Monday, September 30, 2019

Bebas Beraktifitas Di Rumah Tanpa Resiko Luka Bakar Bersama Mebo-Mederma

cara merawat luka bakar dengan mebo mederma

Selamat pagi temans.. 

Hari ini rencana masak apa? Anak-anak saya sudah request ikan lele goreng untuk makan siang nanti, duuh PR deh ini. Selain proses membersihkannya yang ribet, adegan menggoreng ikan selalu jadi bagian paling horor bagi saya. Dapur kesayangan berubah menjadi medan perang dan letupan minyak siap menyerang tangan, kaki, bahkan sampai ke muka. Rasanya sia-sia gitu tiap hari mengamalkan 10 step korean skin care kalau akhirnya muka gosong akibat luka bakar terciprat minyak panas :(

Tahu nggak sih gengs? Menurut data Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2011, tingkat prevalensi luka bakar di Indonesia sekitar 2,2% dan 69% terjadi di rumah. Iya, rumah yang selama ini kita anggap sarang ternyaman ternyata menyimpan resiko besar kecelakaan luka bakar.

Dan dari seluruh bagian rumah, dapur adalah tempat yang paling beresiko terkena luka bakar. Cedera luka bakar di dapur biasanya berasal dari air panas, minyak panas, uap panas, terkena api, dan terkena benda panas seperti wajan, panci, atau oven.

Selain aktivitas di dapur, resiko cedera lainnya di dalam rumah tangga bisa disebabkan tersengat listrik, terkena setrika panas, tersiram air panas dari dispenser, terkena knalpot motor yang terparkir di halaman, atau terpapar zat kimia.

Yang paling mengerikan dari luka bakar adalah, jika tidak ditangani dengan benar dapat menimbulkan infeksi, keloid, hingga kontraktur, sebuah kondisi kulit tertarik akibat jaringan di bawahnya rusak permanen. Semua itu tentu akan meninggalkan bekas seumur hidup. Waah ini sih lebih ngeri dari luka hati ditinggal mantan :(

Beruntung belum lama ini ini saya mendapat kesempatan belajar cara penanganan luka bakar bersama MEBO-Mederma Women's Community. Dengan mengangkat tema Regret Comes Later, Bebas Beraktivitas di Rumah dengan Meminimalkan Resiko Luka Bakar Ringan, acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 28 September 2019 di The Rich Hotel Yogyakarta ini menampilkan dua pembicara dokter Spesialis Ilmu Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, dr. Bayu Suhartadi, SpBP-RE dan Hernita Astriani, S.Farm., Apt sebagai Brand Manager Mebo dan Mederma Combiphar.

MEBO-Mederma Women's Community

Luka bakar adalah sejenis cedera pada daging atau kulit yang disebabkan oleh panas, listrik, zat kimia, gesekan, atau radiasi. [Wikipedia]
Luka bakar akan mengakibatkan kulit memerah, menimbulkan luka melepuh berisi cairan, kulit mengelupas, hangus, terjadi pembengkakan di sekitar luka, dan biasanya sangat menyakitkan.

Berdasarkan kerusakan kulit yang terjadi, tingkat keparahan luka bakar dibagi menjadi 3 derajat, yaitu:
  • Luka bakar derajat 1. Luka bakar ini dikenal sebagai luka bakar ringan atau superfisial, hanya terjadi di kulit bagian luar dan menyebabkan cedera di lapisan epidermis.
  • Luka bakar derajat 2. Luka bakar ini menembus lapisan kulit di bawah epidermis dan menyebabkan cedera di lapisan kulit yang lebih dalam (dermis).
  • Luka bakar derajat 3. Luka bakar ini meluas mengenai seluruh lapisan kulit dan menimbulkan cedera hingga ke lapisan lemak, serta merusak saraf dan pembuluh darah.

cara merawat luka bakar dengan mebo mederma
Tingkat keparahan luka bakar

Menurut dr. Bayu Suhartadi, SpBP-RE, keberhasilan penyembuhan luka bakar sangat tergantung pada pertolongan pertama yang diberikan. Waktu krusial perawatan luka bakar ada di 4 jam pertama pasca kejadian sebelum bertambah parah dan akhirnya terinfeksi.

Sayangnya, sebagian besar masyarakat Indonesia belum memahami cara menangani luka bakar dengan tepat. Mereka malah lebih percaya mitos pengobatan luka bakar dengan cara mengoleskan mentega, kecap, terigu, bahkan pasta gigi. 

Padahal bahan-bahan tersebut justru bisa menghambat proses pemulihan jaringan kulit dan meningkatkan potensi terjadinya infeksi karena tidak steril. Selain itu, mengaplikasikan bahan berlemak seperti mentega dan kecap pada luka bakar akan mempersulit dokter melakukan pemeriksaan. Cukup soto aja yang dikecapin, luka di kulit kamu jangan.

Hal lain yang nggak boleh dilakukan saat mengalami luka bakar adalah menggosok atau mengelap luka dengan kain karena bisa membuat kulit terkelupas lebih parah. Luka bakar terbuka juga jangan ditutup dengan sembarang kapas atau tisu, takutnya kedua benda itu malah lengket di kulit yang terbuka dan menyulitkan proses pemeriksaan. 

MEBO-Mederma Women's Community
 dr. Bayu Suhartadi, SpBP-RE dan Hernita Astriani, S.Farm., Apt

Duh, seram yaa.. Ini sebabnya MEBO-Mederma Women's Community mengajak kita, para ibu, untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas di dapur. Di acara talkshow kemarin, Mebo-Mederma juga mendatangkan Chef Rochmat dari The Rich Hotel untuk melakukan demo masak dan berbagi tips aman selama memasak di dapur. Misalnya saja menata letak kompor sejajar dengan pinggul kita dan membuka tutup panci ke arah samping agar uap panasnya tidak langsung mengenai wajah.

cara menangani luka bakar ringan dengan mebo mederma
Chef Rochmat dari The Rich Hotel

Nah, jika kita sudah berhati-hati tapi (amit-amit) masih apes juga, bagaimana cara merawat luka bakar yang benar? Langkah pertama yang harus dilakukan saat mengalami luka bakar ringan adalah:


Penanganan pertama pada luka bakar ringan
Penanganan pertama
pada luka bakar ringan.
Source: mebo.combiphar.com

1. Hentikan Proses Terbakar
Jika luka bakar terjadi di bagian tubuh yang tertutup oleh baju, segera lepas baju untuk mempersingkat kontak antara bagian tubuh yang luka dengan baju. Tapi lakukan secara perlahan agar lapisan kulit tidak semakin terkoyak.
2. Dinginkan Luka Bakar
Selanjutnya, siram atau basuh luka dengan air mengalir bersuhu normal selama 15-30 menit untuk mengurangi panas pada luka. 
3. Keringkan Luka Bakar
Saat rasa panas sudah berkurang segera keringkan luka dengan kain lembut. Tekan-tekan lembut kain pada luka, jangan digosok. 
4. Oleskan Salep Khusus Luka Bakar
Setelah kering, segera oleskan salep luka bakar pada bagian yang luka dan sekitarnya untuk meminimalisir rasa sakit dan mencegah terjadinya infeksi. Sebaiknya gunakan salep yang memiliki kandungan aktif berbahan alami dan tidak mengandung antibiotik.

MEBO Ointment, Solusi Pertama Luka Bakar 
Produksi: Combiphar
Isi: 20 gram

Claim Product

Mebo Ointment adalah salep luka bakar yang dapat meredakan rasa nyeri,  menyerap sisa panas pada area luka, dan mempercepat penyembuhan luka dengan cara menghidrasi jaringan kulit yang terluka.  


Saat kulit berada pada kondisi lembab (bukan basah yaa..) sel-sel kulit akan lebih cepat melakukan regenerasi dan memperbaiki diri, hasilnya luka bakar akan sembuh lebih cepat dan mengecilkan potensi terjadinya bekas luka.

Mebo Salep Luka Bakar
Source: mebo.combiphar.com

Ingredients

Mebo Oinment terbuat dari bahan-bahan herbal alami tanpa antibiotik kimia, yaitu Phellodendri chinensis, Coptidis rhizome, Scutellariae radix, Minyak Wijen, dan Beeswax.

cara menangani luka bakar dengan mebo mederma
Source: mebo.combiphar.com

Di dalam minyak wijen terkandung senyawa β-sitosterol alias Beta sitosterol yang berfungsi mengurangi peradangan yang mengakibatkan pembengkakan, kemerahan, gatal, dan rasa nyeri. Ada juga kandungan lipid, vitamin E dan K yang berfungsi sebagai sumber nutrisi bagi sel-sel kulit agar bisa beregenerasi serta memulihkan jaringan kulit.

Sementara Phellodendri chinensis, Coptidis rhizome, dan Scutellariae radix adalah tanaman herbal yang berfungsi sebagai anti inflamasi sekaligus membantu proses regenerasi sel. Dan Beeswax atau lilin lebah mampu melembabkan kulit serta mengandung antibakteri yang akan mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri.

Packaging

Salep luka bakar Mebo dikemas dalam botol tube berukuran 20 gram dan memiliki tutup ulir. Ukurannya yang mungil membuatnya mudah dibawa berpergian, sangat travel friendly. Jadi kemanapun kita pergi, nggak takut lagi kalau (amit-amit) mengalami luka bakar seperti terkena knalpot atau terkena percikan rokok orang lain.

Teksture and Scent

Mebo Oinment memiliki tekstur gel kental berwarna kuning kecoklatan dengan aroma minyak wijen yang lumayan kuat, bukti kalau kandungan minyak wijen dalam salep luka bakar ini cukup banyak.

Source: mebo.combiphar.com

How To Use

Meski beraroma minyak wijen yang sedap, Mebo Ointment ini adalah obat topikal yang dikhususkan untuk pemakaian luar, jadi jangan pernah tergoda mencicipi rasanya yaa :p

Cukup oleskan Mebo pada area luka dengan ketebalan 1 mm setiap 4 sampai 6 jam hingga lukanya membaik. Oh ya, bersihkan luka terlebih dulu sebelum mengoles ulang Mebo di area luka, dan pastikan jari juga dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan Mebo pada luka.

Luka Sembuh tapi Meninggalkan Bekas, Adakah Obatnya?

Pada beberapa kasus luka bakar (dan juga luka-luka lainnya selain luka di masa lalu), kondisi kulit tidak bisa kembali pulih seperti semula meski lukanya telah dinyatakan sembuh. Warna kulit pada bekas luka biasanya berbeda dengan kulit di area yang sehat dan terbentuk skar.

Jenis skar bermacam-macam. Ada skar fungsional, skar hipertrofi, skar keloid, dan skar atrofi. Beberapa skar bisa sangat menganggu penampilan jika terdapat di bagian tubuh yang mudah terlihat orang seperti wajah dan mengakibatkan kepercayaan diri .berkurang.

Skar terjadi karena jaringan kulit bekas luka tumbuh dengan cara yang berbeda dibanding kulit di sekitarnya. Kantung rambut, kelenjar minyak dan kelenjar keringat tidak diperbarui. Jaringannya tersusun atas serat elastis dalam jumlah sedikit, dan tidak memiliki pigmen warna sebagaimana halnya kulit sehat.

Skar merupakan cara alami tubuh untuk menutup luka, dan pembentukan bekas luka biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor seperti jenis kulit, penyebab luka, ukuran dan kedalaman luka, usia penderita, serta ada tidaknya komplikasi saat proses penyembuhan luka berlangsung. 

Karena itu dibutuhkan obat khusus yang mampu memudarkan bekas luka dan mengembalikan jaringan kulit agar kembali sehat. Dan Mederma adalah solusinya :)

Mederma Gel Proaktif
Produksi: Combiphar
Isi: 20 gram

Source: mebo.combiphar.com

Claim Product

Mederma telah terbukti secara klinis efektif untuk memudarkan bekas luka dan menjadi salah satu salep perawatan bekas luka yang sering disarankan dokter di seluruh dunia selama 10 tahun. Dan luka yang dimaksud bukan cuma luka bakar, tapi juga luka bekas jatuh, luka bekas kecelakaan, dan luka bekas operasi seperti cesar.


Yang lebih menarik lagi, saat saya menunjungi forum-forum beauty enthusiast di beberapa website, banyak yang memberikan testimoni kalau Mederma juga ampuh menghilangkan bekas jerawat. Yaay!

Ingredients

Mederma terbuat dari kombinasi tiga bahan aktif: cepalin, allantoin dan aloe vera yang masing-masing berfungsi sebagai anti peradangan, memperbaiki tampilan dan struktur skar, melembabkan luka, serta mencerahkan kulit.

Ketiga bahan aktif ini diracik menjadi satu dalam formula gel proaktif yang bukan hanya mampu membantu proses penyembuhan kulit dan mengurangi kemerahan, tapi juga membuat bekas luka tampak lebih halus, rata dan tersamarkan.

How To Use

Sama seperti Mebo Ointment, Mederma Gel Proaktif adalah obat topikal yang pemaikaian cukup diolekan langsung pada skar. Untuk luka baru, gunakan Mederma 3-4 kali sehari selama 8 minggu. Sedangkan pada luka lama, gunakan Mederma 3-4 kali sehari selama 3-6 bulan.

Gunakan Mederma hanya ke luka yang sudah benar-benar tertutup. Oles gel dimulai dari tengah ke arah sisi luar sambil melakukan pemijatan lembut pada skar. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan memutar kecil sampai gel Mederma menyerap sempurna ke lapisan kulit.

cara menangani luka bakar dengan mebo mederma
Source: mebo.combiphar.com

Where To Buy

Teman-teman tertarik mencoba Mebo dan Mederma untuk mengatasi luka bakar? Kedua produk ini bisa teman-teman dapatkan di di Century, Guardian, Watsons, Apotik Kimia Farma, Apotik K-24 dan toko farmasi terdekat lainnya. Buat yang malas keluar rumah seperti saya, Mebo dan Mederma juga sudah tersedia di e-commerce seperti Lazada, Shopee, dan Watsons.

Jangan lupa juga follow akun instagram @mebocombiphar untuk mendapatkan berbagai tips bermanfaat seputar penanganan luka bakar. Selain itu teman-teman juga bisa mengikuti kuis dengan hadiah menarik disetiap minggu.

Yuk jaga keluarga kita dari resiko luka bakar ringan dengan selalu menyediakan Mebo di kotak obat :)

cara menangani luka bakar dengan mebo mederma

#mebocombiphar #medermacombiphar #mebomedermawomenscommunity #combiphar #yogyakarta






20 comments:

  1. Ternyata luka bakar itu ada derajatnya ya, kubaru tahu. Selama ini kalau kena luka bakar seringnya pakai pasta gigi, ternyata bisa pakai Mebo Ointment. Harus stok di rumah ini sih buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  2. Waahhh bener nih suka gak nyadar kalo di dapur pun kitabharus mikirin keselamatan ya kak yoanna. Akutuh kadang gak aware kalo masak tiba tiba udah kena luka bakar aja. Baru tau kalo ada tingkatanannya

    ReplyDelete
  3. detail sekali penjelasannya bun. ternyata krusial juga ya mengobati luka bakar, perawatan pertama di 4 jam pertama menentukan sekali.

    ReplyDelete
  4. Wah sekarang ga perlu lagi khawatir kalo anak-anak kena luka bakar ringan ya. Keslomot panci langsung oles mebo

    ReplyDelete
  5. Kalau ada mebo tuh emang bisa jadi andalan untuk solusi mengatasi luka bakar ya mba. Dan ini satu sisi ngebantu banget bagi kita yang sering masak dan rentan kena cipratan minyak :D

    ReplyDelete
  6. saya juga hadir di acara mebo mederma yg di surabaya. waaah jadi nambah banyak ilmu nih. seneng banget yaaa akhirnya tahu bagaimana penanganan luka bakar ringan yg sering terjadi di rumah

    ReplyDelete
  7. Yup, kita harus berhati-hati dengan resiko luka bakar, untungnya ada mebo dan mederma

    ReplyDelete
  8. Yup, kita harus berhati-hati dengan resiko luka bakar, untungnya ada mebo dan mederma

    ReplyDelete
  9. Sebagai ibu, kita rentan terkena luka bakar ya..

    Aktivitas di dapur memjadi salah satu sebabnya..

    Makannya harus sedia ini di kotak p3k yang ada di rumah ya

    ReplyDelete
  10. Wah harus sedia Mebo Ointment ya di rumah. Ingat banget dulu pernah kecipratan minyak panas tanganku akibat goreng empek empek dan meletus . Pergi ke dokter kulit dan abis banyaak banget. Huhuhu..

    ReplyDelete
  11. Aku juga suka kena luka bakar mbak apalagi kalau sudah berurusan dengan dapur. Nah, mebo ini ampuh banget buat mengembalikan kulit menjadi baik dan adem lagi.

    ReplyDelete
  12. Untuk Mebo akau belum pernah coba, kurasa wajib ada nih di kotak P3K. Kalau Mederma aku dapat dulu waktu pasca sesar dan anak sulungku operasi usus buntu. Untuk menyamarkan bekas jahitan diresepkan dokter Mederma ini. Dan efektif sekali!!

    ReplyDelete
  13. Oh ternyata Mebo dan Mederma ini saudaraan ya, saling bantu utk menyembuhkan dan meniadakan bekas luka. Aku selama ini taunya si Mebo aja, kalau Mederma baru denger kali ini mbak. Ini dua obat yang kudu tersedia di rumah yaa

    ReplyDelete
  14. Nah ini harusnya stock di rumah jangan sampe juga luka bakar pake pasta gigi duh mitos ini kenapa selalu ada ya mba wkwkwk aku juga sering kena minyak perlu banget mebo

    ReplyDelete
  15. Aku juga pernah baca kalau pasta gigi itu malah menghambat penyembuhan karena ada zat kimianya, lebih baik pakai Mebo Menderma ya mbak yang memang dikhususkan mengatasi luka bakar di rumah

    ReplyDelete
  16. Memang mencegah lebih baik daripada mengobati yaa mba tapi tetap harus sedia paying sebelum hujan. Apalagi bagi Kita para ibu Rumah Tangga Yang kerjaannya ngga jauh jauh Dari api.

    ReplyDelete
  17. Pas bgt nih baru kemarin kena minyak panas gara-gara anak udah nangis dan panik. Kayaknya harus nyimpen mebo di kotak obat nih, buibu pasti pernah yg namanya kena luka bakar

    ReplyDelete
  18. Oooo ternyata mitos2 untuk mengobati luka bakar malah justru menghambat penyembuhannya ya. Beratti harus sedia mebo di kotak p3k rumah nih.

    ReplyDelete
  19. Wah andai dulu udah tau produk ini ya. Anak-anakku itu kena knalpot Dan lukanya masih berbekas aja sampe sekarang.

    ReplyDelete
  20. Wah kudu persediaan Mebo- Mederma di kotak obat nih. Takutnya sewaktu2 terkena luka bakar atau air panas, jadi udah ada yang buat pertolongan pertamanya. Betul kan??

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)