Monday, March 02, 2020

Tips Memilih Biskuit untuk Bayi 6 Bulan

Tips Memilih Biskuit untuk Bayi 6 Bulan
Pic Source: socialmom.com

Bicara seputar pertumbuhan anak rasanya gak akan pernah selesai ya moms? Mulai dari pertumbuhan fisik sampai psikisnya semua ada dramanya sendiri-sendiri, karena itu sebagai ibu kita gak boleh berhenti belajar dan mencari informasi tentang tumbuh kembang, stimulasi, hingga nutrisi yang tepat. Kali ini saya mau berbagi cara memilih memilih biskuit bayi 6 bulan yang bagus.

Sejak anak-anak saya mulai mengenal MPASI di usia 6 bulan saya berusaha memberikan aneka rasa dan bentuk makanan pada mereka. Tentu saja makanan bernutrisi dan sesuai tahapan usia mereka yaa. Nah, selain makanan utama yang berupa karbohidrat, protein, buah dan sayuran, saya juga sering memberi anak-anak saya biskuit bayi sebagai salah satu opsi camilan. 


Tapi tentu saja gak sembarang biskuit bayi yang saya berikan, saya pastikan biskuit itu terbuat dari bahan alami dan bernutrisi. Selain itu, ada beberapa hal yang juga jadi pertimbangan saya setiap memilih biskuit untuk bayi.


Pilih biskuit yang mudah larut di mulut bayi.
Biskuit yang mudah larut di dalam mulut bayi ini penting untuk menghindari bayi dari bahaya tersedak. Pastikan biskuit bayi 6 bulan ini terbuat dari bahan yang lembut dan mudah di telan.

Pilih biskuit bayi yang bebas gula atau mengandung sedikit gula.
Moms pasti sudah tahu yaa kalau bayi dibawah usia 2 tahun sebaiknya tidak mengkonsumsi banyak gula, jadi pastikan biskuit bayi yang akan kita berikan pada si kecil terbuat dari sedikit gula atau malah bebas gula sama sekali.

Periksa kandungan gluten pada biskuit.
Biskuit untuk bayi biasanya terbuat dari gandum, gluten, dan telur. Ada juga biskuit yang mengandung olahan kacang. Jika moms punya bayi dengan riwayat alergi terhadap bahan-bahan tersebut, pastikan biskuit bayinya tidak mengandung bahan-bahan pemicu alergi itu ya.

Periksa kandungan susu sapi pada biskuit.
Beberapa bayi bisa memiliki intoleransi terhadap protein pada susu sapi, karenanya sebelum memberi biskuit bayi pada si kecil yang punya lactose intolerance, pastikan formula pada biskuit bebas dari susu sapi.

Pilih bentuk biskuit bayi yang mudah digenggam.

Tujuan memberikan biskuit pada bayi 6 bulan adalah melatih motorik halus si kecil agar terbiasa makan dengan tangannya sendiri. Ada baiknya moms memilih biskuit dengan bentuk yang mudah digenggam.


Periksa kandungan zat additif pada biskuit bayi.
Beberapa biskuit ada yang menggunakan pengawet, pemanis dan pewarna buatan lho moms, jadi pastikan moms teliti membaca ingredients pada kemasan biskuit sebelum membelinya. Gak mau kan bayi kesayangan kita terpapar zat additif yang tidak diperlukan sejak usia dini?

Periksa tanggal produksi dan kadaluarsa pada kemasan.
Setiap membeli produk makanan untuk anak-anak, saya selalu berhati-hati tentang masa kadaluarsanya, saya pastikan anak-anak mengkonsumsi makanan pabrikan yang masa kadalaursanya masih lama. Begitu juga segel dan kondisi kemasan harus aman tanpa kebocoran apalagi rusak.

Karena itu, memilih tempat membeli biskuit bayi juga jadi hal yang penting. Biasanya saya beli di supermarket besar untuk memastikan keaslian dan keamanan penyimpanannya. Tapi kalau lagi malas ke luar rumah, saya juga mengunjungi e-commerce untuk membeli biskuit bayi 6 bulan ini. Gak masalah kok beli biskuit bayi di e-commerce, asal toko yang kita pilih memiliki rating dan review yang baik dari pembeli sebelumnya. 

Semoga kita selalu bisa menikmati proses tumbuh kembang anak-anak kita ya moms :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)