Monday, July 01, 2019

Cegah Rambut Rontok Dengan Natur Shampoo dan Conditioner

natur hair care perawatan untuk rambut rontok

Hai haii.. Kali ini saya mau cerita pengalaman saya menggunakan Natur Shampoo dan Conditioner. Sebagian teman-teman pasti langsung ingat bau jamu yang menyengat saat membayangkan shampoo Natur, heheeh nggak heran sih. Memang selama ini Natur terkenal sebagai shampoo dengan wangi rempah-rempahnya.

Eh tapi, itu dulu. Sekarang Natur malah kasih kita kejutan baru melalui serangkaian produk Natur Hair Care. Apa saja sih? Lanjut yaa :)

Perkenalan saya dengan 'the new' Natur berawal dar kerontokan rambut yang nggak sembuh-sembuh sejak anak kedua saya lahir, padahal usianya sekarang sudah 5 tahun. Bayangin dong, selama 5 tahun saya lihat rambut saya mbrudul hampir setiap hari. Memang nggak parah banget, tapi tetap aja bikin sebel.

Katanya sih, selain akibat perlakuan dekoratif yang berlebihan pada rambut, penyebab kerontokan rambut juga bisa karena pengaruh hormonal, misalnya sesudah melahirkan. Bisa juga disebabkan oleh faktor makanan, kalau asupan makanan kita nggak sehat atau kita suka makan makanan yang berminyak dan pedas, tentu berpengaruh kepada kesehatan kulit kepala. 

Untuk pengguna jilbab, kulit kepala yang tertutup seharian tentu jadi lebih mudah lembab dan memicu produksi minyak berlebih. Minyak yang terlalu banyak di kulit kepala akan menimbulkan ketombe dan menyebabkan akar tidak mampu menopang batang rambut hingga membuatnya mudah rontok.

Normalnya, rambut di kepala kita akan rontok sekitar sekitar 50-100 helai setiap hari. Jumlah ini disebut normal, karena rambut yang rontok memang memasuki fase istirahat dan menyediakan ruang bagi rambut baru untuk tumbuh. Lalu bagaimana jika rambut yang rontok lebih dari 100 helai perhari? Nah, ini saatnya kita waspada dan bertindak. Cara terbaik mencegah kerontokan rambut adalah dengan mengonsumsi banyak makanan sehat, menjauhi stress, menjaga kebersihan kulit kepala, dan melakukan perawatan akar rambut agar kembali kuat.


Nah, setiap bicara tentang perawatan akar rambut, saya pasti langsung teringat ginseng. Tanaman tradisional yang banyak tumbuh di daratan Asia Timur ini sejak dulu dikenal ampuh menjaga kesehatan rambut. Beberapa manfaat ginseng yang sudah dikenal secara turun temurun adalah:
1. Menguatkan Akar Rambut
Ginseng mengandung senyawa ginsenosida yang mampu meberi nutrisi ekstra pada akar rambut agar semakin kuat. Akar yang kuat mampu menopang batang rambut dengan baik dan mencegah terjadinya kerontokan.
2. Mencegah Munculnya Ketombe
Ginseng memiliki senyawa saponin yang berperan sebagai anti bakteri, salah satunya bakteri pemicu munculnya ketombe pada permukaan kulit kepala.
3. Melindungi Rambut dari Kerusakan
Ginseng mengandung selulosa yang berfungsi melindungi rambut dari sengatan matahari.
4. Mencegah Rambut Beruban
Ginseng juga memiliki kandungan minyak atsiri dan fitoserol sebagai penangkal radikal bebas. Si radikal bebas ini lah yang dapat mempercepat penuaan rambut dan memicu tumbuhnya uban selain faktor usia.

Manfaat Ginseng untuk rambut

Saking ampuhnya ginseng, hampir semua produk perawatan rambut rontok menggunakan ginseng sebagai bahan dasarnya. Tapi, meski sama-sama berbahan dasar ginseng, nggak semua produk itu aman digunakan, teman-teman tetap harus memperhatikan ingredients lainnya.

Salah satu ingredients shampoo yang tidak sehat untuk rambut adalah SLS atau Sodium Lauryl Sulfate, berupa deterjen yang berperan dalam menciptakan busa pada shampoo hingga shampoo dapat meluruhkan minyak dan kotoran pada rambut. Bagi beberapa orang, SLS bisa menyebabkan iritasi di kulit kepala, bahkan bisa menyebabkan timbulnya jerawat di area punggung. Sisa SLS yang masih menempel di kulit kepala bisa masuk dan merusak folikel  atau tempat tumbuhnya rambut, akibatnya rambut akan mengalami kerontokan. Jadi, busa yang berlebihan pada produk shampoo itu sebenarnya nggak bagus untuk kesehatan rambut. 


Lalu bagaimana memilih shampoo yang ramah di rambut sekaligus mampu mengatasi kerontokan rambut? Kalau saya sih gampang aja, pilih shampoo yang track recordnya baik dan sudah jadi pilihan banyak orang dalam jangka waktu lama, misalnya Natur Shampoo.

Shampoo Natur sudah ada sejak jaman si mbah saya masih muda belia kinyis-kinyis. tapi dulu Natur dikenal sebagai shampo jamu karen aromanya yang khas rempah-rempah, makanya dulu saya males pakai, heheeh. Tapi karena kerontokan rambut yang makin menjadi-jadi, saya niatin beli shampoo Natur, nggak apa-apa deh bau jamu.

Eh ternyata, Natur yang sekarang beda banget dengan Natur yang dulu. Sampai di supermarket saya bingung karena ada macam-macam produk dan varian perawatan, nggak cuma shampoo dan hair tonic saja seperti dulu. Akhirnya saya cuma ambil Natur shampoo dan conditioner yang varian ginseng extract, coba-coba dulu deh. 

Natur Natural Extract Shampoo Ginseng

Produksi: PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika, Indonesia
Isi: 140 ml dan 270 ml

Natur Shampoo Ginseng

Claim Product

Natur Shampoo memiliki bahan aktif utama ginseng, kelapa sawit sebagai bahan busa pembersih, dan olive oil sebagai pelembut. Bahan-bahan alami ini menjadikan Natur Shampoo aman untuk penggunaan sehari-hari.

Natur Shampoo memiliki 5 varian untuk masalah rambut yang berbeda:
  1. Natur Shampoo Olive Oil and Vitamin E, untuk melembabkan rambut kering, merawat kekuatan akar rambut agar tetap sehat dan kuat.
  2. Natur Shampoo Aloe Vera, untuk menutrisi dan membantu menjaga kesuburan rambut.
  3. Natur Shampoo Tea Tree Oil, untuk membantu mencegah munculnya ketombe dan mengurangi gatal-gatal karena ketombe.
  4. Natur Shampoo Ginseng Extract, untuk merawat rambut rontok dan meningkatkan kekuatan akar rambut.
  5. Natur Shampoo Moringa Oleifera and Sweet Almond Oil, untuk merawat dan menutrisi rambut rusak.
Packaging

Untuk urusan kemasan, Natur masih setia dengan warna yang menjadi ciri khasnya selama ini, hitam dan emas. Bentuk botol shampoo-nya juga nggak mengalami banyak perubahan, tetap dengan bentuk pipih bertutup flip.

Natur Shampoo Ginseng

Teksture and Scent

Natur Shampoo versi baru ini masih memiliki tekstur kental dengan warna coklat bening. yang membedakan adalah tutupnya dibuka akan langsung tercium aroma floral segar tapi sangat lembut, nggak ada lagi bau rempah dan jejamuan yang menyengat seperti dulu. Busa yang dihasilkan nggak sebanyak busa shampoo pada umumnya karena Natur menggunakan bahan busa pembersih alami dari kelapa sawit.

Natur Shampoo Ginseng

How To Use

Cara pakainya sih sama saja seperti menggunakan shampoo biasa. Bilas rambut sampai benar-benar basah, tuang Natur Shampoo secukupnya di telapak tangan, tambahkan sedikit air lalu gosok lembut Natur Shampoo mulai dari pangkal hingga ujung rambut hingga busanya rata.Yang perlu diingat, Natur Shampoo tidak menghasilkan busa berlimpah, jadi ya santai aja, nggak perlu pakai sampai setengah botol supaya bisa berbusa-busa :p

First Impression

Seperti yang sudah saya ceritakan, saya beli Natur Shampoo Ginseng Extract. Dan saya suka banget dengan wanginya yang lembut, ada sensasi sejuk juga saat menggunakan shampoo ini. Meski busanya nggak berlimpah, Natur Shampoo tetap mampu membersihkan kulit kepala dengan baik tanpa membuat rambut saya kering dan megar mirip singa.

Natur Natural Extract Conditioner

Produksi: PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika, Indonesia
Isi: 165 ml

Natur Conditioner Ginseng

Claim Product

Natur Conditioner punya kandungan utama ekstrak olive oil yang terkenal mampu melembutkan rambut. Ditambah pula bahan-bahan alami lain seperti ginseng, aloe vera, dan moringa oleifera atau ekstrak daun kelor, semua bahan itu berfungsi menutrisi, melembabkan, dan membantu merawat kekuatan setiap helai rambut. 

Diproduksi dalam 3 varian yang bisa dipilih sesuai kondisi rambut dan kulit kepala:
  1. Natur Conditioner Olive Oil and Aloe Vera, berfungsi untuk melembutkan, menutrisi dan menjaga kesuburan rambut.
  2. Natur Conditioner Ginseng and Olive Oil, berfungsi untuk melembutkan dan merawat kekuatan helai rambut.
  3. Natur Conditioner Moringa Oleifera and Olive Oil, berfungsi untuk melembutkan, menutrisi dan menjaga kesuburan rambut.
Packaging

Kemasan Natur Conditioner berbentuk tube dengan tutup flip berwarna hitam dan emas.

Natur Conditioner Ginseng

Teksture and Scent

Natur Conditioner berwarna putih dengan tekstur thick, rich, and creamy. Aromamnya mirip seperti shampoonya, lembut dan segar.

Natur Conditioner Ginseng

How To Use

Seperti conditioner umumnya, Natur Conditioner juga digunakan setelah kita menggunakan Natur Shampoo. Oh ya, pakai conditioner sebaiknya jangan asal-asalan supaya kita bisa mendapat manfaatnya secara maksimal.

Cara menggunakan conditioner yang benar adalah setelah membilas sampo, peras lembut rambut yang basah atau tepuk-tepuk dengan handuk kering. Gunakan conditioner hanya pada setengah bagian rambut. Diamkan selama maksimal 3 menit, lalu bilas sampai benar-benar bersih dan tidak terasa licin lagi.

First Impression

Varian conditioner yang saya coba adalah Natur Conditioner Ginseng and Olive Oil yang berfungsi untuk melembutkan dan merawat kekuatan helai rambut. Buat saya, teksturnya lumayan pekat, jadi agak susah diratakan secara cepat, tapi untung dia mudah sekali dibilas dan nggak meninggalkan kesan licin atau berminyak.

Teman-teman yang punya masalah rambut seperti saya, cobain Natur Shampoo dan Conditioner deh. siapa tahu masalahnya terselesaikan dengan bantuan Natur. Produk ini sudah tersedia di banyak supermarket dan minimarket kok.

Selamat mencoba dan semoga masalah kerontokan rambutnya cepat teratasi yaa :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)