ada campaign detail yang berisi profil penggalang dana, nama penderita, deskripsi penyakit, total dana yang dibutuhkan, dan dana yang sudah terkumpul. Si penggalang dana juga bisa melakukan update kondisi terbaru pasien setiap saat, jadi para donatur bisa ikut memantau.

Galang Dana Online

Selain memantau kondisi terkini penderita melalui platform aplikasi, kita juga bisa melihatnya semua kegiatan sosial Peduli Sehat melalui media sosial mereka di Line @pedulisehat.id, Facebook Fans Page Pedulisehat.id dan Instagram @pedulisehatindonesia


Cara Berdonasi Online di Peduli Sehat 

Tertarik mencoba galang dana online melalui Peduli Sehat? Caranya gampang banget. Teman-teman cuma perlu mendownload aplikasi Peduli Sehat di Play Store. Saat membuka aplikasi akan muncul daftar penderita penyakit yang membutuhkan bantuan donasi kesehatan berikut kebutuhan dananya. 

Dari situ kita bisa pilih mau berdonasi atau hanya bantu membagikan informasi saja di media sosial kita. Kalau teman-teman ingin berdonasi, silahkan klik 'donate', nanti kita akan diminta mengisi formulir yang berisi jumlah uang, metode pembayaran, dan komentar. 

Galang Dana Online

Metode Pembayaran Peduli Sehat


Metode pembayaran galang dana online yang disediakan Peduli Sehat juga banyak dan mudah lho. Kita bisa melakukan pembayaran donasi online ini melalui e-wallet seperti Go Pay dan Ovo, melalui layanan virtual account perbankan seperti BCA, Sinar Mas, Mandiri, BNI, Danamon, Maybank, dan Permata Bank. Atau, teman-teman juga bisa membayarnya di kasir Alfamart. Banyak banget kan pilihannya?


Galang Dana Online


Dari hasil googling, saya mendapat data kalau sampai bulan maret 2019, total campaign galang dana online yang sudah dibagikan ke berbagai media sosial mencapai angka 500, dan 100 diantaranya sukses mencapai target dengan lebih dari 500 donasi online seharinya. Alhamdulillah..

Andai saya tahu tentang Peduli Sehat lebih awal, mungkin saya dan wali murid lain bisa lebih cepat membantu biaya pengobatan ibunya A**, tapi takdir Allah sudah berkata lain. Semoga kehadiran aplikasi galang dana online ini bisa mengurangi jumlah anak-anak yang harus kehilangan ibunya di usia dini akibat kesulitan dana berobat.

Yuk teman-teman, lebih peduli lagi dengan keadaan masyarakat sekitar kita. Selain dengan berdonasi online, coba juga cek tetangga kiri kanan, adakah yang membutuhkan biaya untuk mengobati penyakit kronisnya? Kita juga bisa jadi pencetus galang dana online di Peduli Sehat loh.

Caranya cukup dengan membuka website atau aplikasi Peduli Sehat lalu klik galang dana atau start fund, ikuti instruksinya dan isi form dengan lengkap. Setelah berhasil, bagikan halaman galang dana online teman-teman melalui Facebook, WhatsApp dan Twitter. Dan untuk bisa menarik dana yang terkumpul, data-data kita akan diverifikasi dulu. Jadi nggak perlu khawatir donasi kesehatan yang sudah terkumpul akan disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab.

Selamat berdonasi yaa :)









20 comments:

  1. Saya baru tahu ada website Peduli Sehat untuk galang dana online ini. Sekarang jadi lebih mudah ya berbuat kebaikan bagi orang-orang yang membutuhkan. Sedikit dana yang didonasikan pastilah akan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulilah makin memudahkan kita untuk berbagi ya mba wadah macam Peduli Sehat ini, caranya juga gampang tinggal instal aplikasinya dan pilih mana yang mau kita donasikan :)

    ReplyDelete
  3. Wah sekarang untuk berbagi pun udah praktis ya. Ga ribet. Tinggal online udh bisa ikut berkontribusi. Memang sangat penting berbagi buat sesama yang membutuhkan. Semoga jadi amal sholeh qta juga nantinya. Tfs infonya mba

    ReplyDelete
  4. eh aku baru tau mba kalo ada aplikasi untuk galang dana online :D haha, ga gaul ya xD
    sekarang untuk berdonasi secara online makin mudah ya, banyak aplikasi yang mendukung serta metode berdonasinya pun makin banyak pilihannya ^^

    ReplyDelete
  5. Dari sisi donatur, kita dimudahkan jalannya untuk berbagi. Sekaligus yang sakitpun terbantu dengan adanya Peduli Sehat ini. Betapa mulianya orang yang mendirikan Peduli Sehat ini. Semoga makin banyak warga Indonesia yang terbantu.

    ReplyDelete
  6. Dengan adanya donasi kesehatan aeperti ini alhamdulillah jadi banyak yang terbantu ya mba

    ReplyDelete
  7. Membantu banget nih Peduli sehat ini buat para keluarga pasien. Kayaknya mungkin kecil buat kita tapi buat mereka besar. Semoga amanah

    ReplyDelete
  8. Aplikasi yang keren yaa, Mba. Semoga dengan adanya aplikasi ini semakin banyak saudara-saudara kita yang sedang sakit terbantu, sehingga sembuh dari penyakit yang dideritanya, amiiin

    ReplyDelete
  9. Aplikasi yang menanamkan cinta peduli ya Mba
    aku juga pengen instal jadinya pengen tahu kelebihan apa saja
    semoga bisa membantu untuk berdonasi juga

    ReplyDelete
  10. Keren aplikasinya. Persis sepeti yang pernah aku bayangin. Aplikasi yang bisa memfasilitasi siapa saja yang ingin berdonasi, tapi gak kepengen diketahui orang lain. Dan bisa dengan nominal berapa saja tanpa menunggu mampu. Semoga bermanfaat buat banyak orang.

    ReplyDelete
  11. Keluarga yang anggota keluarganya terkena penyakit krisis sering kesulitan ya dengan biaya pengobatan yang mahal, hadirnya galang dana online membantu sekali ya

    ReplyDelete
  12. Wah pilihan bayarnya pun banyak ya Kak. Memudahkan orang yang akan membantu. Aplikasi Peduli Sehat sangat solutif buat galang bantuan online.

    ReplyDelete
  13. Hatiku sedih banget kalo denger maraknya penyakit kronis, apalagi terkena d keluarga..semoga kita selalu d berikan kesehatan ya, dan aplikasi galang dana ini fitur nya aplikatif dan mudah d operasikan ya mba. Semoga donatur dan para stake holder nya amanah.

    ReplyDelete
  14. Buat saya yang tinggal di kampung membayar donasi via minimarket cocok banget. Secara di sini ATM adanya di kota kecamatan. Bank harus ke kota kabupaten. E wallet belum laku secara disini ojek online dan sejenisnya belum ada. Jadi macam gopay ovo gitu masih blm pada punya. Maklum tinggal di pelosok desa.

    ReplyDelete
  15. Aduh aku suka enggak tega lihat foto-fotonya mbak. Apalagi kalau anak-anak yang memang membutuhkan dana gini dengan latar belakang keluarga yang memang kurang mampu. Semoga hadirnya peduli sehat bisa menggerakkan hati orang2 untuk berdonasi termasuk aku melalui aplikasi ini.

    ReplyDelete
  16. Kini, semakin bertambah lagi referensi platform galang donasi kesehatan ya, mba
    Apalagi dengan kemudahan pembayaran donasi, orang pun semakin termotivasi untuk berdonasi.

    Plus sinergi netizen yang membantu menyebarkan informasi galang dana onlibe ini
    Sempurna!

    ReplyDelete
  17. Aduh kebayang mbak, pengobatan kanker serviks itu kan lama dan mahal pastinya ya. Dgn adanya penggalangan dana online imi memang membantu banget buat org2 yang membutuhkan mdpt bantuan lebih luas.

    ReplyDelete
  18. Sedih ya kalo ada kenalan yang tidak bisa terbantu untuk biaya kesehatannya dan meninggal, meski itu adalah takdir Allah. Tapi Allah juga mengharuskan kita berikhtiar untuk mendapatkan pengobatan. Ketika ada aplikasi yang menjadi tangan panjang bantuan kesehatan, semoga makin banyak warga yang terbantu. Karena kalo cuma BPJS, ada banyak biaya lain yang tidak tercakup di dalamnya, seperti misal rumah sakitnya ada di luar kota, butuh biaya untuk menginap dan makan sehari-hari. Keren ide pendiri dan pembuat aplikasi Galagn Dana ini, apalagi didukung model pembayaran yang beragam, sampai ada via virtual account ini yang mudah, atau via OVO, juga di minimarket

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah,
    Banyak jalan keluar yang Allah berikan jika tidak berputus asa atas rahmatNya.
    Semoga peduli sehat bisa memfasilitasi antara donatur dan yang membutuhkan dana kesehatan melalui galang dana online.

    ReplyDelete
  20. Cara penggunaan dan pembayarannya sangat mudah ya.. InshaAllah berdonasi online dengan peduli sehat ini, terpercaya ya.. yang kita donasikan bisa sampai kepada yang membutuhkan, jadi masyarakat tidak perlu datang langsung ke lokasi tempat berdonsi bisa melalu peduli sehat ya.. beneran solusi banget ini dalam hal galang dana online

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)