Monday, April 29, 2019

Membangun Harapan Bersama Prudential dan Habitat For Humanity

Pruvolunteer Prudential Indonesia

Hari Jumat, 26 April 2019 Saya dan beberapa teman blogger Jogja mendapat kesempatan menemani teman-teman dari PruVolunteer PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia menyerahkan 30 kunci rumah kepada perwakilan warga di Dusun Kajor Wetan, Desa Selopamioro, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

Yang menyenangkan dari kegiatan ini, teman-teman PruVolunteer terjun langung membangun rumah bagi warga Dusun Kajor Wetan. Bayangkan deh, mereka yang terbiasa dandan rapih dan bekerja di kantor tiba-tiba turun tangan membangun rumah, mulai dari pasang batu hingga mengecat tembok. Seru? Pasti lah. Makanya saya merasa beruntung bisa jadi bagian kegiatan ini.

Selesai sarapan, kami berangkat dari Greenhost Boutique Hotel dalam rombongan besar yang terbagi menjadi 4 minibus menuju Selopamioro. Sampai di sana, kami berkumpul dengan tim relawan dari Habitat for Humanity Indonesia untuk briefing dan sedikit pemanasan sebelum turun langsung ke lapangan.

Rombongan dipecah lagi menjadi 7 tim dengan tugas dan rumah tujuan yang berbeda. Saya sendiri kebagian bergabung di tim 7 yang bertugas mengecat rumah. Awalnya saya berpikir "Alhamdulillah nggak harus usung-usung batako.." Eh lha kok ternyata tim kami harus menuju rumah yang akan kami cat dengan berjalan kaki. Iyaa berjalan di pedesaan imogiri yang konturnya naik turun mirip Kulon Progo itu. Siang bolong pula, sedap! 

Untungnya teman-teman satu tim saya sangat menyenangkan. Semuanya suka sekali wefie, setiap jalan 20 langkah cekrek, 20 langkah cekrek lagi. Perjalanan kami jadi sangat mudah dan penuh tawa karena punya banyak foto dan kesempatan tarik napas. Benar-benar excellent team work, huahahaah.

Pruvolunteer Prudential Indonesia
Wefie hore tim 7
photo by: @ibnufs

Meski sama-sama kelelahan setelah naik-naik ke puncak dusun, tinggi-tinggi sekali.. teman-teman tim 7 PruVolunteer tetap bersemangat mengecat, mulai dari membuka kaleng cat, mencampur cat, mengecat tembok, dan tentu saja, wefie lagii :))

Pruvolunteer Prudential Indonesia
Girl Power, yeeaah!
Pruvolunteer Prudential Indonesia

Pruvolunteer Prudential Indonesia

Pruvolunteer Prudential Indonesia

Pruvolunteer Prudential Indonesia

habitat for humanity

Pruvolunteer Prudential Indonesia
Thank  u team :)
Photo by: @ibnufs

Leadership Immersion Programme PRUuniversity

Program sosial ini adalah bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) dan Community Investment Prudential Indonesia yang tidak hanya memberi kembali kepada masyarakat di mana Prudential beroperasi, tapi sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat Indonesia agar semakin mandiri dan sejahtera.

Selain itu, kegiatan ini  ditujukan untuk mendukung Leadership Immersion Programme dari PRUuniversity. Sebuah upaya Prudential Indonesia untuk membantu karyawannya menjadi lebih profesional dan memperkuat sifat-sifat kepemimpinan di seluruh bisnis Prudential.

Leadership Immersion Programme sendiri sudah berjalan selama 8 batch yang terdiri dari 3 sesi, sejak September 2018 hingga April 2019. Sesi pertama bertujuan mengasah kemampuan memimpin untuk mendorong inovasi dan perubahan dalam organisasi.

Sesi kedua adalah sesi luar ruang yang mengharuskan peserta terjun langung membangun rumah bagi warga. Guna kegiatan ini untuk mempraktikkan kerja sama antara rekan-rekan dari berbagai departemen dan tingkatan.

Dan sesi terakhir adalah sesi refleksi dan pembelajaran untuk memastikan karyawan Prudential Indonesia mulai dari level manajer hingga direksi (PRUsynergy) mendapatkan pemahaman menyeluruh dalam mengeksekusi strategi yang telah disepakati bersama. Program ini juga dilakukan sebagai upaya membekali rekan-rekan PRUsynergy agar semakin tangguh, berwawasan luas, dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi.


Kembali ke kegiatan bersama teman-teman PruVolunteer. Pada sore harinya di acara penyerahan 30 kunci rumah yang dihadiri Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Bapak Jens Reisch, selaku President Director Prudential Indonesia menyatakan, 
“Prudential berkomitmen untuk selalu memberikan dampak nyata dan mendukung masa depan masyarakat Indonesia yang lebih baik. Sebagai perwujudan sifat kepemimpinan yang ditanamkan dalam Leadership Immersion Programme, sebanyak lebih dari 370 rekan-rekan PRUsynergy turut berkontribusi dan bekerja sama dalam menuntaskan target pendirian 30 rumah.”
Pruvolunteer Prudential Indonesia

Jens juga menjelaskan bahwa dalam menjalankan bisnis, Prudential juga ingin bisa berkembang dan belajar bersama seluruh karyawan. Karena itu, tahun lalu Prudential meluncurkan PRUuniversity sebagai platform yang akan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan karyawan, termasuk tenaga pemasar agar menjadi semakin baik dalam melayani kebutuhan asuransi jiwa jutaan keluarga di Indonesia.

Pemerintahan daerah setempat sangat antusias dan menyambut positif program Prudential ini. Sebagai perwakilan warga, Bupati Bantul mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Prudential Indonesia, 
“Atas nama pemerintah daerah Bantul, kami menyampaikan terima kasih atas inisiatif yang dilakukan Prudential Indonesia dengan Habitat for Humanity Indonesia dalam membangun rumah-rumah warga. Kami mengapresiasi dukungan Prudential terutama sejak tahun lalu di mana Prudence Foundation mendirikan satu gedung PAUD dan lima rumah, dilanjutkan dengan diserahkannya 30 hunian layak huni hari ini, yang kami yakin sangat bermanfaat bagi warga Dusun Kajor Wetan, Desa Selopamioro, Bantul, dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.”

Lebih detail mengenai pembangunan rumah-rumah tersebut, Susanto Samsudin, National Director Habitat for Humanity Indonesia menuturkan, 
“Kami sangat senang bekerja sama dengan dan mendapatkan dukungan dari Prudential. 30 rumah yang diserahterimakan hari ini merupakan bagian dari 263 rumah di Desa Selopamioro dari 1.345 rumah yang dibangun Habitat for Humanity Indonesia di wilayah Bantul. Hingga hari ini tim relawan kami bersama karyawan Prudential terus bergotong-royong tidak hanya untuk membangun rumah tetapi juga memenuhi harapan keluarga-keluarga yang ingin tinggal di rumah yang layak agar semakin optimis dalam menjalani kehidupan ke depannya.”

Salut dengan Prudential Indonesia yang berusaha mensejahterakan banyak masyarakat sambil mengingkatkan kinerja karyawannya, semoga program-program seperti ini bisa berlanjut juga di daerah lain. Terima kasih Prundential Indonesia :)

37 comments:

  1. Tim usung usung bata ngiri sama tim ngecat, tapi kalo ternyata harus jalan kaki panas2 begitu, tidak jadi ngiri deh

    ReplyDelete
  2. Wah, mbak yo dapat tim yang sehati.. Suka foto-foto...hihi.. Tempatku pekerja keras sejati...foto-fotonya kebanyakan lagi kerja... Hehe... Keren ya programnya...

    ReplyDelete
  3. Wouh, mbaknya yang berhasil buka cat strong euuuy. Ternyata jalan menuju site-mu panas ya mbak. Kalau ke tempatku kemarin sejuk dan segar, jadinya nggak kerasa capeknya hehe.

    ReplyDelete
  4. Program CSR yang unik membantu sesama sambil meningkatkan kerjasama karyawannya. Sambil menyelam minum air

    ReplyDelete
  5. wah. Keren PRudential Indonesia ya ketika berusaha untku mensejakterakan banyak masyarakat sambil meningkatkan kinerja karyawannya. Semoga program-program seperti ini berlanjut ke daerah lain. aamiin.

    ReplyDelete
  6. Wahh..medan rumah yang kau kerjakan menantang sekali ya mba. Aku ga pake naik2 ke puncak gunung sih, deket parkiran luas..di tepian sungai Oya.

    Tapi bagianku angkat2 batako...ha..ha2. meski berkeringat, seneng kok. Mbakar kalori :-D

    ReplyDelete
  7. Wih seru banget ya, ramean dan ngerjain hal yang sangat manfaat juga untuk warga. Acaranya kereeen. Semoga kedepannya acra-acaranya lancar dan semakin meluas :D

    ReplyDelete
  8. Seru bangeeettt.
    Setuju banget tuh, sesungguhnya cekrek-cekrek itu bikin capek menghilang dari badan.
    Tiba-tiba aja nyampe rumah, badan rontok hahahaha

    Salut deh ama Prudential yang selalu memberikan kontribusi langsung pada masyarakat :)

    ReplyDelete
  9. waahhhh kerennya kegiatan prudential, seneng aku kalo banyak csr perusahaan yang keren dan inspiratif gini. Kereennnnn pokoknya mah.

    ReplyDelete
  10. Salut dengan program CSR dari Prudential ini. Masyarakat benar2 merasa terbantu ya dengan sumbangsih yang diberikan oleh Prudential. Seneng banget dong ya tentunya kalau rumahnya dibangun atau diperbaiki gini. Karyawan Pru juga jadi tau kondisi di lapangan seperti apa, jadi bisa merasakan betapa masih banyak masyarakat yg perlu mendapatkan uluran tangan.

    ReplyDelete
  11. Wah, seru banget nih ikut program CSR Prudential yang satu ini. Bisa turun langsung lihat gimana kegiatannya. Makin salut dengan Prudential. Banyak banget bentuk CSR-nya. Dengan sasaran dan tujuan yang banyak pula.

    ReplyDelete
  12. semanga-semangat pokonya peserta PRUvolunteer baik dari Prudential maupuun bloggernya.

    ReplyDelete
  13. Salut sama Prudential,, programnya bagus sekali. Seru banget ya mbk bisa terjun langsung bareng teman teman ORUvolunteer

    ReplyDelete
  14. asiikkk udah tayang, seru ya kegiatan pruvolunteer ini! selain karena karyawannya terjun langsung, ternyata programnya tepat sasaran juga.

    ReplyDelete
  15. Salut sama Prudential dengan program CSR-nya yang beneran bisa langsung berdampak nyata untuk kehidupan masyarakat. salut juga untuk para relawan, ah kalian memang TOP deh

    ReplyDelete
  16. Beneran sih kalo jalan jauh gitu, welfie udah bikin nambah tenaga. Welfie sambil ambil napas biar stok napas masih banyak buat langkah berikutnya. Eh itu yang buka tutup cat siapa, jiyaaan setrong bener ya

    ReplyDelete
  17. Wah mantaaab.. Salut nih utk Prudential maupun seluruh pruvolunteer.. kalian hebaaaat...!!

    ReplyDelete
  18. Waah jadi coba kerjaan tukang ya mba, udah kebayang keseruannya. Rame2 meski cape tapi pasti berkesan. Mantap CSR Prudential bisa fokus membangun masyarakat tapi tak melupakan karyawannya. Maju terus Prudential!

    ReplyDelete
  19. mantap nih CSR prudential, smoga perusahaan lain megikuti jejak prudential. amin

    ReplyDelete
  20. Kalau wefie terus ngga sampai-sampai yaaa mba hehe. Tapi seruuu yaaa kalau melihat kerja timnya

    ReplyDelete
  21. Prudential idola banget mbaaa. Banyak CSR yang dilakukan oleh Prudential yang bermanfaat bagi masyarakat

    ReplyDelete
  22. wah ini inovasi baru lagi ya dari Prudential, sekarang program-program baru Prudential bagus-bagus ya dan bermanfaat untuk yang membutuhkan

    ReplyDelete
  23. Seru banget punya pengalaman bergabung dengan PRUvolunteer ini. Idenya menarik dan terasa langsung manfaatnya

    ReplyDelete
  24. PRU Volunteer ini memang luar biasa, bahkan ada wanita perkasa hehe. Semoga bermanfaat dan dirasakan masyarakat sekitar ya mbak. Tapi hobby wefie nya keren setiap berapa langkah cekrek hehe...

    ReplyDelete
  25. Program CSR nya seru banget nih mba. Terjun langsung membantu masyarakat ya. Masyarakat di sana terbantu banget tuh pastinya dengan kehadiran PRUvolunteer.

    ReplyDelete
  26. Selalu suka sama Prudential programnya bikin inspirasi banget ada acar ngecat juga yah semakin lebih baik kedepannya bersama Prudential

    ReplyDelete
  27. Wah luar biasa nih temen2 ikutan turun langsung ngerjain CSR. Salut dengan bentuk kepedulian Prudential

    ReplyDelete
  28. Keren ya Prudential. Program ke masyarakatnya mantul banget. Langsung memberi manfaat bagi masyarakat yg membutuhkan

    ReplyDelete
  29. Waah keren banget mba Yoan bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan PruVolunteer, pasti jadi pengalaman seru dan tidak terlupakan turut membantu membangun rumah bagi yang membutuhkan

    ReplyDelete
  30. Salut banget sama Prudential. Langsung aksi nyata turun ke masyarakat ya Mak. Nggak kebayang bahagianya warga yang dapet kuncišŸ¤©

    Btw kalau ngangkat batako lengannya jadi kekar, yang tim ngecat jalan jauh naik turun betisnya dong ya yang kekar, wkwkwk.

    ReplyDelete
  31. Program CSR Prudential yang sangat bermanfaat sekali..untuk kesejahteraan masyarakat.

    Ku doain, semoga makin meluas cakupannya.

    ReplyDelete
  32. Barokallah prudential keren, selalu menyaksikan sepak terjang Prudential ini
    Banyak hal positif dan keren dalam membantu dan membangun negeri.
    Sennag ya mba bisa bekerjasama dengan Prudential

    ReplyDelete
  33. Wah belajar kerjaan nukang gini nih asik, pengalaman yang seru :)
    Kepedulian Prudential nyata ya gak hanya slogan semata.

    ReplyDelete
  34. Waahhh seru jadi blogger2 bantuin juga mbak kemarin itu :D MasyaAllah. AKu selalu suka sama program2 Prudential krn CSR-nya bantuin banyak org gtu mbak :D

    ReplyDelete
  35. Bagus banget program CSR nya Prudential ya, bisa mengisnpirasi perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama. Berbagi kebaikan

    ReplyDelete
  36. blogger sekarang juga perlu multitalent ya mb. nulis bisa, foto bisa, ngecat juga bisa. ehehe. keren pokoknya... :D

    ReplyDelete
  37. Serunyaaaa! Itu kegiatan volunteering-nya dari pagi sampai sore mbak?

    Jadi inget di Amerika juga suka ada kegiatan volunteer yg membantu pembangunan rumah korban bencana atau orang kurang gitu... Keren banget... :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)