Monday, August 19, 2019

Wajah Berjerawat Wajib Pakai Pelembab, Kenapa?

manfaat pelembab untuk wajah berjerawat

Belakangan saya makin merasakan pentingnya melembabkan kulit, karena ternyata semua masalah yang sering saya alami seperti kemunculan komedo, jerawat, kulit kusam dan berminyak berawal dari kulit yang tidak terhidrasi dengan baik. 

Itu karena 2/3 komponen penyusun tubuh kita terdiri dari air, kira-kira 60-70 persen cairan mengisi tubuh, darah, otot, serta otak kita. Dan seperti organ tubuh lainnya, kulit juga tersusun atas komponen air dan cairan. Air inilah yang akan membuat kulit terhidrasi, terjaga kelembabannya dan selalu sehat.

manfaat pelembab untuk wajah berjerawat

Manfaat Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


Jika pada kulit kering kekurangan cairan bisa menyebabkan kulit kasar, bersisik, bahkan mengelupas. Maka pada kulit berminyak, kondisi kekurangan cairan akan membuat kulit berpikir untuk memproduksi lebih banyak minyak sebagai cara alami memberikan kelembaban ekstra pada kulit. Padahal produksi minyak wajah yang berlebihan akan menimbulkan masalah lain seperti komedo dan jerawat. Jadi sangat penting bagi kulit berminyak untuk memakai pelembab agar kulit nggak meproduksi lebih banyak minyak.

pelembab untuk wajah berjerawat

Setelah tahu manfaat pelembab untuk kulit berminyak, saya jadi semangat berburu pelembab. Sayangnya, nggak semua pelembab ramah untuk kulit berminyak, padahal selain berminyak, kulit wajah saya juga bertipe acne prone. Begitu saya salah memilih skincare, bruntusan dan jerawat langsung tumbuh subur di sekitar T-zone. Sebagian besar pelembab juga membuat wajah mudah mengkilap dan lengket

Sesuaikan juga pilihan pelembab dengan masalah kulit, nggak perlu tergiur dengan satu produk yang punya klaim segambreng seperti melembabkan, mencerahkan, memutihkan, mengurangi jerawat, kaya anti oksidan, memiliki SPF tinggi, mengurangi garis halus, sekaligus mengencangkan kulit. Karena pelembab yang seperti itu pastinya memiliki banyak sekali kandungan yang kemungkinan malah akan memberatkan kulit kita. Cukup ujian hidup aja yang berat, skincare kamu jangan.

Cara Memilih Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


Memilih skincare yang dapat melembabkan kulit berminyak dan berjerawat memang cukup tricky, pahami dulu rambu-rambunya. Pilih pelembab yang yang berbahan dasar air (water-based), bebas minyak (oil-free), non-comedogenic, dan memiliki kandungan Hyaluronic Acid. 

Tapi kulit berminyak juga lebih fleksibel memilih pelembab, kita nggak harus pakai moisturizing cream atau lotion. Skincare dalam bentuk apa saja yang memiliki kemampuan melembabkan bisa kita gunakan sebagai pelembab. 

Saya paling suka hydrating toner dan hydtrating serum karena teksturnya yang sangat ringan tapi punya kemampuan maksimal dalam melembabkan dan menutrisi kulit. Kalau cuaca sedang sangat kering, saya bisa pakai double atau triple hydrating toner ala seven skin methode itu.

Selain hydrating toner, face mist juga bisa kita gunakan sebagai instant moisturizer. Face mist adalah produk berbahan utama air dengan tambahan mineral penutrisi kulit yang mampu melembabkan kulit, mengontrol produksi minyak berlebih akibat dehidrasi kulit, dan menenangkan kulit lelah. Bonusnya face mist mampu mengikat makeup dan membuatnya lebih mudah menyatu dengan kulit serta lebih tahan lama, terutama untuk pemilik kulit berminyak.

Produk Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


Nah, dari hasil coba-coba dan googling sana sini, saya menemukan beberapa produk hydrating toner dan face mist yang membuat tampilan kulit saya looks much better. Asyiknya lagi, produk ini adalah produk lokal yang mudah ditemukan di supermarket dan drugstore terdekat.

1. Garnier Sakura White Pinkish Radiance Essence Lotion

pelembab untuk wajah berjerawat

Meski namanya essence lotion, jangan bayangkan Garnier Sakura White Essence Lotion ini seperti lotion cream yang banyak beredar di indonesia. Di dalam istilah skincare Korea dan Jepang, lotion berarti toner yang dipakai setelah cuci muka, fungsinya sebagai booster supaya produk skincare selanjutnya bisa terserap maksimal. 

Garnier Sakura White Essence Lotion memang nggak ditujukan untuk jenis kulit berminyak, tapi essence lotion ini benar-benar terasa ringan di kulit, dan setelah pengaplikasian kulit terasa lebih fresh, moist, dan nggak lengket. 

Dengan kandungan utama ekstrak Sakura yang terkompresi, Hyaluronic Acid, Vitamin B3 dan vitamin CG (ascorbyl glucoside), Garnier Sakura White Essence Lotion diklaim mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit, serta membuat warna kulit lebih merata. Kulit akan terasa moist, bouncy, dengan tampilan glowing.

2. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion

pelembab untuk wajah berjerawat

Produk keluaran Rohto Jepang ini diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan mengandung 3 tipe Hyaluronic Acid:
  • Hyaluronic Acid, yang 1 gramnya mampu menahan 6 liter air di kulit.
  • Improve Hyaluronic Acid (AcHA), bekerja 2x lebih baik dibanding Hyaluronic Acid biasa.
  • Nano-sized Hyaluronic Acid, punya kemampuan meresap lebih cepat dan melembabkan kulit lebih lama.
Tekstur Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion ini bening kayak air, encer, ringan, dan nggak ada wangi apa-apa. Waktu baru dipakai agak lengket tapi setelah 2-3 menit akan meresap dan lengketnya hilang.

Saya juga sering mencampur Hada Labo Moisturizing Light Lotion ke dalam foundation matte saya agar hasil akhirnya lebih dewy dan moist. 

3. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion

pelembab untuk wajah berjerawat

Produk ini ditujukan buat kamu yang ingin melembabkan kulit sekaligus membuat terlihat lebih cerah karena Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion diperkaya dengan senyawa natural seperti: 
  • High Purity Arbutin yang merupakan kandungan alami ekstak dari berry, berfungsi mencerahkan warna kulit dan mencegah pertumbuhan tirosinase, enzim yang dapat membuat noda hitam pada kulit.
  • Vitamin C untuk nencegah kulit kusam dan merupakan komponen penting untuk memproduksi kolagen dan antioksi yang akan menangkal efek radikal bebas sinar UV.
  • Hyaluronic Acids yang akan menghidrasi ke dalam kulit untuk memelihara kulit, melawan noda hitam, dan mengembalikan cahaya alami kulit.
Efek hidrasi Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion tidak sebaik varian Gokujyun Moisturizing Light Lotion, jadi sebaiknya dua produk ini dipakai bersamaan supaya nggak kesepian hasilnya bisa lebih maksimal.

Oh ya, saat saya kehabisan sheet mask, saya sering memakai Shirojyun Lotion ini sebagai ganti sheet mask dengan cara menuangnya pada compressed sheet mask. Setelah pemakaian di malam hari, saat bangun tidur wajah kelihatan (kelihatannya aja sih, nggak tahu betulan atau enggak, LOL) lebih cerah dan terasa lebih moist.

4. Nameera Purifying Glow Perfecting Mist With UV Protect

pelembab untuk wajah berjerawat

Nameera Perfecting Mist memiliki kandungan utama air murni dan sacred lotus extract yang mampu melembabkan dan menyegarkan kulit. Serta ditambah urang-aring, apple, neem, dan moringa extract yang dapat membuat kulit wajah terlihat jernih bercahaya.

Face Mist ini juga mengandung UV Protection yang akan membantu melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, sayangnya nggak disebutkan berapa angka SPF dan PA-nya.

Sedikit berbeda dengan face mist kebanyakan, Nameera Perfecting Mist terdiri dari 2 lapisan yang harus dikocok dulu sebelum disemprotkan. Lapisan atas berwarna pink mirip minyak dan lapisan bawah berupa air bening. Tapi meski terdiri dari 2 lapisan, Nameera Face Mist tetap ringan seperti air dan mudah sekali meresap. 

Saya sering menggunakan Nameera Perfecting Mist sebagai setting spray dan untuk menyegarkan wajah saat touch up, apalagi dia sudah mengandung UV protection, kan lumayan nggak perlu reapply sunscreen.


5. Wardah C-Defense Face Mist 

pelembab untuk wajah berjerawat

Salah satu varian dari Wardah C-Defense Series ini berbahan dasar jeruk yang mengandung Hi-Grade Vitamin C dan Complex NMF (Natural Mositurizing Factor). Vitamin C sudah lama dikenal kaya antioksidan yang bermanfaat melindungi kulit dari radikal bebas, menyegarkan wajah, dan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Sementara kandungan NMF akan membantu melembabkan dan menjaga elastisitas kulit.

Teksturnya bening dan sangat ringan mirip air biasa, tapi memiliki aroma citrus yang kuat dan menyegarkan, enak dipakai siang-siang saat panas atau setelah lelah beraktivitas. Kalau teman-teman mau menggunakan Wardah C-Defense Face Mist sebagai pelembab, setelah membersihkan wajah, semprotkan wardah face mist ini dan tepuk-tepuk pelan hingga kering dan menyerap, lalu lanjutkan dengan memakai produk skincare seperti biasanya.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)