Monday, September 23, 2019

Semakin Produktif Dengan Bantuan SanDisk Ultra Dual Drive m3.0

USB OTG SanDisk

Semangat Senin teman-teman.. Kalau biasanya saya menebar ratjoen beauty products, hari ini saya mau menceritakan pengalaman mencoba SanDisk Ultra Dual Drive m3.0, sebuah USB OTG produksi Western Digital Corp melalui brand naungannya, SanDisk.

Kenapa saya sampai merasa perlu menulis review tentang USB OTG SanDisk ini? Karena ternyata, benda sekecil ini punya efek luar biasa dalam meningkatkan produktivitas saya, baik sebagai blogger, istri, dan ibu.

Jadi gini, suami saya termasuk tipe orang yang malas membawa laptop, mau setipis apapun, selalu ada saja alasannya meninggalkan laptop di rumah. Akhirnya semua file pekerjaannya saya yang simpan dan baru saya kirim saat beliau butuh. Begitu juga dengan anak-anak, mulai dari tugas sekolah, soal latihan di rumah, sampai film yang ingin mereka tonton di akhir minggu, saya juga yang mengunduh dan menyimpannya. 

"Yang, buatin surat perjanjian terus kirim ke e-mailku yaa.."
"Bunda, aku disuruh cari gambar hewan buat kliping."
"Bun, worksheet matematikaku sudah diprint belum?"
"Yang, foto-foto produkku yang masih di kamera tolong kirim via e-mail ya.."
"Bunda, tolong download-in film yang ini, yang ini, ini, sama ini juga."

Terus aja begitu dari begitu dari pagi sampai malam, 7 hari seminggu.
*Elus dada, dadanya Jason Momoa*

Kendalanya, saya nggak selalu ada di depan laptop untuk menyelesaikan permintaan mereka itu. Jadi untuk urusan mengunduh file, saya lebih suka menggunakan smartphone karena lebih praktis, bisa saya lakukan dari manapun dan kapanpun. Tapi resikonya, ruang penyimpanan smartphone saya cepat sekali penuh meski sudah menggunakan memory card tambahan.

Apalagi, selain menyimpan file unduhan, saya juga menyimpan foto-foto traveling yang belum sempat saya bereskan, foto aktivitas harian anak-anak, dan beberapa foto yang berhubungan dengan pekerjaan saya sebagai blogger.

Lalu masalah muncul saat saya membutuhkan foto untuk promo sebuah brand, fotonya hilang!! Huaaaa..
Padahal foto itu sudah dijadwalkan untuk tayang hari ini. Mau melakukan pemotretan ulang  nggak ada waktu dan tenaga, ya sudah cuma bisa minta maaf dan memohon waktu tambahan ke pihak brand :(

Di lain waktu saya juga pernah kehilangan file worksheet anak sulung saya yang belum sempat dicetak, sepertinya saya salah menghapus akibat terlalu banyak dokumen tersimpan di drive smartphone. Si kakak menangis dan saya harus bertanggung jawab mengetik ulang.

File Di Smartphone Hilang, Harus Bagaimana? 

Kejadian-kejadian file dan foto hilang di smartphone akhirnya membuat saya harus mengeluarkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengerjakan ulang. Produktivitas dan kecepatan kerja jadi menurun. Sebel lah.

Eh tapi ternyata bukan saya saja yang sering kehilangan file di smartphone. Belum lama ini Perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp menerbitkan sebuah survey tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”

Survey yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar ini menghasilkan temuan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone.

Dari 1.120 responden, 97% mengaku mengandalkan smartphone dalam aktivitas keseharian mereka, dan 67% responden menyatakan pernah kehilangan data di smartphone mereka. Walaah jumlahnya lebih dari separuh, ternyata saya punya banyak teman senasib, hahaah.

Penyebab hilangnya data pada smartphone bisa karena banyak hal, misalnya:
1. Akibat tidak sengaja terhapus atau salah menghapus file. 
2. Malfungsi pada smartphone.
3. Serangan virus karena kita pernah mengunduh sembarang file saat menjelajah internet.

Karenanya penting sekali melakukan backup data yang ada di smartphone secara berkala. File backup bisa disimpan pada drive laptop, drive PC, external drive, dan flashdisk. Tapiii.. saya jarang banget melakukan ini karena ribet harus menghubungkan smartphone ke laptop menggunakan kabel data.

Ketika saya curhat ke suami tentang seringnya saya kehilangan data, beliau menyodorkan sebuah flashdrive dengan bentuk mungil yang memiliki 2 sisi.

"Loh kok ujungnya dua?" Tanya saya.
"Ini namanya USB OTG SanDisk. Semacam flash drive OTG yang bisa langsung dipasang di smartphone."
"Waah asyik. Eh tapi kok cuma 16 GB?"
"Yaa itu kan aku cuma dapat doorprize :p "

Oalaah geratisan, huahahaah. Tapi Alhamdulillaah.. Sekarang kita coba dulu kemampuannya. Kalau bagus baru beli yang kapasitas besar :)

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 


SanDisk Ultra Dual Drive m3.0

Description Product

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 adalah perangkat USB (Universal Serail Bus) yang memiliki drive ganda. Sebuah konektor micro-USB di satu sisi, dan konektor USB 3.0 di sisi yang lain. Dengan dual drive tersebut urusan mengakses dan memindahkan file lintas perangkat jadi lebih praktis.


Penjelasan mudahnya, SanDisk Ultra Dual Drive ini berfungsi sebagai flashdisk untuk menyimpan data yang cara pakainya langsung dicolokkan ke smartphone tanpa memerlukan bantuan kabel data lagi.


Micro-USB milik SanDisk Ultra Dual Drive kompatibel dengan perangkat android yang memiliki fasilitas OTG (On The Go). Sementara USB 3.0 dapat digunakan secara langsung pada laptop, PC dan komputer Mac yang mengoperasikan Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Mac OS v10.6+ tanpa menggunakan perlu driver lagi.


Untuk urusan kecepatan, SanDisk USB 3.0 memiliki laju hingga 150 MB/detik, membuat kita dapat memindahkan banyak foto, video, film, dokumen, dan lagu-lagu favorit hanya dalam beberapa detik. Kapasitas penyimpanan smartphone pun kembali lega dalam sekejap.

Packaging

Yang menarik dari SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 adalah bentuknya yang mungil dengan kedua sisi yang dapat ditarik bergantian. Sekeliling body flashdrive SanDisk terbungkus plastik kokoh bening yang membuat kedua ujung USB terlihat jelas. 

Meski mungil, desainnya terlihat elegan dan kokoh. Dia juga punya lubang di salah satu sisi yang bisa dipasangi tali agar USB OTG SanDisk ini tidak mudah tercecer. Travel friendly banget nih :)

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0

How To Use SanDisk Dual USB Drive

SanDisk Ultra Dual Drive mudah sekali digunakan karena akan terdeteksi secara otomatis saat teman-teman menghubungkannya ke smartphone atau tablet Android berkemampuan OTG. 

Untuk menghubungkan USB OTG SanDisk dengan Smartphone Redmi Note 6 Pro milik saya, saya cukup memasang bagian konektor micro USB-nya, lalu membuka file manager untuk memastikan apakah OTG SanDisk sudah terkoneksi atau belum. Setelahnya, saya tinggal melakukan copy and paste pada file-file yang ingin saya pindahkan dari memori smartphone ke drive SanDisk. Mudah banget kan?

USB OTG SanDisk
Micro-USB SanDisk Ultra Dual Drive

Dan untuk memindahkan file dari drive SanDisk ke laptop atau PC, kita hanya perlu memasang konektor USB 3.0 SanDisk pada port USB laptop, dan USB OTG SanDisk akan langsung terdeteksi secara otomatis di laptop atau PC kita. 

USB OTG SanDisk
USB 3.0 SanDisk Ultra Dual Drive

Dual Drive USB SanDisk 3.0 dapat digunakan secara langsung pada laptop, PC dan komputer Mac yang mengoperasikan Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Mac OS v10.6+ tanpa perlu menggunakan driver lagi.

First Impression

Pertama kali saya menggunakan SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 untuk memindahkan video kartun milik anak bungsu saya, karena file video itu yang memakan ruang paling banyak di smartphone saya. Cuma dalam hitungan detik semua video sudah berpindah ke drive SanDisk. Dari USB SanDisk baru saya pindahkan ke laptop agar anak saya lebih puas saat menonton. Lagi-lagi kecepatan transfernya memuaskan.

Nggak sampai 30 menit saya sudah selesai memindahkan banyak file dan membuat ruang penyimpanan smartphone lebih lega, kinerja smartphone pun menjadi lebih cepat karena beban yang dibawanya berkurang banyak.

Dengan begitu saya bisa menyimpan lebih banyak foto, video, dan dokumen lagi. Tentunya semakin banyak pekerjaan yang bisa saya selesaikan dengan kemudahan ini. Thank you SanDisk, nggak ada lagi cerita #DibuangSayang karena semua file tersimpan baik dan memiliki backup berkat #SanDiskAPAC .

Kapasitas SanDisk Dual USB Drive

Oh ya, sebenarnya SanDisk Ultra Dual Drive memiliki tiga varian, yaitu:

  • SanDisk Ultra Dual Drive 3.0
  • SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 
  • SanDisk Ultra Dual Drive Type-C (Khusus untuk smartphone dedngan konektor tipe C)
Tapi yang sejak tadi saya bahas hanya SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 karena saya cuma punya yang itu, heheeh.

Sandisk Ultra Dual Drive
Varian dari SanDisk Ultra Dual Drive
Photo credit: sandisk.id

Selain desain dan bentuk micro-USB, saya nggak menemukan perbedaan fungsi dan manfaat dari masing-masing varian SanDisk Ultra Dual Drive, CMIIW yaa.. Dan masing-masing varian memiliki kapasitas serta kecepatan baca yang berbeda, tinggal kita sesuaikan saja dengan kebutuhan kita.

Selengkapnya tentang kapasitas dan kecepatan baca SanDisk Ultra Dual Drive ada pada tabel di bawah:

Sandisk Ultra Dual Drive 3.0
SanDisk Ultra Dual Drive 3.0
Photo credit: sandisk.id
Sandisk Ultra Dual Drive m3.0
SanDisk Ultra Dual Drive m3.0
Photo credit: sandisk.id
Sandisk Ultra Dual Drive Type-C
SanDisk Ultra Dual Drive Type-C
Photo credit: sandisk.id

Where To Buy?

Nggak susah menemukan SanDisk Ultra Dual Drive di toko-toko yang menjual aksesoris komputer, tapi kalau teman-teman malas keluar rumah, beli saja di Official Store SanDisk di Shopee

Barusan saya lihat sedang ada diskon yang lumayan besar untuk pembelian SanDisk Ultra Dual Drive. Saya jadi kepingin beli SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 kapasitas 64 GB nih, apalagi saya lihat ada warna putih juga, cantik banget.

Kalau teman-teman ingin membeli USB OTG SanDisk juga, yuk buruan buka official storenya, mumpung masih diskon dan bebas ongkos kirim :)

Selamat menikmati kemudahan backup data dan menciptakan lebih banyak kenangan bersama SanDisk Ultra Dual Drive yaa :)



25 comments:

  1. Wahhh makin gampiiil ya kalo content creator pengin simpen file dll,
    Thanks GOD ini teknologi yg ngebantu banget!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Sayapun sebenarnya juga malas kalau harus bawa laptop kemana-mana mbak...adanya sandisk ini bikin kita makin praktis dan anti drama foto hilang. Wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Naah..kehilangan data rih paling nyeseeek deh. Untung ada simungil ini sbg solusinya ya.. anti penuh2 memiry lagi deh..

    ReplyDelete
  4. saya juga punya sandisk ultra dual drive. dan memang membantu banget buat nyimpan file film yang ukurannya besaaarr, hehehe

    ReplyDelete
  5. Saya juga butuh USB OTG SanDisk karena praktis. Harus kumpulin uang dulu, nih. Semoga bisa disegerakan soalnya kerjaan saya berurusan dengan data. Takut ada data penting hilang, mana komputer sudah uzur dan harus back up data penting untuk jaga-jaga.

    ReplyDelete
  6. Punya USB OTG SanDisk memang sangat membantu ya. Udah langsung colokin buat mindahin data dan lainnya. Aku pun ngiler banget pengen punya ini

    ReplyDelete
  7. Aku juga uda setahun pakai USB OTG ini, mbak. Pekerjaan aku juga sangat tertolong sejak pakai ini. Terus juga data dan file2 penting aman karena sudah ada back up di flash disk :)

    ReplyDelete
  8. Saya pernah ngalamin kehilangan banyak file dari hp yg eror dan data hangus. Andai saja saat itu sudah ada usb flashdisk yg gampang ini mungkin kehilangan bisa diminimalisir ya

    ReplyDelete
  9. USB OTG ini salah satu benda yang selalu ada dalam tasku. Terutama kalo lagi ngetrip lumayan lama, dan aku males bawa laptop.. Hehehe

    ReplyDelete
  10. Aku kayaknya kena pengaruh besar pengin punya OTG Sandisk ini. Dulu ada sih tapi gak bisa pakai lagi karena ganti hp yang type-C. Baca artikel ini ternyata adaaaa dijuallll otw ke official store ahhh

    ReplyDelete
  11. semua jauh lebih praktis dengan adanya USB OTG Sandisk ini ya.
    Pekerjaan download, penyimpanan file bisa dilakukan dimana saja tanpa takut file memory penuh.

    ReplyDelete
  12. USB OTG Sandisk ini solusi terbaik menyimpan data agar memori hp tidak penuh ya mbak....kalau hp penuh pasti jalannya lambat, bisa jadi data yang tersimpan akan hilang atau terhapus. Daripada kesel karena kehilangan data penting lebih baik kita manfaatkan Sandisk sebagai penyimpanan ya mbak.

    ReplyDelete
  13. Wah asyik ya ga akan ada lagi foto yg hilang, hp lemot Krn memory penuh .hihi..

    ReplyDelete
  14. Dulu, aq smpt mikir, gmna yah supaya gak rempong mindahin data dn mudah di bawa ke mana mana, ets nyatanya skrg sdh ada yah di Sandisk

    ReplyDelete
  15. Enak ya kalau punya USB OTG ini jadi kalau selelsai foto atau video biar di backup cukup pakai ini aja ya dan besar memorinya juga banyak pilihan.

    ReplyDelete
  16. Sempat kepikiran mau beli USB OTG tapi bingung mau beli merek yang mana, syukurlah baca review ini, jadi beli merk Sandisk saja

    ReplyDelete
  17. Wah aku perlu banget USB OTG Sandisk ini mbak, soalnya beberapa kali enggak bisa abadikan momen keluarga karena memori hape full. Jadi pengen segera punya hehe...

    ReplyDelete
  18. Aku udah punya dua OTG sandisk mba Yoan heheeh
    tapi pengen beli lagi liat promo, apalagi nih poto ama video ngelunjak lagi dihenpon hahaha sebelum hang segera pindah

    ReplyDelete
  19. Boleh juga nih sandisk, lebih praktis banget jadinya.

    ReplyDelete
  20. Beuhhhh kehilangan data itu mah nyeseeek angeyy . Untung ada sandisk ini ya.. Jd solusi biar ga penuh memory lagi deh..

    ReplyDelete
  21. menunjang banget jadinya ya kak kalo bawa-bawa usb otg sandisk

    ReplyDelete
  22. yang nggak kalah penting, praktis. karna kecil jadi bisa masuk kantong dan nggak menuh2in tempat kalo dimasukkan dalam tas

    ReplyDelete
  23. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    ReplyDelete
  24. Si kecil mungil SanDisk berguna banget buat para traveler..
    kl lagi di alas tiba2 memori penuh jadi lebih mudah buat bckup hehehe

    ReplyDelete
  25. aku ngerasain gimana ribetnya pndahin file dari smartphone ke laptop pakai kabel data, mbak
    Syukurlah sejak bersahabat dg USB OTG SanDisk aku nggak ngalami drama ribet itu mbak hehhee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)