Tuesday, July 02, 2019

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019: Pestanya Ilmuwan Cilik Indonesia

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019

Pada Bulan Maret 2018, Jogja pernah sukses menjadi tuan rumah kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018. Di ajang ini, pelajar setingkat SD-SMA berkompetisi menunjukkan bakat dan kemampuan terbaik mereka di bidang olahraga.

Jika O2SN adalah pestanya atlet cilik Indonesia, kali ini giliran ilmuwan-ilmuwan cilik bangsa yang akan besenang-senang di Olimpiade Sains Indonesia (OSN) 2019 pada tanggal 30 Juni - 6 Juli 2019, dan Jogja kembali mendapat kehormatan sebagai penyelenggara event keren ini.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah sebuah ajang bagi siswa di jenjang SD, SMP, dan SMA untuk berkompetisi dalam bidang sains. Siswa-siswa ini merupakan yang terbaik dari provinsinya masing-masing setelah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi di Indonesia. Ajang kompetisi ini sekaligus sebagai sarana seleksi siswa untuk diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.


Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019


Sama seperti O2SN, OSN juga merupakan kegiatan tahunan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tujuan diadakannya Olimpiade Sains Nasional adalah:
  1. Mengembangkan bakat, kompetensi dan kecintaan siswa dalam bidang sains.
  2. Menjaring siswa-siswa yang memiliki potensi di bidang Matematika Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Kebumian, Geografi dan Ekonomi, supaya bisa dipersiapkan untuk bertanding dalam kompetisi internasional.
  3. Menumbuhkembangkan karakter siswa yang kompetitif, jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh dan cinta tanah air. 
  4. Memacu peningkatan mutu pendidikan khususnya di bidang sains, sertamenumbuhkan rasa persatuan dan persahabatan di antara siswa berprestasi dari seluruh Indonesia.
Tanggal 30 Juni - 6 Juli 2019, Olimpiade Sains Nasional diselenggarakan di dua kota besar Indonesia, Yogyakarta untuk OSN 2019 tingkat SD-SMP. Dan Manado untuk OSN 2019 tingkat SMA. Pada OSN tingkat SD, bidang yang dilombakan adalah mata pelajaran Matematika dan IPA. Untuk OSN tingkat SMP, bidang yang dilombakan adalah Matematika, IPA dan IPS. Sementara pada OSN tingkat SMA, bidang yang dilombakan meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Informatika Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Dengan mengangkat tema “Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan”, OSN 2019 diharapkan dapat memberikan ruang belajar dan menstimulasi siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang sains untuk mengembangkan kemampuannya hingga dapat meraih prestasi terbaiknya. Pihak DikDas Kemendikbud telah menyediakan hadiah dalam bentuk tabungan, medali, dan piala untuk diberikan kepada juara umum OSN 2019. Dan seluruh peserta OSN 2019 juga akan mendapatkan beasiswa bakat dan prestasi.

Di Jogja, OSN 2019 diselenggarakan di tiga tempat: The Rich Hotel untuk OSN jenjang SD, dan The Alana Hotel, Universitas Negeri Yogyakarta dan SMP 8 untuk OSN jenjang SMP. Alhamdulillah saya  mendapat kesempatan hadir di FMIPA UNY untuk menyaksikan langsung siswa-siwa SMP berkompetisi dalam mata pelajaran IPA.

Pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019
Opening Ceremony OSN 2019 tingkat SMP di Ballrom The Alana Hotel Yogyakarta
Photo by beyourselfwoman.com

OSN SMP 2019 diikuti oleh siswa SMP/MTs Negeri dan Swasta atau sederajat dari seluruh Indonesia. Sebelum bisa sampai di OSN tingkat nasional, anak-anak hebat ini telah melalui seleksi tingkat sekolah pada Bulan Februari 2019, seleksi tingkat kota/kabupaten pada 16 Maret 2019, dan seleksi tingkat provinsi pada 13 April 2019.

Dari hasil seleksi berjenjang itu, terjaring 408 siswa SMP untuk maju ke Olimpiade Sains tingkat nasional. 136 orang berkompetisi di bidang matematika, 136 orang di bidang IPA, dan 136 orang lagi di bidang  IPS.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 Jenjang SMP Mata pelajaran IPA
Suasana OSN 2019 tingkat SMP mata pelajaran IPA di Gedung FMIPA UNY
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 jenjang SMP IPA
Meja kerja peserta OSN 2019 tingkat SMP saat ujian praktek mata pelajaran IPA
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 SMP
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019
Yang ini sih bukan peserta, cuma numpang eksis aja :p
Photo by catatansiemak.com

Dan setelah bersaing dalam kompetisi super ketat selama 4 hari sejak tanggal 1 - 4 Juli 2019, juara umum dan pemenang OSN 2019 diumumkan pada tanggal 5 Juli 2019. Pengumuman pemenang ini sekaligus menjadi closing ceremony OSN 2019.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019
Closing Ceremony OSN 2019 tingkat SMP di Ballroom The Alana Hotel Yogyakarta
Photo by nunoorange.com

Bapak Didik Suhardi SPd. dari Kemendikbud secara resmi menutup Olimpiade Sains Nasional 2019 tingkat SMP. Beliau berpesan agar para pemenang jangan berpuas diri dan semakin giat belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade Sains Internasional di India.

Juara OSN 2019 tingkat SMP
Peraih medali emas bidang Math, IPA, IPS
OSN 2019 tingkat SMP
Mendapat beasiswa pendidikan Rp.5.000.000
Photo by ririekhayan.com
Juara OSN 2019 tingkat SMP
Peraih medali perak bidang Math
OSN 2019 tingkat SMP
Mendapat beasiswa pendidikan Rp.4.000.000
Photo by nunoorange.com
Juara OSN 2019 tingkat SMP
Peraih medali perak bidang IPA
OSN 2019 tingkat SMP
Mendapat beasiswa pendidikan Rp.4.000.000
Photo by nunoorange.com
Juara OSN 2019 tingkat SMP
Peraih medali perak bidang IPS
OSN 2019 tingkat SMP
Mendapat beasiswa pendidikan Rp.4.000.000
Photo by nunoorange.com
Juara OSN 2019 tingkat SMP
Peraih medali perunggu bidang Math, IPA, IPS
OSN 2019 tingkat SMP
Mendapat beasiswa pendidikan Rp.3.000.000
Photo by nunoorange.com
Selamat yaa adik-adik..
Semoga terus sukses di kompetisi selanjutnya, selalu bergembira saat meraih ilmu, jadi yang terbaik, dan bawa Garuda terbang tinggi 😊 

Ada yang tertarik mengikuti Olimpiade Sains juga tahun depan? Simak dulu persyaratannya yaa, karena selain jago dalam bidang Matematika, IPA dan IPS, ada persyaratan umum yang harus dipenuhi siswa untuk bisa maju sebagai peserta Olimpiade Sains Nasional.

Persyaratan Peserta OSN SMP Tahun 2019:
  1. Berkewarganegaraan Indonesia.
  2. Terdaftar sebagai siswa SMP/ MTs atau sederajat.
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada dapodik.
  4. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester pada sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  5. Memiliki nilai raport sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 untuk bidang lomba yang diikuti.
  6. Kelas VII atau VIII pada tahun ajaran 2018/2019, saat mengikuti OSN di tingkat kabupaten/kota atau provinsi.
  7. Belum pernah meraih medali Emas, Perak dan Perunggu pada OSN SMP tingkat nasional tahun sebelumnya.
  8. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  9. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  10. Setiap peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.
Senang rasanya menyaksikan siswa-siswa luar biasa ini berkompetisi menjadi yang terbaik. 

Olimpiade Sains Nasional OSN 2019 Yogyakarta


18 comments:

  1. Cakep bener anak anak ini. Kemarin sempat dengar juga katanya habis ini bakal ada seleksi olimpiade internasional.
    Aku langsung merinding dong dengar prestasi mereka

    ReplyDelete
  2. Melihat ekspresi mereka pas ujian praktik lucu-lucu ya mb... Ga nyangka meskipun wajahnya polos-polos gitu, mereka mampu menjawab soal yang tingkat kesulitannya tinggi...

    ReplyDelete
  3. wah ini calon calon generasi penerus bangsa yang mudah mudahan bisa menjadi pemimpin terbaik di masa depan. bangga yaa sama mereka. dulu pengen ikutan OSN tapi gak kesampaian haha

    ReplyDelete
  4. ya ampun wajah anak-anak ini serius banget ya, pasti seru deh bisa ikut meliput acara OSN ini, ada bahan cerita buat anak ya mba.

    ReplyDelete
  5. Aaaakk, I wish saya ada di sana juga Maaak
    Tentu terbawa aura para ilmuwan calon pemimpin masa depan bangsa ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Aku merasa takjub bisa berada dalam event yang isinya aura positif gini. Berasa ikutan pinter hahahahaha

    ReplyDelete
  7. Anak tingkat SMA sudah belajar begini...kaya kuliah Sains ini..
    Hehhee...soalnya biasanya jarang banget lab IPA ada alat percobaan yang detil.
    Biasanya hanya percobaan perubahan warna, bedah katak, pengukuran pH.

    ReplyDelete
  8. Anak-anak lain seusia itu masih sibuk dengan mainana mereka, anak2 ini malah menjadikan sains sebagai mainan mereka ya. Keren.

    ReplyDelete
  9. Kagum dengan para peserta OSN, mereka semua berani menunjukkan bakat dan minatnya di dunia sains hingga berkompetisi di ajang nasional, sukses buat semuanya

    ReplyDelete
  10. Takjub ya kalau lihat ilmuwan-ilmuwan cilik kaya gini, semoga ilmu mereka bisa diterapkan di berbagai bidang dan memajuka bangsa. Muka-mukanya pemikir & serius semua ini anak-anak pinter.

    ReplyDelete
  11. Keren ya event ini. Mampu menjaring anak-anak Indonesia yang pinter-pinter. Calon generasi penerus bangga yang menjanjikan. Semoga mereka bisa sukses di masa depan. :)

    ReplyDelete
  12. Olimpiade kereen ini mba.. suka dengan anak-anak yang semangat dan berdedikasi untuk sains ya mbaaa

    ReplyDelete
  13. Barokallah ya Mba Yoan, bisa menyaksikan langsung
    ini olimpiade keren yang menyulut anak-anak berkompetisi dengan sportif
    Jadi pengen anak-anakku secemerlang mereka nantinya hehehe

    ReplyDelete
  14. Bangga sangat Indonesia memiliki putra putri penerus bangsa yang pintar dan cerdas. Semoga mendapat apresiasi yang layak Supaya mereka kelak jadi pembawa bangsa ke arah lebih baik. Amin.

    ReplyDelete
  15. Kegiatan seperti ini akan dapat memacu semangat anak-anak semakin berprestasi ya Mak. Anak-anak yang hebat. Semoga suskes ke depannya mereka semua

    ReplyDelete
  16. Ihhh aku jadi ikut semangat bacanya, melihat anak-anak SMP udah serius menekuni sains

    ReplyDelete
  17. Yogyakarta emang kota pelajar gak heran diselenggarakan di sana ya lombanya :D
    Kalau bidang IPS kompetesinya kyk apa mbak? Membahas soal2 gtu kah?
    Wah anak2 pinter dna juara semua, masa depannya akan cerah2 nih aamiin :D

    ReplyDelete
  18. Terpesona dengan acara keren ini, adik-adik sangat bersemangat ya untuk berprestasi. Masya Allah ikut bangga loh!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)