Monday, November 18, 2019

Tubuh dan Kulit Wajah Tetap Sehat Saat Menstruasi Dengan Kunyit Asam


Sehat Saat Menstruasi Dengan Herbadrink Kunyit Asam

Sebagai ibu, saya sadar betul kalau kewajiban utama saya adalah memastikan semua kebutuhan suami dan anak-anak tercukupi, membuat rumah selalu nyaman agar menjadi tempat pulang yang selalu dirindukan seluruh anggota keluarga, eeaa..

Sayangnya, bagi kebanyakan perempuan usia produktif, ada periode tertentu disetiap bulannya yang membuat mereka dipaksa menyerah pada rasa lemas, lelah, bahkan kesakitan, yaitu di masa menstruasi. Duh, sudah lah badan lemas nggak karuan, perut kram di sana sini, jerawat juga datang bak semut menyerbu toples gula, lengkaaapp ghaaiis.. :))

Sebelum menikah dan punya anak sih saya bisa bebas tidur seharian saat derita menstruasi menyerang. Nah kalau sekarang, mau selemas apapun tetap saja harus bangun, minimal buat siapin anak-anak sekolah.


Karena itu, saya selalu berusaha menjaga kesehatan, terutama saat mendekati masa-masa menstruasi. Selain mengubah pola hidup, saya juga menambahkan beberapa kebiasan baik dalam aktivitas sehari-hari yang bisa membantu tubuh tetap sehat, misalnya: 

Minum, minum, dan minum. 

Menjaga asupan cairan di masa menjelang menstruasi nggak cuma bermanfaat untuk menghidrasi tubuh, air berperan penting mengantarkan zat gizi dan oksigen dalam darah, jika sirkulasi oksigen dalam darah lancar, rasa nyeri menstruasi akan jauh berkurang.


Melakukan Pekerjaan rumah sambil berolahraga ringan.

Saya orang yang paling malas menyediakan waktu khusus berolahraga, selalu ada saja alasan untuk menunda niat olahraga, apalagi kalau sedang menstruasi. Padahal tetap aktif berolah tubuh di saat menstruasi justru dapat memperlancar aliran darah yang akan mengurangi rasa nyeri menstruasi. 

Pernah lihat video ibu-ibu bule yang melakukan aerobik sambil mencuci piring? Keren yaa.. Meski gak sampai seekstrim itu tapi saya berusaha bergerak lebih saat melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya jalan kaki keliling pasar meski cuma beli bawang merah, membereskan mainan anak-anak sambil squats, atau mengangkat jemuran sambil step workouts. 

Saya juga selalu memutar musik bernada riang setiap memasak atau cuci piring, kan lumayan sambil joget dikit, nggak terasa kerjaan rumah beres. Aktivitas fisik ringan seperti itu sudah cukup untuk menguatkan dan menstimulasi otot tubuh agar berkerja lebih maksimal, saat otot kuat, kita akan punya tenaga lebih dan gak cepat lelah.


Minum ramuan kunyit asam.

Ini nih minuman warisan mama yang jadi andalan saya setiap menstruasi. Sejak saya mendapat haid pertama mama selalu membuatkan rebusan kunyit dan asam jawa. Yang saya ingat, rebusan kunyit buatan mama itu rasanya enak banget. 

Nah, setelah menikah dan tinggal jauh dari mama, saya mencoba membuat ramuan kunyit asam sendiri, eh lhaa kok rasanya aneh, padahal kayaknya mama dulu juga cuma cemplang cemplung aja, hahaah.

Karena proses pembuatannya yang ribet, saya sempat meninggalkan kebiasan minum rebusan kunyit asam. Alhasil, setiap menjelang menstruasi saya harus berhadapan dengan sakitnya kram perut dan kemunculan jerawat di hampir seluruh bagian wajah :(

Untungnya saat belanja bulanan saya menemukan Herbadrink Kunyit Asam, pada kemasannya tertulis kalau minuman serbuk ini mampu membantu melancarkan haid. Wah, ini dia! Cukup diseduh saja saya bisa langsung mendapatkan manfaat kunyit asam, praktis banget! Dan karena di supermarket kemarin tersedia juga varian Herbadrink lainnya seperti Sari Jahe, Sari Temulawak, dan Sari Lidah Buaya, ya sudah, sekalian saya masukin aja semuanya ke keranjang :p


Herbadrink Kunyit Asam dikemas dalam kemasan sachet yang praktis, higienis, tinggal tuang, seduh, dan aduk, hasilnya pun tanpa endapan. Karena sangat praktis, saya sering membawa Herbadrink saat berpergian. Cukup berbekal air putih dalam botol minum, nanti tinggal sobek sachetnya dan tuang Herbadrink Kunyit Asam ke dalam botol, kocok sebentar lalu teguk.

Sehat Saat Menstruasi Dengan Herbadrink Kunyit Asam

Bicara tentang minuman kunyit asam, dulu saya pikir kunyit asam hanya bermanfaat untuk mengurangi nyeri saat menstruasi, padahal rutin mengkonsumsi kunyit asam bisa membantu menjaga kesehatan tubuh lho..

Kunyit bermanfaat meredakan peradangan karena memiliki senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang bernama kurkumin, fungsinya memblokir kerja enzim penyebab inflamasi dalam tubuh, mengurangi peradangan di seluruh sel tubuh, lemak, dan otot, dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal, ini sebabnya kunyit sangat ampuh untuk mengatasi nyeri saat haid.


Sementara Asam Jawa alias Tamarin juga memiliki senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang mirip dengan kunyit. Ada tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin yang akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Selain sebagai anti inflamasi, kunyit dan asam jawa terkenal mampu membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian Kurkumin pada kunyit terbukti bisa mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan lemak tubuh. 


Begitu pun dengan senyawa asam hidrosi-sitrat pada Asam Jawa yang mampu mengurangi pembentukan lemak dalam tubuh dan merangsang produksi enzim-enzim yang mengarah pada penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Ternyata minuman kunyit asam nggak cuma baik diminum saat menstruasi saja yaa, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, kunyit asam juga bisa membantu meluruhkan lemak, ini nih yang paling suka, LOL.

Alhamdulillah sekarang saya sudah mengenal  Herbadrink Kunyit Asam, mau setiap hari minum kunyit asam pun nggak masalah karena tinggal seduh saja. 

Sehat Saat Menstruasi Dengan Herbadrink Kunyit Asam

Oh ya, teman-teman nggak perlu khawatir dengan keaslian Herbadrink, karena semua varian Herbadrink diproduksi sesuai resep tradisional Indonesia dan diproses dengan teknologi tinggi yang terjamin higienitasnya. 

Herbadrink juga mudah sekali ditemukan di berbagai minimarket dan supermarket besar, jadi saat kita sedang dalam perjalanan tinggal melipir sebentar ke minimarket pinggir jalan :)

Teman-teman ada yang sudah mencoba Herbadrink Kunyit Asam juga? Atau malah lebih suka varian lain seperti Herbadrink Temulawak, Herbadrink Sari Jahe, dan Herbadrink Sari Lidah Buaya? Kita share di kolom komen yuuk :)




1 comment:

  1. Saya suka model permennaya tuh merk T*marin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik ya temans, maaf sementara saya moderasi dulu :)